MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Kamis, 16 Mei 2013

SEKSUALITAS DAN GENDER













Setelah anda mempelajari hal tersebut diatas, maka selanjutnya adalah jawab pertanyaan dibawah ini ;
  1. Jelaskan pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi ?
  2. Jelaskan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan ?

Jawablah pertanyaan tersebut di kolom komentar !!

53 komentar:

  1. 1. diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi adalah sikap dan perilaku yang menomordua kan perempuan dibandingkan laki-laki karena berkaitan dengan kesehatan reproduksi perempuan, dimana dalam hal ini dapat dikaitkan dengan sejumlah kewajiban perempuan seperti hamil dan melahirkan.
    2.menyebar luaskan informasi tentang kesehatan reproduksi perempuan,
    mengkampanyekan tentang hak-hak perempuan dalam kaitannya dengan kesehatan reproduksi, pelayanan dan bimbingan konseling untuk perempuan, membentuk tim-tim atau kelompok dengan kegiatan positif sebagai sarana tukar informasi bagi perempuan.

    BalasHapus
  2. 1.deskriminasi gender adalah adanya perbedaan,pengecualian,pembatasan pada laki2 dan perempuan sehimgga perempuan dinomor2kan dari laki dalam segala hal karena dikaitkan dg kewajiban2 perempuan.

    2.langkah2
    - menyebarluaskan informasi kepada masyarakat baik lewat media atau sarana lain
    -tidak membeda2kan antara laki2 dan perempuan selagi perempuan mampu mengerjakan sesuatu yg bermanfaat
    -adanya konseling/bimbingan

    BalasHapus
  3. 1.Diskriminasi gender dalam perspektif kespro adalah sikap yang selalu menganggap perempuan tidak bisa melakukan pekerjaan yang biasanya tidak dilakukan oleh perempuan,dan menganggap bahwa perempuan tidak memiliki hak yang sama dengan laki-laki,dan kadang juga tidak memiliki hak dalam hal reproduksi wanita itu sendiri.

    2.Langkah yang dilakukan untuk mengurangi permasalah diskriminasi gender untuk kaum perempuan adalah :
    a. Penyebarluasan informasi terutama tentang hak-hak reproduksi.
    b. Mengarahkan untuk mendapat informasi bisa dengan pembentukan kelompok kesehatan agar bisa bertikar fikiran terutama dalam hal kesehatan.
    c. Penyediaan pelayanan dan bimbingan konseling.
    d. Membentuk organisasi perempuan yang bisa menjadi wadah aspirasi bagi perempuan untuk menyampaikan hal-hal positif dan berguna bagi orang lain.

    BalasHapus
  4. 1.Gender itu sendiri adalah perilaku atau pembagian peran antara laki-laki dan perempuan yang sudah dikonstruksikan atau dibentuk di masyarakat tertentu dan pada masa waktu tertentu pula, yang hanya mengutamakan laki dari pada wanita,ketidakadilan dalam membagi tanggung jawab
    2.dengan penyebaran luasan informasi tentang hak2 perempuan dalam kespro,mengarahkan kegiatan positif kelompok untuk tukar informasi antar sesama,penyediaan pelayana bimbinga koseling

    BalasHapus
  5. Diskriminasi gender artinya prilaku yang membedakan wanita dengan laki-laki dimana wanita dianggap lebih lemah dari laki-laki, mereka dianggap tidak mampu mengerjakan tugas-tugas yang biasanya dilakukan laki-laki.

    Langkah2 untuk mengatasi perbedaan gender :
    a. Kaum wanita harus mau dan mampu meningkatkan pengetahuan dan
    pendidikan mereka.
    b. Memperluas pergaulan, dalaam hal positif
    c. Senantiasa berusaha meningkatkan kemampuan mereka, dengan rajin berlatih dan berbagi pengalaman dengan orang lain.

    BalasHapus
  6. 1. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.

    2. Pemberian informasi kepada masyarakat tentang hak pria dan wanita dalah sama , penanaman pendidikan sejak dini mengenai persamaan gender dimulai dari lingkup rumah (keluarga) dilanjutkan dengan lingkup yang lebih luas (sekolah dll)

    BalasHapus
  7. 1. pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi:
    ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. sehingga suatu kondisi yang menunjukkan kesenjangan laki-laki dan perempuan yaitu adanya kesenjangan antara kondisi yang dicita-citakan (normatif) dengan kondisi sebagaimana adanya (obyektif).

    2. langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan:
    a. Pendidikan baik dr linkungan keluarga ,aupun sekolah dll se dini mungkin
    b. meningkatkan kualitas hidup perempuan dari segala aspek
    c. sosialisasi untuk masalah gender bagi masyarakat agar masyarakat tahu akan pentingnya masalah ini

    BalasHapus
  8. 1. pengetian diskriminasi gender dalam kes. reproduksi :

    a. menganggap bahewa perempuan tidak mampumengambil keputusan dalam kaitan denga kesehatan dirinya
    b. selalu meneomorsarukan laki laki dari pada perempuan misal dalam hal makn sehari - hario hal ini sangat merugikan perempuan twrunatama disaat perempuan dalam keadaan hamil.
    c. di tuntutn untuk tatap bekerja keras walaupuyn dalam keadaan hamil

    2. langkah - langkah menguragi diskriminasi :

    a. memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terumana hak - hak dari seotrang perempuan terutama dalam masalah kesehatan reproduksi.
    b. memberikan bimbingan dan arahan serta konsul tetntang kesehatan preproduksi serta dampak yang akan ditimbulkan jika perempuan dalam keaddan terdiskriminasi.

    BalasHapus
  9. 1.Gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya atau juga dapat diartikan perbadaan peran, fungsi, dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi social dan dapat berubah sesuai dengan perkemabangan jaman.
    Diskriminasi gender merujuk kepada bentuk ketidakadilan terhadap individu tertentu, dimana bentuknya seperti pelayanan (fasilitas) yang dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain.

    2.Langkah-langkahnya antara lain:
    - Bangun kesadaran diri
    - Bicarakan
    Salah satu cara untuk memulai perubahan adalah dengan mengungkapkan hal-hal yang menimbulkan tekanan atau diskriminasi. Cara terbaik adalah bersuara dan membicarakannya secara terbuka dan bersahabat. Harus ada media untuk membangun dialog untuk menyepakati cara-cara terbaik membangun relasi yang setara dan adil antarjenis kelamin. Bukankah ini jauh lebih membahagiakan?
    - Kampanyekan
    Karena ini menyangkut sistem sosial-budaya yang besar, hasil dialog atau kesepakatan untuk perubahan yang lebih baik harus kita kampanyekan sehingga masyarakat dapat memahami idenya dan dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan. Termasuk di dalamnya mengubah cara pikir dan cara pandang masyarakat melihat “cowok” dan “cewek” dalam ukuran “kepantasan” yang mereka pahami. Masyarakat harus memahami bahwa beberapa sistem sosial-budaya yang merupakan produk cara berpikir sering kali enggak berpihak, menekan, dan menghambat peluang cewek untuk memiliki kesempatan yang sama dengan cowok. Jadi ini memang soal mengubah cara pikir.
    - Terapkan dalam kehidupan sehari-hari
    Tidak ada cara terbaik untuk merealisasikan kondisi yang lebih baik selain menerapkan pola relasi yang setara dalam kehidupan kita masing-masing. Tentu saja semua harus dimulai dari diri kita sendiri, lalu kemudian kita dorong orang terdekat kita untuk menerapkannya. Mudah-mudahan dampaknya akan lebih meluas.

    BalasHapus
  10. 1.Menurut pendapat saya tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan produksi adalah sikap dan prilaku dimanaterdapat perbedaan yang nyata antara kedudukan pria dan wanita terutama yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi perempuan, dimana perempuan selalu menjadi objek/sasaran untuk kesertaan ber-BK
    2. Memberikan informasi tentang kesetaraan gender terutama untuk mengurangi permasalahan diskriminasi terhadap kaum perempuan, seperti memberikan motivasi terhadap kaum remaja khususnya perempuan terhadap tanggung jawab kesehatan reproduksi untuk dirinya dan dampak dari pergaulan bebas yang membuat kedudukan perempuan menjadi korban dan menanggung segala akibatnya.

    BalasHapus
  11. 1. Diskriminasi gender adalah : ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya sistem sosial dimana salah satu jenis kelamin menjadi korban biasanya dalam hal ini wanita.
    2. Langkah -langkah untuk mengurangi masalah diskriminasi perempuan :-Wanita perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup baik .
    -Memberdayakan wanita sesuai dengan kemampuannya tanpa melupakan tugas dan kodratnya sebagai wanita.
    -Adanya organisasi wanita yang dapat menjadi tempat bertukar pikiran dan berbagi pengalaman .

    BalasHapus
  12. 1, Diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya struktur sosial dimana salah satu jenis kelamin ( laki atau perempuan) menjadi korban.
    2. Langkah - langkah yang bisa dilakukan:
    - Penyebarluasan informasi ttg hak-hak perempuan dalam kesehatan reproduksi
    - Mengarahkan kegiatan positif kelompok untuk sarana tukar informasi
    - Penyediaan pelayanan bimbingan dan konseling

    BalasHapus
  13. 1. Diskriminasi gender adalah adanya perbedaan antara hak dan kewajiban lelaki dan perempuan dalam berbagai sektor .serta dikesampingkannnya kodrat wanita dalam aturan konstitusi negara , dalam hal cuti haid yang dipersoalkan ,Cuti melahirkan, namun justru menjadi kerentanan perempuan untuk diPHK .Serta pembatasan usia masa kerja hanya dua tahun ,karena dianggap sudah masuk usia perkawinan dan berkeluarga, sehingga nanti hamil melahirkan yang menurut perusahaan justru menjadi tidak efisien. beban keibuan, beban di dalam rumah tangga, apalagi kalau suami-istri jobless kehilangan kerja yang akan sangat terasa juga perempuan, beban mengurus kesehatan, membesarkan dan bertanggung jawab terhadap pendidikan anak.

    2. Langkah -langkahnya antara lain:
    -memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terutama mengenai hak - hak perempuan dalam kesehatan reproduksi.
    -Memberdayakan wanita sesuai dengan kemampuannya tanpa melupakan tugas dan kodratnya sebagai wanita.
    -Adanya organisasi wanita yang dapat menjadi tempat bertukar pikiran dan berbagi pengalaman

    BalasHapus
  14. 1.deskriminasi gender adalah adanya perbedaan,pengecualian,pembatasan pada perempuan sehingga perempuan dinomor duakan dari laki dalam segala hal karena dikaitkan dg kewajiban perempuan.
    2.a.Penyebarluasan informasi ttg hak-hak perempuan dalam kesehatan reproduksi
    b.Mengarahkan kegiatan positif kelompok untuk sarana tukar informasi
    c.Penyediaan pelayanan bimbingan dan konseling

    BalasHapus
  15. 1. Diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya sistem sosial dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban, yang dalam hal ini adalah secara reproduksi. Ketidak adilan itu bermacam-macam bentuknya, misal dalam hal hak untuk semua pasangan dan individual untuk mendapatkan informasi dan pelayanan, menentukan/memutuskan dan bertanggung jawab berkenaan dengan kehidupan seksual dan kesehatan reproduksinya tanpa diskriminasi.

    2. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan diskriminasi gender terutama pada perempuan antara lain hal pertama yang mesti kita lakukan adalah membangun kesadaran diri. Ini bisa dilakukan melalui pendidikan, wanita bisa dilatih untuk lebih aktif, berani, dan mampu mengambil keputusan, sedangkan laki-laki pun perlu dilatih untuk menghormati dan menghargai wanita, Membicarakan secara terbuka hal-hal yang dapat menjadi tekanan/ diskriminasi, berikan kesempatan yang sama pada wanita (emansipasi).

    BalasHapus
  16. 1.Keterbatasan perempuan untk mengambil keputusan yg menyangkut kesehatan dirinya (mis : dlm menentukan kapan hamil, dimana akan melahirkan)  patriarkiSikap & prilaku kelg yg cenderung mengutamakan laki2 (bias gender)tuntutan unt tetap bekerja bg ibu hamil,Keluarga Berencana.
    2. a. Penyebarluasan informasi terutama tentang hak-hak reproduksi.
    b. Mengarahkan untuk mendapat informasi bisa dengan pembentukan kelompok kesehatan agar bisa bertikar fikiran terutama dalam hal kesehatan.
    c. Penyediaan pelayanan dan bimbingan konseling.
    d. Membentuk organisasi perempuan yang bisa menjadi wadah aspirasi bagi perempuan untuk menyampaikan hal-hal positif dan berguna bagi orang lain.

    BalasHapus
  17. 1.deskriminasi gender adalah adanya perbedaan,pengecualian,pembatasan pada laki2 dan perempuan sehimgga perempuan dinomor2kan dari laki dalam segala hal karena dikaitkan dg kewajiban2 perempuan.

    2. Beberapa langkah untuk mengurangi masalah gender:
    -memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terutama mengenai hak - hak perempuan dalam kesehatan reproduksi.
    -Memberdayakan wanita sesuai dengan kemampuannya tanpa melupakan tugas dan kodratnya sebagai wanita.
    -Adanya organisasi wanita yang dapat menjadi tempat bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.

    BalasHapus
  18. 1. JELASKAN PENGERTIAN TENTANG DISKRIMINASI GENDER DALAM PRESPEKTIF KESEHATAN REPRODUKSI ?
    Diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. hal ini terjadi karena adanya keyakinan dan pembenaran yang ditanamkan sepanjang peradaban manusia dalam berbagai bentuk dan cara yang menimpa kedua belah pihak, walaupun dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dialami oleh perempuan.

    2. JELASKAN LANGKAH-LANGKAH YANG BISA ANDA LAKUKAN UNTUK MENGURANGI PERMASALAHAN DISKRIMINASI GENDER, TERUTAMA KAUM PEREMPUAN ?
    1. Bangun kesadaran diri
    Hal pertama yang mesti kita lakukan adalah membangun kesadaran diri. Ini bisa dilakukan melalui pendidikan. Karena peran-peran yang menimbulkan relasi tak setara terjadi akibat pengajaran dan sosialisasi, cara mengubahnya juga melalui pengajaran dan sosialisasi baru. Kita bisa melakukan latihan atau diskusi secara kritis. Minta profesional, aktivis kesetaraan jender, atau siapa pun yang kita pandang mampu membantu untuk memandu pelatihan dan diskusi yang kita adakan bersama.
    2. Bukan urusan cewek semata
    Kita harus membangun pemahaman dan pendekatan baru bahwa ini juga menyangkut cowok. Tidak mungkin akan terjadi perubahan jika cowok tidak terlibat dalam usaha ini. Cewek bisa dilatih untuk lebih aktif, berani, dan mampu mengambil keputusan, sedangkan cowok pun perlu dilatih untuk menghormati dan menghargai kemampuan cewek dan mau bermitra untuk maju.
    3. Bicarakan
    Salah satu cara untuk memulai perubahan adalah dengan mengungkapkan hal-hal yang menimbulkan tekanan atau diskriminasi. Cara terbaik adalah bersuara dan membicarakannya secara terbuka dan bersahabat. Harus ada media untuk membangun dialog untuk menyepakati cara-cara terbaik membangun relasi yang setara dan adil antarjenis kelamin. Bukankah ini jauh lebih membahagiakan?
    4. Kampanyekan
    Karena ini menyangkut sistem sosial-budaya yang besar, hasil dialog atau kesepakatan untuk perubahan yang lebih baik harus kita kampanyekan sehingga masyarakat dapat memahami idenya dan dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan. Termasuk di dalamnya mengubah cara pikir dan cara pandang masyarakat melihat “cowok” dan “cewek” dalam ukuran “kepantasan” yang mereka pahami. Masyarakat harus memahami bahwa beberapa sistem sosial-budaya yang merupakan produk cara berpikir sering kali enggak berpihak, menekan, dan menghambat peluang cewek untuk memiliki kesempatan yang sama dengan cowok. Jadi ini memang soal mengubah cara pikir.

    5. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari
    Tidak ada cara terbaik untuk merealisasikan kondisi yang lebih baik selain menerapkan pola relasi yang setara dalam kehidupan kita masing-masing. Tentu saja semua harus dimulai dari diri kita sendiri, lalu kemudian kita dorong orang terdekat kita untuk menerapkannya. Mudah-mudahan dampaknya akan lebih meluas.



    BalasHapus
  19. 1.langkah yg dapat dilakukan untuk mengatasasi diskiriminasi gender memberdayakan wanita sesuai dengan kemampuannya tanpa melupakan tugas dan kodratnya sebagai wanita
    2.perbedaan, pengecualian/pembatasan yang dibuat berdasarkan peran,sehingga wanita sering dinmor dua kan.

    BalasHapus
  20. Jelaskan pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi ?
    ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.

    Jelaskan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan ?
    a. Adanya organisasi wanita yang dapat menjadi tempat bertukar pikiran dan berbagi pengalaman
    b. memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terutama mengenai hak - hak perempuan dalam kesehatan reproduksi.
    c. Memberdayakan wanita sesuai dengan kemampuannya tanpa melupakan tugas dan kodratnya sebagai wanita.

    BalasHapus
  21. 1. JELASKAN PENGERTIAN TENTANG DISKRIMINASI GENDER DALAM PRESPEKTIF KESEHATAN REPRODUKSI ?
    prilaku yang membedakan wanita dengan laki-laki dimana wanita dianggap lebih lemah dari laki-laki, mereka dianggap tidak mampu mengerjakan tugas-tugas yang biasanya dilakukan laki-laki.perbedaan yang nyata antara kedudukan pria dan wanita terutama yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi perempuan

    2. JELASKAN LANGKAH-LANGKAH YANG BISA ANDA LAKUKAN UNTUK MENGURANGI PERMASALAHAN DISKRIMINASI GENDER, TERUTAMA KAUM PEREMPUAN ?
    a. Memperjuangkan kesetaraan
    Memperjuangkan kesetaraan bukanlah berarti mempertentangkan dua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Tetapi, ini lebih kepada membangun hubungan (relasi) yang setara.
    b. Bangun kesadaran diri
    Hal pertama yang mesti kita lakukan adalah membangun kesadaran diri. Ini bisa dilakukan melalui pendidikan. Karena peran-peran yang menimbulkan relasi tak setara terjadi akibat pengajaran dan sosialisasi, cara mengubahnya juga melalui pengajaran dan sosialisasi baru. Kita bisa melakukan latihan atau diskusi secara kritis. Minta profesional, aktivis kesetaraan jender, atau siapa pun yang kita pandang mampu membantu untuk memandu pelatihan dan diskusi yang kita adakan bersama.
    c. bicarakan
    d.kampanyekan

    BalasHapus
  22. Diskriminasi gender adalah adanya perbedaan, pengecualian/pembatasan yang dibuat berdasarkan peran dan norma gender yang dikonstruksi secara social yang mencegah seseorang untuk menikmati HAM secara penuh.

    a. Masalah kesehatan reproduksi tidak terpisah dari hubungan laki-laki dan perempuan. Namun keterlibatan , motivasi serta partisipasi laki-laki dalam kespro dewasa ini sangat kurang.
    b. Laki-laki juga mempunyai masalah kesehatan reproduksi, khusunya berkaitan dengan IMS. HIV, dan AIDS. Karena ini dalam menyusun strategi untuk memperbaiki kespro harus dipertimbangkan pula kebutuhan, kepedulian dan tanggung jawab laki-laki.
    c. Perempuan rentan terhadap kekerasan dalam rumah tangga 9kekerasan domestic) atau perlakuan kasar yang pada dasarnya bersumber gender yamg tidak setara.
    d. Kesehatan reproduksi lebih banyak dikaitkan dengan urusan perempuan seperti KB


    BalasHapus
  23. 1. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.

    2.langkah langkah untuk mengatasi permasalahan gender adalah memberikan informasi ke masyarakat tentang hak hak antara laki laki dengan wanita. Dengan demikian, perlu adanya kesepakatan dalam hal pembagian peran, sehingga laki-laki dan perempuan dapat menjadi mitra yang setara dan seimbang dalam kehidupan di keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

    BalasHapus
  24. 1. Jelaskan pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi ?
    perbedaan, pengecualian/pembatasan yang dibuat berdasarkan peran dan norma gender yang dikonstruksi secara social yang mencegah seseorang untuk menikmati HAM secara penuh.

    2. Jelaskan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan ?
    1. Masalah kesehatan reproduksidapat terjadi sepanjang siklus hidup manusia missal masalah inses yang terjadi pada masa anak-anak dirumah, masalah pergaulan bebas , kehamilan remaja.
    2. Perempuan lebih rentan dalam menghadapi resiko kesehatan reproduksi seperti kehamilan, melahirkan, aborsi tidak aman dan pemakaian alat kontrasepsi. Karena struktur alat reproduksi yang rentan secara social atau biologis terhadap penularan IMS termasuk STD/HIV/AIDS.
    3. Masalah kesehatan reproduksi tidak terpisah dari hubungan laki-laki dan perempuan. Namun keterlibatan , motivasi serta partisipasi laki-laki dalam kespro dewasa ini sangat kurang.
    4. Laki-laki juga mempunyai masalah kesehatan reproduksi, khusunya berkaitan dengan IMS. HIV, dan AIDS. Karena ini dalam menyusun strategi untuk memperbaiki kespro harus dipertimbangkan pula kebutuhan, kepedulian dan tanggung jawab laki-laki.
    5. Perempuan rentan terhadap kekerasan dalam rumah tangga 9kekerasan domestic) atau perlakuan kasar yang pada dasarnya bersumber gender yamg tidak setara.
    6. Kesehatan reproduksi lebih banyak dikaitkan dengan urusan perempuan seperti KB<>


    BalasHapus
  25. 1. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.

    2.Langkah mengurangi permasalahn gender :
    - Penyebaran informasi bahwa wanita mempunyai hak yang sama
    - Memberikan bimbingan konsling kepada remaja (perempuan)
    - Bersama kelompok membuat kegiatan yang mengarah kegiatan positif

    BalasHapus
  26. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. Hal ini terjadi karena adanya keyakinan dan pembenaran yang ditanamkan sepanjang peradaban manusia dalam berbagai bentuk dan cara yang menimpa kedua belah pihak, walaupun dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dialami oleh perempuan.

    Mengurangi permasalahan diskriminasi gender
    1. Saling mengenal yang tidak hanya bersifat fisik atau biodata ringkas belaka, tapi lebih jauh lagi menyangkut latar belakang pendidikan,budaya, keagamaan, pikiran, ide-ide, cita-cita serta problema kehidupan yang di hadapi.
    2. Saling memahami kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan masing-masing, sehingga segala macam bentuk kesalahpahaman dapat dihindari.
    3. Saling tolong menolong dimana yang kuat menolong yang lemah dan yang memiliki kelebihan menolong yang kekurangan, dengan konsep ini maka kerjasama akan tercipta dengan baik.
    4. Saling memberikan jaminan, sehingga menimbulkan rasa aman tidak ada rasa kekhawatiran dan kecemasan menghadapi hidup ini.

    BalasHapus

  27. 1. Jelaskan pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi ?
    ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.
    2. Jelaskan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan ?
    a. Masalah kesehatan reproduksi tidak terpisah dari hubungan laki-laki dan perempuan. Namun keterlibatan , motivasi serta partisipasi laki-laki dalam kespro dewasa ini sangat kurang.
    b. Laki-laki juga mempunyai masalah kesehatan reproduksi, khusunya berkaitan dengan IMS. HIV, dan AIDS. Karena ini dalam menyusun strategi untuk memperbaiki kespro harus dipertimbangkan pula kebutuhan, kepedulian dan tanggung jawab laki-laki.
    c. Perempuan rentan terhadap kekerasan dalam rumah tangga 9kekerasan domestic) atau perlakuan kasar yang pada dasarnya bersumber gender yamg tidak setara.
    d. Kesehatan reproduksi lebih banyak dikaitkan dengan urusan perempuan seperti KB




    BalasHapus
  28. 1. Dikriminasi gender dalam kesehatan reproduksi : Dimana wanita selalu dianggap lemah dalam kesehatan reproduksi, wanita selalu dianggap menjadi penyebab apabila terjadi masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproiduksi, serta wanita selalu menjadi pihak yang mendapat intervensi utama dalam penanggunlangan masalah kesehatan reproduksi.
    2. Harus ada kesamaan persepsi bahwa kesehatan reproduksi itu adalah masalah bersama antara laki-laki dan perempuan, dapat ,melalui promosi kesehatan, penyuluhan, peningkatan pengetahuan tentang masalah kesehatan reproduksi.

    BalasHapus
  29. Diskriminasi gender:suatu keadaan membedakan seseorang dilihat dari jenis kelaminnya.Dimana yang menjadi sasaran diskriminasi biasanya wanita. Wanita lebih di nomor duakan hak dan kewajibannya dibandingkan laki-laki


    Cara mengatasinya adalah dengan:memberikan kesempatan pada wanita untuk bisa menjadi pemimmpin,memberikan hak yang sama dalam kehidupan keluarga bahwa anak laki laki dan perempuan mendapatkan hak yg sama dalam pendidikan,menimbulkan rasa ketergantungan antara wanita dan laki laki dengan saling melengkapi kekurangan masing2.

    BalasHapus
  30. 1. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. Seperti perempuan harus selalu dianggap rendah dan lemah dibanding laki-laki.

    2. Pemberian informasi kepada masyarakat tentang hak pria dan wanita adalah sama , penanaman pendidikan sejak dini mengenai persamaan gender dimulai dari lingkup rumah (keluarga) dilanjutkan dengan lingkup yang lebih luas (sekolah dll). meningkatkan silaturahmi antar sesama (laki-laki perempuan), sehingga tdk ada lg diskriminasi gender jika kita saling silaturahmi.

    BalasHapus
  31. 1. Diskriminasi gender merupakan kondisi yang timpang antara gender baik itu laki-laki atau perempuan dalam eksistensinya di dalam perspektif kespro.

    2. langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan, saling menghormati antara hak-hak perempuan dalam memperoleh keadilan, berkeempatan memperoleh pendidikan dan hak yang sama denganlaki-laki, terbuka dalam hal yang berkaitan dengan maslah diskrimnasi terhadap kaum perempuan.

    BalasHapus
  32. 1. adanya perbedaan sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya atau juga dapat diartikan perbadaan pearan, fungsi, dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi social dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman.
    2. * tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan
    * menyebarkan informasi seluas-luasnya
    * membuat organisasi

    BalasHapus
  33. 1.diskriminasi gender adalah ketidak adilan gender yg merupakan akibat dari adanya sistem sosial dimana salah satu jenis kelamin menjadi korban .Seperti peremouan yg selalu dianggap lebih lemah dibanding laki-laki.

    2.penyetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. dengan cara memberikan pemahaman bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai hak yg sama dan harus saling menghargai

    BalasHapus
  34. 1. Diskriminasi Gender Dalam Perspektif Kesehatan Reproduksi

    Diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) sosial dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.

    Dalam perspektif kesehatan reproduksi, diskriminasi gender ini dalam kehidupan sehari-harinya lebih banyak dialami oleh perempuan. Misalnya hak perempuan dalam masalah reproduksi, maupun pengambilan keputusan dalam program KB yang dominan dilakukan oleh laki-laki.

    2. Langkah-langkah yang dapat dilakukan

    -Membangun kesadaran diri melalui pendidikan
    -Membangun pemahaman dan pendekatan baru bahwa wanita juga bisa dilatih untuk lebih aktif, berani, dan mampu mengambil keputusan
    -Kampanye, atau sosialisasi untuk mengubah cara pikir masyarakat. Masyarakat harus memahami bahwa beberapa sistem sosial-budaya yang merupakan produk cara berpikir sering kali tidak berpihak, menekan, dan menghambat peluang wanita untuk memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki.

    BalasHapus
  35. 1.Gender itu sendiri adalah perilaku atau pembagian peran antara laki-laki dan perempuan yang sudah dikonstruksikan atau dibentuk di masyarakat tertentu dan pada masa waktu tertentu pula, yang hanya mengutamakan laki dari pada wanita,ketidakadilan dalam membagi tanggung jawab
    2. Harus ada kesamaan persepsi bahwa kesehatan reproduksi itu adalah masalah bersama antara laki-laki dan perempuan, dapat ,melalui promosi kesehatan, penyuluhan, peningkatan pengetahuan tentang masalah kesehatan reproduksi

    BalasHapus
  36. 1. diskriminasi gender merupakan
    Perbedaan peran dan fungsi antara laki-laki dan perempuan atau yang lebih tinggi dikenal dengan perbedaan gender yang terjadi di masyarakat tidak menjadi suatu permasalahan sepanjang perbedaan tersebut tidak mengakibatkan diskriminasi atau ketidakadilan.


    2. langkah-langkah untuk mengurangi diskriminasi gender terutama kum perempuan
    saling menghormati antara hak-hak perempuan dalam memperoleh keadilan, berkeempatan memperoleh pendidikan dan hak yang sama denganlaki-laki, terbuka dalam hal yang berkaitan dengan maslah diskrimnasi terhadap kaum perempuan.

    BalasHapus
  37. 1. pengetian diskriminasi gender dalam kes. reproduksi :

    a. menganggap bahewa perempuan tidak mampumengambil keputusan dalam kaitan denga kesehatan dirinya
    b. selalu meneomorsarukan laki laki dari pada perempuan misal dalam hal makn sehari - hario hal ini sangat merugikan perempuan twrunatama disaat perempuan dalam keadaan hamil.
    c. di tuntutn untuk tatap bekerja keras walaupuyn dalam keadaan hamil

    2. langkah - langkah menguragi diskriminasi :

    a. memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terumana hak - hak dari seotrang perempuan terutama dalam masalah kesehatan reproduksi.
    b. memberikan bimbingan dan arahan serta konsul tetntang kesehatan preproduksi serta dampak yang akan ditimbulkan jika perempuan dalam keaddan terdiskriminasi.

    BalasHapus
  38. 1. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. Hal ini terjadi karena adanya keyakinan dan pembenaran yang ditanamkan sepanjang peradaban manusia dalam berbagai bentuk dan cara yang menimpa kedua belah pihak, walaupun dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dialami oleh perempuan.
    2. langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan:
    a. Pendidikan baik dari lingkungan keluarga maupun sekolah sedini mungkin
    b. meningkatkan kualitas hidup perempuan dari segala aspek
    c. sosialisasi untuk masalah gender bagi masyarakat agar masyarakat tahu akan pentingnya masalah ini
    d. memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terumana hak - hak dari seotrang perempuan terutama dalam masalah kesehatan reproduksi.
    e. memberikan bimbingan dan arahan serta konsul tetntang kesehatan preproduksi serta dampak yang akan ditimbulkan jika perempuan dalam keaddan terdiskriminasi.

    BalasHapus
  39. 1. Jelaskan pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan produktif?
    Diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. hal ini terjadi karena adanya keyakinan dan pembenaran yang ditanamkan sepanjang peradaban manusia dalam berbagai bentuk dan cara yang menimpa kedua belah pihak, walaupun dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dialami oleh perempuan.

    2. Langkah-langkah untuk mengurangi diskriminasi gender terutama kaum perempuan
    a. Penyebarluasan informasi terutama tentang hak-hak reproduksi.
    b. Mengarahkan untuk mendapat informasi bisa dengan pembentukan kelompok kesehatan agar bisa bertikar fikiran terutama dalam hal kesehatan.
    c. Penyediaan pelayanan dan bimbingan konseling.
    d. Membentuk organisasi perempuan yang bisa menjadi wadah aspirasi bagi perempuan untuk menyampaikan hal-hal positif dan berguna bagi orang lain.

    BalasHapus
  40. 1. Deskriminasi gender dalam perspektif kesehatan reproduksi yaitu ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. Hal ini terjadi karena adanya keyakinan dan pembenaran yang ditanamkan sepanjang peradaban manusia dalam berbagai bentuk dan cara yang menimpa kedua belah pihak, walaupun dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dialami oleh perempuan. Seperti perempuan selalu dianggap lebih rendah dibandingkan laki-laki.

    2. Langkah-langkah mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan yaitu memberikan informasi kepada masyarakat tentang hak pria dan wanita dalah sama , perlu adanya kesepakatan dalam hal pembagian peran, sehingga laki-laki dan perempuan dapat menjadi mitra yang setara dan seimbang dalam kehidupan di keluarga, masyarakat, dan pemerintah.


    BalasHapus
  41. 1.Pengertian dari Diskriminasi Gender :
    diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. Seperti perempuan harus selalu dianggap rendah dan lemah dibanding laki-laki.
    2.langkah-langkah untuk mengurangi masalh diskriminasi gender yaitu,
    -Menginformasikan bahwa derajat kaum wanita dan pria adalah sama,emanipasi wanita
    -meningkatkan kualitas hidup kaum wanita dari segala aspek
    -Penyediaan pelayanan bimbingan,dan pelatihan.

    BalasHapus
  42. Diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya sistem sosial dimana salah satu jenis kelamin menjadi korban

    Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan diskriminasi gender terutama pada perempuan antara lain hal pertama yang mesti kita lakukan adalah membangun kesadaran diri. Ini bisa dilakukan melalui pendidikan, wanita bisa dilatih untuk lebih aktif, berani, dan mampu mengambil keputusan, sedangkan laki-laki pun perlu dilatih untuk menghormati dan menghargai wanita, Membicarakan secara terbuka hal-hal yang dapat menjadi tekanan/ diskriminasi, berikan kesempatan yang sama pada wanita (emansipasi).

    BalasHapus
  43. 1. diskriminasi gender adalah ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban.

    2. Pemberian informasi kepada masyarakat tentang hak pria dan wanita dalah sama , penanaman pendidikan sejak dini mengenai persamaan gender dimulai dari lingkup rumah (keluarga) dilanjutkan dengan lingkup yang lebih luas (sekolah dll)

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  45. 1. pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi:
    ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. sehingga suatu kondisi yang menunjukkan kesenjangan laki-laki dan perempuan yaitu adanya kesenjangan antara kondisi yang dicita-citakan (normatif) dengan kondisi sebagaimana adanya (obyektif).

    2. Dengan cara penyamaan persepsi bahwa kesehatan reproduksi itu adalah masalah bersama antara laki-laki dan perempuan, dapat ,melalui promosi kesehatan, penyuluhan, peningkatan pengetahuan tentang masalah kesehatan reproduksi.

    BalasHapus
  46. . pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi:
    ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. sehingga suatu kondisi yang menunjukkan kesenjangan laki-laki dan perempuan yaitu adanya kesenjangan antara kondisi yang dicita-citakan (normatif) dengan kondisi sebagaimana adanya (obyektif).

    2. langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan:
    a. Pendidikan baik dr linkungan keluarga ,aupun sekolah dll se dini mungkin
    b. meningkatkan kualitas hidup perempuan dari segala aspek
    c. sosialisasi untuk masalah gender bagi masyarakat agar masyarakat tahu akan pentingnya masalah ini

    BalasHapus
  47. 1. Diskriminasi gender adalah : ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya sistem sosial dimana salah satu jenis kelamin menjadi korban biasanya dalam hal ini wanita.

    2.langkah-langkah untuk mengurangi masalh diskriminasi gender yaitu,
    -Menginformasikan bahwa derajat kaum wanita dan pria adalah sama,emanipasi wanita
    -meningkatkan kualitas hidup kaum wanita dari segala aspek
    -Penyediaan pelayanan bimbingan,dan pelatihan.

    BalasHapus
  48. 1.Diskriminasi Gender
    Adalah prilaku yang membedakan antara laki-laki dengan perempuan dimana perempuan dianggap lebih rendah dan lemah dari pada laki-laki
    sehingga perempuan tidak bisa mencapai pendidikan melebihi laki2,begitu juga dibidang pekerjaan bahwa perempuan tidak mampu mengerjakan pekerjaan" laki-laki.
    2.Langkah-langkah yang bisa di lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan:
    a. Pendidikan baik dari lingkungan keluarga maupun sekolah sedini mungkin
    b. meningkatkan kualitas hidup perempuan dari segala aspek
    c. sosialisasi untuk masalah gender bagi masyarakat agar masyarakat tahu akan pentingnya masalah ini
    d. memberikan informasi dan memperluas pengetahuan perempuan terumana hak - hak dari seotrang perempuan terutama dalam masalah kesehatan reproduksi.
    e. memberikan bimbingan dan arahan serta konsul tetntang kesehatan preproduksi serta dampak yang akan ditimbulkan jika perempuan dalam keaddan terdiskriminasi

    BalasHapus
  49. Pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi adalah berupa ketidak adilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) sosial dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. Sehingga terjadi suatu kondisi yang menunjukkan kesenjangan laki-laki dan perempuan, terutama terjadi pada kaum perempuan.

    Langkah-langkah yang bisa lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan antara lain :
    - Meningkatkan kualitas perempuan dari segala aspek agar bisa mandiri dan berkreatifiktas.
    - Memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang hak-hak dari perempuan terutama dalam masalah kesehatan reproduksi.
    - Membentuk lembaga yang dapat membantu mengatasi segala permasalahan yang berkaitan dengan diskriminasi gender.

    BalasHapus
  50. 1. pengertian tentang diskriminasi gender dalam prespektif kesehatan reproduksi:
    ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya system (struktur) social dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi korban. sehingga suatu kondisi yang menunjukkan kesenjangan laki-laki dan perempuan yaitu adanya kesenjangan antara kondisi yang dicita-citakan (normatif) dengan kondisi sebagaimana adanya (obyektif).

    2. langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan:
    a. Pendidikan baik dr linkungan keluarga ,aupun sekolah dll se dini mungkin
    b. meningkatkan kualitas hidup perempuan dari segala aspek
    c. sosialisasi untuk masalah gender bagi masyarakat agar masyarakat tahu akan pentingnya masalah ini

    BalasHapus
  51. 1. Diskriminasi gender dalam perspektif kespro adalah sikap yang selalu menganggap perempuan tidak bisa melakukan pekerjaan yang biasanya tidak dilakukan oleh perempuan,dan menganggap bahwa perempuan tidak memiliki hak yang sama dengan laki-laki,dan kadang juga tidak memiliki hak dalam hal reproduksi wanita itu sendiri.

    2. Langkah-langkah mengurangi permasalahan diskriminasi gender, terutama kaum perempuan yaitu :

    - memberikan informasi kepada masyarakat tentang hak pria dan wanita dalah sama , perlu adanya kesepakatan dalam hal pembagian peran, sehingga laki-laki dan perempuan dapat menjadi mitra yang setara dan seimbang dalam kehidupan di keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

    - Pendidikan baik dr linkungan keluarga ,aupun sekolah dll se dini mungkin

    - meningkatkan kualitas hidup perempuan dari segala aspek

    - sosialisasi untuk masalah gender bagi masyarakat agar masyarakat tahu akan pentingnya masalah ini

    BalasHapus
  52. 1. Dikriminasi gender dlm kesehatan reproduksi : wanita selalu dianggap lemah dlm kesehatan reproduksi, wanita dianggap menjadi penyebab apabila terjadi masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproiduksi, serta wanita selalu menjadi pihak yang mendapat intervensi utama dalam penanggulangan masalah kesehatan reproduksi.
    2. Harus ada kesamaan persepsi bahwa kesehatan reproduksi itu adalah masalah bersama antara laki-laki dan perempuan, dapat ,melalui promosi kesehatan, penyuluhan, peningkatan pengetahuan tentang masalah kesehatan reproduksi.

    BalasHapus
  53. 1. Gender pada awalnya diambil dari kata dalam bahasa arab JINSIYYUN yang kemudian di adopsi dalam bahasa perancis dan inggris menjadi Gender
    Gender adalah perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam peran, fungsi, hak, tanggung jawab dan perilaku yang dibentuk oleh tata nilai social, budaya dan adat istiadat (Badan Pemberdayaan Masyarakat, 2003)
    Gender adalah peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang ditentukan secara social. Gender berhubungan dengan persepsi dan pemikiran serta tindakan yang diharapkan sebagai perempuan dan laki-laki yang dibentuk masyarakat, bukan karena perbedaan biologis (WHO, 1998).
    2. - Jika merasa bahwa perempuan bisa bekerja lebih baik daripada rekan pria , maka perlu dibuktikan bahwa perempuan adalah orang terbaik untuk menduduki suatu posisi tertentu.
    - Anggapan negatif bahwa wanita adalah kaum yang tidak profesional di dalam bekerja dan sulit fokus pada pekerjaan yang dihadapi umum ditemukan di tempat kerja.
    Bersikaplah profesional dan fokus pada pekerjaan yang di hadapi ketika berada di kantor dan perlahan, stereotype negatif tentang pekerja wanita akan luntur dari diri dan wanita akan diperlakukan secara adil seperti karyawan pria.
    - Kaum perempuan harus membuktikan kapabilitas sebagai karyawan yang baik untuk mencegah diskriminasi dalam hal-hal seperti kekerasan dan pelecehan yang terjadi ditempat kerja.

    BalasHapus