MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Senin, 08 April 2013

PENETAPAN TEMA DAN JUDUL PENELITIAN


Sebelum kita memulai penelitian maka harus bisa menentukan tema penelitian kita, Misal
Kita tentukan temanya adalah tentang MANFAAT TANAMAN (HERBAL) TERHADAP SUATU PENYAKIT, berarti disini kita mencari manfaat, atau hubungan kandungan herbal terhadap suatu penyakit tertentu.
Selanjutnya kita mencari data- data yang berhubungan dengan penyakit apa yang menjadi masalah utama di wilayah kita, dan ternyata berdasarkan sekunder data yang ada penyakit hipertensi menjadi masalah karena jumlahnya yang cukup banyak dan kecenderungannya meningkat (data yang dilihat minimal 3-5 tahun terakhir), Hipertensi menjadi variabel dependen kita.
Kemudian kita mencari referensi kandungan apa saja dalam herbal / tanaman yang mempunyai hubungan/efek dengan penurunan tekanan darah, disitu kita cari bentuk tanaman jadinya, misal buah semangka, yang ternyata memiliki kandungan kalium dan air yang tinggi sehingga mempunyai efek diuretik bagi manusia dan tentunya bisa menurunkan tekanan darahnya.
Selanjutnya kita cari hasil penelitian orang lain di jurnal- jurnal penelitian untuk mengetahui jumlah dan efek dari buah semangka tersebut agar aman dikonsumsi oleh manusia.
Setelah data, teori dan hasil penelitian orang lain yang terkait dengan tema kita maka kita bisa menentukan judul penelitian kita.


Dari penjelasan diatas maka kita tentukan judul penelitian kita :
“Pengaruh Buah Semangka terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di . . . . . . . . . . tahun . . . . . . . “

Untuk sub topik selanjutnya adalah latihan untuk menentukan tema sampai judul penelitian dengan cara klik disini





7 komentar: