MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Senin, 01 April 2013

KAITAN ANTAR BAB DALAM PENULISAN ILMIAH







Berdasarkan skema diatas, maka untuk mengetahui tingkay pemahaman anda silahkan jawab beberapa pertanyaan berikut ini dan masing-masing mahasiswa wajib menjawab langsung diketik di kolom komentar.
1.      Sebutkan perbedaan Tulisan Proposal penelitian dan Tulisan Hasil Penelitian.
2.      Mengapa dibutuhkan proposal penelitian ?
3.      Dalam melakukan penulisan ilmiah harus ada kesinambungan (benang merah) dari judul sampai dengan saran, Coba saudara jelaskan dan berikan contohnya.

73 komentar:

  1. 1.Proposal penelitian hanya sampai bab 3,sedangkan hasil penelitian terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 5
    2.Untuk menemukan masalah
    3.Benang merah harus dijelaskan lagi pak ,saya masih bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benang merah artinya setiap bab harus saling terkait, misal di Bab 1 Perumusan Masalah terdiri dari variabel Dependen dan Independen, V. Depd diperoleh dari masalah yang ada di lokasi penelitian (latar belakang), sedang Var. Indep diperoleh dari teori dan hasil penelitian orang lain (ditulis di latar belakang), Kemudian tujuan penelitian untuk menjawab masalah penelitian.
      bab 2 harus menjelaskan tinjauan teoritis yang berhhubungan dg Variabel penelitian, yang dirumuskan dalam kerangka teori, demikian seterusnya.

      Hapus
    2. o..begitu pak..
      terimakasih atas penjelasannya..

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. harus sambung menyambung

      Hapus
    5. Cukup jelas pak, terimakasih...

      Hapus
  2. 1. proposal penelitian terdiri dari 3 bab, yaitu bab 1 pendahuluan bab 2 teori dan bab 3 menjelaskan tentang metodologi penelitian, sedangkan penelitian hasil terdiri dari 1 bab yaitu berada di bab 4, itu menjelaskan tentang hasil dari penelitian yang telah kita lakukan
    2. karena untuk menentukan penelitian seperti apa yang akan kita buat, seperti merumuskan masalah, menetukan teori-teori yang kan kita pakai, serta menentukan metode penelitian yang akan kita gunakan
    3.apabila tidk berkesinambungan penelitian itu akan gagal.

    BalasHapus
  3. 1. proposal penelitian merencanakan hasil penilitian Menyampaikan gagasan secara tertulis, membutuhkan pemahaman Bahasa Indonesia yang benar
    2. untuk melangkah merencanakan penelitian
    3.benang merah artinya permasalahan ketemu dari bab 1 sampai bab 5 selaras berhubungan

    BalasHapus
  4. 2.yang jelas untuk menemukan dan menentukan masalah yang akan kita lakukan untuk penelitian

    BalasHapus
  5. dahono:
    1.proposal hanya sebagai bahan pertimbangan awal untuk melanjutkan penelitian nya selanjutbiasanya hanya terdiri dari 3 bab.(pendahuluan,tinjauan teoritis dan desain) sedang tulisan hasil penelitian adalah hasil akhir yang di tulis dengan hasil hipotesa dan kesimpulan.
    2.karena untuk menemukan permasalahan /fenomena yang terjadi di lapangan.
    3.maksudnya adalah ada keterkaitan antara judul yang di angkat , timbul judul proposal karena ada fenomena.
    contoh:...pada musim hujan dan berakhir dengan musim panas biasanya kasus demam berdarah akan mewabah dari fenomena tersebut akan di ambil suatu permasalahan dengan judul:
    HUBUNGAN PERUBAHAN MUSIM TERHADAP KEJADIAN DEMAMBERDARAH DI WILAYAH a.

    BalasHapus
  6. 1.Tulisan dalam proposal penelitian masih berupa pertanyaan, sedangkan tulisan hasil penelitian sudah berupa hasil dari penelitian, contohnya pada tujuan dalam proposal : untuk mengetahui..,dsb, sedangkan tujuan pada tulisan hasil penelitian : diketahuinya..,Proposal cuma sampai bab 3, hasil penelitian dari bab 1 sampai bab 5.
    2.Untuk menentukan rencana tujuan dan metode apa yang akan diambil dalam melaksanakan penelitian
    3.Antara bab 1 sampai ke bab 5 saling berkaitan, latar belakang, perumusan masalah harus sesuai dg judul yg diambil,misalnya hubungan antara perilaku merokok dengan kejadian hipertensi, maka masalahnya apakah ada hubungan antara perilaku merokok dengan kejadian hipertensi. Tinjauan teori nya tentang hipertensi dan perilaku merokok itu sendiri, selanjutnya menentukan metode penelitian apa yg akan diambil, menentukan variabel dependen dan variabel independen, def operasional utk menentukan alat ukur, hasil ukur, cara ukur.

    BalasHapus
  7. 1. Proposal penelitian itu awalan dari penelitian yg akan dilakukan, proposal hanya terdiri dari bab1-3. sedangkan tulisan hasil penelitian merupakan hasil penelitian yg menggunakan bab1-3 sebagai awalan nya, yg isi nya membahas dan menyimpulkan hasil penelitian yg kita lakukan
    2. karena sebelum melakukan penelitian kita harus mempunyai dasar yg kuat mengapa penelitian itu dilakukan, sehingga apabila sudah ada proposal penelitian yg baik, maka penelitian kita selanjutnya menjadi lebih mudah
    3. sebuah penelitian harus berkaitan antara bab 1-5 nya, karena apabila salah satu nya tidak berhubungan, maka penelitian itu dikatakan gagal, karena apabila saah satu bagian nya tidak berhubungan maka selanjutnya tidak akan berhubungan..
    contoh nya : misalkan kesimpulan dan saran yg tidak berdasarkan dr pembahasan penelitian, tetapi dibuat sendiri oleh penulis..
    seharus nya kesimpulan dan saran itu dibuat perdasarkan hasil pembahasan penelitian

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. harys sutanto
    menurut pendapat saya
    1. proposal ad langkah awal kita untuk membuat suatu penelitian yang semuanya terdiri dari 3 bab,1 bab lagi tentang hasil penelitian dan 1 bab lagi tentang kesimpulan dan saran
    2. untuk menentukan suatu maslah yang akan diangkat dalam suatu penelitian
    3. maksud dari benang merah yaitu adanya suatu kesinambungan mulai dari awal sampai akhir penulisan penelitian tersebut.

    BalasHapus
  10. 1.Tulisan dalam proposal adalah awal dari penulisan ilmiah yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan, sedangkan tulisan hasil penelitian yaitu kelanjutan dari penulisan ilmiah atau hasil dari penelitian.
    2.Untuk menentukan perencanaan, metode apa yang akan di ambil dalam penelitian.
    3.benang merah adalah dalam penulisan ilmiah antar babnya harus saling berkaitan.

    BalasHapus
  11. 1. proposal penelitian merencanakan hasil penilitian Menyampaikan gagasan secara tertulis, membutuhkan pemahaman Bahasa Indonesia yang benar
    2. untuk melangkah merencanakan penelitian
    3.benang merah artinya permasalahan ketemu dari bab 1 sampai bab 5 selaras berhubungan
    Jadi semuanya saling berkaitan antara 1 dengan yg lainnya

    BalasHapus
  12. 1. proposal ilmiah merupakan acuan awal peneliti mengapa penelitia ini yang diajukan, landasan teori mengenai permasalahan, metode penelitian yang bagaimana yang akan diambil, sedangkan penulisan hasil penelitian merupakan hasil dari penelitian yang ditamplkan pada Bab IV
    2. Proposal saangat penting yang mana berisikan permasalahan mengenai judul penelitian ehingga pembimbing dan penguji yakin dengan penelitin kita
    3. Penulisan harus memiliki benang merah sehingga orang yang membaca paham mengenai penelitian kita
    makasie atas kesempatan beragumen,jikalau argumen saya salah tolong diajarkan pak
    wassalam

    BalasHapus
  13. 1. proposal penelitian membahas secara teori dari bab 1 sampai bab 3. hasil penelitian membahas dari bab 1 sampai bab 5.
    2. Proposal penelitian merupakan dasar menulis hasil penelitian
    3. Antara bab 1 dengan bab 2 harus berkaitan, demikian pula dengan bab 3 dan seterusnya sampai bab 5.

    BalasHapus
  14. 1. Proposal merupakan rencana kegiatan sebagai pedoman kerja yang mencerminkan kualitas penelitian yang akan dilakukan. Dengan keberadaan proposal, kita akan lebih jelas tentang apa yang akan dilakukan karena variabel, problematika, tujuan, hipotesis, metodologi, instrumen data telah diketahui dengan jelas. sedangkan laporan hasil penelitian, khazanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas. Di samping itu, laporan hasil penelitian juga dapat menjadi media pengembangan ilmu pengetahuan atau referensi untuk peneliti berikutnya.
    2. proposal penelitian sangat penting karna salah satu permohonan atau landasan untuk membuat suatu penelitian dan mengajukan perumusan masalah penelitian.
    3. harus berkesinambungan karna dalam sebuah penelitian harus ada sinkronasi antara masalah tinjauan pustaka dan hasil yg menunjukan sesuai atau tidaknya penelitian kita dengan masalah dan teori yang ada.
    terimaksaih banyak pak...

    BalasHapus
  15. 1. Proposal merupakan acuan awal atau tuntunan yg terdiri dari bab I sampai bab III, sedangkan penulisan hasil penelitian merupakan hasil dari penelitian yang ditampilkan pada bab IV.
    2. Proposal sangat diperlukan dalam sebuah penelitian untuk menentukan masalah yang akan kita angkat dalam suatu penelitian.
    3. Harus berkesinambungan antara bab I sampai dengan bab V agar mempermudahkan pembaca dalam memahami penelitian kita.

    BalasHapus
  16. 1.panti bisa menemukan masalah sampe ke saran untuk para peneliti selanjutnyaroposal penelitian membhas tentang teori yang akan kita teliti. hasil penelitian membahas permsalahan yang kita temui bsa berbentuk tabel,grafik ataupun diagram

    2.untuk memudahkan penelitian dalam menentukan masalah

    3.karena dari judul qita nanti bsa menemukan masalah, sampe ke saran untuk peneliti selanjutnya

    BalasHapus
  17. 1.proposal penelitian membhas tentang teori yang akan kita teliti. hasil penelitian membahas permsalahan yang kita temui bsa berbentuk tabel,grafik ataupun diagram

    2.untuk memudahkan penelitian dalam menentukan masalah

    3.karena dari judul qita nanti bsa menemukan masalah, sampe ke saran untuk peneliti selanjutnya

    BalasHapus
  18. YULIANA SHAURA SAID :

    1. Proposal penelitian terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 3 yang berisi dari pendahuluan, teori dan metode penelitian dimana akan menjadi acuan untuk penelitian yang akan dilakukan
    sedangkan hasil penelitian berisi seluruh rangkaian penelitian yang terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 5

    2. proposal penelitian dibutuhkan karena akan menjadi landasan atau acuan dalam penelitian yang akan kita lakukan.

    3. benang merah dalam penelitian harus ada dimana bab 1 sampai bab 5 harus saling berkaitan dan berkesinambungan, sehingga kita dapat membandingkan teori, masalah yang ada dengan hasil penelitian kita.

    BalasHapus
  19. 1.proposal penelitian terdiri dari 3 BAB, yaitu:
    BAB 1 pendahuluan, BAB 2 teori dan, BAB 3 menjelaskan tentang metodologi penelitian, sedangkan penelitian hasiL, terdiri dari 1 BAB yaitu berada di BAB 4, itu menjelaskan tentang hasil dan hipotesa dari penelitian yang telah kita lakukan.

    2. proposal penelitian dibutuhkan untuk menemukan permasalahan /fenomena yang terjadi di lapangan.

    3. Benang Merah dalam Penelitian Harus berkesinambungan antara bab I sampai dengan bab V agar mempermudahkan pembaca dalam memahami penelitian kita.

    BalasHapus
  20. 1.Perbedaan tulisan proposal penelitian dan tulisan hasil penelitian adalah:Proposal penelitian adalah langkah awal untuk memebuat penelitian suatu masalah yang etrdiri dari 3 bab,yaitu: pendahuluan yang berisikan latar belakang masalah,masalah penelitian,tujuan dan manfaat penelitian serta Tinjauan teoritis dan metode penelitian yang di pakai.
    Hasil penelitian adalah:Hasil akhir yang di dapat dari seluruh bag Proposal penelitian dari Bab 1 s/d Bab 3,yang tertulis dalam Bab 4,yang berisikan hasil penelitian Gambaran umum.
    2.Proposal penelitian di butuhkan karena Prioritas masalah dan langkah pemecahan masalah menggunakan metode penelitian.untuk mendapatkan hasil penelitian.
    3.Dalam penulisan Ilmiah harus ada kesinambungan (benang merah) karena utk memecahkan suatu masalah harus ada keterkaitan antara proposal penelitian dan hasil penelitian,untuk menghasilkan kesimpulan dan tujuan dari penelitian yang tertuang dalam Bab 1 s/d5.

    BalasHapus
  21. Nama : Hengky Syaputra 12320178

    1.Proposal penelitian adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitianyang terdiri dari
    Bab 1 Pendahuluan yang berisi Latar belakang, Masalah Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian.
    Bab 2 Tinjauan Pustaka yang berisi tinjauan teoritis, Hasil penelitian terkait, Kerangka Teori, Kerangka Konsep, dan Hipotesis penelitian.
    Bab 3 Metode Peneitian yang berisi jenis, desain, populasi dan sampel penelitian, serta definisi operasional dan metode statistik.
    Sedangkan hasil penelitian adalah hasil dari pengajuan proposal yang telah disetujui oleh pihak pembimbing dengan catatan ditambahkannya bab 4 dan bab 5 yang terdiri dari:Bab 4 Hasil Penelitian yang berisi gambaran umum di tempat penelitian, hasil penelitian dan pembahasan. Dan Bab 5 Kesimpulan dan saran yang berisi kesimpulan menjelaskan tujuan penelitian tercapai atau tidak dan saran
    2. mengapa proposal sangat dibutuhkan karena menjadi suatu landasan untuk melanjutkan suatu penelitian yang akan diteliti dan mengajukan perumusan masalah sesuai dg fenomena yang telah diajukan.
    3. maksudnya adalah antara bab 1 sampai dengan bab 5, saling berkaitan, mulai dari latar belakang,perumusan masalah,sampai dengan saran harus sesuai dengan judul terkait.salah satu contohnya adalah hubungan usia dan jenis kelamin dengan penyakit gagal ginjal kronik,tinjauan teorinya tentang penyakit ginjal itu sendiri,selanjutnya menentukan metodologi penelitian nya variabel devendennya adalah gagal ginjal, sedangkan variabel indefendennya adalah usia, jenis kelamin,riwayat penyakit terdahulu, dll. Lalu tentukan def operasionalnya untuk menentukan alat ukur, hasil ukur, cara ukur, dan kesimpulannya aakn terjawab apakah ada keterkaitan antara usia dan jenis kelamin dengan penyakit ginjal atau tidak ada hubungannya. Terimakasih mhn maaf jika ada penulisan yang salah atau kurang dimengerti.

    BalasHapus
  22. 1.tulisan proposal berangkat dari masalah, kesenjangan, isu aktual,yang melatarbelakangi peneliti, untuk membuat kerangka kerja sebuah penelitian.sedangkan hasil penelitian merupakan bentuk tulisan,sistematika melalui suatu proses uji empiris/ilmiah dengan fenomena yang terjadi dimasyarakat secara terstruktur melalui pengambilan data,analisa data,prioritas masalah, perencanaan, evaluasi dengan sistematika penulisan yang tersusuun secara terstruktur.

    2. untuk mendapatkan kerangka kerja yang objektif mengenai masalah yang akan diteliti, sehingg aakan didapatkan hasil yang optimal dari penelitian yang akan dilakukan.

    3. korelasi hubungan dari judul sampai saran dalam sebuah penulisan ilmiah karena seorang peneliti dalam menuliskan penulisan ilmiah harus berangkat dari masalah yang aktual,dengan didukung oleh data,objek penelitian, tempat,waktu,metode,dan proses penelitian, dan uji empiris,sehingga akan diajukan sebuah judul sesuai dengan kondisi sekitarnya dan saran yang diberikan dapat memecahkan masalah yang sedang terjadi.
    Contoh : Mutu Asuhan Keperawatan belum optimal disebabkan karena lemahnya koordinasi dalam perencanaan di UPT puskesmas Serupa Indah. Sehinga saran akhir yang diberikan oleh penulis yaitu meningkatkan mutu kualitas Askep melalui koordinasi keperawatan dan kompetensi tenagag perawat : (Diklat, study berkelanjutan,dukungan operasional dana dll).

    BalasHapus
  23. 1. proposal penelitian membahas secara teori dari bab 1 sampai dengan bab 3. hasil penelitian tersebut membahas dari bab 1 sampai dengan bab 5.
    2. Proposal penelitian merupakan dasar menulis hasil penelitian tersebut
    3. Antara bab 1 dan bab 2 harus berkaitan, demikian pula dengan bab 3 dan seterusnya sampai dengan bab 5

    BalasHapus
  24. Cukup jelas pak , terimakasih..

    BalasHapus
  25. 1.proposal itu adalah penelitian ditulis sampai bab 3,sedangkan asil penelitian diselesaikan sampai dengan bab 1 dan bab 5.
    2. Yaitu untuk menemukan suatu masalah atau fenomena yang terjadi dilapangan.
    3. Benang merah sangat berperan dalam penulisan karna judul dan isi saling berkaitan.

    BalasHapus
  26. 1. Proposal penelitian merupakan rangkaian penelitian yang terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 3 yang terdiri dari pendahuluan, teori, metode penulisan, sedangkan hasil penelitian terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 5
    2. Proposal penelitian sangat dibutuhkan karena sebagai bahan atau acuan untuk melakukan suatu penelitian.
    3. Benang merah dalam suatu penelitian harus ada dan saling berkesinambungan dari bab 1 sampai dengan bab 5

    BalasHapus
  27. 1.proposal penelitian membahas dari berisi pendahuluan,teori, metode penelitian sebagai acuan untuk penelitian
    2.propsal sangat penting untuk sebuah masalaah baru yang diangakat dalam suatu penelitian
    3.benang merah dalam penelitian itu sangat berkesinambungan dari BAB 1 dan BAB 5

    BalasHapus
  28. 1.proposal penelitian hanya sampai bab 3,sedangkan hasil penelitian terdiri dari bab,1 s,d bab 5.
    2.untuk menemukan suatu masalah/fenomena tg terjadi d
    lapangan.
    3.arti dari benang merah itu sendiri adalah isi harus sesuai/ada keterkaitan antara judul yg d angkat timbul judul proposal karena ada gfenomena.
    contoh:Tingkat kecemasan pada pasien Ca.mammae penatalaksanaanya harus diadakan education pd pasien ca,mammae bahwa kemotherapy bukanlah suatu hal yg perlu di takuti,justru harus di lakukan untyuk peningkatran kwalitas hidup seseorang.

    BalasHapus
  29. 1. proposal penelitian membahas secara teori dari bab 1 sampai dengan bab 3. hasil penelitian tersebut membahas dari bab 1 sampai dengan bab 5.

    2. Proposal penelitian sangat dibutuhkan karena sebagai bahan atau acuan untuk melakukan suatu penelitian.

    3. Harus berkesinambungan antara bab I sampai dengan bab V agar mempermudahkan pembaca dalam memahami penelitian kita.

    BalasHapus
  30. 1. Proposal merupakan tuntunan yg terdiri dari bab I sampai bab III yang berisi pendahuluan,teori, metode penelitian sebagai acuan untuk penelitian, sedangkan penulisan hasil penelitian merupakan hasil dari penelitian dan pengolahan data penelitian yang ditampilkan pada bab IV.

    2. Proposal sangat diperlukan dalam sebuah penelitian untuk menentukan masalah apa yang akan dibahas dan diangkat dalam suatu penelitian.

    3. Harus berkesinambungan antara bab I sampai dengan bab V agar mempermudahkan pembaca dalam memahami penelitian kita. dan mendapatkan hasil sesuai tujuan awal penelitian.

    BalasHapus
  31. 1. proposal adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 3 yang berisi ttg latar belakang penelitian , tinjauan pustaka, kerangka konsep, ,metodologi penelitain,desain penelitian sedangkan hasil penelitian adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 5 yang berisi tentang proses penelitian,pengolahan data,penyajian data serta kesimpulan dan saran.
    2. karena proposal merupakan landasan untuk menentukan suatu penelitian
    3. karena proses penelitian berawal dari fenomena masalah yang akan diajukan sedangkan fenomena adalah suatu acuan untuk menentukan judul penelitian sehingga antara judul sampai saran harus berkesinambungan

    BalasHapus
  32. 1. prposal penelitian merupakan rangkain penelitian yg terdiri dari bab I sampai bab III sedengan hasil penelitian tersebut membahas dari bab I sampai dengan bab V
    2. proposal penelitian digunakan untuk memudahkan masalah yg akan diteliti dalam menentukan masalah
    3. adanya kesinanmbungan antara bab I sampai dengan bab V sehingga orang yg baca paham dan jelas tentang apa yg kita teliti

    BalasHapus
  33. 1. Perbedaan tulisan penelitian masih berupa pertanyaan sedangkan tulisan hasil penelitian sudah berupa hasil dari penelitian.

    2. Karena sebelum melakukan penelitian kita harus mempunyai dasar yang kuat mengapa penelitian itu dilakukan, sehingga apabila sudah ada proposal penelitian yang baik maka penelitian kita selanjutnya menjadi lebih mudah.

    3. Antara bab I sampai dengan bab V harus saling berkaitan karena apabila salah satunya tidak berhubungan maka penelitian itu dikatakan gagal. Misalkan kesimpulan dan saran yang tidak berdasarkan dari pembahasan penelitian, tetapi dibuat sendiri oleh penulis. Seharusnya kesimpulan dan saran itu dibuat berdasarkan hasil pembahasan penelitian.

    BalasHapus
  34. yasir fitri aldilla
    NPM : 12320213

    1 tulisan proposal penelitian
    - penulisanya dilakukan sebelum melaksanakan penulian hasil peneleitian
    -terdiri dari 3 bab yaitu bab1 pendahuluan,bab2 tinjuan pustaka,bab3 metode penelitian

    hasil penelitian
    - ditulis setelah kita melaksanakan penelitian
    - bab1 pendahuluan, bab2 tinjauan pustaka, bab3 metod penelitian,bab4 hasil penelitian, bab5 kesimpulan dan saran

    2. untuk mendapatkan tujuan dan metode apa dalam melakukan penelitian yg akan kita laksanakan

    3. benang merah maksudnya ada kesinambungan antara bab dmi bab sehingga jelas dalam tercapainya tujuan penelitian.
    contohnya : pada petugas tbc resiko tertular penyakit tbc sangat besar jadi disarankan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD)masker saat melakukan tugas dan tindakan sehingga kita bisa mengambil contoh judul hubungan APD masker terhdap petugas tbc dilingkungan puskesmas bumidaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. perbedaannya adalah didalam proposal berisikan tentang latar atau gambaran masalah yang sedang timbul atau terjadi dimana disitu juga terdapat data, tempat, dan waktu yang menguatkan sehingga masalah yang akan diambil layak untuk dijadikan karya tulis ilmiah, lalu biasanya proposal hanya terdiri dari 3 bab, sedangkan hasil penelitian terdiri dari 5 bab,
      2. karena proposal digunakan sebagai dasar acuan masalah yang akan di teliti sehingga masalah yang diangkat memiliki data atau hal-hal yang akan dikaji sehingga peneliti dapat melakukan penelitiannya secara sistematis
      3. karena penelitian itu dilakukan untuk memecahkan atau meneliti satu masalah, jadi dari awal hingga akhir merupakan suatu kesatuan yang diteliti secara berkesinambungan, jika penelitian tersebut berkesinambungan maka penelitian tersebut dianggap gagal contohnya terjadinya tetanus neonatorum terhadap neonatus akibat alat persalinan yang kurang steril, maka akan dilakukan penelitian hubungan antara alat persalinan yang tidak steril dengan tingginya kasus tetanus neonatorum.

      Hapus
  35. nama : Riska novianty
    npm : 12320198


    1. proposal penelitian adalah sebuah langkah pertama untuk memulai suatu penelilitian untuk menerangkan judul secara abstrack dan latar belakang, tujuan penelitian, serta menerangkan landasan-landasan teori, kerangka konsep penelitian, hipotesis serta metode-metode dalam penelitian baik berupa desain penelitian, analisa data, alat dan bahan penelitian SEDANGKAN tulisan hasil penelitian adalah laporan secara aktual hasil penelitian sebagai pertanggungjawaban materi isi laporan hasil peneliti terhadap orang yang dilapori, baik kalangan akademik pemerintah maupun masyarakat umum sebagai media komunikasi dan publikasi laporan penelitian merupakan media bagi peneliti mekomunikasikan hasil penelitiannya, dan juga sebagai khazanah keilmuan dengan penemuan melalui penelitian , khazanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas dan laporan hasil penelitian dapat juga dijadikan sebagai alat atau pedoman bagi pengambil kebijakan sehingga daya dukung kebijakan tersebut cukup kuat karena berupa data actual dan bisa menjadi pedoman kehidupan manusia menjadi lebih sempurna dan semakin mudah.


    2. Proposal penelitian sebagai bahan mempercepat pelaksanaan. jika proposal penelitian sudah disusun secara sistematis,lengkap dan tepat akan mempermudah pelaksanaan, proses serta penyusunan laporan penelitian sebagai pembentukan awal dan usulan penelitian. proposal penelitian dibuat peneliti sebelum melakukan kerja lapangan, disamping itu proposal merupakan pengantar awal dari sebuah penelitian, apakah penelitian yang akan dilakukan secara umum layak diterima oleh yang berkepentingan atau tidak, sebagai bahan evaluasi,secara terus menerus terhadap apa yang sedang dilakukan, serta mengadakan modifikasi apabila diperlukan.

    3. laporan penelitian harusnya berkesinambungan antara judul yang kita buat dari latar belakang , telaah penelitian, landasan teori dan isi dari metode penelitian harus saling berkaitan sehungga apa yang sudah kita tulis dari data-data dan hasil penelitian dapat dilakukan pembahasan kemudian dari pembahasan itu sendiri akan memunculkan kesimpulan dari apa yang kita teliti sehingga dari bab ke bab akan saling berkaitan sehingga hasil penelitian kita akan lebih dipahami
    contohnya : dari pendahuluan sampai penutup akan membahas judul yang kita teliti sehingga benang merah tidak terputus.

    BalasHapus
  36. Desna Annisa
    12320229

    1. Perbedaan Tulisan Proposal penelitian dan Tulisan Hasil Penelitian

    Sistematika proposal penelitian terdiri dari; Pendahuluan, Tinjauan Pustaka/ Studi Pustaka, Metodologi, Daftar Pustaka.
    Sedangkan sistematika laporan hasil penelitian; Pendahuluan (sub-subnya sama dengan proposal), Tinjauan Pustaka/Studi Pustaka (sub-sub sama dengan proposal), Metodologi (Sub-sub sama dengan proposal), Hasil Penelitian dan Pembahasan (isi pembahasannya merupakan jawaban terhadap rumusan masalah). Hasil penelitian dapat dibuat dalam beberapa bab dan sub-sub bab pembahasannya, Kesimpulan, implikasi dan saran, Daftar pustaka, Lampiran-lampiran.

    2. Mengapa dibutuhkan proposal penelitian

    Untuk mejabarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat dikatakan juga proposal merupakan suatu dokumentasi hasil penelitian.

    Selain berfungsi sebagai realisasi atau penuangan gagasan agar
    dapat dipahami oleh orang lain, proposal juga menjadi acuan dan arah dalam kegiatan penelitian. Rasionalitas, bobot masalah dan kemanfaatan sebuah penelitian.

    3. Karena didalam suatu laporan itu berisi tentang suatu informasi yang saling berkaitan mulai dari judul sampai dengan metode dan penelitiannya , sehingga dapat dihasilkan suatu informasi yang tepat dan jelas tentang suatu penelitian yang diteliti, mulai dari masalah2 yang ada di tempat penelitian sampai variabbel variabel yang saling keterkaitan satu anatara lainnya, jika tidak maka hasil penelitian tersebut tidak akan menghasilkan suatu penelitian yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.
    Contohnya : Jalur aliran listrik..
    jika di salah satu aliran listrik disuatu tempat tiba-tiba terputus maka daerah dimana tempat aliran tersebut berada tidak dapat menerima energi listrik yang dialirkan, ini sama halnya dengan penulisan laporan yang memiliki benang merah yang artinya disetiap point-point pembuatan laporan harus saling terkait sehingga informasi yang dihasilkan dapat dipahami oleh pembaca jika tidak ada benang merahnya maka laporan tersebut tidak dapat menghasilkan suatu kesimpulan dari pembahasan masalah yang diteliti.

    BalasHapus
  37. Nama. : Donny
    npm: 12320167
    1. Proposal merupakan renacana kegiatan sebagai pedoman yg mencerminkan kualitas penelitian yg akan di lakukan dengan keneradaan proposal kita akan lebih jelas apa apa yg akan kita lakukan karna variabel problematika tujuan,hipotesis,metodologi,instrumen data telah di ketahui dengan jelas,sedangkan laporan penelitian,khazanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas,di samping itu,laporan hasil penelitian juga dapat menjadi pengembang ilmu pengetahuan atau refrensi untuk penelitian berikutnya.
    2. Proposal penelitian sangat penting karna salah satu untuk permohonan atau landasan untuk membuat suatu penelitian dan mengajukan perumusan masalah penelitian.
    3. Harus sinkron dan berkesinambungan antara masalah tinjauan pustaka dan hasil y menunjukan sesuatu atau tidaknya penelitian kita dengan masalah dan teori yang ada.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  38. 1.Tulisan dalam proposal penelitian masih berupa pertanyaan, sedangkan tulisan hasil penelitian sudah berupa hasil dari penelitian, contohnya pada tujuan dalam proposal : untuk mengetahui..,dsb, sedangkan tujuan pada tulisan hasil penelitian : diketahuinya..,Proposal cuma sampai bab 3, hasil penelitian dari bab 1 sampai bab 5.
    2.Untuk menentukan rencana tujuan dan metode apa yang akan diambil dalam melaksanakan penelitian
    3.Antara bab 1 sampai ke bab 5 saling berkaitan, latar belakang, perumusan masalah harus sesuai dg judul yg diambil,misalnya hubungan antara perilaku merokok dengan kejadian hipertensi, maka masalahnya apakah ada hubungan antara perilaku merokok dengan kejadian hipertensi. Tinjauan teori nya tentang hipertensi dan perilaku merokok itu sendiri, selanjutnya menentukan metode penelitian apa yg akan diambil, menentukan variabel dependen dan variabel independen, def operasional utk menentukan alat ukur, hasil ukur, cara ukur.

    BalasHapus
  39. 1.Perbedaan tulisan proposal penelitian dan tulisan hasil penelitian adalah:Proposal penelitian adalah langkah awal untuk memebuat penelitian suatu masalah yang etrdiri dari 3 bab,yaitu: pendahuluan yang berisikan latar belakang masalah,masalah penelitian,tujuan dan manfaat penelitian serta Tinjauan teoritis dan metode penelitian yang di pakai.
    Hasil penelitian adalah:Hasil akhir yang di dapat dari seluruh bag Proposal penelitian dari Bab 1 s/d Bab 3,yang tertulis dalam Bab 4,yang berisikan hasil penelitian Gambaran umum.
    2.Proposal penelitian di butuhkan karena Prioritas masalah dan langkah pemecahan masalah menggunakan metode penelitian.untuk mendapatkan hasil penelitian.
    3.Dalam penulisan Ilmiah harus ada kesinambungan (benang merah) karena utk memecahkan suatu masalah harus ada keterkaitan antara proposal penelitian dan hasil penelitian,untuk menghasilkan kesimpulan dan tujuan dari penelitian yang tertuang dalam Bab 1 s/d5.

    BalasHapus
  40. Widya Susanti 12320212
    1. Perbedaan Tulisan Proposal penelitian Dengan Tulisan Hasil Penelitian.
    Tulisan proposal penelitian merupakan sebuah usulan yg dibuat dalam rangka mengadakan penelitian yg dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan proses penelitian, Sedangkan Tulisan hasil penelitian proses pengaturan dan pengelompokan baik tentang informasi suatu kegiatan berdasarkan fakta melalui pemikiran peneliti dalam mengolah dan menganalisa objek atau topik penelitian secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis sehingga terbuat sebuah prinsip-prinsip umum atau teori.

    2. Mengapa dibutuhkan proposal penelitian
    Karena Proposal (rencana) Penelitian merupakan penjabaran awal sebuah pengajuan untuk dilakukan penelitian, dimana didalam proposal itu ditampilkan permasalahan yang harus di teliti serta data-data yang dibutuhkan dalam penelitian tersebut. Proposal juga merupakan sebagai realisasi sementara supaya bisa dimengerti atau dipahami oleh orang lain.

    3. Dalam melakukan penulisan ilmiah harus ada kesinambungan (benang merah) dari judul sampai dengan saran, Coba saudara jelaskan dan berikan contohnya.
    Harus selalu berkesinambungan (benang merah) karena judul akan memberikan gambaran awal untuk melakukan penelitian dan untuk merencanakan rancangan penelitian yang meliputi: prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, serta dengan cara apa data tersebut diperoleh dan diolah/dianalisis. Dalam prakteknya terdapat sejumlah metode yang biasa digunakan untuk kepentingan penelitian. Sehingga hasil penelitian dapat memberikan jawaban dari hipotesis dan permasalahan yang diangkat.

    Contohnya:"Pengaruh Pembersihan Luka dan Pemberian Antiseptik pada Perawatan Luka"







    BalasHapus
  41. enni Yunita 12320171
    1.Tulisan Proposal penelitian merupakan pengajuan atau gambaran awal tentang apa yang akan dilakukan, Sedangkan penulisan hasil penelitian merupakan hasil dari pada sebuah penelitian yang telah direncanakan sebelumnya.
    2.Karena proposal penelitian merupakan jawaban sementara tentang judul yang akan dilakukan penelitian serta dapat memberikan gambaran singkat sehingga dapat dipahami oleh orang lain.
    3.Harus selalu berkesinambungan (benang merah)sehingga karya ilmiah kita dapat di memberikan informasikan atau di publikasikan. Dimana dari judul, latar belakang, hipotesis serta masalah yang diangkat akan sesuai dengan hasil yang dipaparkan, serta data-data yang diperoleh menggunakan metode yang sesuai.
    Contohnya: Kepuasan pasien terhadap standar praktek keperawatan diruangan yang menerapkan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP)

    BalasHapus
  42. 1. prposal penelitian merupakan rangkain penelitian yg terdiri dari bab I sampai bab III sedengan hasil penelitian tersebut membahas dari bab I sampai dengan bab V
    2. proposal penelitian digunakan untuk memudahkan masalah yg akan diteliti dalam menentukan masalah
    3. adanya kesinanmbungan antara bab I sampai dengan bab V sehingga orang yg baca paham dan jelas tentang apa yg kita teliti

    BalasHapus
  43. 1. prposal penelitian merupakan rangkain penelitian yg terdiri dari bab I sampai bab III sedengan hasil penelitian tersebut membahas dari bab I sampai dengan bab V
    2. proposal penelitian digunakan untuk memudahkan masalah yg akan diteliti dalam menentukan masalah
    3. adanya kesinanmbungan antara bab I sampai dengan bab V sehingga orang yg baca paham dan jelas tentang apa yg kita teliti

    BalasHapus
  44. 1.proposal penulisan terdiri dari bab 1 sampai 3 yang berisikan permasalahan kenapa penelitian ini dilakukan sedangkan hasil penelitian lanjutannya yakni bab 4 dan 5
    2. proposal sangat penting dikarenakan awal permasalahan kenapa sebuah penelitian harus dilakukan
    3. sebuah penulisan harus memiliki benang merah sehingga mudah dipahami oleh pembacanya

    BalasHapus
  45. 1.proposal penulisan terdiri dari bab 1 sampai 3 yang berisikan permasalahan kenapa penelitian ini dilakukan sedangkan hasil penelitian lanjutannya yakni bab 4 dan 5
    2. proposal sangat penting dikarenakan awal permasalahan kenapa sebuah penelitian harus dilakukan
    3. sebuah penulisan harus memiliki benang merah sehingga mudah dipahami oleh pembacanya

    BalasHapus
  46. 1.Proposal penelitian merupakan rangkaian penelitian yang terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 3 yang terdiri dari pendahuluan, teori, metode penulisan, sedangkan hasil penelitian terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 5

    2. Proposal penelitian sangat dibutuhkan karena sebagai bahan atau acuan untuk melakukan suatu penelitian.dan untuk menemukan suatu masalah atau fenomena yang terjadi dilapangan.

    3. Benang merah berperan dalam penulisan.karna bab 1 dan 5 harus saling berkaitan agar memudahkan dan mengerti si pembaca nantinya

    BalasHapus
  47. 1. Tulisan dalam proposal penelitian masih berupa pertanyaan, sedangkan tulisan hasil penelitian sudah berupa hasil dari penelitian, contohnya pada tujuan dalam proposal : untuk mengetahui..,dsb, sedangkan tujuan pada tulisan hasil penelitian : diketahuinya..,Proposal cuma sampai bab 3, hasil penelitian dari bab 1 sampai bab 5.

    2. proposal penelitian digunakan untuk memudahkan masalah yg akan diteliti dalam menentukan masalah

    3. Antara bab I sampai dengan bab V harus saling berkaitan karena apabila salah satunya tidak berhubungan maka penelitian itu dikatakan gagal. Misalkan kesimpulan dan saran yang tidak berdasarkan dari pembahasan penelitian, tetapi dibuat sendiri oleh penulis. Seharusnya kesimpulan dan saran itu dibuat berdasarkan hasil pembahasan penelitian.

    BalasHapus
  48. 1. Perbedaan proposal penelitian dan hasil yaitu:
    proposal adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 3 yang berisi ttg latar belakang penelitian , tinjauan pustaka, kerangka konsep, ,metodologi penelitain,desain penelitian sedangkan hasil penelitian adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 5 yang berisi tentang proses penelitian,pengolahan data,penyajian data serta kesimpulan dan saran.

    2. Proposal penelitian berguna untu menemukan masalah dan atau fenomena yg terjadi di lapangan dan yg ditemui..

    3. Karena Benang merah artinya setiap bab harus saling terkait, misal di Bab 1 Perumusan Masalah terdiri dari variabel Dependen dan Independen, V. Depd diperoleh dari masalah yang ada di lokasi penelitian (latar belakang), sedang Var. Indep diperoleh dari teori dan hasil penelitian orang lain (ditulis di latar belakang), Kemudian tujuan penelitian untuk menjawab masalah penelitian.
    bab 2 harus menjelaskan tinjauan teoritis yang berhhubungan dg Variabel penelitian, yang dirumuskan dalam kerangka teori, demikian seterusnya.
    apabila tidak ada keterkaitan, maka penelitian tersebut tidak valid.
    contohnya yaitu : Pengaruh kehamilan dini dengan kesulitan ibu melahirkan

    BalasHapus
  49. 1. prposal penelitian merupakan rangkain penelitian yg terdiri dari bab I - bab III sedangkan hasil penelitian tersebut membahas dari bab I - bab V
    2. proposal penelitian biasanya digunakan untuk memudahkan masalah yg akan diteliti dalam menentukan masalah
    3. adanya kesinanmbungan antara bab I sampai dengan bab V sehingga orang yg baca paham dan jelas tentang apa yg kita teliti

    BalasHapus
  50. nama : SURURI HASAN
    npm : 12320206 P
    kelas : PSIK B

    1. Penulisan Ilmiah hasil penelitian biasanya diawali dengan penulisan PROPOSALPENELITIAN, dan HASIL PENELITIAN, dan digunakan untuk : (Sebagai syarat Akademik mendapatkan gelar kesarjaan,Sebagai sumbangan terhadap ilmu pengetahuan, dan sebagainya).
    Proposal penelitian terdiri atas :
    Bab 1 Pendahuluan yang berisi Latar belakang, Masalah Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian.
    Bab 2 Tinjauan Pustaka yang berisi tinjauan teoritis, Hasil penelitian terkait, Kerangka Teori, Kerangka Konsep, dan Hipotesis penelitian.
    Bab 3 Metode Peneitian yang berisi jenis, desain, populasi dan sampel penelitian, serta definisi operasional dan metode statistik.
    Hasil penelitian terdiri atas :
    Seluruh bagian dari Proposal penelitian ditambah dengan :
    Bab 4 Hasil Penelitian yang berisi gambaran umum di tempat penelitian, hasil penelitian dan pembahasan.
    Bab 5 Kesimpulan dan saran yang berisi kesimpulan menjelaskan tujuan penelitian tercapai atau tidak dan saran aplikatif.

    2. Proposal penelitian sangat penting sebagai landasan untuk membuat suatu penelitian dan mengajukan perumusan masalah penelitian. mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti, menarik perhatian peneliti, tidak menimbulkan masalah sosial, dalam jangkauan peneliti: baik dari segi akademis, biaya, tenaga maupun waktu serta Penelitian tidak boleh terlalu luas,
    terlalu banyak, atau sudah diteliti banyak orang.

    3. Karena Benang merah artinya setiap bab harus saling terkait, misal di Bab 1 Perumusan Masalah terdiri dari variabel Dependen dan Independen, V. Depd diperoleh dari masalah yang ada di lokasi penelitian (latar belakang), sedang Var. Indep diperoleh dari teori dan hasil penelitian orang lain (ditulis di latar belakang), Kemudian tujuan penelitian untuk menjawab masalah penelitian.
    bab 2 harus menjelaskan tinjauan teoritis yang berhhubungan dg Variabel penelitian, yang dirumuskan dalam kerangka teori, demikian seterusnya..
    CONTOHNYA : Pengaruh rokok terhadap kesehatan dikalangan masyarakat
    PENDAHULUAN


    A. Latar belakang
    Seperti yang kita ketahui rokok tidak asing lagi kita dengar dan kita lihat, kini setiap toko atau warung sudah memperjual belikan rokok, hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat karena rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hipertensi, gangguan kehamilan dan janin.
    Selain itu hal ini juga dapat merusak kadar – kadar jati diri bangsa. Sekarang banyak siswa yang mengkomsumsi rokok. Ini semua membuktikan bahwa rokok sudah merajalela dikalangan masyarakat. Mengkomsumsi rokok juga dapat mengakibatkan rusaknya mental masyarakat.

    B. Rumusan masalah
    1. Apakah yang melatarbelakangi masyarakat menggunakan rokok ?
    2. Bagaimana pengaruh rokok dikalangan masyarakat ?
    3. Bagaimana upaya penanggulangan penggunaan rokok dikalangan masyarakat?

    C. Tujuan penelitian
    1. Untuk mengetahui latar belakang masyarakat menggunakan rokok.
    2. Untuk mengetahui pengaruh rokok dikalangan masyarakat.
    3. Untuk mengetahui upaya penanggulangan rokok dikalangan masyarakat.

    D. Manfaat penelitian
    Untuk mengetahui dampak positif dan negatif terhadap rokok dan mengetahui seluk – beluk rokok.


    E. Sistematika Penulisan
    Sistematika penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
    Bab I merupakan bab pendahuluan yang mengungkapkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.
    Bab II merupakan bab tinjauan pustaka dan kerangka pikir yang menguraikan tentang tinjauan pustaka dan kerangka pikir.
    Bab III merupakan bab metodologi penulisan yang menjelaskan sumber data, metode pengumpulan data.
    Bab IV merupakan bab pembahasan yang berisi tentang narkotika di kalangan remaja.
    Bab V merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran.

    TERIMAKSIH PAK

    BalasHapus
  51. 1. proposal adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 3 yang berisi ttg latar belakang penelitian , tinjauan pustaka, kerangka konsep, ,metodologi penelitain,desain penelitian sedangkan hasil penelitian adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 5 yang berisi tentang proses penelitian,pengolahan data,penyajian data serta kesimpulan dan saran.
    2. karena proposal merupakan landasan untuk menentukan suatu penelitian
    3. karena proses penelitian berawal dari fenomena masalah yang akan diajukan sedangkan fenomena adalah suatu acuan untuk menentukan judul penelitian sehingga antara judul sampai saran harus berkesinambungan

    BalasHapus
  52. 1. Perbedaan proposal penelitian dan hasil yaitu:
    proposal adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 3 yang berisi ttg latar belakang penelitian , tinjauan pustaka, kerangka konsep, ,metodologi penelitain,desain penelitian sedangkan hasil penelitian adalah terdiri dari bab 1 sampai bab 5 yang berisi tentang proses penelitian,pengolahan data,penyajian data serta kesimpulan dan saran.

    2. Proposal penelitian sangat penting karna salah satu untuk permohonan atau landasan untuk membuat suatu penelitian dan mengajukan perumusan masalah penelitian.

    3. benang merah dalam penelitian harus ada dimana bab 1 sampai bab 5 harus saling berkaitan dan berkesinambungan, sehingga kita dapat membandingkan teori, masalah yang ada dengan hasil penelitian kita.
    Benang merah artinya setiap bab harus saling terkait, misal di Bab 1 Perumusan Masalah terdiri dari variabel Dependen dan Independen, V. Depd diperoleh dari masalah yang ada di lokasi penelitian (latar belakang), sedang Var. Indep diperoleh dari teori dan hasil penelitian orang lain (ditulis di latar belakang), Kemudian tujuan penelitian untuk menjawab masalah penelitian.
    bab 2 harus menjelaskan tinjauan teoritis yang berhhubungan dg Variabel penelitian, yang dirumuskan dalam kerangka teori, demikian seterusnya.

    BalasHapus
  53. LUCIA ARANITA MELIZA NPM : 12320187

    1.Proposal penelitian adalah gambaran se­cara rinci tentang proses yang akan dilakukan oleh peneliti untuk dapat memecahkan permasalahan penelitian.Proposal penelitian merupakan pedoman yang berisi langkah-langkah yang akan diikuti peneliti untuk melakukan penelitiannya.

    Hasil Penelitian ilmiah merupakan uraian tentang berbagai temuan yang diperoleh dari lapangan, yaitu dari olahan data dan informasi melalui studi dokumentasi yang terkait dengan lokasi penelitian.Informasi yang diperoleh ini berasal dari data dan observasi dan wawancara yang dilakukan langsung oleh peneliti terhadap responden.

    2.Tujuan Proposal adalah untuk memberikan gambaran secara singkat terhadap rencana kegiatan penelitian yang akan dilakukan, melalui proposal peneliti akan memahami segala kebutuhan yang direncanakan.

    3.Benang merah dalam penulisan ilmiah adalah kesinambungan ide dalam tulisan, dapat dibangun melalui pengembangan antar paragraf yang dinamis. Paragraf yang dinamis dipengaruhi oleh kepaduan makna antar kalimatnya. Dan makna kalimat sangatlah tergantung pada ketepatan tata bahasa, diksi dan gaya bahasa, sehingga tercipta kalimat yang efektif. Pada gilirannya nanti akan dihasilkan karya tulis dan laporan penelitian yang baik.Karena tulisan ilmiah yang baik adalah mampu di mengerti oleh pembacanya.
    Contoh : HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES, DUKUNGAN KELUARGA, DUKUNGAN TEMAN DAN DUKUNGAN IKLAN DENGAN PERILAKU REMAJA TERHADAP ROKOK

    BalasHapus
  54. 1. Perbedaan tulisan penelitian masih berupa pertanyaan sedangkan tulisan hasil penelitian sudah berupa hasil dari penelitian.

    2. proposal penelitian digunakan untuk memudahkan masalah yg akan diteliti dalam menentukan masalah

    3. Karena Benang merah artinya setiap bab harus saling terkait,

    BalasHapus
  55. MARIA UlFAH
    12320188P
    1.Perbedaan materi proposal dengan materi hasil penelitian dapat dilihat dari dua aspek, yaitu:
    Materi isi proposal
    Sebagai pedoman pelaksanaan
    Proposal merupakan rencana kegiatan sebagai peta dan pedoman kerja yang mencerminkan kualitas penelitian yang akan dilakukan. Dengan keberadaan proposal, peneliti menjadi lebih jelas tentang apa yang akan dilakukan karena variabel, problematika, tujuan, hipotesis, metodologi, instrumen data telah diketahui dengan jelas.
    Sebagai bahan mempercepat pelaksanaan
    Jika proposal penelitian sudah disusun secara sistematis, lengkap dan tepat, akan mempercepat pelaksanaan, proses serta penyusunan laporan penelitian.
    Sebagai pemberitahuan awal dan usulan penelitian
    Proposal penelitian dibuat peneliti sebelum melakukan kerja lapangan. Di samping itu, proposal merupakan pengantar awal dari sebuah penelitian, apakah penelitian yang akan dilakukan secara umum layak diterima oleh yang berkepentingan atau tidak.
    Sebagai bahan evaluasi
    Penyusunan proposal digunakan sebagai evaluasi secara terus menerus terhadap apa yang sedang dilakukan, serta mengadakan modifikasi apabila diperlukan. Terlebih jika proposalnya bersifat kualitatif, kemungkinan terjadi perubahan dan perombakan proposal di lapangan sangat besar karena sangat memperhatikan kondisi konteks objek penelitian yang akan dilakukan.
    Materi isi hasil penelitian
    Sebagai pertanggungjawaban
    Materi isi laporan hasil penelitian dijadikan sebagai pertanggungjawaban peneliti terhadap orang yang dilapori, baik kalangan akademik, pemerintah maupun masyakat umum.
    Sebagai media komunikasi dan publikasi
    Laporan penelitian merupakan media bagi peneliti mengkomunikasikan hasil penelitiannya kepada orang lain (penyandang dana, ahli atau khalayak umum) di mana laporan tersebut dapat menembus ruang dan waktu karena dapat dibaca di lain tempat dan waktu sekaligus hal itu sebagai publikasi ilmiah untuk kepentingan tertentu.
    Sebagai khazanah keilmuan
    Dengan penemuan melalui penelitian, khazanah ilmu pengetahuan akan bertambah luas. Di samping itu, laporan hasil penelitian juga dapat menjadi media pengembangan ilmu pengetahuan.
    Sebagai pedoman
    Laporan hasil penelitian dapat juga dijadikan sebagai alat atau pedoman bagi pengambil kebijakan penentuan kebijakan sehingga daya dukung kebijakan tersebut cukup kuat karena berupa data actual dan bisa menjadi pedoman kehidupan manusia menjadi lebih sempurna dan semakin mudah.
    Perbedaan dari sisi sistematika proposal dengan laporan hasil penelitian
    Untuk lebih jelasnya, penulis akan memaparkan sekilas tentang perbedaan sistematika proposal dan sistematika hasil penelitian secara global dalam bentuk outline sebagai berikut:
    Sistematika proposal penelitian terdiri dari; Pendahuluan, Tinjauan Pustaka/ Studi Pustaka, Metodologi, Daftar Pustaka.
    Sedangkan sistematika laporan hasil penelitian; Pendahuluan (sub-subnya sama dengan proposal), Tinjauan Pustaka/Studi Pustaka (sub-sub sama dengan proposal), Metodologi (Sub-sub sama dengan proposal), Hasil Penelitian dan Pembahasan (isi pembahasannya merupakan jawaban terhadap rumusan masalah). Hasil penelitian dapat dibuat dalam beberapa bab dan sub-sub bab pembahasannya, Kesimpulan, implikasi dan saran, Daftar pustaka, Lampiran-lampiran.
    2. Tujuany adalah untuk menemukan masalah
    3. Dalam penulisan ilmiah, untuk memecahkan suatu masalah harus ada keterkaitan antara proposal penelitian dan hasil penelitian untuk mewujudkan tujuan dan menghasilkan kesimpulan dari penelitian yang ada di dalam Bab 1 s/d 5

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. 1. Tulisan dalam proposal penelitian masih berupa pertanyaan, sedangkan tulisan hasil penelitian sudah berupa hasil dari penelitian, contohnya pada tujuan dalam proposal : untuk mengetahui..,dsb, sedangkan tujuan pada tulisan hasil penelitian : diketahuinya..,Proposal cuma sampai bab 3, hasil penelitian dari bab 1 sampai bab 5.
    2.Untuk menentukan rencana tujuan dan metode apa yang akan diambil dalam melaksanakan penelitian.
    3. Antara bab I sampai dengan bab V harus saling berkaitan karena apabila salah satunya tidak berhubungan maka penelitian itu dikatakan gagal. Misalkan kesimpulan dan saran yang tidak berdasarkan dari pembahasan penelitian, tetapi dibuat sendiri oleh penulis. Seharusnya kesimpulan dan saran itu dibuat berdasarkan hasil pembahasan penelitian.

    BalasHapus
  58. 1.Perbedaan tulisan proposal penelitian dan tulisan hasil penelitian adalah:Proposal penelitian adalah langkah awal untuk memebuat penelitian suatu masalah yang etrdiri dari 3 bab,yaitu: pendahuluan yang berisikan latar belakang masalah,masalah penelitian,tujuan dan manfaat penelitian serta Tinjauan teoritis dan metode penelitian yang di pakai.
    Hasil penelitian adalah:Hasil akhir yang di dapat dari seluruh bag Proposal penelitian dari Bab 1 s/d Bab 3,yang tertulis dalam Bab 4,yang berisikan hasil penelitian Gambaran umum

    2.Proposal penelitian digunakan untuk melangkah merencanakan penelitian
    3.benang merah artinya permasalahan ketemu dari bab 1 sampai bab 5 selaras berhubungan.. saling berkaitan agar poenelitian tidak gagal

    BalasHapus
  59. Merlin harisa npm 12320190

    1.Proposal penelitian merupakan langkah awal dalam pembuatan penulisan ilmiah, ini merupakan acuan dalam pembuatan karya ilmiah yang di tuangkan dalam bab 1-3, sedangkan hasil penelitian bersifat pendokumentasian yang lebih lengkap mulai dari langkah awal, tujuan tujuan penelitian, hasil penelitian dan lain-lain, dan ini di tuangkan dalam bab 1-5.

    2.Proposal menurut saya sangat penting karena ini merupakan langkah awal penyusunan, apa, bagaimana dan tujuan kita dalam p[enulisan karya ilmiah, sehingga kita lebih terorganisir dalam melakukan / mendokumentasikan penulisan ilmiah tersebut.

    3. Benang merah dalam penulisan adalah hubungan yang berkesinambungan antar tiap bab , untuk mempermudah kita memahami isi dari sebuah karya ilmiah benang merah dari setiap bab merupakan kalimat-kalimatyang saling berhubungan dari setiap bab , contoh pada bab 1 terdapat latar belakang , perumusan masalah, tujuan penelitian sedangkan bab 2 tinjauan teoritis , penelitian , kerangka teori, dsb. dan begitu selanjutnya sampai dengan bab 5.

    sekian komentar saya, terima kasih Pak

    BalasHapus
  60. 1. Proposal penelitian merupakan rancangan kegiatan yang memberikan gambaran secara singkat mengenai kegiatan penelitian secara keseluruhan. Proposal penelitian diartikan sebagai usulan penelitian, yang ditulis dalam 3 Bab yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka, dan metode penelitian. Berbeda dengan tulisan hasil penelitian yang merupakan hasil dari kegiatan penelitian yang dilakukan setelah usulan proposal penelitian telah disetujui. Tulisan hasil penelitian terdiri dari Bab Hasil analisa penelitian dan Bab kesimpulan dan saran.
    2. Proposan penelitian berisi alasan kuat mengapa kita melakukan penelitian, yang berisi gambaran dan rencana penelitian yang akan dilakukan.
    3. Dalam penelitian dari judul hingga bab-bab yang ada didalamnya mewakili bermacam logika yang beruntut. Logika-logika tersebut tentunya harus saling berhubungan agar tujuan penelitian dapat tercapai dengan informatif dan logis. Contohnya penelitian tentang pengaruh cuaca buruk terhadap penyakit. Judul yang diambil haruslah mewakili berbagai variabel yang ada di dalam penelitian agar hanya dengan membaca judul proposal, kita sudah bisa mendapatkan gambaran umum tentang penelitian tersebut. Kemudian tiap-tiap bab memiliki fungsi khusus sebagai penyusun logika penelitian yang runtut, mulai dari bab 1 sebagai latar belakang penelitian yang menjabarkan pentinggnya penelitian tentang pengaruh cuaca terhadap penyakit. Bab 2 yang merupakan review tentang teori-teori yang terkait penyakit yang diakibatkan perubahan cuaca. dan pembentukan hipotesis dari pendalaman landasan teori tersebut. Bab 3 menjelaskan metode penelitian yang paling cocok bagi penelitian tersebut. Bab 4 merupakan olah data dari penelitian, dan Bab 5 berisi kesimpulan dan saran dari penelitian. Dari contoh tersebut terbagi dengan jelas pentingnya hubungan antara judul dan bab-bab penelitian agar tujuan penelitian dapat tercapai.
    Terima Kasih Pak.. Maaf terlambat.

    BalasHapus
  61. Proposal penelitian terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 3 yang berisi dari pendahuluan, teori dan metode penelitian dimana akan menjadi acuan untuk penelitian yang akan dilakukan
    sedangkan hasil penelitian berisi seluruh rangkaian penelitian yang terdiri dari bab 1 sampai dengan bab 5

    2. proposal penelitian dibutuhkan karena akan menjadi landasan atau acuan dalam penelitian yang akan kita lakukan.

    3. Benang merah dalam penulisan ilmiah harus saling berkaitan agar dapat mempermudah dalam menyelesaikan penelitian yg sukses dan tidak gagal

    BalasHapus
  62. 1.proposal hanya sebagai bahan pertimbangan awal untuk melanjutkan penelitian nya selanjutbiasanya hanya terdiri dari 3 bab.(pendahuluan,tinjauan teoritis dan desain) sedang tulisan hasil penelitian adalah hasil akhir yang di tulis dengan hasil hipotesa dan kesimpulan.

    2.karena untuk menemukan permasalahan /fenomena yang terjadi di lapangan.

    3.Harus sinkron dan berkesinambungan antara masalah tinjauan pustaka dan hasil y menunjukan sesuatu atau tidaknya penelitian kita dengan masalah dan teori yang ada.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  63. 1. Proposal hasil penelitian adalah pengajuan untuk mendapatkan persetujuan untuk mengadakan penelitian pada suatu objek sehingga dapat dilaksanakan penelitian tersebut dengan bimbingan oleh dosen pembimbing sedangkan tulisan hasil penelitian adalah hasil yang diteliti oleh mahasiswa sehingga dapat mengembangkan hasil penelitian tersebut.
    2. proposal penelitian dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan dari pembimbing untuk melakukan suatu objek yang akan di teliti.
    3. karena dalam suatu penulisan penelitian harus sesuai dengan apa yang diteliti dan apa yang dikembangkan dalam proposal hasil penelitian tersebut sehingga berkesinambungan untuk mendapatkan hasil dari awal penelitian hingga selesai penelitian sesuai dengan kesimpulan yang diperoleh. thnks

    BalasHapus
  64. terimakasih postingannya sangat membantu 🙆

    BalasHapus
  65. boleh tanya gelar bpknya apa ? krna posatingan ini sangt embantu bagi saaya oleh krn itu saya hrs menyertakan referensainya ?
    mohon dibantu oleh kaaka" yg tau

    BalasHapus
  66. Jelaskan hubungan Bab Pendahuluan dan Bab Pembahasan!

    BalasHapus