MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Selasa, 21 Mei 2013

KEMITRAAN DAERAH KONFLIK MHS REGULER












PERTANYAAN :

  1. Jelaskan apa saja yang dimaksud dengan daerah konflik, dan berikan contohnya.
  2. Mana yang akan saudara dahulukan pada saat ditugaskan di daerah konflik, penanganan kesehatan segera atau melakukan kemitraan dengan tim yang ada di daerah tersebut ?
Jawablah pertanyaan di KOLOM KOMENTAR !

8 komentar:

  1. 1. daerah konflik adalah daerah yg rawan untuk terjadi kerusuhan yg disebabkan oleh berbagai faktor misalnya dari faktor pemicu disebabkan oleh multietnik, etnik yg seimbang, ketegangan sosial, pelanggaran HAM, instalbilitas politik, gerakan saparatis dll. dari faktor pemicu penyebaran masalah ke tempat lain, peningkatan situasi yg signifikan, perbatasan yg terbuka dengan negara tetangga, hilangnya figure pemimpin dan perubahan pola kepemimpinan. tekanan LSM, bencana alam, dll.
    contohnya Gerakan Aceh Merdeka karena ketidakpuasan terhadap pemerintah dan hilangnya kepercayaan terhadap pemerintah serta faktor pemicu lainnya, maka beberapa orang di Aceh ingin mendirikan negara sendiri dan memisahkan diri dari Indonesia.

    2. melakukan kemitraan dengan tim yg ada di daerah tersebut. karena dengan membina kemitraan dengan tim yg ada di daerah tsb akan terjadi pertukaran informasi yg berkualitas sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal, kemudian diharapkan dapat menanggulangi masalah kesehatan secara optimal.

    BalasHapus
  2. 1.daerah komflik adalah daerah yang mengalami musibah atau yang terjadi permasalah yang antar kelompok, suku atau daerah yang menyebabkan konflik.
    contoh:
    komflik yang terjadi pada tahun 2002 di ambon malu menyebabkan beberapa orang borbang.

    2. melakukan kemitraan dengan tim yang ada di daerah tersebut, karena suatu daerah tersebut tidak bisa melakukan penanganan kesehatan dengan tenaga kesehatan itu sendiri tetapi harus kerja sama dengan tim sumoga untuk menjalankan/ penanganan terhadap warga/ orang disekitar komflik tersebut.dan kemitraan dengan beberapa elemen penting dalam suaut tempat

    BalasHapus
  3. 1. daerah konflik adalah daerah yang mengalami kejadian-kejadian yang tidak sesuai melenceng dari hukum yang berlaku.
    Contohnya : perang suku yang ada di papua .

    2. yang akan saya dahulukan pada saat ditugaskan di daerah konflik adalah melakukan kemitraan dengan tim yang ada di daerah tersebut. karena, itu penting dilakukan agar tidak ada tumpang tindih dalam pelaksaan tugas dan wewenang . selain itu, kita tidak bisa langsung melakukan tindakan penanganan karena kita perlu mencari data-data masyarakat yang perlu di berikan penanganan yang serius atau tidak , jika kita tidak berhubungan dengan pihak yang memiliki wewenang dalam hal penyerlamatan awal ( Dinas sosial , TNI dan kepolisian dan semua pihak lintas sektoral lainnya ).

    BalasHapus
  4. 1. daera konflik adalah, daerah dimana sedang terjadi pertempuran/peperangan/kerusuhan antar kelompok maupun negara,
    contohnya: konflik di lampung kmarin, konflik antara suku lampung dengan suku bali.

    2. melakukan kemitraan dengan tim yang ada di daera tersebut karena kita tidak tahu jalur akses yang ada di daerah tersebut, dan supaya kita aman dalam penanganan kesehatan..

    BalasHapus
  5. 1. Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul.
    Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
    contoh: perang suku antara LAMPUNG VS bali yang belum lama ini terjadi.

    2. melakukan kemitraan dengan tim di daerah tersebut, karna dengan bermitra dengan tim maka tujuan untuk penanganan kesehatan di daerah konflik berjalan baik.

    BalasHapus
  6. 1. yang dimaksud dengan daerah konflik adalah daerah yang memiliki permasalahan baik itu pada tingkat sosial ataupun budayanya yang bisa disebabkan karena faktor-faktor tertentu (faktor pendukung dan faktor pemicu)
    contohnya :
    Jika di Aceh ada GAM, maka di Papua ada OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang berdiri tahun 1964.Manuver awal OPM terjadi tahun 1965 di Ransiki, Manokwari, tatkala Indonesia tengah berada dalam krisis politik 1965-1966. Aktitivitas umum OPM adalah manuver-manuver sporadis untuk menyerang pos-pos polisi dan tentara, sabotase sarana vital dan strategis seperti Freeport, menyerang transmigran, atau penghasutan massa.
    konflik Papua dapat dirunut kepada faktor-faktor berikut :

    -Kurang mulusnya pelaksanaan Pepera yang pernah diadakan Indonesia tatkala mengambil alih Papua dari Belanda,
    -Pelanggaran Hak Asasi Manusia, baik yang dilakukan pasukan Indonesia, utamanya dalam penegakkan hukum atas mereka,
    -Pengabaikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat asli Papua. Ini termasuk marginalisasi sosial ekonomi mereka serta terbentuknya stereotip yang mendiskreditkan orang Papua.

    2. melakukan kemitraan dengan tim yang ada di daerah tersebut dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan yang bisa meyakinkan dan bisa menghasilkan perubahan dan membawa dampak yang baik bagi masyarakat di sana. konflik tidak akan terjadi kalau adanya kemitraan dengan berbagai pihak, karena itu akan menyatukan yang tidak sesuai menjdi lebih baik. Dengan bermitra, bisa menanggulangi permasalahan yang ada.



















































































































































    BalasHapus
  7. 1. Jelaskan apa saja yang dimaksud dengan daerah konflik, dan berikan contohnya.

    daerah konflik adalah suatu wilayah yang rentan akan kejadian keributan, ketidak amanan dan wilayah bermasalah. baik dari segi hukum, agama, sosial, dan politik. karna adanya propokator maupun ketidak tegasan pemerintah dalam menangani msalah konflik tersebut.
    contoh : perang antar suku, tawuran antar warga, GAM, OPM, dan kelompok masyarakt lainya yang dapat menimbulkan kerusuhan atau keributan serta ketidak amanan.

    2. Mana yang akan saudara dahulukan pada saat ditugaskan di daerah konflik, penanganan kesehatan segera atau melakukan kemitraan dengan tim yang ada di daerah tersebut ?
    dalamhal ini saya akan melakukan kemitraan dengan tim yang sudah lebih dahulu ada di daerah tersebut, karena mereka lbih tau kondisi di tempat tersebut terlebih dahulu. dengan bermitra kita dapat saling bekerjasama dan mengoptimalkan kerja kita walaupun berbeda latar belakang (tugas).

    BalasHapus
  8. 1. Daerah konflik adalah suatu wilayah atau tempat yang terdapat proses social dimana orang atau kelompok manusia berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lain yang di sertai dengan ancaman atau kekerasan.
    Contoh: Konflik Timur Tengah merupakan contoh konflik yang tidak terkontrol, sehingga timbul kekerasan. hal ini dapat dilihat dalam konflik Israel dan Palestina.
    2. Yang saya dahulukan adalah melakukan kemitraan dengan tim karena dengan melakukan kemitraan dengan semua tim yang terkait dengan penanganan kesehatan di daerah konflik tersebut , maka masalah kesehatan dapat ditangani secara optimal.

    BalasHapus