MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Senin, 27 Mei 2013

PENENTUAN METODE STASTISTIK PADA BAB III

Pada penelitian KUANTITATIF maka BAB 3 adalah Metodologi Penelitian, kita wajib
menuliskan Metode Statistiknya.
Untuk menentukan Metode Statistiknya sangat tergantung dengan data yang akan kita peroleh, untuk lebih jelasnya mari kita lihat slide berikut ini :






PERTANYAAN :

  1. Data yang diperoleh dari penenlitian Kuantitatif, bisa berbentuk data Katagori, bisa data Kontinu. Jelaskan apa yang dimaksud dengan data Katagori apa yang disebut dengan data Kontinu ?
  2. Jelaskan kaitan data Katagori dan Kontinu dengan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio ?
JAWABLAH PERTANYAAN DI KOLOM KOMENTAR !!

53 komentar:

  1. 1. a. Data Kategorik adalah
    semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll. Contoh jenis kelamin (L atau P), tempaty tinggal/region (Urban, Rural), tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), respon konsumen pada produk (Puas, Cukup, Kurang puas), dll.
    b. Data Kontinu Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai. Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinyu.Contoh:-Pengukuran debit air di bendungan-Pengukuran tingkat curah hujan di daerah Bandung.
    2. Semua data saling berkaitan dikarenakan ukuran data nominal ad. katagorik yang mana data nominal mumpunyai tingk yg paling rendah sedangkan data ordinal hampir sama dgn data nominal, data ordinal mempunyai tingk data atau urutan kelas.
    semuanya dapat kita lihat dari urutan data yang paling tinggi adalah data rasio, interval, ordinal dan yang paling rendah adalah data nominal.trims

    BalasHapus
  2. 1.Yang dimaksud data kategori adalah : data yang menyatakan kategori misal kepatuhan minum obat,kategori 1,jika diminum teratur,kategori 2 jika kadang-kadang diminum,kategori 3 jika tidak diminum,sedangkan data kontinu adalah data yang diperoleh dengan mengukur misal ,berat 3 kg
    2.Kaitan kedua data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya

    BalasHapus
  3. 1.data kontinu adlh data yg nilainya ada pada satu interval tertentu atau berbeda pada nilai yang satu ke nilai lainnya
    data kategori sdlh struktur data

    2.data dhn skala nominal tidak mempunyai jenjang tetapi hanya kategori/tingkatan data rasio,interval,ordinal,nominal merupakan distribusiteoritis dari data kontinu

    BalasHapus
  4. Eka Nurul Iswanti menjawab
    1. data kontinu merupakan data yang diperoleh dengan cara mengukur bisa dalam bentuk bilangan bulat atau pecahan. contohnya rata-rata kecepatan mobil 90 km/jam, tinggi badan si A 155,6 cm,
    data kategori merupakan data yang sudah dikategorikan seperti jenis kelamin laki-laki atau perempuan, agama : islam,kristen,katolik,dll
    2. kaitan data kategori dengan data kontinu adalah ukuran yang paling sederhana, dimana angka yang diberikan kepada objek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkan tingkatan apapun.
    kaitan data kategori dengan data ordinal adalah data memiliki peringkat atau urutan. Angka yang diberikan mengandung tingkatan. Ia digunakan untuk mengurutkan objek dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi, atau sebaliknya.
    kaitan data kategori dengan data interval adalah Data ini memperlihatkan jarak yang sama dari ciri atau sifat objek yang diukur.
    kaitan data kategori dengan data ratio adalah ukuran yang memberikan keterangan tentang nilai absolut dari objek yang diukur.

    BalasHapus
  5. Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    b. Data Kontinu Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai. Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinu.
    2. Semua data saling berkaitan dikarenakan ukuran data nominal ad. katagorik yang mana data nominal mumpunyai tingk yg paling rendah sedangkan data ordinal hampir sama dgn data nominal, data ordinal mempunyai tingkat data atau urutan kelas. semuanya dapat kita lihat dari urutan data yang paling tinggi adalah data rasio, interval, ordinal dan yang paling rendah adalah data nominal.
    terimakasih

    BalasHapus
  6. 1. data kontinyu merupakan data yang diperoleh dengan cara mengukur bisa dalam bentuk bilangan bulat maupun pecahan. Contohnya rata kecepatan mobil 90 km/jam, tinggi badan si A 155,6 cm. sedangkan data kategorik adalah data yang menyatakan kategori misal kepatuhan minum obat.

    2. kaitan data Katagori dan Kontinu dengan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio saling berkaitan dikarnakan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio merupakan tingkatan untuk menentukan hasil dari data kategori dan kontinu.

    BalasHapus
  7. 1. - data kategorik adalah bilamana datanya ordinal yaitu data non numerik serta data yang bukan merupakan hasil dari pengukuran misalnya jenis kelamin laki-laki atau perempuan

    - data numeric apabila datanya interval atau ratio, yaitu data yang diperoleh dengan cara mengukur yang dapat dinyatakan dalam bentuk bilangan maupun pecahan. contohnya berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dll

    2. kaitannya dg data kontinu dan kategorik adalah merupakan hasil ukur dari keduanya yg dimana nominal merupakan tinkatan yg paling rendah

    BalasHapus
  8. 1. data kontinyu adalah data yang sifatnya sinambung atau kontinyu, nilainya bisa berupa pecahan sedangkan kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    2. Semua data saling berkaitan data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya.

    BalasHapus
  9. 1. data numerik adalah data yang digunakan jika datanya berupa Interval atau Ratio serta digunakan untuk mencari perbedaan, biasanya menitik beratkan pengukuran atau simbol contohnya Usia,Berat Badan,Tinggi Badan,dll

    data kategorik adalah data yang digunakan nominal atau ordinal serta digunakan untuk mengetahui hubungan, bentuk akhir nya berupa data non numerik dan berupa kategori, level, pernyataan dll contohnya jenis kelamin(L/P),tingkt pendidikan(SD,SMP,SMA,PT), dsb.

    2. hubungannya adalahh mereka merupakan hasil; ukur antara keduanyaaa dimana nominal merupakan data terendah.

    BalasHapus
  10. 1. Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin (L atau P), tempaty tinggal/region (Urban, Rural), tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), respon konsumen pada produk (Puas, Cukup, Kurang puas), dll.
    sedangkan data kontinou adalah data secara teoritis dapat menjalani semua nilai.
    2. hasil ukur yang dipoeroleh akan mengkaitkan kedua kata sesuai dengan variable masing masing

    BalasHapus
  11. Handayani..
    1. Variabel diskrit adalah konsep yang nilainya tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan atau desimal di belakang koma. Variabel ini sering juga dinyatakan sebagai variabel kategorik
    Variabel kontinu adalah variabel yang dapat ditentukan nilainya dalam jarak jangkau tertentu dengan desimal yang tidak terbatas. Sebagai contoh, berat, tinggi, luas,pendapatan, dan lain sebagainya.
    data kontinu adalah data statistik yang angka-angkanya merupakan deretan angka yang sambung-
    menyambung. Dengan kata lain, data kontinu ialah data yang deretan angkanya merupakan suatu kontinum.
    2. Data nominal adalah angka yang berfungsi hanya sebagai pengganti nama atau sebutan suatu gejala
    Data ordinal adalah angka yang selain berfungsi sebagai pengganti nama atau sebutan suatu gejala juga menunjukkan bahwa masing-masing gejala mempunyai perbedaan intensitas dan atau tinggi-rendah, namun satuan atau unit perbedaannya tidak ada atau tidak jelas, tidak dapat dijelaskan, tidak adapat ditandai, tidak diperhatikan atau diabaikan
    Data interval adalah data yang mempunyai ciri-ciri skala ordinal, namun jarak antara tiap bilangan itu diketahui
    Data Ratio adalah yang dapat memberi arti perbandingan atau perkalian.
    Kaitannya dengan data katagorik dan kontinue adalah Semakin tinggi tingkatannya, semakin tinggi pula keterandalan pengukurannya.
    Data yang tertinggi tingkatannya adalah rasio dan yang terendah adalah nominal, data itu dapat diskala, sehingga disebutlah skala nominal, skala ordinal, skala interval, dan skala rasio.Tingkatan yang tertinggi jika perlu dapat diturunkan ke tingkatan yang lebih rendah. Tetapi sebaliknya tingkatan yang lebih rendah tidak dapat dinaikkan ke tingkat yang lebih tinggi.

    BalasHapus
  12. 1.data kontinu adlh data yg nilainya ada pada satu interval tertentu atau berbeda pada nilai yang satu ke nilai lainnya
    data kategori sdlh struktur data

    2.data dhn skala nominal tidak mempunyai jenjang tetapi hanya kategori/tingkatan data rasio,interval,ordinal,nominal merupakan distribusiteoritis dari data

    BalasHapus
  13. 1. data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    sedangkan Data Kontinu Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai. Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinu.
    2. adanya keterkaitan dikarenakan hasil ukur yang diperoleh akan mengkaitkan kedua kata sesuai dengan variable masing masing.

    BalasHapus
  14. 1.Data katagorik adlah bentuk akhir berupa data non-numerik tapi berupa katagori,level,pernyataan simbol,penamaam. dan data kontinu adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur.

    2.kaitan dari data katagorik,kontinu dengan data nominal,ordinal,interval dan ratio adalah merupakan langkah -langkah dalam mengumpulkan/mendapatkan data yang bertjuan untuk mencari hubungan dan menemukan/menentukan masalah dengan interpretasi data sehingga mendapatkan tujuan dari penelitian.

    BalasHapus
  15. 1. data kontinu adlh data yg nilainya ada pada satu interval tertentu atau berbeda pada nilai yang satu ke nilai lainnya. sedangkan data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    2. merupakan hasil; ukur antara keduanyaaa dimana nominal merupakan data yg saling berkaitan dengan variabel lainnya

    BalasHapus
  16. 1. Data Katagorik yaitu adanya keterkaitan antara perbedaan jenis kelamin dengan tingkat pendidikan, atau tempat tinggal
    Data kontinyu merupakan data yang satuannya bisa dalam pecahan atau bilangan real, misalnya minyak dalam 1/2 liter, panjang dalam 0,2 meter dan sebagainya.

    2.Kaitan kedua data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya. Dilihat dari tingkat data, urutan dari yang paling tinggi adalah data rasio, data interval, data ordinal dan paling rendah data nominal.

    BalasHapus
  17. 1. Data Kategorik adalah
    semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll. Contoh jenis kelamin
    sedangkan Data Kontinu Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai. Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinyu.Contoh:-Pengukuran debit air di bendungan-Pengukuran tingkat curah hujan di daerah Bandung.
    2. Semua data saling berkaitan dikarnakan merupakan pedoman kita dalam mendapatkan data yang bertjuan untuk mencari hubungan dan menemukan/menentukan tujuan dari penelitian.

    BalasHapus
  18. (1)Jelaskan apa yang dimaksud dengan data Katagori apa yang disebut dengan data Kontinu ?
    a. Data Kategorik adalah
    data-data yang dinyatakan dalam bentuk bukan numerik tetapi lebih dinyatakan dalam bentuk katagorik-katagorik,tingkatan atau pernyataan dll. Contoh katagoriknya jenis kelamin (Laki dan Perempuan),katagoriknya agama (islam,kristen dll),tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), tingkat kepuasan pasien(Puas, Cukup, Kurang puas), dll.
    b. Data Kontinu Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinue,Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai dan biasanya di dapatkan dari hasil pengukuran Contoh:Pengukuran jarak antara rumah ke sarana kesehtan 23 km ,Tinggi badan pasien 178 cm,lingkar kepala bayi 30 cm dll

    (2)Jelaskan kaitan data Katagori dan Kontinu dengan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio ?
    Semua data yang di maksud saling berhubungan /saling terkait sebab ukuran data nominal adalah bersifat katagorik dimana data-data nominal berisi tingkatan-tingkatan yg paling rendah. sedangkan data ordinal hampir sama dgn data nominal, data ordinal mempunyai tingk data atau urutan kelas.
    data-data tersebut dapat di urutkan dari data yang paling tinggi yaitu data rasio, interval, ordinal ,seddang data yang paling rendah adalah data nominal.(orisinil by dahono)

    BalasHapus
  19. 1. data numerik yaitu data yang menitik beratkan pada kuantitatif, berdasarkan pengukuran dan simbol, atau parameter. contoh : usia, berat badan, tinggi bdn, dsb.

    data kategorik yaitu data yang menitikberatkan pada kualitatif, yakni data yang masih harus diolah sedemikian rupa, karena masih terbilang kasar, cntoh : perkawinan, penyakit, dsb

    2. Kaitanya yaitu untuk membedakan antara data nominal, ordinal, interval dan rasio dan untuk mencari hubungan..

    BalasHapus
  20. 1. data kontinu adalah data yg nilainya ada pada satu interval tertentu atau berbeda pada nilai yang satu ke nilai lainnya
    data kategori semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.

    2.merupakan hasil ukur antara keduanyaaa dimana nominal merupakan data yg saling berkaitan dengan variabel lainnya dalam suatu penelitian.

    BalasHapus
  21. 1. data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    sedangkan Data Kontinu Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai. Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinu.

    2. Semua data saling berkaitan data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya.

    BalasHapus
  22. 1. Data nominal atau sering disebut juga data kategori yaitu data yang diperoleh melalui pengelompokkan obyek berdasarkan kategori tertentu. Contoh data nominal antara lain Jenis kelamin yang terdiri dari dua kategori yaitu: Laki-laki dan Perempuan, sedangkan
    Data kontinu adalah data dalam bentuk angka/bilangan yang diperoleh berdasarkan hasil pengukuran. Data kontinu dapat berbentuk bilangan bulat atau pecahan tergantung jenis skala pengukuran yang digunakan. Contoh data kontinu misalnya: Tinggi badan Budi adalah 150,5 centimeter.

    2. Saling berkaitan satu sama lainnya. Variabel nominal, yaitu variabel yang dikategorikan secara diskrit dan saling terpisah satu sama lain, misalnya status perkawinan, jenis kelamin, suku bangsa, profesi pekerjaan seseorang dan sebagainya. Variabel ordinal adalah variabel yang disusun atas dasar peringkat, seperti motivasi seseorang untuk bekerja, peringkat perlombaan catur, peringkat tingkat kesukaran suatu pekerjaan dan lain-lain. Variabel interval adalah variabel yang diukur dengan ukuran interval seperti indek prestasi mahasiswa, skala termometer dan sebagainya, sedangkan variabel rasio adalah variabel yang disusun dengan ukuran rasio seperti tingkat penganggguran, penghasilan, berat badan, dan sebagainya.

    BalasHapus
  23. 1.Data katagorik semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    dan data kontinu adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur.

    2.merupakan langkah -langkah dalam mengumpulkan data yang bertjuan untuk mencari hubungan dan menemukan/menentukan masalah dengan interpretasi data .

    BalasHapus
  24. 1. Data kategori adalah data yang diperoleh melalui pengelompokkan objek berdasarkan kategori tertentu, bisa berbentuk nominal atau ordinal., contoh nominal : jenis kelamin, yg terdiri dari 2 kategori (1) laki-laki, (2) Perempuan, angka 1 untuk laki-laki hanya untuk simbol untuk membedakan jenis kelamin. Contoh ordinal : tingkat pendidikan (1) SD, (2) SMP, (3) SMA, dst.
    Data Kontinu adalah data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yg lainnya,berbentuk bilangan pecahan atau real, berbentuk interval dan rasio. Contoh interval : pengukuran suhu, rentang temperatur 0'C - 1'C.

    2. data kategori berbentuk data nominal dan ordinal, sedangkan data kontinu berbentuk interval dan rasio.

    BalasHapus
  25. 1. Data Katagorik yaitu adanya keterkaitan antara perbedaan jenis kelamin dengan tingkat pendidikan, atau tempat tinggal
    sedangkan Data kontinyu merupakan data yang satuannya bisa dalam pecahan atau bilangan real.

    2.Kaitan kedua data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya. Dilihat dari tingkat data, urutan dari yang paling tinggi adalah data rasio, data interval, data ordinal dan paling rendah data nominal.

    BalasHapus
  26. 1. Data kontinu merupakan data yang diperoleh dengan cara mengukur, bisa berupa bilangan bulat ataupun pecahan. contohnya rata-rata kecepatan mobil 70 km/jam, panajng garis 13,5 cm, dll

    Data Kategorik adalah semua data dengan bentuk data final , berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.

    2. kaitan data kategori dengan data kontinu adalah ukuran yang paling sederhana, dimana angka yang diberikan kepada objek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkan tingkatan apapun.
    kaitan data kategori dengan data ordinal adalah data memiliki peringkat atau urutan. Angka yang diberikan mengandung tingkatan. Ia digunakan untuk mengurutkan objek dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi, atau sebaliknya.
    kaitan data kategori dengan data interval adalah Data ini memperlihatkan jarak yang sama dari ciri atau sifat objek yang diukur.
    kaitan data kategori dengan data ratio adalah ukuran yang memberikan keterangan tentang nilai absolut dari objek yang diukur.

    BalasHapus
  27. DATA KATEGORIK adalah Data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll.
    Contohnya : jenis kelamin (L atau P), tempaty tinggal/region (Urban, Rural), tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), respon konsumen pada produk (Puas, Cukup, Kurang puas), dll.

    DATA NUMERIK adalah data yang di dapat berdasarkan pada data-data kontinum yaitu data yang berdiri sendiri dan merupakan suatu deret hitung bersifat kuantitatif,dan di ambil berdasarkan pengukuran serta dapat di tulis dalam bentuk bilangan bulat /pecahan
    contoh :TB ;168 cm,HB: 11,3 gr %.

    2. Kaitan data Katagori dan Kontinu dengan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio yaitu .Kaitan kedua data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya, dan untuk menentukan jenis analisa nya, antara nalisa univariat atau bivariat.
    Analisis Bivariat adalah analisis secara simultan dari dua variabel. Hal ini biasanya dilakukan untuk melihat apakah satu variabel, seperti jenis kelamin, adalah terkait dengan variabel lain, mungkin sikap terhadap pria maupun wanita kesetaraan. Analisis bivariate terdiri atas metode-metode statistik inferensial yangdigunakan untuk menganalisis data dua variabel penelitian.
    Statistik univariat lebih sering digunakan dan lebih mudah dihitung daripada statistik multivariat. Statistik univariat biasanya membandingkan nilai mean dan median pada dua kelompok atau lebih atau membandingkan proporsi subjek-subjek yang memiliki suatu ciri tertentu atau yang tergolong dalam berbagai kategori.

    BalasHapus
  28. 1. data kontinu adlh data yg nilainya ada pada satu interval tertentu atau berbeda pada nilai yang satu ke nilai lainnya
    data kategori sdlh struktur data
    2. merupakan hasil ukur antara keduanyaaa dimana nominal merupakan data yg saling berkaitan dengan variabel lainnya dalam suatu penelitian.

    BalasHapus
  29. Yoki Elvanie AS:

    1. Data katagorik semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    dan data kontinu adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur.

    2. Semua data saling berkaitan data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya.

    BalasHapus
  30. 1. data katagorik adalah data hasi pengelompokan dari unit unit eksperimen , contuhnya ; jenis kelamin, umur , pekerjaan ,pendidikan dll

    data numerik adalah data hasil pengukuran , contohnya : berat badan ,tinggi badan , tekanana darah dll.
    2. kaitan anatara data data tersebut yaitu untuk menetukan atau mengelompokkan data sehingga di daptkan analisa dari data tersebut sehingga mampu mencapai tujuan yg di inginkan.

    BalasHapus
  31. 1. Data katagorik semua data dengan bentuk akhir/Final Data, berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan.Contoh jenis kelamin pria atau wanita.
    dan data kontinu adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur.

    2. Semua data saling berkaitan data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya suatu penelitian.

    BalasHapus
  32. 1. Yang dimaksud dengan data katagori adalah semua data yang sudah dalam bentuk akhir berupa data non-numerik, namun berupa katagori, level, pernyataan, symbol dan pemberian nama.
    Sementara yang dimaksud dengan data kontinu yaitu data yang memiliki nilai yang belum sempurna dan masih berkesinambungan.

    2. Kaitan data kontinu dan data katagori yaitu keduanya merupakan basil ukur dari sebuah data yang diperoleh dan telah sesuai dengan variabelnya.

    BalasHapus
  33. 1. Data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll. Contoh jenis kelamin (L atau P), tempaty tinggal/region (Urban, Rural), tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), respon konsumen pada produk (Puas, Cukup, Kurang puas), sedangkan
    Data Kontinu adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran misalnya tinggi badan.

    2. Saling berkaitan satu sama lain karena data nominal hanya bisa untuk data pembeda, data ordinal ada tingkatannya, data interval bisa dibuat kelas sedangkan data rasio bersifat absolut.

    BalasHapus
  34. 1.Berdasarkan beberapa referensi dapat diketahui bahwa Data Kategorik, terdiri atas dua jenis data dengan skala pengkuruan sebagai berikut :

    a. Data dari Skala PengukuranNominal, yaitu jenis data yang penggolongannya atau pengkategoriannya hanya berupa nama saja, tidak ada urutan yang memberikan makna tertentu. Yang termasuk dalam data ini, misalnya : jenis kelamin : laki-laki, perempuan;

    b. Data dari Skala PengukuranOrdinal, yaitu jenis data yang pengkategoriannya bisa diurutkan berdasarkan kriteria tertentu yang bermakna. Yang termasuk dalam jenis data ini, misalnya:pendidikan : SD, SMP, SMA, Diploma, S1, S2, S3. Urutan tersebut merupakan urutan pendidikan rendah ke tinggi; tingkat kesetujuan : sangat tidak setuju, tidak setuju, netral, setuju, sangat setuju. Urutan tersebut dari tingkat yang paling tidak setuju hingga setuju.

    Data kontinyu merupakan data yang diperoleh dengan cara mengukur bisa dalam bentuk bilangan bulat maupun pecahan. Contohnya rata kecepatan mobil 90 km/jam, tinggi badan si A 155,6 cm.

    2.kaitan data katagorik dan data kontinyu dengan data ordinal,nominal,interval dan rasio adalah;
    data katagorik dan kontinyu adalah data hasil pengamatan atau pengukuran dan selanjutnya dibuat skala pengukuran ordinal,nominal,interval dan rasio untuk dilakukan uji statistik dan memperoleh hasil penelitian

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  36. Mhn maaf yang barusan koment adalah Misti, tks

    BalasHapus
  37. DATA KATEGORIK adalah semua data dengan bentuk akhir ( final data ) berupa data non numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll.
    contoh : jenis kelamin, tempat tinggal,tingkat pendidikan, dll.
    DATA NUMERIK adalah data yang di dapat berdasarkan pada data-data kontinyu yaitu data yang berdiri sendiri dan merupakan suatu deret hitung bersifat kuantitatif,dan di ambil berdasarkan pengukuran serta dapat di tulis dalam bentuk bilangan bulat /pecahan.
    contoh : suhu tubuh, tekanan darah, penghasilan, ranking
    2. Kaitan data Katagori dan Kontinu dengan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio yaitu untuk menddapatkan analisa penelitian.Analitik atau bisa juga disebut inferensial artinya untuk menjawab hipotesis baik keberadaan hubungan, pengaruh dan perbedaan dua variabel (bivariat) atau lebih (multivariat).sehingga tujuan dr penelitian tsb dpt tercapai.

    BalasHapus
  38. 1. Data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll.

    Data Kontinue adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran ( biasanya merupakan bilangan bulat )

    2. kaitan antara data kategori dan data kontinu dengan nominal, ordinal interval dan rasio adalah karena keduanya merupakan hasil dari sebuah penelitian. Semua data saling berkaitan dikarenakan ukuran data nominal ad. katagorik yang mana data nominal mumpunyai tingk yg paling rendah sedangkan data ordinal hampir sama dgn data nominal, data ordinal mempunyai tingkat data atau urutan kelas. semuanya dapat kita lihat dari urutan data yang paling tinggi adalah data rasio, interval, ordinal dan yang paling rendah adalah data nominal.

    BalasHapus
  39. 1. Data kategorik adalah data-data yang dinyatakan dalam bentuk bukan numerik tetapi lebih dinyatakan dalam bentuk kategori,tingkatan ,pernyataan.Contoh kategori jenis kelamin (Laki dan Perempuan),kategori tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT)
    b. Data Kontinu Disebut juga nilai pengamatan kuantitatif kontinue,Yaitu data yang secara teoritis dapat menjalani setiap nilai dan biasanya di dapatkan dari hasil pengukuran Contoh: Tinggi badan A 160 cm

    2. Semua data yang di maksud saling berhubungan /saling terkait sebab ukuran data nominal adalah bersifat kategorik dimana data-data nominal berisi tingkatan-tingkatan yg paling rendah. sedangkan data ordinal hampir sama dgn data nominal, data ordinal mempunyai tingkatan data/urutan kelas.

    BalasHapus
  40. 1. data numerik adalah data KONTINYU yang digunakan jika datanya berupa Interval atau Ratio serta digunakan untuk mencari perbedaan, biasanya menitik beratkan pengukuran atau simbol contohnya Usia,Berat Badan,Tinggi Badan,dll
    data kategorik adalah data yang digunakan nominal atau ordinal serta digunakan untuk mengetahui hubungan, bentuk akhir nya berupa data non numerik dan berupa kategori, level, pernyataan dll contohnya jenis kelamin(L/P),tingkt pendidikan(SD,SMP,SMA,PT), dsb.
    2.Kaitan kedua data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya

    BalasHapus
  41. 1. Data Kategorik adalah semua data dengan bentuk akhir (Final Data) berupa data non-numerik, tetapi berupa kategori, level, pernyataan, symbol, penamaan, dll. Contoh jenis kelamin (L atau P), tempaty tinggal/region (Urban, Rural), tingkat pendidikan (SD, SMP, SLTA, PT), respon konsumen pada produk (Puas, Cukup, Kurang puas), dll.
    Data kontinu adalah data yang berupa angka yang dapat diolah secara matematika,biasanya dimulai dengan angka 0 s/d 9, contoh: Nama siswa,tanggal,waktu,mata uang.
    2. data katagorik dan kontinyu adalah data hasil pengamatan atau pengukuran dan selanjutnya dibuat skala pengukuran ordinal,nominal,interval dan rasio untuk dilakukan uji statistik dan memperoleh hasil penelitian

    BalasHapus
  42. 1.ata kategorik adalah bilamana datanya ordinal yaitu data non numerik serta data yang bukan merupakan hasil dari pengukuran misalnya jenis kelamin laki-laki atau perempuan
    - data kontinu apabila datanya interval atau ratio, yaitu data yang diperoleh dengan cara mengukur yang dapat dinyatakan dalam bentuk bilangan maupun pecahan. contohnya berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dll
    2. untuk dilakukan uji statistik dan memperoleh hasil penelitian

    BalasHapus
  43. 1.data kategorik merupakan data hasil npengklasifikasian/ penggolongan suatu data, cirinya isinya berupa kata kata. contohnya sex, jenis pekerjaan, pendidikan.
    -->data numerik merupakan suatu variabel hasil dari penghitungan dan pengukuran, cirinya isi variabel berbentuk angka angka contohnya tekanan darah, HB, BB.
    2. kaitanya untuk menetukan atau mengelompokkan data sehingga di daptkan analisa dari data tersebut sehingga mampu mencapai tujuan yg di inginkan.

    BalasHapus
  44. 1. Data kategorik adalah data kualitatif sehingga untuk dapat dianalisis dengan menggunakan rumus matematika/statistika perlu diberi kode (coding) berupa angka. Analisis matematika/statistika yang digunakan adalah berdasarkan hasil membilang (counting) pada setiap kategori/pasangan kategori.
    Data kategorik disebut juga data nonmetric atau data yang bukan merupakan hasil pengukuran.
    Data numerik adalah data metric atau data yang merupakan hasil pengukuran. Jika data hasil pengukuran eksakta menghasilkan data metrik murni (pure metric data), maka pada pengukuran sosial – humaniora, data yang dihasilkan bukan data metrik murni.
    2. Kaitan kedua data tersebut ada dihasil ukur dari data yang diperoleh akan sesuai dengan variabelnya. Dilihat dari tingkat data, urutan dari yang paling tinggi adalah data rasio, data interval, data ordinal dan paling rendah data nominal.

    BalasHapus
  45. 1.data katagori sering disebut juga data nominal, karena hanya menunjukkan satu-satunya katagori, misalnya jenis kelamin seseorang, hanya laki-laki atau perempuan dan tidak mungkin berkelamin ganda.
    sedangkan data kontinu yaitu data yang angka-angkanya berkesinambungan dan biasanya diperoleh dari hasil mengukur,misalnya panjang kayu 1,89 meter.

    2.kaitan data katagori dan kontinu dengan data nominal,ordinal,interval dan ratio,dalam mengumpulkan nilai dari variabel perlu diketahui skala pengukuran sedangkan skala pengukuran ada 4 yaitu =
    1). skala nominal
    data dengan skala nominal tidak mempunyai jenjang tetapi hanya membedakan sub kategori secara kualitatif,misalnya jenis kelamin =laki-laki dan perempuan, agama = islam,kristen,budha,hindu
    2)skala ordinal
    pada skala ini sub kategori telah memiliki urutan atau jenjang tetapi masih bersifat kualitatif.jarak perbedaan antara sub kategori tidak sama.misalnya tingkat pendidikan SD SMP,SMA,perguruan tinggi.
    3)skala interval
    data pada skala ini mempunyai sifat data skala nominal dan ordinal yaitu dapat membedakan dan mempunyai tingkatan. pada data skala interval,jarak dapat ditentukan (termasuk data kualitatif) misalnya suhu.
    4)skala ratio
    memiliki ciri ketiga skala,nominal,ordinal dan interval.pada data skala ratio, ada titik nol absolut,misalnya tinggi badan,berat badan,umur.

    BalasHapus
  46. MERLIN HARISA
    NPM : 12320190 P
    Data kategorik adalah data kualitatif sehingga untuk dapat dianalisis dengan menggunakan rumus matematika/statistika perlu diberi kode (coding) berupa angka. Analisis matematika/statistika yang digunakan adalah berdasarkan hasil membilan
    kategori/pasangan kategori.
    Data kategorik disebut juga data nonmetric atau data
    pengukuran.
    Klasifikasinya adalah:
    1) Kategorik Nominal, yaitu data kategorik yang tak
    kategori
    kategori lainnya atau dengan kata lain kategori
    tertentu.
    Contoh: Pria – wanita, ungu – biru, dan lain-lain.
    2) Kategorik Ordinal, yaitu data kategorik yang mempunyai urutan "jarak” antar kategori dinyatakan sama.
    Contoh: Alat dalam”sedang”, ”rusak”.
    Data kategorik nominal maupun ordinal dapat diubah menjadi data numerik:
    1) rasio, dengan cara membagi
    frekuensi suatu kategori dengan kategori yang lain, atau dengan total frekuensi seluruh kategori.
    2) ordinal, dengan cara melakukan ranking sesuai dengan jumlah frekuensi kategori-kategori yang ada.
    Data numerik adalah data metric atau data yang merupakan hasil pengukuran. Jika data hasil pengukuran eksakta menghasilkan data metrik murni (pure metric data), maka pada pengukuran sosial – humaniora, data yang dihasilkan bukan data metrik murni.

    BalasHapus
  47. 1.
    a. Data katgorik : data yang diperoleh melalui pengelompokkan objek berdasarkan kategori tertentu, bisa berbentuk nominal atau ordinal.
    cth: jumlah anak dalam keluarga, jumlah penderita
    penyakit TBC.

    b. Data kontinu: merupakan rangkaian data, nilainya
    Data kontinyu: yaitu data yang dapat merupakan rangkaian data, dan nilainya dapat dalam bentuk desimal (diperoleh dengan cara mengukur).
    Contoh:
    - tinggi badan mahasiswa 155,3 cm
    - berat badan 60,8 kg

    2.
    kaitanya adalah dari hasil pengukurannya diamana hasil pengukuran kedua data tersebut adalah berbentuk ordinal, interval dan rasio

    BalasHapus
  48. 1 data kategori dan data kontinue
    a. Data kategorik adalah data kualitatif sehingga untuk dapat dianalisis dengan menggunakan rumus matematika/statistika perlu diberi kode coding) berupa angka.Data kategorik disebut juga data nonmetric atau data yang bukan merupakan hasil pengukuran.
    data kategorik dibagi menjadi
    1) Kategorik Nominal, yaitu data kategorik yang tak dapat dinyatakan bahwa kategori yang satu lebih baik dari kategori lainnya atau dengan kata lain kategori yang tidak memiliki urutan tertentu.
    Contoh: Pria – wanita
    2) Kategorik Ordinal, yaitu data kategorik yang mempunyai urutan tertentu namun ”jarak” antar kategori sulit untuk dinyatakan sama.
    Contoh: Alat dalam kondisi ”baik”, ”sedang”, ”rusak”.

    b. Data kontinue adalah data yang bervariasi menurut tingkatan dan diperoleh dari hasil pengukuran atau data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya.
    Contohnya penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira-kira

    2. kaitan data kategorik dan data kuntinue dengan data nominal, ordinal, interval dan ratio yakni
    data kategorik dan data kuntinue dapat dibagi menjadi menjadi 4 jenis variabel, yakni variabel nominal, variabel ordinal, variabel interval, dan variabel ratio. Variabel nominal, yaitu variabel yang dikategorikan secara diskrit dan saling terpisah satu sama lain, misalnya status perkawinan, jenis kelamin, suku bangsa, profesi pekerjaan seseorang dan sebagainya. Variabel ordinal adalah variabel yang disusun atas dasar peringkat, seperti motivasi seseorang untuk bekerja, peringkat perlombaan catur, peringkat tingkat kesukaran suatu pekerjaan dan lain-lain. Variabel interval adalah variabel yang diukur dengan ukuran interval seperti indek prestasi mahasiswa, skala termometer dan sebagainya, sedangkan variabel rasio adalah variabel yang disusun dengan ukuran ratio seperti tingkat penganggguran, penghasilan, berat badan, dan sebagainya.

    BalasHapus
  49. NAMA : APRIDA WAHYUNI

    1. DATA KATEGORIK yaitu : data kualitatif sehingga untuk dapat dianalisis dengan menggunakan rumus matematika/statistika perlu diberi kode (coding) berupa angka. Analisis matematika/statistika yang digunakan adalah berdasarkan hasil membilang (counting) pada setiap kategori/pasangan kategori.Data kategorik disebut juga data nonmetric atau data yang bukan merupakan hasil pengukuran. Yg termasuk data kategorik yaitu *NOMINAL contohnya jenis kelamin, agama. dan *ORDINAL yaitu misalkan "baik, buruk".
    DATA NUMERIK yaitu data metric atau data yang merupakan hasil pengukuran. data yg termasuk yaitu interval & rasio. contohnya : Umur, berat badan.
    Dari tabel diatas yaitu jika analisi data dgn Univariat berarti kita hanya menjelaskan / mendeskripsikan karakteristik dari masing2 variabel antara jenis kelamin dan berat badan.
    2. adanya keterkaitan dikarenakan hasil ukur yang diperoleh akan mengkaitkan kedua kata sesuai dengan variable masing masing.

    BalasHapus
  50. 1.data katagorik ciri datanya tidak berhubungan antara nilai-nilai variabel contoh : jenis kelamin : laki-laki, perempuan.
    sedangkan data kontinue terdapat hubungan antara nilai-nilai variabel contoh : tinggi badan : cm, Berat badan : kg
    2. kaitannya data interval dan ratio, datanya diperoleh dengan cara pengukuran/ kontinue, menggunakan analisa statistik paramatrik dan non paramatrik. sedangkan data nominal dan ordinal diperoleh dengaan cara katagori, menggunakan analisa statistik non paramatrik

    BalasHapus
  51. 1. data kategorik yaitu data yang menitikberatkan pada kualitatif, yakni data yang masih harus diolah sedemikian rupa, karena masih terbilang kasar, cntoh : perkawinan, penyakit, dsb
    Data kontinu adalah data dalam bentuk angka/bilangan yang diperoleh berdasarkan hasil pengukuran. Data kontinu dapat berbentuk bilangan bulat atau pecahan tergantung jenis skala pengukuran yang digunakan. Contoh data kontinu misalnya: Tinggi badan Budi adalah 150,5 centimeter.
    2. Jelaskan kaitan data Katagori dan Kontinu dengan data Nominal, Ordinal, Interval dan Ratio ? yaitu untuk mengetahui analisi yg di dapat dan hasil dr penelitian tsb untuk mencapai tujuan penelitian yg d inginkan.

    BalasHapus
  52. Jawab 1,
    A. Data kategorik atau data kualaitatif merupakan data dari hasil penggolongan atau pengklasifikasikan data misal: jenis kelamin,jenis pekerjaan tingkat pendidikan
    B. Data kantinu hasil perhitingan dan pengukuran bilangan bulat,misal,jumlah kunjungan,jumlah anak,hasil vital sain,,dan data numerik dapat diubah menjadi kategorik dengan (kode) kan bilangan
    2.Memudahkan pengelompokan data untuk pengukuran variabel, maka akan jelas dilakukan analisis selanjutnya dari masing-masing skala tersebut sesuai variable satu dengan variable yang lain

    BalasHapus
  53. Lanjutan
    Data kategorik pada umumnya berisi variabel yang berskala nominal dan ordinal.
    skala nominal yaitu Himpunan yang terdiri dari angota-angota yang mempunyai kesamaan tiap angotanya,dan memiliki perbedaan dari angota himpunan yang lain, misal jenis kelamin dibedakan antara laki-laki dan perempuan begitu juga suku .bermacam2 suku.
    Sekala ordinal: yaitu himpunan yang berangotakan menurut urutan, ranking,pangkat jabatan misal umur dikategorikan anak-anak ,muda, dan tua

    BalasHapus