MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Selasa, 21 Mei 2013

PELAYANAN LUAR GEDUNG PUSKESMAS


KLIK GAMBAR UNTUK  PERBESAR




















PERTANYAAN :

  1. Promosi Kesehatan adalah untuk peningkatan kesehatan masyarakat. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peningkatan kesehatan masyarakat dan berikan contohnya !
  2. Jelaskan siapa saja sasaran Promosi kesehatan di sekolah dan berikan contohnya ?
Jawab pertanyaan di KOLOM KOMENTAR

9 komentar:

  1. 1. peningkatan kesehatan masyarakat yaitu bukan hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan saja, tetapi juga disertai upaya-upaya menfasilitasi perubahan perilaku. Dengan demikian promosi kesehatan adalah program-program kesehatan yang dirancang untuk membawa perubahan (perbaikan) baik di dalam masyarakat sendiri maupun dalam organisasi dan lingkungannya (lingkungan fisik, sosial budaya, politik dan sebagainya). Atau dengan kata lain promosi kesehatan tidak hanya mengaitkan diri pada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku kesehatan saja, tetapi juga meningkatkan atau memperbaiki lingkungan (fisik dan non-fisik) dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat.
    dalam peningkatan kesehatan masyarakat jg dimana masyarakat jg harus mau dan mampu mengubah perilaku guna peningkatan taraf kesehatan.
    contoh nya jambanisasi atau pembuatan jamban dimasyarakat.

    2. sasaran promkes disekolah :
    1. Murid Sekolah
    2. Komponen komunitas sekolah (murid, guru, pegawai sekolah, dan orang tua murid)
    3. Lingkungan Sekolah
    contoh dengan mengajarjan prilaku PHBS dan membersihkan lingkungan sekolah ataupun dirumah setiap hari.

    BalasHapus
  2. 1. peningkatan kesehatan adalah perubahan perilaku (dengan program promkes) masyarakat dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mampu menjadi mampu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri. baik secara fisik, mental, maupun sosial.mampu mewujudkan aspirasinya, kebutuhannya, dan mampu mengubah atau mengatasi lingkungannya.
    contohnya adalah sampah . awalnya masyakarat membuang sampah sembarangan (misalnya di sungai) membuat sungai menjadi kotor dan bisa menyebabkan banjir, kemudian membuang sampah sembarangan (di pinggir - pinggir jalan) merusak pemandangan dan membuat aroma yg tidak sedap. kemudian membakar sampah sembarangan akan berdampak berbahaya bagi kesehatan. setelah di adakan promkes mengenai sampah tersebut, misalnya bagaimana cara mengelolah sampah dengan baik dan benar dan bagaimna memanfaatkan sampah menjadi hal yg berguna. maka masyarakat menjadi tahu, kemudian diharapkan masyarakat menjadi mau dan mampu untuk mengubah perilaku (kebiasaan) mereka menjadi hal yg berguna dan menguntungkan untuk mereka sendiri. atau juga dari puskes yg mereka usahakan / buat dri puskes pratama, kemudian menjadi madya, menjadi purnama dan akhirnya menjadi mandiri

    2. sasaran promosi kesehatan disekolah guru - guru, para staf di sekolah, para siswa, orang tua murid.
    contohnya pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan baik lingkungan sekolah atau pun dirumah.

    BalasHapus
  3. 1. Peningkatan kesehatan masyarakat adalah upaya-upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk memperbaiki diri dan lingkungannya serta meningkatkan derajad kesehatan untuk tetap sehat baik diri dan lingkungan.
    peningktan kesehatan masyarakat ini sangat erat hubungannya dengan pencegahan penykit.
    contoh peningkatan kesehatan masyarakat adalah program promosi kesehatan di sekolah melalui bentuk Usaha Kegiatan Sekolah (UKS)baik ditingkat sekolah dasar ataupun tingkat lanjutan.
    dengan adanya UKS tersebut akn menciptkan/menghasilkan KADER sekolah yang akan memberikan perubahan terhdap diri dan lingkungan.


    2. sasaran promosi kesehatan di sekolah adalah anak-anak sekolah.
    contohnya: promosi kesehatan tentang cuci tngan pakai sabun sebelum makan dan setelah beraktivitas dan setelah dari kamar mandi/wc.
    dengan adanya promosi ini, anak-anak akan terbiasa untuk meniru/melakukannya. karena usia anak-anak khususnya tingkat SD itu golongan usia yang sangat peka untuk dapat menerim perubahan.











































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































    BalasHapus
  4. 1. yang di maksud peningkatan kesehatan masyarakat adalah berubahnya pola prilaku atau kebiasaan masyarakat yang sebelumnya tidak tahu , tidak mau,dan tidak mampu menyadari pentingnya kesehatan , menjadi masyarakat yang tahu , mau dan mampu menghargai pentingnya kesehatan . baik untuk dirinya sendiri , keluarga, dan lingkungan.
    Contohnya : sebuah desa dalam 3 tahun terakhir mejadi desa yang selalu mendapatkan kasus BDB . setelah dilakukan penelitian , ternyata masyarakat di desa tersebut jarang sekali melakukan PSN ( dalam hal ini 3M . Menguras, Mengubur , dan menutup ). akhirnya petugas kesehatan melakukan promosi kesehatan ke desa tersebut dan memberikan informasi mengenai DBD dan cara pencegahan nya selama 3 bulan . setelah masyarakat tahu , masyarakat mulai melakukan kegiatan PSN. dan akhirnya, masyarakat di desa tersebut mengalami penurunan jumlah masyarakat yang terkena DBD.

    2. Yang menjadi sasaran promosi kesehatan di lingkungan sekolah adalah :
    - para murid
    - para guru dan kepala sekolah
    - penjaga sekolah
    - pedagang di kantin sekolah
    - wali murid
    Contohnya : Kegiatan mengenai promosi kesehatan lingkungan sekolah

    BalasHapus
  5. 1. yang di maksud peningkatan kesehatan masyarakat adalah memberikan motivasi agar masyarakat mau menjaga kesehatan mereka serta menjaga kebersihan lingkungan nya, dan memeberikan penyuluhan agar masyarakat yang tadi nya tidak tahu tentang arti dan penting nya kesehatan menjadi tahu dan mau menjaga kesehatan dan lingkungan mereka dari berbagai macam jenis penyakit dan penyebabnya.
    contoh nya : peningkatan kesehatan dengan cara penyuluhan PHBS untuk masyarakat agar selalu menjaga prilaku hidup mereka yang tadi nya kurang sehat menjadi sehat.

    2. yang mejadi sasaran di sekolah.
    - murid
    - guru
    - karyawan sekolah
    - pedagang kantin
    - orangtua murid
    - masyarakat di lingkungan sekolah.
    contoh nya : kegiatan sikat gigi dan cuci tangan sebelum makan.

    BalasHapus
  6. 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peningkatan kesehatan masyarakat dan berikan contohnya !

    Peningkatan Kesehatan Masyarakat adalah sebuah metode untuk mengupayakan kegiatan kesehatan yang akan diterapakan ke masyarakat melalui program-program tertentu. Sehingga nantinya program tersebut dapat merubah perilaku kesehatan masyarakat yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu setelah tahu menjadi mau dan setelah mau menjadi mampu untuk mengupayakan serta menerapkan dan mewujudakan program tersebut, hingga nantinya masyarakat bisa memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri serta dapat mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya.

    Contohnya :
    Program Jambanisasi di Desa xx..
    Untuk bisa meningkatkan kesehatan masyarakat di desa tersebut yang sebelumnya masyarakat selalu MCK/BAB di sungai/kali dsb. Perlahan-lahan petugas kesehatan mengenalkan Jamban ke masyarakat tersebut melalui promosi kesehatan. Setelah masyarakat dikenalkan tentang Jambanisasi di harapakan kepada masyarakat yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, lalu setelah tahu menjadi mau dan selanjutnya menjadi mampu melaksanakan program tersebut. Yang nantinya diharapakan masyrakat dapat merubah perilaku menjadi lebih sehat setelah menggunakan Jamban.
    Dengan perubahab perilaku inilah yang nantinya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.
    Tidak sampai disitu saja di harapkan petugas kesehatan mampu mencipkan kader agar kegiatan/program tersebut dapat berkelanjutan terus-menerus.

    2. Jelaskan siapa saja sasaran Promosi kesehatan di sekolah dan berikan contohnya ?

    Sasarannya :
    Murid Sekolah

    contohya :
    Pemeliharaan Kebersihan Perorangan dan lingkungan

    Pemeliharaan Kebersihan Perorangan
    contohya :
    - seragam sekolah yang selalu bersih dan rapi
    - kuku yang tidak boleh panjang dan kotor
    - rambut tidak boleh panjang (pria)

    Lingkungan
    contohnya :
    - Selalu membersihkan kelas setiap hari
    - adanya tempat cuci tangan

    BalasHapus
  7. 1. Bahwa Promosi kesehatan merupakan pilar utama Kesehatan Masyarakat. Hal ini dapat dipahami karena semua bidang atau program kesehatan mempunyai aspek perilaku. Penyakit menular mapun tidak menular terjadi, bukan hanya karena adanya egent atau penyebab penyakit saja, melainkan juga karena perilaku manusia.
    Demikian juga masalah kesehatan yang lain seperti kesehatan lingkungan, kesehatan reproduksi, gizi, imunisasi, kecelakaan dsbnya.

    2. Promosi kesehatan di sekolah adalah suatu upaya menciptakan sekolah menjadi komunitas yang mampu meningkatkan derajat kesehatannya melalui :

    A.Pencipta lingkungan sekolah yang sehat;
    B.Pemeliharaan dan pelayanan kesehatan di sekolah ;
    C.Upaya pendidikan kesehatan yang berkesimbungan.

    CONTOH
    PHBS terhadap murid-murid di sekolah

    BalasHapus
  8. 1. Promosi Kesehatan adalah untuk peningkatan kesehatan masyarakat. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peningkatan kesehatan masyarakat dan berikan contohnya !

    peningkatan kesehatan masyarakat adalah kemampuan masyarakat untuk mau dan mampu menjaga kesehatan dirinya, dan merasa kesehatan itu penting bagi dirinya.itu semua tidak lepas dari peran tenaga kesehatan yang ada dimasyarakat sebagai penggerak masyarakat untuk peningkatan kesehatan melalu promosi kesehatan.
    contohnya :
    rumah sehat (keluarga tersebut mampu menjaga kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya agar terhindar dari penyakit )


    2. Jelaskan siapa saja sasaran Promosi kesehatan di sekolah dan berikan contohnya ?
    adapun sasaran disekolahan adalah murid (siswa/i), guru dan orang-orang di sekeliling sekolah (pedagang)

    contohnya :
    PHBS (cucitangan sbelum makan dan sehabis bab)
    UKS (usaha kesehatan sekolah)

    BalasHapus
  9. 1. Peningkatan kesehatan masyarakat maksudnya adalah mengarah pada usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
    2. Sasaran promosi kesehatan di sekolah: semua siswa-siswi sekolah, para guru dan staf TU, kepala sekolah.
    Contoh: promosi cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan serta sesudah BAB dan kontak dengan kotoran , diharapkan semua warga sekolah dapat mengaplikasikan dalam keseharian baik disekolah maupun di luar sekolah.

    BalasHapus