MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Senin, 01 April 2013

SISTIM PENGELOLAAN PUSKESMAS

Pengelolaan Puskesmas meliputi dari Perencanaan (P1), Pengorganisasian, Pelaksanaan Kegiatan (P2), Pemantauan, Pengawasan dan Penilaian (P3), dan elearning kali ini akan membahas tentang Pengelolaan Puskesmas dalam SYSTEM.



Unsur- unsur dalam Manajemen adalah Man, Money, Methode, Material’s, Machine dan manajemen dibutuhkan untuk mampu menjawab 6 (enam) pertanyaan, yaitu : 5 W dan 1 H.
Man, berarti Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan.
Money, meliputi pendanaan/anggara  yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas.
Methode/metode adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, Perencanaan juga merupakan salah satu methode.
Material adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motorpenggerak) dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
Machine adalah semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motorpenggerak.


Pengelolaan Puskesmas dapat digambarkan seperti gambar disamping ini, dimana P1 meliputi Perencaan Tingkat Puskesmas (PTP), P2 meliputi Kegiatan Puskesmas, Pencatatan, Pengelolaan keuangan, Pengelolaan Tenaga, sedangkan Lokakarya Mini Puskesmas dan Pemantauan sebuah kegiatan yang dimulai dari P2 sampai P3.
P3 meliputi Cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, Laporan Puskesmas, Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) ditambah Lokakarya mini dan Pemantauan.
Dalam pendekatan sistim setiap akhir dari suatu proses manajemen akan merupakan awal dari proses manajemen berikutnya.


Pendekatan sistim meliputi Input (Masukan), Proses, dan Output (keluaran) dan sebuah sistim berjalan terus dimana Output merupakan salah satu Input untuk sistim berikutnya. Apabila sistim sudah berjalan dengan baik maka akan menghasilkan suatu Outcome (Hasil)

Selanjutnya adalah kitadiskusikan di forum ini tentang :
1. Apa penjelasan dari skema disebelah kiri ini.
2. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan input yang baik
3. Bagaimana caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan.
4. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target.

JAWABAN ANDA LANGSUNG DIKETIK DIKOLOM KOMENTAR.
MASING-MASING MAHASISWA WAJIB MEMBERI JAWABAN.

62 komentar:

  1. 1. Input suatu sistim memerlukan proses 5W dan 1H untuk mendapat output yang baik sehingga proses/program yang ada dipuskesmas dapat berjalan secara berkesinambungan,misalnya Dalam penyusunan PTP diperlukan masukan dari berbagai pihak apabila diperlukan lintas sektoral kita undang untuk melaksanakan Lokakarya Mini secara bersama-sama agar dalam pelaksanaan kegiatan dapat tercapai sesuai target yang diharapkan.
    2.Agar mendapatkan input yang baik masing-masing program bisa melakukan croscek kelapangan secara lansung sehingga kita tahu masalah apa yang ada dimasyarakat setelah itu kita bawa ke forum Lokmin.
    3. Dalam Melakukan proses kegiatan kita harus tahu dulu karakteristik / kebiasaan dari masyarakat sehingga kegiatan yang akan kita lakukan tidak terjadi kesalahan/kegagalan, misalnya Melakukan survey terlebih dahulu kemasyarakat tentang program-program yang akan kita lakukan.
    4. Dengan melibatkan Lintas Sektoral (Camat beserta Jajarannya)dan para kader-kader sehingga diharapkan kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang diinginkan.

    BalasHapus
  2. 1.skema tersebut menjelaskan bagaimana keterkaitan antara outcome dan input yang saling terkait serta berkesinambungan,dari perencanaan awal hingga mendapat outcome nya kemudian outcome tersebut dijadikan input untuk tahapan kegiatan tahun berikutnya secara terus menerus
    2.input yang baik didapatkan dengan menyiapkan segala sesuatunya misalnya dengan sumber daya manusia yang memadai, dan dengan menentukan target tentunya.
    3. sebelum kegiatan dilakukan harusnya dibuat sebuah TOR (Term of Reference)/kerangka acuan kegiatan atau POA sehingga bisa menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan
    4. dngan perencanaan yang matang, rencana yang realistis serta adanya sumber daya manusia dan sumber dana yang memadai.

    BalasHapus
  3. Apa penjelasan dari skema ?
    a. Input (Perencanaan) yaitu mengelola man, berarti Sumber Daya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan.
    Money, meliputi pendanaan/anggaran yang akan digunakan untuk pengelolaan program puskesmas.
    methode/metode adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, perencanaan merupakan salah satu metode.
    Material adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motor penggerak) dengan pengelolaan puskesmas meliputi: Gedung, peralatan medis, dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
    Machine adalah semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : gedung, peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motor penggerak.
    proses untuk menggerakkan 5M dalam unsur manajemen adalah dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H.
    kemudian dilakukan proses evaluasi untuk mencari tahu apakah hasil yang di buat berhasil atau tidak.
    2. Bagaimana caranya agar mendapat input yang baik?
    dengan cara perencanaan puskesmas yaitu dengan cara analisa situasi puskesmas tersebut.
    3. Bagaimana caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan?
    Harus adanya pengawasan dan controling dalam proses.
    4. bagaimana caranya agar kita mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target?
    jika inputnya baik, dalam prosesnya pun baik maka outputnya akan baik. untuk mendapatkan output yang maksimal maka di dalam input dan proses harus benar-benar di rencanakan, di awasi dan di kontrol secara maksimal sehingga outputnya pun akan maksimal.

    BalasHapus
  4. 1.Input disini merupakan dasar atau awal dari bagaimana kita mengelelola suatu manajemen puskesmas agar dalam proses 5W 1H nya berjalan dengan baik sehingga output yang dihasilkan juga baik.
    2.Untuk mendapatkan input yang baik mungkin kita harus memulai dari MAN, kalau SDM sudah baik untuk kedepan atau untuk pelaksanaan di lapangan akan berjalan dengan lancar,
    3.Setiap kegiatan harus di awali dengan perencanaan yang baik, pengorganisasian yang tepat, dan sudah memprediksi kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi. Jadi jika suatu program sudah tersusun rapi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam proses kegiatan sangat kecil.
    4.kerja keras dalam artian kita harus bekerja secara maksimal sesuai dengan bidang dan keahlian kita, dan bekerja sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

    BalasHapus
  5. 1. Siklus pengelolaan puskesmas yang meliputi :
    P1(perencanaan) PTP adalah masukan dari lintas sektor terkait serta kebutuhan di lapangan/wilayah kerja, ataupun program lanjutan tahun sebelumnya
    P2( pengorganisasian dan pelaksanaan) dalam lokakarya mini dibahas tentang perencanaan dimana pimpinan dan staf mengidentifikasi tujuan bersama-sama, menetapkan bidang tanggung jawab pokok setiap pegawai dalam hubungannya dengan hasil yang diharapkan dari pegawai, serta menggunakan hal itu sebagai pedoman pengoperasian unit kerja dan penilaian konstribusi masing-masing anggota unit kerja yang bersangkutan dengan tujuan kinerja organisasi dalam periode waktu yang ditentukan.
    P3( pemantauan, pengawasan, dan penilaian kerja) adalah hasil kerja berupa Laporan dan PKP serta evaluasi dan perbaikan untuk masa berikutnya.

    2. Program yang telah ditetapkan oleh pemerintah harus di pertimbangkan dengan kebutuhan dan sumberdaya yang ada, dana, serta koordinasi dengan lintas sektor.

    3. Keahlian dari sumber daya manusia merupakan hal yang paling vital untuk melaksanakan suatu kegiatan, disamping penyusunan rencana yang matang, serta bertindak sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan.

    4. Pemanfaatan segala sesuatu yang mendukung terlaksananya kegiatan, baik dari berupa riil, materil, serta sumberdaya terkait, lintas sektor maupun kader kader di wilayah kerja, disamping dana yang memadai untuk menjalankan program.

    BalasHapus
  6. Ass,pak menurut saya
    1. Skema diatas menggambarkan bahwa di dalam sistem pengelolaan puskesmas tidak lepas dari hubungan antara input dan output dimana keterkaitan yang berkesinambungan tersebut apabila dikelola dengan baik akan mendapatkan hasil yang ingin dicapai (outcome) begitu seterusnya
    2. Input yang baik akan didapatkan apabila di dalam program pengelolaan dilakukan dengan dasar sistem yang baik sehingga seluruh unsur-unsur yang ada dapat berjalan dengan baik
    3. Sistem dan program yang baik harus dilakukan dengan membuat kerangka acuan kegiatan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan
    4. output akan berjalan dengan optimal apabila didukung dengan proses dan program yang terkonsep baik secara lokakarya ataupun kemitraan dengan sistem dan tujuan yang jelas.
    wss.terimakasih pak.

    BalasHapus
  7. 1.skema diatas menjelaskan tntng input yang termasuk didalamnya man,money,metode,materian dan machine selanjutnya adalah proses adalah bagian dari sistem yang bisa didalamnya 5W+1H selanjutnya output merupakan hasil dari proses

    2.input yang baik dengan cara perencanaan puskesmas dengan melihat data2 yang ada dilapangan

    3.agar tidak terjadi kesalahan kita dapat mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan agar tidak terjadi lagi kesalahan yang sama,paling tidak kita bisa meminimalisir kesalahan

    4.output yang maksimal dengan cara memaksimalkan input dan proses pada kegiatan puskesmas agar dapat tercapai target yang sesuai.

    BalasHapus
  8. 1. pada sistem pengelolaan puskes terjadinya keterkaitan antara input,proses kegiatan,output
    dalam proses kegiatan tersebut diperlukan juga perencanaan,pengorganisasian,
    pelaksanaan kegiatan,pemantauan,pengawasan,penilaian
    2. agar mendapatkan input yang baik harus terpenuhinya unsur-unsur management seperti man,
    money,methode,materials,machine dan berjalannya P1,P2 dan P3 dengan baik
    3 .agar tidak terjadi kesalahan saat dalam proses kegiatan perlu adanya pengawasan kegiatan
    dan pemantauan,pengawasan sangat penting karena tanpa adanya pengawasan yang baik
    tentunya akan menghasilkan tujuan yg tidak memuaskan
    4. apabila unsur managemen terpenuhi dan berjalannya p1,p2,p3 maka akan mendapatkan
    output yg maksimal

    BalasHapus
  9. 1. Skema tersebut menjelaskan bahwa dalam Sistem Pengelolaan Puskesmas terjadi alur yang terus berulang mulai dari input kemudian proses kemudian menghasilkan output, dimana output ini akan dijadikan input atau awal proses selanjutnya. pada tahapan input yang harus dilakukan adalah perencanaan tingkat puskesmas dengan memperhatikan unsur2 manajemennya agar dapat menjawab 5 W 1 H pada proses selanjutnya. tahapan proses dilakukan dengan kegiatan puskesmas, lokmin, pencatatan, pengelolaan keuangan dan pemantauan agar mendapat jawaban 5 W 1 H, dan tahap output adalah hasil yang kita dapat berupa Laporan dan penilaian kinerja puskesmas. dari hasil laporan dan penilaian tersebut akan dijadikan dasar untuk pencapaian program puskesmas pada proses manajemen puskesmas selanjutnya.
    2.Input yang benar dapat dicapai dengan memperhatikan unsur2 manajemen berupa Man : SDM harus berkualitas, Money : harus didukung dengan dana yang cukup untuk mencapai target program, Methode : harus menggunakan metode yang benar berdasarkan skala prioritas, Material dan Machine : selain disukung oleh dana harus didukung pulang dengan sarana dan prasarana yang memadai.
    3.agar tidak terjadi kesalahan dalam tahapan proses unsur manajemen yang tadi telah kita pilih harus mampu menjawab 5 W 1 H. hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan puskesmas, lokmin, pencatatan, pengelolaan keuangan, pengelaloaan tenaga dan pemantauaan. proses bisa berhasil sangat ditunjang dari input. oleh karena saat proses input kita harus tepat dalam menerapkan unsur2 manajemen.
    4.output yang maksimal didapat dari ketepatan kita mampu menjawab 5 W 1 H dari unsur manajemen yang sudah kita pilih dalam tahapan proses.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  11. 1. Dari skema tsb menjelaskan bahwa Input (P1) merupakan suatu perencanaan awal dlm sistem pengelolaan puskesmas yang kemudian diproses dgn meliputi 5W 1H. Dr proses tersebut akan menghasilkan output lalu output dan output itu dijadikan acuan utk input berikutnya.
    2. Agar mendapatkan input yg baik :
    Menetapkan tujuan terlebih dahulu agar jelas proses apa yg akan dilakukan lalu mempersiapkan 5M tersebut.
    3. Bagaimana caranya agar tidak terjadi kesalahan dlm proses kegiatan ?
    Kegiatan dilakukan sesuai dg SOP (Standar Operasional Prosedur) yg berlaku.
    4. Bagaimana caranya agar mendapatkan output yang maksimal ?
    Dengan perencanaan yang tepat dan baik lalu dilakukan proses sesuai dg prosedurnya.

    BalasHapus
  12. 1.skesma diatas menjelaskan bahwa puskesmas sebagai salah satu institusi pelayanan umum pasti membutuhkan adanya system pengelolaan puskesmas yang akurat dan dapat diandalkan untuk meningkatkan pelayanan puskesmas bagi para pengguna dan lingkungan Sistem pengelolaan puskesmas merupakan sistem pengelolaan manajemen proses dari pengelolaan puskesmas dengan menggunakan sistem manajemen yaitu, input (5M), proses (5W+1H), dan output dengan tujuan mendapatkan hasil input, hasil proses, dan hasil output yang baik sesuai dengan yang dinginkan
    2.untuk mendaptkan input yang baik dengan cara penyeleksian untuk mencari yang benar2 sesuai dengan kriteria yang di butuhkan, pengawasan.
    3.agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan harus adanya pengawasan
    4.agar bisa mendapatkan output yang max sesuai target harus adnya kerjasama antara team dan harus ada unsur dalam manajemen, tetap adanya pengawasan
    Man, berarti Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan.
    Money, meliputi pendanaan/anggara yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas.
    Methode/metode adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, Perencanaan juga merupakan salah satu methode.
    Material adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motorpenggerak) dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
    Machine adalah semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motorpenggerak.

    BalasHapus
  13. 1. Skema tersebut menjelaskan bahwa suatu input (masukan) harus mempunyai unsur manajement yakni man,money,methode,material's,machine semua unsur ini untuk melewati suatu proses 5w+1h yang dapat mempengaruhi suatu output(keluaran) yaitu money, dari output kembali lagi ke input untuk melakukan sistem berikutnya secara terus menerus.

    2. Untuk mendapatkan input yang baik harus melaksanakan seperti skema diatas misalnya harus memiliki perencanaan GOAL atau target pencapaian. jika suatu output sesuai dengan yang direncanakan sudah pasti menghasilkan input yang baik.

    3. Agar tidak terjadi kesalahan harus mempunyai kerangka acuan dan melakukan evaluasi atau mengkroscek kembali

    4. Untuk mendapatkan output yang sesuai dengan target harus memiliki dana yang memadai, memiliki acuan untuk pengelolaan dan sdm yang sesuai dengan posisinya.

    BalasHapus
  14. Eko Yulianto menjawab :
    1. penjelasan dari skema disebelah kiri adalah :.
    Skema tadi menjelaskan bahwa sistem pengelolaan puskesmas adalah proses yang berlangsung terus menerus dimana input yang ada adalah hasil dari output yang dievaluasi kemudian dibuat lagi perencanaan untuk mencapai target yang lebih baik, proses yangg sedang berlangsungpun pada output akan dievaluasi sebagai dasar untuk perencanaan pada tahapan berikutnya. Kesemuanya tetap berpatokan pada 5W1H

    2. Cara agar kita bisa mendapatkan input yang baik adalah kita harus bisa mengevaluasi output yang sudah kita dapatkan dengan segala detailnya sehingga bisa menjadikan acuan bagi perencanaan ( P1 ),semua yang kita butuhkan di perencanaan harus kita dapatkan di hasil kegiatan puskesmas dan target yang sudah kita tetapkan sebelumnya.

    3. Cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan adalah perlunya pengawasan dan control pada kegiatan, evaluasi ditengah kegiatan juga diperlukan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian hasil yang kita kerjakan.

    4. Cara agar kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target adalah dengan cara merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan dg baik, mengevaluasi hasil kegiatan yg lalu sebagai dasar perencanaan, menyesuaikan target dengan kemampuan yang ada, melakukan pengawasan dan kontrol thd kegiatan, dan berupaya mencari solusi atas tidak tercapainya target-target.

    BalasHapus
  15. 1. Skema diatas menjelaskan bahwa untuk mendapatkan output yang baik maka kita perlu melalui proses yang sangat panjang yang didalamnya terdiri dari 5W dan 1H, untuk melaksanakan program/kegiatan kita harus bekerjasama dengan semua pihak yang terkait.
    2. Untuk mendapatkan input yang baik kita harus mengadakan pertemuan sosialisasi,penggalian dan pemecahan masalah dengan melibatkan semua pihak yang terkait.banyak dialog/tukar fikiran dengan lintas sektoral dan Kepala Desa, tentang peran masing masing, gali sebanyak - banyaknya masukan terutama dari Kepala Desa, gali informasi tentang kebiasaan dan adat istiadat didesa. dengan maksud agar semua kondisi dan masalah yang ada bisa terungkap sehingga memudahkan untuk menyusun rencana operasional nantinya.
    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan maka terlebih dahulu kita lakukan survey kemasyarakat tentang program - program yang akan kita lakukan, setelah program berlangsung maka selalu kita lakukan pemantauan kegiatan/monitoring.
    4. Agar kita mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target maka kita harus bekerjasama dengan semua pihak yang terkait, para kader dan masyarakat setempat. serta direncanakan dengan matang agar target yang akan kita capai berhasil dengan maksimal.

    BalasHapus
  16. Ass,pak menurut saya
    1. Skema diatas menggambarkan bahwa di dalam sistem pengelolaan puskesmas tidak lepas dari hubungan antara input dan output dimana keterkaitan yang berkesinambungan tersebut apabila dikelola dengan baik akan mendapatkan hasil yang ingin dicapai (outcome) begitu seterusnya
    2. Input yang baik akan didapatkan apabila di dalam program pengelolaan dilakukan dengan dasar sistem yang baik sehingga seluruh unsur-unsur yang ada dapat berjalan dengan baik
    3. Sistem dan program yang baik harus dilakukan dengan membuat kerangka acuan kegiatan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan
    4.Untuk mendapatkan output yang sesuai dengan target harus memiliki dana yang memadai, memiliki acuan untuk pengelolaan dan sdm yang sesuai dengan posisinya
    trmks wassalam....

    BalasHapus
  17. 1.Skema tsb menjelaskan bahwa dalam melaksanakan suatu kegiatan harus dilkukan dengansuatu sistem yg baik, dimulai dari perencanaan dengan memperhatikan Input atau hal-hal yang kita punya (Man,money,Method,material & machine), dipuskesmas melalui tahap penyusunan PTP, setelah disusun perencanaan yg baik kegiatan dapat dimulai msesusai dengan rencana yg tlh disusun,dalam proses pelaksanaan kegiatan juga harus dilakukan lokmin, baik bulanan,tribulanan atau tahunan untuk melihat apakah kegiatan sudah sesuai dengan perencaan serta untuk membahas dan mmencari solusi apabila ada kendala yang ditemui,diakhir kegiatan harus ada laporan dan Penilaian kinerja Puskesmas (PKP) untuk melihat hasil-hasil cakupan yang sudah dicapai,apakah sudah sesuai target atau blm, apabila masih ada kegiatan yg blm mencapai target kegiatan atau SPM, dapat dijadikan bahan dalam penyusunan PTP tahun berikutnya.
    2.Dengan cara melakukan seleksi ketat terhadap input yang kita butuhkan
    3.Melakukan pengawasan dan controling terhadap kegiatan yg berjalan,sesuai atau tidak dengan perencanaan, serta selalu melakukan pembahasan masalah atau kendala yg ditemui,salah satunya melalui lokmin
    4.Dengan cara melaksanakan input yg baik dalam proses perencanaan, serta selalu melakukan controling dalam pelaksanaan kegiatan agar selalu dalam jalur atau tahap-tahap yg sudah direncanakan di awal

    BalasHapus
  18. 1. dari skema tersebut dapat di ambil penjelasan bahwa dalam menginput suatu manajemen puskesmas kita memerlukan suatu proses yakni 5W dan 1H ( who,mhat,when, why,where, dan hou ) sehingga menghasilkan apa yang kita inginkan pada output untuk menjadi lebih baik.
    2. cara mendapatkan input yang baik yakni dengan melakukan dan persiapkan tenaga dan sumber daya yang berpotensi dan dapat bekerja sama dengan baik kepada seluruh lintas program untuk merancang perencanaan yang akan dilakukan.
    3.caranya dengan mencatat data - data dan pelaporan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam melihat pencapaian dan target yang telah di peroleh secara maksimal.
    4.dengan cara melakukan LOKMIN lintas sektoral dengan mengundang semua aparat desa yang terkait unutk mendapatkan output yang maksimal dan sesuai dengan yang di harapkan.

    BalasHapus
  19. 1. Menurut saya skema di sebelah kiri tersebut menggambarkan tentang proses input yang berakhir dengan outcome dalam kaitannya dengan manajemen puskesmas. Dalam memperoleh input agar menghasilkan suatu outcome yang baik, disini kita diharuskan untuk mempunyai 5M yang setelah diproses dapat menjawab 5W 1H.

    2. Agar mendapat input yang baik, menurut saya kita harus harus bekerjasama dengan rekan dan mengumpulkan data dengan cermat dan teliti, kita juga harus mempunyai 5M (Man, Money, Methode, Material dan Machine) yang bagus.

    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses menurut saya yang sangat penting adalah kita harus teliti, kemudian tentunya dengan didorong oleh adanya fungsi pengawasan yang baik.

    4. Agar memperoleh output yang maksimal, kita harus memulai suatu input yang fokus dengan target, kerjasama antar lintas sektorpun harus baik juga tentunya.

    BalasHapus
  20. 1. Menurut saya skema di sebelah kiri tersebut menggambarkan tentang proses input yang berakhir dengan outcome dalam kaitannya dengan manajemen puskesmas. Dalam memperoleh input agar menghasilkan suatu outcome yang baik, disini kita diharuskan untuk mempunyai 5M yang setelah diproses dapat menjawab 5W 1H.

    2. Agar mendapat input yang baik, menurut saya kita harus harus bekerjasama dengan rekan dan mengumpulkan data dengan cermat dan teliti, kita juga harus mempunyai 5M (Man, Money, Methode, Material dan Machine) yang bagus.
    3.agar tidak terjadi kesalahan dalam tahapan proses unsur manajemen yang tadi telah kita pilih harus mampu menjawab 5 W 1 H. hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan puskesmas, lokmin, pencatatan, pengelolaan keuangan, pengelaloaan tenaga dan pemantauaan. proses bisa berhasil sangat ditunjang dari input. oleh karena saat proses input kita harus tepat dalam menerapkan unsur2 manajemen.
    4.output yang maksimal didapat dari ketepatan kita mampu menjawab 5 W 1 H dari unsur manajemen yang sudah kita pilih dalam tahapan proses.

    BalasHapus
  21. 1.menurut saya skema di atas menjelaskan tentang input yang berjalan terus menrus, yang termasuk didalamnya man,money,metode,materian dan machine selanjutnya adalah proses adalah bagian dari sistem yang bisa didalamnya 5W+1H selanjutnya output merupakan hasil dari proses sehingga terdapat lah out put

    2.input yang baik yaitu dengan cara perencanaan puskesmas dengan melihat data2 yang ada dilapangan (output) Untuk menentukan tindakan atau kegiatan yang sesuai program,..

    3.agar tidak terjadi kesalahan kita dapat mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan agar tidak terjadi lagi kesalahan yang sama,paling tidak kita bisa meminimalisir kesalahan dengan adanya evaluasi untuk mengetahui hasil

    4.output yang maksimal yaitu dengan cara memaksimalkan input dan proses pada kegiatan puskesmas agar dapat tercapai target yang sesuai.

    BalasHapus
  22. 1. Penjelasan dari skema sebelah kiri adalah mengenai sistem pengelolaan puskesmas, yang dalam pengelolaannya harus memperhatikan sistem pengelolaan yang tepat, yaitu dimulai dengan pengelolaan puskesmas yang meliputi P1 (Perencanaan), P2 (Pengorganisasian, Pelaksanaan kegiatan), dan P3 (Pemantauan, Pengawasan, dan Penilaian), dilakukan manajemen puskesmas dengan unsur-unsur manajemen yaitu 6 M (Men, Money, Methode, Material's, Machine) dan dilakukan pendekatan sistem yang dimulai dari input, proses (5W + 1 H) sehingga menghasilkan output dari kegiatan yang dilaksanakan.
    2. Cara agar kita mendapatkan input yang baik adalah dalam sistem pengeloaan puskesmas yang harus dilaksanakan dari awal harusdilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap yang sesuai dengan proses yang sesuai.
    3. Cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan adalah harus diperhatikan nya manajemen dalam pengelolaan kegiatan yang dilaksanakan. P1, P2 dan P3 harus benar-benar dilaksanakan dan sesuai dengan prosedur yang sebenarnya agar pelaksanan kegiatan dari awal sampai akhir bisa sesuai dengan target.
    4. Cara agar kita mendapatkan output yang maksimal sesuai target adalah apabila pelaksanan sistem manajemennya dari awal dimulai dengan baik dan sesuai dengan prosedur maka akan didapatkan hasil output yang baik pula.

    BalasHapus
  23. 1. SKema tersebut menjelaskan bahwa sistem pengelolaan puskesmas terdiri dari INPUT dengan P1 yang merupakan Perencaan Tingkat Puskesmas (PTP)kemudian ke P2 yaitu proses 5W + 1H, dan ke P3 yaitu Output. Apabila proses atau sistem pengelolaan puskesmas sudah berjalan dengan baik, output akan menjadi masukan untuk input selanjutnya, demikian untuk seterusnya.

    2. Cara mendapatkan input yang baik adalah di lakukan dengan cara melaksanakan manajemen dengan Unsur- unsur dalam Manajemen yaitu Man, Money, Methode, Material’s, dan Machine.

    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan perlu di lakukan survey , kemudian dilihat dari SDMnya,dan membuat kerangka acuan.

    4. Agar mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target melaksanakan sistem pengelolaan dengan benar,yaitu meningkatkan inout dan proses 5W + 1H.

    BalasHapus
  24. 1. penjelasan dari skema tersebut: sistem pengelolaan puskesmas diawali dari P1 yaitu perencanaan di tingkat puskesmas, kemudian P2 meliputi pelaksanaan kegiatan puskesmas, dan P3 yaitu penilaian dan pelaporan puskesmas (output) yang merupakan acuan (input) untuk perencanaan kegiatan yang akan dilakukan berikutnya. semua kegiatan dalam sistem pengelolaan puskesmas tersebut tidak terlepas dari proses 5W+1H.
    2. cara agar kita bisa mendapatkan input yang baik: kita harus bisa mengevaluasi output (P3) yang sudah kita dapatkan.
    3. cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan: melaksanakan kegiatan sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapakan.
    4. cara agar kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target: melaksanakan proses 5W+1H dengan dengan sumber daya dan dana yang mencukupi untuk proses pelaksanaan.

    BalasHapus
  25. 1. Dalam skema tersebut menjelaskan adanya kesinambungan antara input, proses, dan output didalam sistem pengelolaan puskesmas. Dimana input yang terdiri dari Man, Money, Methode, Material’s, Machine dibutuhkan untuk mampu melalui proses 5 W dan 1 H. Apabila proses berjalan dengan baik maka akan menghasilkan outcome. Dan output merupakan salah satu input untuk sistem berikutnya.

    2. Untuk mendapatkan input yang baik harus didukung dengan unsur-unsur manajamen yang baik pula, yaitu terpenuhinya man, money, methode, material, dan machine. Maka diperlukan suatu perencanaan, apabila output yang dihasilkan baik maka akan didapatkan input yang baik pula.

    3. Sebelum melakukan kegiatan telebih dahulu membuat POA (Plan Of Action) yaitu sebagai kerangka acuan melaksanakan kegiatan agar berjalan dengan baik dan tidak terjadi kesalahan.

    4. Untuk mendapatkan output yang maksimal, maka harus memaksimalkan input dan proses karena setiap akhir dari suatu proses manajemen akan merupakan awal dari proses manajemen berikutnya

    BalasHapus
  26. 1. Pada Skema diatas dijelaskan bahwa suatu input harus mempunyai unsur manajement yakni man,money,methode,material's,machine. Pada unsur-unsur ini dalam proses nya melalui 5w+1h, dimana pada unsur2 ini akan mempengaruhi dr pada suatu output nya(keluaran) yaitu money. dari output kembali lagi menuju input, dimana siklus ini akan terus berjalan seperti ini.

    2. Untuk mendapatkan input yang baik harus memiliki suatu perencanaan terlebih dahulu, dimana perencanaan ini adalah utk pelaksanaan suatu kegiatan di puskesmas, sehingga perencaan tsb akan menghasilkan suatu output. jika output sesuai dengan yang direncanakan atau sesuai dgn perencanaan yang dibuat, maka dipastikan akan mendapatkan input sesuai apa yg akn diharapkan.

    3. dalam suatu proses kegiatan agar tidak terjadi suatu kesalahan, maka perlu dibentuk suatu kelompok atau dpat dibilang tim atau panitia dalam pelaksanaan kegiatannya. ketika tim atau panitia sudah dibentuk, maka kita selanjutnya dapat memberikan pembagian kerja pd masing2 org yg tergabung dalam tim atau kepanitian itu. ketika pembagian pekerjaan atau tugas sdh dibagi dlm tim, maka masing2 org tsb sdh memiliki tanggung jawabnya masing2 dlm pelaksanaan kegiatan tsb. namun dalam hal ini, tdk dapat sepenuhnya kita berikan kpd msg2 org tsb, dlm tim hrs memiliki Ketua Tim, sehingga ketua Tim mempunyai peran utk mengontrol akan pelaksanaan dr kegiatan tsb. Jika dlm tim tsb sudah memiliki suatu tujuan yg sama dan bekerjasama dlm kegiatan. maka akan kemungkinan terjadi kesalahan akan sangat sedikit atau kecil.

    4. untuk mendapatkan Output yg maksimal dan sesuai dg target adalah menurut saya perlu adanya suatu Perencaan yg baik, Tim yg solid, dan yg teramat penting yaitu Dana yg memadai atau mencukupi utk pelaksanaan suatu kegiatan. jika hal ini bs di laksanakan dan dipenuhi, maka insya allah output yg di inginkan akan sesuai dg target.

    demikian pemaparan dari saya pak.
    sekian dan terima kasih banyak bapak.. ^.^

    BalasHapus
  27. 1. Skema tersebut menjelaskan bahwa untuk mendapatkan output atau hasil yang diinginkan dan sesuai target maka melalui input dengan segala unsur di dalamnya, dan melalui proses 5W+1H, dengan pendekatan sistem setiap akhir dari suatu proses manajemen akan merupakan awal dari proses manajemen berikutnya sehingga semua saling keterkaitan dan keterlibatan. semua unsur di dalamnya maka dapat menghasilkan pencapaian yang baik atau sesuai rencana dam semua unsur di dalamya saling berkesinambungan.
    2. cara mendapatkan input yang baik yakni dengan melakukan dan persiapkan tenaga dan sumber daya yang berpotensi dan dapat bekerja sama dengan baik kepada seluruh lintas program untuk merancang perencanaan yang akan dilakukan.
    3. Agar tidak terjadi kesalahan harus mempunyai kerangka acuan dan melakukan evaluasi atau mengkroscek kembali
    4. dengan cara kerjasama yang baik dan sesuai perencanaan dan usaha yang maksimal serta menjaga kekompakan agar dapat tercapai hasil yang maksimal pula.

    BalasHapus
  28. 1.Dalam sistem pengelolaan puskesmas Input( masukan) dapat berlangsung dengan baik karena adanya proses 5 W+1 H maka akan menghasilkan Output/Keluaran yang baik dan Output merupakan salah satu Input untuk sistem berikutnya apabila sistem sudah berjalan dengan baik maka akan menghasilkan suatu Output(hasil) yang memuaskan guna mengatasi masalah kesehatan di wilayah kerja puskesmas. 2 .Agar mendapatkan Input yang baik menurut saya harus melakukan langkah_langkah 1,Persiapan untuk pembentukan Tim perencanaan 2,pengumpulan data (Data dasar dan Data khusus),3,Menentukan Sumber Data,4,Analisa Data,5,Loka karya mini .Setelah dilakukan langkah_langkah ini diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan akan tercapai sesuai dengan target yang diharapkan.
    3.Untuk meminilimalkan kesalahan dalam proses kegiatan harus membuat Kerangka Acuan yang matang
    4.Apabila semua sistem sudah berjalan dengan baik ,dalam arti semua petugas sudah bekerja dengan maksimal sesuai dengan Tupoksinya masing_masing dan saling bekerja sama maka mudah_mudahan kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan Target.

    BalasHapus
  29. 1. Skema diatas menjelaskan bahwa input (P1) merupakan suatu perencanaan awal dalam sistem pengelolaan puskesmas yg kemudian diproses dg meliputi 5W 1H. Dari proses tsb akan menghasilkan output lalu output di jadikan acuan untuk input selanjutnya.

    2. Agar mendapatkan input yg baik harus memperhatikan unsur2 manajemen berupa Money, Metode, Materials, Machine, dan berjalan nya p1, p2, p3.

    3. Agar tidak terjadi kesalahan perlu adanya kerangka acuan dan melakukan evaluasi untuk mengetahui pencapaian hasil yg di kerjakan.

    4. Untuk mendapatkan output yg maksimal dgn perencanaan yg tepat dan di lakukan proses yg sesuai dgn prosedur.

    BalasHapus
  30. Ani riantuti
    1.skema tersebut menjelaskan bahwa sistem pengelolaan puskesmas terjadi terus menerus dan berulang, pada tahap ini yang harus dilakukan adalah memperhatikan unsur -unsur manajemen agar dapat menjawab 5 W 1 H :
    -man : kita harus mengelola SDM yg akn terlibat
    -Money : Pendanaan yang akan digunakan
    -Methode : semua acuan dan aturan yg akn digunakan dlm pengelolaan tsb
    -material : semua bahan yang terkait dalam pengelolaan puskesmas meliputi gedung ,peralatan medis dan non medis ,meubeler ATK,dsb ( tidak memakai mesin /motor penggerak )
    Machine : SEmua bahan yang digunakan dalam pengelolaan puskes meliputi gedung,peralatan medis dan non medis meubeler dsb ( Menggunakan motor penggerak )
    2.Input yang baik didapatkan dengan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik contoh SDM dsb
    3. Sebelum kegiatan dilakukan harus dibuat perencanaan yang baik sehingga dapat dijadikan pedoman dan harus ada pengawasan dan controling dalam proses pelaksanaannya.
    4. Jika input baik dan dalam prosesnya juga baik maka outputnyapun akan baik ..dan harus tetap diawasi dan dilakukan konrol.

    BalasHapus
  31. 1. Pada skema tersebut menjelaskan bahwa sistem pengelolaan puskesmas terdiri dari input, yaitu man, money,material,methode dan machine, kemidan prose dengan unsur 5W + 1H dan kemudian output, output kembali ke input dan selanjutnya dalam menajamen, akan berlangsung secara terus menerus.

    2. dilihat dari output yang sudah ada, jika outputnya terselenggara dengan baik, input juga akan mendapatkan hasil yang baik.

    3. dilaksanakan survey terlebih dahulu dan mempersiapkan SDM yang baik pula.

    4. Meningkatkan input dan proses yang baik dan terencana dengan matang dan di lakukan pengelolaan manajemen yang baik dan di jalankan sesuai urutan.

    BalasHapus
  32. 1.Dalam sebuah sistem pengolahan puskesmas adanya keselarasan antara input yang baik sehingga memberikan output yang baik pula,sehingga hasil akhir atau outcomenya juga maksimal.Skema ini menjelaskan bahwa adanya sumber daya manusia,pendanaan,aturan dan bahan ( man,money,methode,material's dan machine)yang baik maka akan menjadi input atau masukan yng baik.Pelaksanaannya berawal dari perencanaan tingkat puskesmas,sehingga proses 5w+1H juga terjawab.Proses 5W+1H inidilakukan dg cara melaksanakan kegiatan puskesmas,pencatatan ,pen golahan keuangan dan tenaga.Stelah proses ini dengan baik sudah dilakukan barulah akan ada output yang baik pula.Output ini berupa pelayanan kesehatan,laporan bulanan dan penilaian kinerja puskesmas.Dari output ini akan diketahui apakah hasil manajemen puskesmas berjalan dengan baik atau tidak,sehingga mudah untuk mengetahui masalah2 yang timbul.Masalah masalah ini akan menjadi acuan untuk input sistem berikutnya atau dalam menentukan perencanaan berikutnya.Jika hasilnya sudah baik makaoutcome nya juga akan baik.
    2.Cara mendapatkan input yang baik yaitu dengan adanya sumber daya manusia yang baik,aturan yg baik,serta ketersediaan dana dan bahan.Sehingga bisa berjalan berkesinambungan, bila salah satunya tidak terpenuhi maka input tidak maksimal.
    3.Dengan mendiskusikan masalah oleh Kepala puskesmas bersama stafnya, dan kemudian permasalahan tersebut di bahas bersama sama dan di buat perencanaan untuk perbaikan dri permasalahan2 tersebut.Kepala puskesmas memberikan kebebasan pemegang program untuk membuat bebrapa perencanaan menyangkut program.
    4. Output maksimal akan di dapatkan bila sumber daya manusianya baik dan ketersediaan dana juga sarana dan prasarana yang mendukung,serta di landasi aturan2 yang kuat.

    BalasHapus
  33. 1.skema diatas menjelaskan hubungan antara input dan output yang berkesinambungan. dari awal perencanaan sampai didapat suatu uotput diperlukan proses sehingga output yang didapat dijadikan input untuk proses selanjutnya.
    2. Cara mendapatkan input yang baik adalah di lakukan dengan cara melaksanakan manajemen dengan Unsur- unsur dalam Manajemen yaitu Man, Money, Methode, Material’s, dan Machine.
    3. cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan: melaksanakan kegiatan sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapakan.
    4. Untuk mendapatkan output yang maksimal, maka harus memaksimalkan input dan proses karena setiap akhir dari suatu proses manajemen akan merupakan awal dari proses manajemen berikutnya

    BalasHapus
  34. 1. Dari Skema diatas dapat dilihat bahwa Sistim Manajemen Puskesmas adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematik untuk menghasilkan kegiatan Puskesmas secara efektip dan efesien. Manajemen Puskesmas tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasan dan pertanggung jawaban (P1, P2, P3). Seluruh kegiatan diatas merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan berkesinambungan. Pendekatan sistim meliputi Input (Masukan), Proses, dan Output (keluaran) dan sebuah sistim berjalan terus dimana Output merupakan salah satu Input untuk sistim berikutnya. Apabila sistim sudah berjalan dengan baik maka akan menghasilkan suatu Outcome (Hasil) yang baik pula.

    2. Untuk mendapatkan input yang baik maka kita harus melihat sebuah sistim berjalan terus, dimana Output merupakan salah satu Input untuk sistim berikutnya. Cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, Laporan Puskesmas, Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) ditambah Lokakarya mini dan Pemantauan adalah merupakan masukan (input) untuk menyusun perencanaan yang menghasilkan Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) yang lebih baik.

    3. Untuk menghindari kesalahan dalam tahap proses kegiatan maka kita bisa menempuh Langkah-langkah :
    1. Pengorganisasian atau pengelolaan tenaga dan pengelolaan keuangan
    2. Penyelenggaraan lokakarya mini bulanan untuk membahas kegiatan yang sudah dan belum terlaksana
    3.Penyediaan insrumen Pemantauan dan Penilaian untuk setiap kegiatan


    4. Cara agar kita mendapatkan output yang maksimal dan sesuai dengan target adalah dengan mengadakan mengumpulkan semua sector yang dapat tercapainya tujuan (target) . Pertemuan / rapat merupakan untuk melakukan musyawarah dan mufakat, khususnya dalam membahas masalah pelayanan puskesmas. Hal ini dilakukan untuk menelaaah rencana kerja, target kegiatan dan capaian hasil pelayanan. Pada dasarnya rapat bertujuan mempertemukan berbagai sudut pandang, dan menyampaikan curah pendapat, dalam menerapkan visi dan misi puskesmas. Rapat kerja yang dilaksanakan ada yang bersifat evaluasi, konsultasi dan koordinasi.

    1. Rapat Evaluasi

    Mengadakan pertemuan dalam rangka evaluasi program kegiatan puskesmas, menyangkut target, capaian dan cakupan pelayanan. Pada tingkat puskesmas, biasanya disebut minilokakarya (minlok), sedangkan bersama dinas kesehatan, semua puskesmas bertemu dalam rapat kerja kesehatan daerah (rakerkesda).

    2. Rapat Konsultasi
    Menyelenggarakan pertemuan dalam upaya konsultasi dengan dinas kesehatan atau jajaran institusi vertikal lainnya, terutama yang menyangkut masalah pelaksanaan program dan penggunaan anggaran (keuangan) kegiatan.

    3. Rapat Koordinasi
    Melaksanakan pertemuan dalam rangka koodinasi terpadu kegiatan antar program maupun antar instansi (lintas sektoral) yang terkait dengan masalah kesehatan masyarakat, sehingga tercapai tujuan pembangunan kesehatan yang menyeluruh.


    Demikian..terima kasih….

    BalasHapus
  35. 1. Penjelasan dari skema tersebut adalah dalam Sistem Pengelolaan Puskesmas terjadi alur yang saling berkaitan mulai dari input kemudian proses kemudian menghasilkan output, dimana output ini akan dijadikan input atau awal dari proses selanjutnya. Pada tahapan input yang harus dilakukan adalah perencanaan memperhatikan unsur-unsur manajemennya agar dapat menjawab 5 W 1 H. Man disini menjawab who, berarti Sumber Daya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan. Money menjawab what, meliputi pendanaan/anggaran yang akan digunakan untuk pengelolaan program puskesmas. Metode menjawab How, When, Why, Where, yaitu semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, perencanaan merupakan salah satu metode. Material menjawab what adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motor penggerak) dengan pengelolaan puskesmas meliputi: Gedung, peralatan medis, dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya. Machine juga menjawab What, yaitu semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : gedung, peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motor penggerak. Proses untuk menggerakkan 5M dalam unsur manajemen adalah dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H. Tahapan proses dilakukan dengan kegiatan puskesmas, lokmin, pencatatan, pengelolaan keuangan dan pemantauan agar mendapat jawaban 5 W 1 H, dan tahap output adalah hasil yang kita dapat berupa Laporan dan penilaian kinerja puskesmas. dari hasil laporan dan penilaian tersebut akan dijadikan dasar untuk pencapaian program puskesmas pada proses manajemen puskesmas selanjutnya.

    2.Input yang benar dapat dicapai dengan memperhatikan unsur2 manajemen berupa Man : SDM harus berkualitas, Money : harus didukung dengan dana yang cukup untuk mencapai target program, Methode : harus menggunakan metode yang benar berdasarkan skala prioritas, Material dan Machine : selain didukung oleh dana harus didukung pula oleh sarana dan prasarana yang memadai.

    3.Agar tidak terjadi kesalahan dalam tahapan proses unsur manajemen adalah harus adanya pengawasan dan controling dalam proses serta harus mampu menjawab 5 W 1 H. hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan puskesmas, lokmin, pencatatan, pengelolaan keuangan, pengelaloaan tenaga dan pemantauaan. proses bisa berhasil sangat ditunjang dari input. oleh karena saat proses input kita harus tepat dalam menerapkan unsur2 manajemen.

    4.Untuk mendapatkan output yang maksimal maka di dalam input dan proses harus benar-benar di rencanakan, di awasi dan dikontrol secara maksimal serta melibatkan Lintas Sektoral (Camat beserta Jajarannya) dan para kader-kader sehingga diharapkan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan.

    BalasHapus
  36. Asslamualaikum Wr Wb

    1. Dari skema diatas input merupakan dasar dalamproses peniatan pengelolaan dalam manajeemn puskesmas, dimana perencanaan memerlukan proses 5 W + 1 H sehingga kegiatan puskesmas sperti lokakarya mini, pencatatan,pengelolaan keuangan, pengelolaan tenaga, akan dapat memberikan hasil atau output berupa laporan dan penilaian kinerja puskesmas yang kemudian hasil dari out put ini, akan menjadi input untuk tindakan berikutnya.

    2. Untuk mendapat input yang baik dalam sistem pengelolaan puskesmas diperlukan hubungan serasi dan saling berkoordinasi antara, Man,Money,Metode, Material dan Machine, agar dapat berproses sesuai prosedur.

    3. agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan maka sumber daya manusia dapat melakukan crosecek lapangan,mengetahui ketersediaan pendanaan, mengetahui cara atau metode yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

    4. untuk mendapatkan output atau hasil yang maksimal, sesuai target, maka pengelola puskesmas dapat bekerjasama dengan lintas sektoral dan pemangku kepentingan serta stake holder. dalam setiap pelaksanaan kegiatan harus terus dilakukan, pengawasan pemantauan, dan penilaian serta selalu melakukan evaluasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan, apakah hasilnya sesuai target atau tidak.

    BalasHapus
  37. 1.skema tersebut menjelaskan bagaimana keterkaitan antara outcome dan input yang saling terkait serta berkesinambungan,dari perencanaan awal hingga mendapat outcome nya kemudian outcome tersebut dijadikan input untuk tahapan kegiatan tahun berikutnya secara terus menerus
    -man : kita harus mengelola SDM yg akn terlibat
    -Money : Pendanaan yang akan digunakan
    -Methode : semua acuan dan aturan yg akn digunakan dlm pengelolaan tsb
    -material : semua bahan yang terkait dalam pengelolaan puskesmas meliputi gedung ,peralatan medis dan non medis ,meubeler ATK,dsb ( tidak memakai mesin /motor penggerak )
    2.input yang baik didapatkan dengan menyiapkan segala sesuatunya misalnya dengan sumber daya manusia yang memadai, dan dengan menentukan target tentunya.Money, Metode, Materials, Machine, dan berjalan nya p1, p2, p3.
    3. sebelum kegiatan dilakukan harusnya dibuat sebuah TOR (Term of Reference)/kerangka acuan kegiatan atau POA sehingga bisa menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan
    4. dngan perencanaan yang matang, rencana yang realistis serta adanya sumber daya manusia dan sumber dana yang memadai. untuk mendapatkan Output yg maksimal dan sesuai dg target adalah menurut saya perlu adanya suatu Perencaan yg baik, Tim yg solid, dan yg teramat penting yaitu Dana yg memadai atau mencukupi utk pelaksanaan suatu kegiatan. jika hal ini bs di laksanakan dan dipenuhi, maka insya allah output yg di inginkan akan sesuai dg target.

    BalasHapus
  38. 1. Skema tersebut menjelaskan tentang pengelolaan puskesmas di mulai dari input dan ke proses yaitu 5 W + 1 H kemudian dengan output yang kembali ke input, siklus yang berulang secara berkelanjutan.

    2. iNPUT YANG BAIK, memperhatikan unsur unsur yang ada di inpu t itu sendiri yaitu Man, Money, Methode, Material’s, dan Machine, dan tidak lupa pula dapat di lihat pula dari out put yang sudah ada.

    3. dilaksanakan manajemen yang baik , yaitu hal yang paling utama , dengan di terapkannya nya p1, p2, p3 dengan baik dan benar.

    4. adanya suatu perencanaan dan proses yang terencana dengan baik,dengan Sumber daya manusia yang ahli dalam bidangnya masing-masing dalam menjalankan proses-proses tersebut

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  40. 1. Skema tersebut menjelaskan tentang pendekatan sistem pengelolaan puskesmas yang berkesinambungan, mulai dari input yang berupa unsur-unsur dalam manajemen kemudian proses kegiatan puskesmas yang berupa lokakarya mini, pencatatan, pengelolaan keuangan dan pengelolaan tenaga dan kemudian menghasilkan output berupa laporan dan penilaian kinerja puskesmas. Kemudian hasil dari outcome tersebut menjadi dasar untuk proses dalam sistem pengelolaan puskesmas.
    2. Untuk mendapatkan input yang baik harus memperhatikan unsur-unsur dalam manajemen di dalam proses pengelolaan puskesmas agar sistem dapat berjalan dengan baik.
    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan di lakukan dengan membuat kerangka acuan serta perlu adanya pengawasan.
    4. Untuk mendapatkan output yang maksimal harus memperhatikan input yang berupa unsur-unsur manajemen dan proses kegiatan puskesmas dengan 5W 1H.

    BalasHapus
  41. 1. Skema diatas merupakan gambaran SIKLUS sebuah SISTEM mulai dari proses Input sampai output dan terus berputar dan berkembang, dimulai dari input yang baik dan lengkap baik man, money, material, method, mechine... Input yang baik akan menjadikan proses juga baik dalam pelaksanaan kegiatan di puskesmas, dengan proses yang baik maka akan menghasilkan output yang baik berupa capaian sasaran dan kegiatan yang akan menjadi input untuk proses system selanjutnya

    2.Agar mendapatkan input yang baik maka diperlukan sebuah system pemilihan sourch yang memadai dimulai dari :
    MAN maka perencanaan system rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang yang baik sesuai dengan bidang pekerjaan dan kualified yang akan menjalankan proses di puskesmas
    MONEY, yang harus ada dalam sebuah system adalah sumber pembiayaan /pendanaan/anggara yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas, tanpa adanya kepastian pendaanaan yang mencukupi maka program tidak akan berjalan maksimal, untuk itu diperhitungkan sumber anggaran dari mana saja sehingga dapat menentukan prioritas kegiatan yang ada.
    METHOD adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam menjalankan proses tersebut untuk itu diperlukan metode yang efektif dan baik sesuai dengan situasi serta kondisi di puskesmas tersebut tanpa menghilangkan kebijakan sistem yang sudah baku di puskesmas, dengan input metode yang baik maka akan membantu kelancaran dalam proses sistem di puskesmas
    MATERIAL DAN MACHINE adalah semua bahan yang terkait (dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya. Dengan adanya sarana yang baik maka input dari sebuah system sangat menunjang dalam proses berjalannya sistem di puskesmas

    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan maka dalam Melakukan proses kegiatan maka kita harus melakukan penrencanaan program dengan mempertimbangkan :
    - pola sosial yang ada di wilayah tersebut
    - spesifik lokal atau pola penyakit
    - menghitung sumber daya yang ada.
    - menghitung sumber dana yang ada.
    - melakukan musyawarah atau PTP dalam proses perencanaan.
    - melakukan perencanaan berdasarkan masalah sebelumnya
    - membuat indikator sasaran yang akan di capai

    Setelah itu maka dalam proses kegiatan selalu melihat
    - Melakukan kegiatan berdasarkan dokumen perencanaan yang telah dibuat
    - memakai methode yang sesuai dengan pedoman yang resmi dengan mempertimbangkan karateristik setempat
    - selalu berkoordinasi dan kerjasama dengan internal sistem di dalam puskesmas dan external puskesmas
    - melakukan monitoring setiap kegiatan
    - selalu melihat capaian indikator sasaran sehingga kita tau berapa yang sudah di capai dan berapa yang masih harus di capai

    4. Untuk bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target maka kita harus melakukan :
    - monitoring pada Input setiap saat baik pada MAN, Material dan method
    - Secepatnya menyelesaikan setiap permasalahan yang ada pada proses
    - Selalu memantau capaian indikator yang ingin dicapai
    - Ketika terjadi GAP antara capaian dan sasaran harus di ambil langkah langkah strategis kebijakan untuk percepatan mencapai sasaran yang diinginkan.

    BalasHapus
  42. 1. penjelasan dari skema dia atas menjelaskan bagaimana keterkaitan antara outcome dan input yang saling berkaitan secara terus menerus, dari mulai perencanaan hingga mendapatkan outcome sehingga kemudian outcome tersebut akan dijadikan input untuk tahapan kegiatan atau program di tahun yang akan datang secara terus menerus.

    2. cara untuk mendapatkan input yang baik, kita harus memulai dengan perencanaan yang mantap, sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan bidangnya, sumber dana yang memadai dan pastinya target yang akan dicapai.

    3. dalam melakukan kegiatan, supaya kegiatan atau program dapat berjalan dengan baik perlu adanya pengawasan untuk mencegah hal - hal yang dapat menghambat proses kegiatan tersebut serta perlu adanya kontroling.

    4. untuk mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target, kita harus bekerja sesuai dengan rencana awal yang telah kita buat, Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai keahlian dan sumber dana yang memadai.

    BalasHapus
  43. 1. dari skema disamping dapat diartikan bahwa suatu sistem pengelolaan puskesmas agar dpt berjalan dgn baik harus memiliki input dan output yang baik, dimana setiap akhir dri suatu proses manajement merupakan awal dari proses manajemen berikutnya
    2. supaya mendapatkan input yang baik maka kita harus mengetahui terlebih dahulu masalah2 yg terjadi dimasyarakt tersebut
    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam suatu proses kegiatan maka kita harus memliki perencanaan terlebih dahulu dlm melaksanakan suatu kegiatan
    4. Untuk mendapatkan output yang sesuai target maka terlebih dahulu direncanakan dan diadakan sosialisasi sehingga mendapatkan hasil yg maksimal

    BalasHapus
  44. 1. skema diatas merupakan suatu siklus yang secara berkesinambungan trus menerus, dimulai dari input , input yaitu Man, Money, Methode, Material’s, Machine, kmudiian ke proses dan output
    di output kembali lagi ke input, dapat dijasikan masukan pada input selanjutnya.

    2. memperhatikan unsur2 manajemen yitu SDM harus berkualitas, didukung dengan dana yang cukup untuk mencapai target ,: harus menggunakan metode yang benars,selain didukung oleh dana harus didukung sarana dan prasarana .

    3. Membuat perencanaan atau kerangka acuan, agar program terselenggara denga baik.

    4. melaksanakan manajemen program dengan sebaik-baiknya , tersamsuk meningkatkan input dan proses

    BalasHapus
  45. 1.skema tersebut menggambarkan bahwa pada sistem pengelolaan puskesmas memiliki keterkaitan antara input dan output dan saling berkesinambungan dan dimana input merupakan unsur2 dari managemen dan bila dlm menjalankan proses dengan baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula...begitu seterusnya.

    2. Untuk mendapatkan input yang baik maka harus terpenuhinya unsur unsur managemen puskesmas.

    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan,sebaiknya buat perencanaan /POA dan perlu dilakukan pengawasan /controling pada saat proses kegiatan berlangsung .

    4. Untuk mendapatkan output yang maksimal maka harus ada perencanaan yang baik ,sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memadai , dan harus dilakukan controling saat kegiatan berlangsung serta perlu dilakukan evaluasi pada akhir kegiatan.
    Trims pak

    BalasHapus
  46. 1. skema tersebut menjelaskan proses input sampai dengan output dalam manajemen puskesmas dimana input terdiri dari man, money, methode, material, machine. dalam proses terdiri dari 5W+1H yang akan menghasilkan output yang baikdan akan berlangsung secara berkesinambungan.
    2.Agar bisa mendapatkan input yang baik , unsur 5 M harus baik. dengan unsur tersebut perencanaan akan baik.
    3. Agar tidak terjadi kesalahan dalam proses, perencanaan yang di buat harus matang karena kegiatan berdasarkan perencanaan. dan unsur 5W + 1H harus diperhatikan.
    4. Cara agar kita mendapatkan output yang maksimal sesuai target: dari awal perencanaan yang kita buat kemudian proses yang terdiri dari 5W+1H baik maka output yang dihasilkan bisa maksimal sesuai target karena dalam output ada penilaian ataupun evaluasi yang sudah dilakukan.

    BalasHapus
  47. 1. Di dalam skema Sistim Pengelolaan Puskesmas Hal pertama yang dilakukan adalah melalui pendekatan input, dalam pendekatan input ini yang kita laksanakan adalah melakukan P1 atau membuat Perencanaan tingkat puskesmas (PTP) dari masing-masing program. Setelah PTP dibuat barulah kita masuk ke tahap yang ke dua yaitu tahap proses 5W+1H, dalam proses 5W+1H ini hal yang di lakukan adalah melakukan kegiatan puskesmas sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, melakukan pencatatan, lokakarya mini, Pengelolaan keuangan, Pengelolaan tenaga dan pemantauan. Setelah proses 5W+1H selasai dkerjakan kita masuk ke dalam tahap output, tahap uotput ini sebagai tahap pembuatan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan, penilaian kinerja puskesmas (PKP) dan ditambah lagi lokmin serta pemantauan.
    setelah hasil output didapatkan, hasil tersebut kita bawa kembali didalam input untuk dibuatkan perencanaan tingkat puskesmas selanjutnya.
    2. Input yang baik didapatkan jika semua tersedia, misalnya tersedianya sumber daya manusia yang bagus, adanya pendanaan/anggaran yang cukup untuk kegiatan, adanya kerangka acuan atau metode yang baku, serta alat/ bahan yang akan dipakai tersedia semua.
    3. kita harus mempunyai perencanaan yang bagus/membuat TOR sebelum dilakukan kegiatan, sehingga dalam melaksanakan kegiatan kita mempunyai acuan dalam melaksanakan kegiatan.
    4. Membuat Perancanaan yang baik yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat, kegiatan yang dikerjakan harus dilakukan oleh tenaga yang terlatih dan sesuai dengan ilmunya, harus mempunyai dana yang cukup guna menunjang kegiatan berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum, wr, wb.
    1. Skema di atas menjelaskan bahwa input merupakan suatu perencanaan awal dalam sistem pengelolaan puskesmas yg kemudian diproses menggunakan metode 5W+1H. Dan dari proses tersebut akan menghasilkan output yang kemudian output di jadikan acuan untuk input pada kegiatan selanjutnya.
    2. Agar memperoleh input yang baik dalam sistem pengelolaan puskesmas diperlukan hubungan serasi antar dan inter stakeholder terkait serta saling berkoordinasi antara man, money, methode, material dan machine agar dapat berjalan sesuai dengan rencana.
    3. Telebih dahulu membuat POA (Plan Of Action) sebagai kerangka acuan melaksanakan kegiatan agar berjalan dengan baik.
    4. Agar mendapatkan output yang terbaik sesuai dengan target melaksanakan sistem pengelolaan dengan benar, yaitu meningkatkan input dan proses 5W+1H.

    BalasHapus
  49. 1. Dari skema diatas menggambarkan bahwa dalam menjalankan program Puskesmas yang benar, untuk mendapatkan input maka kita tidak boleh lepas dari 5w dan 1h untuk dilaksanakan secara sistematik sehingga akan menghasilkan program kegiatan Puskesmas yang efektip dan efesien.
    2.cara kita mendapatkan input yang baik yaitu dengan melakukan koreksi Program yang belum efektif dan melaksanakan Lokakarya mini bekerja sama dengan kepada seluruh lintas program untuk merancang perencanaan yang akan dilakukan.
    3.Cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan adalah harus diperhatikan nya manajemen dalam pengelolaan kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan POA (Plan Of Action) yang telah di sepakati,jalankan kontrol dan evaluasi secara terus menerus
    4.Cara agar kita mendapatkan output yang maksimal dan sesuai dengan target adalah dengan mengadakan rapat evaluasi terhadap capaian yang telah ditargetkan

    BalasHapus
  50. 1. menurut saya skema disamping menggambarkan bahwa input yang baik harus ditunjang dengan manajemen yang baik dengan semua unsur yang terpenuhi juga harus diawali dengan 5W dan 1H, agar arah dari tujuannya jelas dan akan menghasilkan output yang sesuai dengan harapan.

    2. input yang baik bisa didapat dengan data yang baik, data yang baik bisa diperoleh dengan kita terjun langsung melihat keadaan dilapangan dan dapt memperkirakan apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita miliki.

    3.proses yang baik berawal dari perencanaan yang baik, setelah menyusun perencanaan selanjutnya pengawasan dilakukan agar kegiatan tetap pada jalur dan goal yang ingin dicapai seperti pada saat perncanaan.

    4. output hanyalah hasil dari perencanaan manjemen dan proses yang baik, apabila semua terkontrol dan diawali dengan data yang baik maka output pun akan mengikuti dengan hasil yang baik pula.

    BalasHapus
  51. 1. maksud dari skema di atas menunjukan proses menejemen yang ada di puskesmas .

    2. untuk mendapatkan input yang baik , perlu dilakukan evaluasi sebelum di lakukan sebuah proses.

    3. agar tidak terjadi kesalahan dalam kegiatan tesebut, perlu di perencanaan yang matang sesuai dengan kegiatan yang akan di lakukan . selain itu , adanya evaluasi yang rutin di lakukan , maka akan meminimalisir kesalahan tersebut .

    4. untuk mendapatkan output yang baik , tentu saja dengan memperbaiki dan meng evaluasi setiap kegiatan yang dilakukan . selain itu , jika proses yang dilakukan sudah baik , maka ouput bisa menjadi baik pula.

    BalasHapus
  52. 1. Skema diatas menjelskan tentang sistem dimana terdiri dari unsur unsur yakni man, money, metode, materials, machine. Dalam prosesnya adalah untuk menjawab 5w+1h dimana unsur ini salingberkaitan sehingga akan menghasilkan output.
    2. Untuk mendapatkan output yang baik harus dilakukan proses perencanaan sehingga menghasilakn output sesuai dengan direncanakan.
    3. Selalu melakukan pengawasan pada setiap kegiatan yang dilakukan.
    4. Untuk mendapatkan output yg sesuai dg target yaitu adanya kerjasama yang solid antar petugas dan bekerja sesuai dgn tupoksinya masing masing



    BalasHapus
  53. 1.penjelasan dari skema diatas adalah tentang pengelolaan puskesmas dalam system manajemen,,dimana Unsur- unsur dalam Manajemen adalah Man, Money, Methode, Material’s, Machine dan manajemen dibutuhkan untuk mampu menjawab 6 (enam) pertanyaan, yaitu : 5 W dan 1 H.
    proses selanjutnya,dilakukan dengan kegiatan puskesmas, lokmin, pencatatan, pengelolaan keuangan dan pemantauan agar mendapat jawaban 5 W 1 H tersebut.
    2.untuk mendapatkan input yang baik tentu nya tenaga(sdm) harus baik kemudian mempunyai perencanaan yang baik pula serta teleh tersusun dengan rapih program-program apa yang harus dilaksanakan,anggaran atau dana nya pun harus terpenuhi dan tentunya melaksanakan kerjasama antar lintas program terkait..dengan begitu apa yang kita harapkan akan tercapai
    3.kegiatan yang dilaksanakan harus sesuai rencana kerja yang telah ditetapkan,artinya tidak boleh menyimpang dari komitmen
    4.untuk mendapatkan output yang maksimal sesuai target harus melakukan pendekatan sistim meliputi input(masukan),dan proses sebab sebuah sistim berjalan terus dimana output merupakan salahsatu input untuk sistim berikut nya.

    BalasHapus
  54. 1. Sistim pengelolan puskesmas meliputi input ( masukan) di mana di dalam input ini meliputi manusia sebagai sumber daya manusia (SDM) yang akan mengelola kegiatan puskesmas dengan menggunakan unsur-unsur yaitu money sebagai anggaran yang akan di gunakan untuk pendanaan pengelolaan program puskesmas. Program puskesmas dilakukan atau dilaksanakn dengan menggunakan metode atau cara dan machine yang meliputi gedung, peralatan medis atau non medis sebagai sarana untuk keberhasilan program yang akan di capai. Sehingga apabila input yang akan di jalankan dengan menggunakan proses 5W + 1 H akan menghasilkan suatu outputyang baik atau keberhasilan program.
    2. Cara mendapatkan input yang baik adalah dengan melaksanakan atau melakukan unsur-unsur yang ada di dalam input tersebut dengan baik, di mana manusia sebagai SDM memanfaatkan unsur-unsur tersebut untuk keberhasilan program.
    3.Cara untuk / agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan adalah manusia sebagai SDM dalam mellaksanakan program kegiatan tidak menyimpang dari prosedur yang telah di tetepkan dan bekerjasama dengan lintas sektor.
    4.Cara mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target adalah kerja sama yang baik antara manusia sebagai SDM dengan memanfaatkan unsur-unsur yang sudah ditetapkan dengan menjalankan proses 5W + 1 H.

    BalasHapus
  55. 1. sistim pengelolaan puskesmas meliputi input ( masukan) dimana di dalam input ini manusia sebagai SDM yang akan memgelola program puskesmas dengan menggunakan Money sebagai anggaran yang di gunakan untuk pendanaan program puskesmas dengan menggunakan metode atau cara dan mechine yang meliputi gedung,peralatan,tenaga medis ataupun non medis sebagai sarana untuk keberhasilan program yang akan di capai. sehingga apabila input di jalan kan dengan 5W+1H akan menghasilkan output yang baik.
    2.Cara mendapatkan input yang baik adalah dengan mengetahui permasalahan yang terjadi di wilayah kerja puskesmas. kemudian dari permasalah tersebut di buat PTP ( Tingkat Perencanaan Puskesmas) yang didalamnya terdapat manusia sebagai SDM, pendanaan untuk pembiayaan program kegiatan puskesmas, pelaksanan kegiatan, pencatatan pelaporan kegiatan.
    3.Cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan adalah tidak menyimpang dari prosedur yang sudah ditetapkan dan sesuai denagn rencana kerja yang sudah di sepakati dan bekerja sama dengan program yang lain yang saling berkaitan atau lintas program.
    4.Cara mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target adalah dengan mendapatkan input yang baik dan kemudian proses kegiatan yang meliputi 5W + 1H dilaksanakan dengan baik maka akan mendapatkan output yang maksimal sesuai dengan target.

    BalasHapus
  56. 1. Penjelasan dari skema tsb adalah bagaimana pengelolaan sistem puskesmas. Berawal dari input, yang kemudian akan diproses menghasilkan output. Output yang baik ditentukan oleh input dan proses yang baik, sehingga kedua hal tersebut merupakan faktor yang terkait dengan penentu keberhasilan output yang nantinya output tersebut akan menjadi input untuk sistim berikutnya.
    2. Untuk mendapatkan input yang baik yaitu dengan menyesuaikan 5M dengan sistim dan kondisi di puskesmas. Penentuan 5M harus sejalan dengan output yang di targetkan, sehingga 5M yang baik adalah 5M yang sesuai dan terkontrol untuk mencapai output.
    3. Proses kegiatan dilakukan berdasarkan input yang ada. Sehingga agar tidak terjadi kesalahan, diperlukan manajemen yang baik pada tahap sebelumnya yaitu pada input (5M). 5M yang sesuai dengan standarisasi dan dilakukan pengawasan yang baik akan mencegah terjadinya kesalahan dalam proses kegiatan.
    4. Output yang maksimal dihasilkan oleh input dan proses kegiatan yang maksimal. Manajemen yang baik pada input dan proses kegiatan akan menghasilkan output yang baik juga.
    Terima Kasih Pak

    BalasHapus
  57. Dalam skema tersebut menjelaskan adanya kesinambungan antara input, proses, dan output didalam sistem pengelolaan puskesmas. Dimana input yang terdiri dari Man, Money, Methode, Material’s, Machine dibutuhkan untuk mampu melalui proses 5 W dan 1 H. Apabila proses berjalan dengan baik maka akan menghasilkan outcome. Dan output merupakan salah satu input untuk sistem berikutnya.

    2. Untuk mendapatkan input yang baik harus didukung dengan unsur-unsur manajamen yang baik pula, yaitu terpenuhinya man, money, methode, material, dan machine. Maka diperlukan suatu perencanaan, apabila output yang dihasilkan baik maka akan didapatkan input yang baik pula.
    Agar mendapatkan input yang baik maka diperlukan sebuah system pemilihan sourch yang memadai dimulai dari :
    MAN maka perencanaan system rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang yang baik sesuai dengan bidang pekerjaan dan kualified yang akan menjalankan proses di puskesmas
    MONEY, yang harus ada dalam sebuah system adalah sumber pembiayaan /pendanaan/anggara yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas, tanpa adanya kepastian pendaanaan yang mencukupi maka program tidak akan berjalan maksimal, untuk itu diperhitungkan sumber anggaran dari mana saja sehingga dapat menentukan prioritas kegiatan yang ada.
    METHOD adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam menjalankan proses tersebut untuk itu diperlukan metode yang efektif dan baik sesuai dengan situasi serta kondisi di puskesmas tersebut tanpa menghilangkan kebijakan sistem yang sudah baku di puskesmas, dengan input metode yang baik maka akan membantu kelancaran dalam proses sistem di puskesmas
    MATERIAL DAN MACHINE adalah semua bahan yang terkait (dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya. Dengan adanya sarana yang baik maka input dari sebuah system sangat menunjang dalam proses berjalannya sistem di puskesmas
    3. Sebelum melakukan kegiatan telebih dahulu membuat POA (Plan Of Action) yaitu sebagai kerangka acuan melaksanakan kegiatan agar berjalan dengan baik dan tidak terjadi kesalahan
    4. Untuk mendapatkan output yang maksimal, maka harus memaksimalkan input dan proses karena setiap akhir dari suatu proses manajemen akan merupakan awal dari proses manajemen berikutnya

    BalasHapus
  58. 1.skema ini menjelaskan tentang input, proses yaitu 5W+1H dan menghasilkan output yg dalam sistem ini saling berkaitan satu sama lain.
    2.untuk mendapatkan input yang baik harus dilakukan perencanan yg baik dan matang dalam menyusun sebuah kegiatan sehinggga menghasilkan target yg diinginkan.
    3.dilakukan evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan yg akan dan sedang dilakukan
    4.untuk mendapatkan ouput yg maksimal maka harus memaksimalkan input dan proses.

    BalasHapus
  59. 1. proses disamping merupakan tahapan22 suatu kegiatan yang diawali dari input, proses 5W + 1H dan output..

    2. untuk mendapatkan input yang baik kitaharus melekaukan kegiatan secara benar dan berkualitas.

    3.melakukan kegiatan dengan standar kerja yang benar, saling kerja sma satu dengan yang lain dan melakukan pengawasan ke sub22 kerja. sehingga pelaksanna kerja dapat terselesaikan

    4. untuk mendapatkan output yang sesuai target kita harus elakukan kegiatan secara dislpin dan ertanggung jawab. sehngga ouput dapat sesuai dengan target.iy

    BalasHapus
  60. Membuat Perancanaan yang baik yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat, kegiatan yang dikerjakan harus dilakukan oleh tenaga yang terlatih dan sesuai dengan ilmunya, harus mempunyai dana yang cukup guna menunjang kegiatan berjalan dengan baik.

    BalasHapus