MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Kamis, 11 April 2013

METODE KEBIJAKAN : PERUMUSAN MASALAH KEBIJAKAN KESEHATAN


METODE KEBIJAKAN

Kebijakan Kesehatan adalah termasuk dalam kebijakan publik, yang berarti semua kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.
Pengertian Kebijakan Publik
Kebijakan publik adalah  segala bentuk pilihan pemerintah untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu  (Thomas R. Dye)
Kebijakan publik adalah kebijakan yang  dikembangkan   oleh badan-badan dan pejabat pejabat  pemerintah (James E. Anderson)
Kebijakan Publik:
a.     Dibuat oleh pemerintah, berupa tindakan-tindakan pemerintah.
b.     Baik untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu itu mempunyai tujuan tertentu.
c.      Ditujukan untuk kepentingan masyarakat.

Penjelasan :

Dari skema diatas maka terlihat 3 elemen kebijakan yang terkait dengan sistim kebijakan, yaitu :
PELAKU KEBIJAKAN : adalah seluruh unsur yang terkait dengan suatu kebijakan kesehatan, dalam hal ini unsur Pemerintah (Eksekutif dan Legislatif).
LINGKUNGAN KEBIJAKAN : Adalah keadaan / kondisi kesehatan yang melandasi suatu kebijakan, misal : Angka Kesakitan, Angka Kematian, Kejadian Luar Biasa/Wabah dan sebagainya.
KEBIJAKAN PUBLIK : Adalah Produk pilihan Pemerintah untuk menyelesaikan masalah yang ada.
Ketiga elemen itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya, sehingga disebut sistim kebijakan.






Dalam analisis kebijakan, selalu diawali dengan PERUMUSAN MASALAH KEBIJAKAN (POLICY PROBLEM). Menghasilkan informasi mengenai kondisi-kondisi yang menimbulkan masalah kebijakan (policy problem)

• Proses pembuatan kebijakan melalui agenda setting ( penyusunan agenda )

Dalam analisis masalah kebijakan, pertama kita melakukan pengenalan masalah, yang meliputi Lingkungan Kebijakan (Derajat Kesehatan, kemiskinan, angka kesakitan, wabah, dsb) dan Pelaku Kebijakan (Kementerian Kesehatan : Personal, Anggaran, Kebijakan, pedoman sebelumnya, dsb serta Legislatif)
Dari pengenalan masalah maka kita mempunyai gambaran tentang situasi kebijakan.
Untuk menentukan masalah kebijakan kita melakukan analisa silang perumusan masalah.

Analisa perumusan masalah PERLU dilakukan untuk menentukan apakah Perumusan masalah kita sudah benar-benar tepat atau belum tepat.

ALUR PIKIR FILOSOFI KEBIJAKAN KESEHATAN





TUGAS SAUDARA PADA ELEARNING KALI INI, BERIKAN CONTOH ISU-ISU KESEHATAN YANG BERKAITAN DENGAN : Ekonomi, Keamanan, Kewilayahan, Diskriminasi, Tradisi/Budaya

Masing-masing mahasiswa wajib menuliskan komentar pada kolom komentar dibawah ini untuk mendapatkan penilaian. 

Sekian dan selamat berdiskusi.






















38 komentar:

  1. Komen dikit pak..
    Policy Problems yang banyak diangkat oleh Pelaku Kebijakan adalah banyaknya masyarakat miskin yg tidak mampu berobat. Akibatnya Pelaku kebijakan mengangkat issu ini dalam kebijakannya karena sudah disampaikan pada saat pemilu/pemilukada. Kebijakan pengobatan gratis bagi masyarakat/ keluarga miskin sangat baik dan populer. Tetapi sayangnya kebijakan yg diambil Pemda sebagai Pelaku Kebijakan tampak sangat dipaksakan tanpa melihat kemampuan Pemda untuk meng-cover biaya yang harus dikeluarkan.

    Hal yang lain yang ingin saya tanyakan Pak:
    Bagaimana cara kita melakukan Analisa Silang Perumusan Masalah ??? Terimakasih atas perhatiannya Pak..

    BalasHapus
  2. 1. contoh isu kesehatan yang berkaitan dengan ekonomi : masyarakat miskin yang tidak mampu berobat, gizi buruk
    2. contoh isu kesehatan yang berkaitan dengan tradisi/budaya : kebiasaan masyarakat mengobati sendiri, pengobatan alternatif/dukun
    3. contoh isu kesehatan yang berkaitan dengan diskriminasi : pelayanan kesehatan yang tidak sama antara masyarakat golongan mampu dan tidak

    BalasHapus
  3. Kebijakan hendaknya berpihak pada masyarakat bawah dan haarus mengacu pada cita-cita bangsa secara makro yaitu mensejahterakan masyarakat.

    BalasHapus
  4. (YONA DESNI SAGITA KLS B)
    contoh didaerah pedesan.kbyakn ibuhamil msh mempercyai dukun beranak unk menolong persalinan yang biasanya dilakukan di rumah.disini masih trdapt praktek-praktek persalinn oleh dukun yg dpt mmbahayakan si ibu. contoh beberapa tindakan/praktek yang membawa resiko infeksi seperti "ngolesi" (membasahi vagina dengan rninyak kelapa untuk memperlancar persalinan), "kodok" (memasukkan tangan ke dalam vagina dan uterus untuk rnengeluarkan placenta)/ "nyanda" (setelah persalinan, ibu duduk dgn posisi bersandardan kaki diluruskn ke depan slma berjam-jam yg dpt mnyebabkn perdarahan dan pembengkakan).
    Pemilihan dukun beranak sebagai penolong persalinan pd dsrny dsebabkn krna beberapa alasan antara lain dikenal karena tradisi secara dekat, biaya murah, mengerti dan dapat membantu dalam upacara adat yang berkaitan dengan kelahiran anak serta merawat ibu dan bayi sampai 40 hari. Dismping itu jg msh adanya kterbatsan jangkauan pelayanan kesehtn yg d. Walaupun sudah banyak dukun beranak yang dilatih, namun praktek-praktek tradisional tertentu rnasih dilakukan. lnteraksi antara kondisi kesehatan ibu hamil dengan kemampuan penolong persalinan sangat menentukan hasil persalinan yaitu kematian atau bertahan hidup. Secara medis,penyebab klasik kematian ibu akibat mlhirkn adlh prdarhan,infeksi n eklamsia.Kondisi-kondisi tersebut bila tdk ditngani scara tepat dn profesional dpt brakibt fatal bagi ibu dalam proses persalinan. Namun, kefatalan ini sring trjdi tdk hanya krn penanganan yang kurang baik tepat ttpi jg krna ada faktor ketrlmbatn pngmbiln kputsn dlm klga.Umumnya,trutma didaerh pdesaan,keptusn trhdp prawatan medis p yg akn diplih hrs dng prstjuan kerabat yg lbh tua/keputusan brda ditngn suami yg seringkali mnjdi panik melihat keadaan krisis yg trjadi. Kepanikan & ketdktahuan akn gjala-gejala trtentu saat persalinan dpt mnghambat tndakn yg sharusnya dilkukan dgn cpt.Tdk jarang pula nasehat-nasehat yg dibrikn oleh tema/tetangga mempengaruhi keputusan yang diambil. Keadaan ini seringkali pula diprberat oleh faktor geografis, dimana jrk rmh siibu dgn tmpt plyanan ksehtan ckp jauh,tdk trsdiany trnsprtsi/oleh faktor kndla ekonomi dimna d anggpan bhwa mmbawa siibu ke RS aKN mmakan biaya yg mhl,Selain dr faktor ktrlmbtan dlm pngambiln keputusn,faktor geografis n kndala ekonomi,Keterlambatn mncri prtolngn disbbkn jga olh AdANya suatu kyakinn n skap psrah dr msyrKat bhwa sgala ssuatu yg trjdi mrpakn tkdir yang tak dapat dihindarkan.
    Selain pada masa hamil, pantangan-pantangan atau anjuran masih diberlakukan juga pada masa pasca persalinan. Pantangan ataupun anjuraan ini biasanya berkaitan dengan proses pemulihan kondisi fisik misalnya, ada makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperbanyak produksi ASI; ada pula makanan tertentu yang dilarang karena dianggap dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Secara tradisional, ada praktek-praktek yang dilakukan oleh dukun beranak untuk mengemblikn kndsi fsik n kshtn si ibu. Mslny mngrut prut yg brtjuan utk mngmblikn rhim k possi smula,mmasukn rmuan-ramuan sprtidaun-daunan kdlm vagina dgn mksd untK mmbrshkn drah n cairan yg keluar krna prses prsalinn/mmberi jamu trtntu untk mmperkuat tubuh
    Saatini, pelayanan kesehatan belum dinikmati secara merata oleh penduduk Indonesia.Ini trjadi krena trdpat bbrpa prbedan sprti jrak geografis,latr belakng pndidikn,keyakinan,status sosial ekonmi,n krang ckupn jminn ksehtn.
    Sstem kshtan di Indonesia masih didominasi olh sstem psr bebas tanpa stndar produk n harga. Pada sistem ini, mekanisme pasar bagus jika syarat tertentu terpenuhi dan ada standar. Selain itu, mekanisme pasar akan cost effetive jika ada informasi simetri di mana konsumen memiliki kemampuan mngvaluasi n mmilih produk/playann scr obyektif.Nmn pd knytannya, kedua kondisi tsbt tdk sesuai dngn perwatn .ksehtn yg ssungguhny.sehrusny setiap pndudk hrs mndaptkn playann ksehtn sesuai kebtuhn medis,bkn stts
    sosial ekonomi n tdk mmbeda-bedakn suku/ras,bdaya n agama,dngn tetap
    memperhatikan pengarus-utamaan gender

    BalasHapus
  5. Analisa kebijakan kesehatan adalah apapun pilihan pemerintah untuk melakukan atau tidak , dalam mengambil kebijakan dalam bidang kesehatan berlandaskan atas manfaat yang optimal yang akan di terima oleh masyarakat.

    Kebijakan kesehatan pemerintah masih didominasi kuratif atau pengobatan, bukan pendidikan dan pencegahan penyakit. Akibatnya, jumlah penderita dan kematian akibat penyakit tak menular terus meningkat.

    BalasHapus
  6. KOmen dikit ya pak
    Faktor sosial ekonomi diyakini terkait erat dengan permasalahan kualitas kesehatan. Masyarakat miskin yang memiliki derajat kesehatan yang lemah, membutuhkan pemerintah untuk menjamin dan meningkatkan kualitas kesehatan mereka. Departemen kesehatan yang memiliki tanggung jawab untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Indonesia bekerja sama dengan departemen sosial dan dalam negeri untuk membuat kebijakan program terkait dengan masyarakat miskin, yaitu kebijakan JAMKESMAS. Namun, seiring berjalannya program JAMKESMAS yang seharusnya dapat memecahkan permasalahan kesehatan bagi masyarakat miskin tersebut muncul berbagai kasus ketidak sesuaian antara apa yang seharusnya diterima oleh warga miskin dengan kenyatan dilapangan.

    BalasHapus
  7. Analisa kebijakan kesehatan adalah apapun pilihan pemerintah untuk melakukan atau tidak, dalam mengambil kebijakan di bidang kesehatan berdasarkan atas manfaat yang optimal yang akan di terima oleh masyarakat.

    Kebijakan kesehatan pemerintah masih didominasi kuratif atau pengobatan, bukan pendidikan dan pencegahan penyakit. Akibatnya, jumlah penderita dan kematian akibat penyakit tak menular terus meningkat.

    ”Paradigma pembangunan kesehatan pejabat eksekutif dan legislatif di pusat dan daerah hanya membangun rumah sakit dan pengobatan gratis,”
    Paradigma itu membuat alokasi dana kesehatan didominasi program kuratif karena berdampak langsung. Adapun anggaran promosi kesehatan sangat kecil.

    BalasHapus
  8. Kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah diharapkan tepat sasaran. Hal ini sangat diperlukan karena setiap kebijakan publik selalu bersentuhan dengan masyarakat langsung sehingga efek dari kebijakan itu akan langsung dirasakan oleh masyarakat.
    Contoh kebijakan yang dikeluarkan perintah adalah dengan adanya kartu jamkesmas/jamkesda. tujuan dari kebijakan ini sangat baik demi terjaminan kesehatan dimasyarakat, tetapi masyarakt yang memegang kartu jamkesmas/jamkesda pada saat berobat dirumah sakit rujukan sering diabaikan oleh pihak rumah sakit tersebut.

    BalasHapus
  9. Manfaat dari kebijakan Publik yang dikeluarkan pemerintah harus langsung dirasakan oleh masyarakat. kebijakan-kebijakan itu dikeluarkan karena adanya permasalahan permasalahan yang melanda dimasyarakat, yang apabila tidak dikeluarkannya suatu kebijakan oleh pemerintah, permasalahan tersebut sulit untuk selesai atau bahkan mungkin tidak akan selesai.
    oleh sebab itu diharapkan kebijakan itu cepat dan tepat serta langsung dirasakan efeknya oleh masyarakat.

    BalasHapus
  10. CONTOH ISU KESEHATAN TENTANG EKONOMI
    1.Menurunnya status gizi masyarakat
    Dengan tingginya ekonomi menyebabkan harga barang dan jasa termasuk bahan makanan meningkat.Sehinggaq penurunan daya beli menyebabkan konsumsi makanan berkurang sehingga status gizi menurun
    2.Menurunnya akses terhadap fasilitas pelayanan
    Mengingat prioritas pendapatan keluarga untuk membeli makanan, maka
    penyediaan biaya untuk pelayanan kesehatan mengalami penurunan
    3.Menurunnya perhatian terhadap lingkungan
    Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi status
    kesehatan.Dengan adanya krisis menyebabkan perhatian masyarakat terpusat pada kegiatan untuk mempertahankan hidup, sehingga perhatian terhadap lingkungan menurun.Akibatnya sanitasi rumah,lingkungan pemukiman, penyediaan air bersih mengalami penurunan yang tajam.
    4.Menurunnya partisipasi masy dlm berbagai kegiatan yg mendukung kes
    Mengurangnya perhatian masyarakat tidak terbatas hanya pada ling ,
    tapi juga terhadap berbagai kegiatan yang mendukung kesehatan, misalnya:Posyandu, Pos KB, Pos Obat dan lain-lain.
    5.Mengabaikan perilaku sehat
    Keadaan krisis ekonomi dapat menimbulkan kondisi pengabaian perilaku
    hidup sehat, misalnya : meningkatnya merokok, kebebasan seksual, makan tidak
    teratur dan lain-lain.
    6.Munculnya masalah kesehatan lain
    Krisis ekonomi dapat menimbulkan secara tak langsung masalah kesehatan
    lain, misalnya: meningkatnya stress, cidera akibat tindak kekerasan, penyakit hubungan seksual .


    CONTOH ISU KESEHATAN TENTANG DISKRIMINATIF
    Sampai saat ini, berbagai masalah yang menyangkut diskriminasi khususnya perempuan masih belum terselesaikan dengan baik. Berbagai peraturan pemerintah, peraturan daerah, sampai undang-undang yang diterapkan untuk mengatasi masalah ini pun nampaknya masih belum berjalan dengan baik di masyarakat.kesejahteraan perempuan di pedesaan memiliki tingkat diskriminasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan perkotaan. Salah satu penyebab utama diskriminasi perempuan di pedesaan adalah adat-istiadat yang masih sangat kental di desa."Di pedesaan, kultur adatnya masih sangat kental, dan beberapa adat tersebut seringkali merugikan perempuan,"
    Masalah utama yang dihadapi oleh perempuan pedesaan dalam diskriminasi hak dan jender, yaitu:
    1.Kesehatan
    Setiap orang mempunyai hak yang sama untuk jaminan kesehatan. Namun sampai sekarang perempuan belum mendapatkan tanggapan serius mengenai hak-hak kesehatannya dari berbagai pihak. Perempuan kerap tidak diperhitungkan untuk mendapatkan jaminan kesehatan, padahal perempuan lah yang banyak mengalami problem serius di bidang kesehatan, seperti hamil dan melahirkan.
    2. Pendidikan
    Bagi masyarakat di pedesaan, pendidikan bagi perempuan belum dianggap penting.Selain itu masyarakat pedesaan masih memiliki stigma atau pandangan bahwa perempuan tak perlu berpendidikan tinggi, karena perempuan hanya akan menghabiskan waktunya di dapur dan mengurus anak.
    3. Ekonomi
    Dalam hal ekonomi, perempuan tidak dianggap sebagai penopang ekonomi yang sah.Misalkan pada perempuan petani. Meskipun mereka melakukan pekerjaan seperti petani lainnya, mereka tidak dibayar. Karena mereka dianggap sekadar membantu suaminya bekerja, sehingga yang dibayarkan adalah upah sang suami
    Jika dikota perempuan karier atau perempuan bekerja sudah menjadi hal yang biasa, tidak demikian dengan di lingkungan pedesaan. Karena terkungkung dengan adat yang tidak mengizinkan perempuan untuk menghasilkan uang atau bekerja, perempuan tidak begitu diperhitungkan dalam lingkungan ekonomi pedesaan.

    CONTOH ISU KESEHATAN TENTANG ADAT ISTIADAT
    Salah satu kasus kesehatan yang masih byak terjadi di Indonesia adlh persalinan dengan pertolongan oleh dukun bayi.Kenyataannya,hampir semua masyarakat Indonesia baik itu yang tinggal di perdesaan maupun perkotaan lebih senang ditolong oleh dukun.Hal tersebut disebabkan oleh tradisi dan adat istiadat setempat.

    BalasHapus
  11. lisdalina.12 april 201.20.00 Contoh isu2 kesehatan yang berkaitan dgn ekomomikeamanan,diskriminasi,tradisi/budaya: 1. Masyarakat yg tinggal di daerah terpencil yang tingkat pendidikannya rendah serta keadaan ekionomi yang lemah banyak yg menderita penyakit menahun,contohya penyakit TBC karena diakibatkan gizi yang kurang,sehingga mengakibatkan meningkatnya kasus gizi buruk di indonesia. 2.Kebiasaan dan kepercayaan masyarakat di daerah terpencil untuk melahirkan dengan dukun bayi bisa meningkatkan AKI/AKB, 3.Masyarakat tertentu yg mempunyai kepercayaan bahwa anak kecil tidak boleh makan ikan,ibu hamil dan menyusui tidak boleh makan makanan yg amis2,hal itu bisa meningkatnya kasus gizi kurang,gizi buruk,Bumil KEK di indonesia. 4.Masyarakat peserta JAMKESMAS/JAMKESDA/JAMPERSAL ada yang berpendapat apabila mereka berobat ke RS menggunakan kartu jaminan kesehatan merasa pelayanannya di kesampingkan(di telantarkan)sehingga walaupun mereka berasal dari keluarga tidak mampu mereka berusaha untuk berobat menggunakan biaya sendiri walaupun mereka harus memeinjam dana ke kerabatnya. Dari semua contoh2 dapat saya simpulkan bahwa ketidak tauan dari masyarakat kita sebagian besar di karenakan kurangnya sosialisasi dari kita sebagi petugas kesehatan dan itu semua merupakan PR bagi kita semua sebagai petugas kesehatan untuk merubah perilaku masyarakat tentang kesehatan sehingga bisa tercapainya tujuan pembangunan Nasional di bidang kesehatan.

    BalasHapus
  12. maaf, berpartisipasi komen pak:
    isu-isu kesehatan yang berhubungan dengan Ekonomi : makin tingginya angka kemiskinan sehingga berdampak pada kejadian gizi kurang yang meningkat bahkan cenderung gizi buruk. kurangnya informasi atau ketidak patuhan masyarakat yang mampu dalam pengaturan pola makan sehingga terjadi kasus salah gizi (obesitas).
    Isu yang berhubungan dengan Diskriminasi dan Keamanan: adanya perbedaan jender antara laki-laki dan perempuan dalam persamaan hak dan kewajiban dalam keluarga: adanya diskriminasi pada penderita kasus-kasus penyakit menular tertentu dalam hal pelayanan kesehatan( misalnya HIV, adanya penolakan pihak pemberi pelayanan jika mengetahui status penyakit klien, pemaksaan pemeriksaan VCT tanpa konseling lanjut).adanya Diskriminasi pelayanan jika klien menggunakan kartu Jamkesmas /Jamkesda. hal ini karena fasilitas yang terdanai oleh jaminan tsb terbatas klaimnya.
    Isu yang terkait dengan Tradisi /budaya : adanya praktek-paraktek pengobatan tradisional yang terkadang bertentangan dengan upaya pelayanan kesehatan ( berbahaya atau merugikan). ada juga budaya masyarakat yang masih tetap lestari namun tidak merugikan misalnya, tradisi 7 bulanan ibu hamil, kegiatan ini bisa mendukung upaya perbaikan gizi bagi ibu hamil jika diarahkan dengan baik.
    Isu kewilayahan misalnya, adanya perbedaan jarak dan kesulitan transportasi sehingga pendistribusian sarana kesehatan (petugas dan logistik) menjadi hambatan sehingga akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil (IDT) kurang terjangkau.
    dari beberapa isu tersebut, hendaknya Pengambil Kebijakan memberikan prioritas sehingga pengambilan keputusan tetap guna dan tepat sasaran.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  13. HENI HERDANELA

    Masalah utama yang dihadapi oleh perempuan pedesaan dalam diskriminasi hak dan jender, yaitu:
    1.Kesehatan
    Setiap orang mempunyai hak yang sama untuk jaminan kesehatan. Namun sampai sekarang perempuan belum mendapatkan tanggapan serius mengenai hak-hak kesehatannya dari berbagai pihak. Perempuan kerap tidak diperhitungkan untuk mendapatkan jaminan kesehatan, padahal perempuan lah yang banyak mengalami problem serius di bidang kesehatan, seperti hamil dan melahirkan.

    BalasHapus
  14. Pengetahuan dan pemahaman remaja tentang kesehatan resproduksi dan resiko seksual merupakan hal penting, mengingat meningkatnya penundaan usia pernikahan di kalangan perempuan, berimplikasi pada lamanya mereka menjalani masa aktif secara seksual sebelum pernikahan. Survei menunjukkan bahwa sebagian besar (>75%) menyatakan kaget saat pertama kali menstruasi. Perasaan kaget yang dialami oleh mayoritas remaja dapat merupakan refleksi dari kurangnya informasi yang diberikan pada remaja seputar pubertas, khususnya menstruasi. Kurangnya pengetahuan remaja tentang menstruasi, meski mereka mengalaminya di usia yang terkategori normal (12-14 tahun). Hal ini sekaligus menunjukkan keterbatasan informasi yang didapat remaja, bahkan dari orang terdekatnya (ibu, saudara perempuan, guru, dll).
    Temuan menarik menyangkut pemahaman remaja adalah masih banyaknya mitos-mitos seputar menstruasi yang direproduksi dan diajarkan pada remaja, antara lain: tidak boleh memakan nanas dan ketimun, meminum air es, tidak boleh memakan makanan yang pedas, tidak boleh tidur siang karena darah menstruasi akan naik menuju mata, dan lainnya. Kecenderungannya orang tua atau saudara perempuan ketika mengajari atau menasehati remaja ini mereproduksi mitos-mitos budaya seputar menstruasi yang tidak berkaitan dengan kesehatan reproduksi.

    BalasHapus
  15. CONTOH ISU KESEHATAN TENTANG ADAT ISTIADAT

    HAMIL
    Pada berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, masih banyak ibu-ibu yang menganggap kehamilan sebagai hal yang biasa, alamiah dan kodrati. Mereka merasa tidak perlu memeriksakan dirinya secara rutin ke bidan ataupun dokter. Masih banyaknya ibu-ibu yang kurang menyadari pentingnya pemeriksaan kehamilan menyebabkan tidak terdeteksinya faktor-faktor resiko tinggi yang mungkin dialami oleh mereka.Permasalahan lain yang cukup besar pengaruhnya pada kehamilan adalah masalah gizi. Hal ini disebabkan karena adanya kepercayaan-kepercayaan dan pantangan- pantangan terhadap beberapa makanan. Tidak heran kalau anemia dan kurang gizi pada wanita hamil cukup tinggi terutama di daerah pedesaan. Dikatakan pula bahwa penyebab utama dari tingginya angka anemia pada wanita hamil disebabkan karena kurangnya zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan darah.
    PERSALINAN
    Memasuki masa persalinan di daerah pedesaan, kebanyakan ibu hamil masih mempercayai dukun beranak untuk menolong persalinan yang biasanya dilakukan di rumah. Beberapa tindakan/praktek yang membawa resiko infeksi seperti "ngolesi" (membasahi vagina dengan rninyak kelapa untuk memperlancar persalinan), "kodok" (memasukkan tangan ke dalam vagina dan uterus untuk rnengeluarkan placenta) atau "nyanda" (setelah persalinan, ibu duduk dengan posisi bersandardan kaki diluruskan ke depan selama berjam-jam yang dapat menyebabkan perdarahan dan pembengkakan). Pemilihan dukun beranak sebagai penolong persalinan pada dasarnya disebabkan karena beberapa alasan antara lain dikenal secara dekat, biaya murah, mengerti dan dapat membantu dalam upacara adat yang berkaitan dengan kelahiran anak serta merawat ibu dan bayi sampai 40 hari. Disamping itu juga masih adanya keterbatasan jangkauan pelayanan kesehatan yang ada. Walaupun sudah banyak dukun beranak yang dilatih, namun praktek-praktek tradisional tertentu rnasih dilakukan.
    MENYUSUI
    Selain pada masa hamil, pantangan-pantangan atau anjuran masih diberlakukan juga pada masa pasca persalinan. Pantangan ataupun anjuraan ini biasanya berkaitan dengan proses pemulihan kondisi fisik misalnya, ada makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperbanyak produksi ASI; ada pula makanan tertentu yang dilarang karena dianggap dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Secara tradisional, ada praktek-praktek yang dilakukan oleh dukun beranak untuk mengembalikan kondisi fisik dan kesehatan si ibu. Misalnya mengurut perut yang bertujuan untuk mengembalikan rahim ke posisi semula; memasukkan ramuan-ramuan seperti daun-daunan kedalam vagina dengan maksud untuk membersihkan darah dan cairan yang keluar karena proses persalinan; atau memberi jamu tertentu untuk memperkuat tubuh. Ada pula kebiasaan memberi roti, pisang, nasi yangsudah dilumatkan ataupun madu, teh manis kepada bayi baru lahir sebelum ASI keluar. Demikian pula halnya dengan pembuangan colostrum (ASI yang pertama kali keluar). Di beberapa masyarakat tradisional, colostrum ini dianggap sebagai susu yang sudah rusak dan tak baik diberikan pada bayi karena warnanya yang kekuning-kuningan. Selain itu, ada yang menganggap bahwa colostrum dapat menyebabkan diare, muntah dan masuk angin pada bayi. Sementara, colostrum sangat berperan dalam menambah daya kekebalan tubuh bayi. Di beberapa daerah ada yang memantangkan ibu yang menyusui untuk memakan telur.

    BalasHapus
  16. Isu kesehatan masyarakat berkaitan dengan adat istiadat antara lain mengenai penggunaan obat-obatan herbal yang banyak diyakini oleh masyarakat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dapat menyembuhkan penyakit ataupun meningkatkan stamina sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Kepercayaan masyarakat sangatlah besar dalam penggunaan obat-obatan herbal sehingga sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.
    Pada saat ini para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian mengenai obat-obatan herbal yang beredar di masyarakat. Untuk mengetahui manfaat serta kandungan bahan-bahan yang terkandung didalam obat-obatan herbal yang beredar di masyarakat.
    Seperti diketahui bahan-bahan herbal banyak memiliki khasiat untuk kesehatan, akan tetapi dalam penggunaannya harus sesuai aturan seperti komposisi serta dosis penggunaannya. Karena bila penggunaan obat-obatan herbal tidak sesuai anjuran pemakaian dapat memiliki efek samping yang justru dapat berakibat buruk untuk kesehatan.
    Saat ini banyak produsen-produsen obat herbal yang masih belum memproduksi obat herbal sesuai dengan anjuran pemakaiannya dan hal tersebut tidak diketahui oleh masyarakat sebagai konsumen obat herbal.
    Oleh karena itu, diharapkan masyarakat harus lebih hati-hati dan selektif dalam memilih obat-obatan herbal yang beredar di masyarakat. Untuk menghindari timbulnya masalah kesehatan karena penggunaan obat herbal.
    (Okta Marya Susanti)

    BalasHapus
  17. Kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah diharapkan tepat sasaran. Hal ini sangat diperlukan karena setiap kebijakan publik selalu bersentuhan dengan masyarakat langsung sehingga efek dari kebijakan itu akan langsung dirasakan oleh masyarakat.kebijakan-kebijakan itu dikeluarkan karena adanya permasalahan permasalahan yang melanda dimasyarakat, yang apabila tidak dikeluarkannya suatu kebijakan oleh pemerintah,

    permasalahan tersebut sulit untuk selesai atau bahkan mungkin tidak akan selesai. salah satu contoh kebijakan adalah JAMKESMAS. Namun, seiring berjalannya program JAMKESMAS yang seharusnya dapat memecahkan permasalahan kesehatan bagi masyarakat miskin tersebut muncul berbagai kasus ketidak sesuaian antara apa yang seharusnya diterima oleh warga miskin dengan kenyatan dilapangan.

    BalasHapus
  18. ANI KRISTIANINGSIH /kelas B/PASCA SARJANA/SMT I

    ISU-ISU KESEHATAN YANG BERKAITAN DENGAN :

    Ekonomi :
    Masalah ekonomi sering menjadi penyebab utama terhadap kesehatan seseorang, misalnya anak atau ibu hamil yang miskin atau dengan ekonomi yang tergolong rendah kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi nya sehingga kondisi kesehatan tidak optimal dan mudah terserang penyakit, adapun masyarakat tersebut yang tergolong ekonomi rendah terkadang terlambat dalam penanganan medis sehingga berakibat terjadinya kematian.
    Adapun fasilitas atau kebijakan yang diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah sudah cukup memadai sehingga kematian,angka kesakitan dapat terkorrdinir dengan baik yaitu dengan pelayanan jamkesmas,jamkesta,jampersal dll.
    Dalam hal ini ketika masyarakat dapat menggunakan fasilitas yang diberikan dengan baik maka jaminan kesehatan masyarakat Indonesia akan terkoordinir dengan baik menuju Indonesia sehat 2015


    Kewilayahan
    Isu kesehatan yang berkaitan dengan kewilayahan adalah kondisi letak geografis atau wilayah seseorang yang berada di pegunungan misalnya seringkali malas untuk memeriksakan kondisi kesehatannya,menimbang balita,bayi atau anaknya atau memeriksakan kehamilannya sehingga kebiasaan tersebut dapat menambah angka kematian atau kesakitan di indonesia. dalam hal ini pemerintah perlu memberikan kebijakan guna membagi tenaga kesehatan di daerh terpencil atau wilayah yang sulit terjangkau sehingga masyarakat dapat sadar akan pentingnya kesehatan dan bagi tenaga kesehatan yang ditempatkan diwilayah tersebut dapat menjalankan tugas sesuai dengan profesi dan tanggung jawab masing masing.


    Diskriminasi
    Isu kesehatan dalam hal diskriminasi yang sering terjadi adalah diskriminasi antara penduduk miskin atau ekonomi rendah dengan ekonomi kelas atas. Dalam hal ini sering terjadi misalnya masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi sering tidak dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan sedangkan yang memiliki masyarakat tingkat ekonomi atas seringkali dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan terkait, hal ini perlu diperhatikan guna peningkatan kualitas kesehatan yang menjadi acuan program Indonesia sehat 2015.pemerintah perlu memberikan kebijakan atau pemerhatian secara langsung kepada pihak RS atau tenaga kesehatan guna permasalahan yang sering terjadi diatas.

    Tradisi/Budaya
    tradisi yang mempengaruhi adalah kebiasaan adat istiadat atau budaya dalam masyarakat misalnya tradisi 7 bulanan,4 bulanan, turun lemah untuk bayi 1thn yang dalam mitosnya masa depan anak berhubungan dengan benda benda yang diambilnya, ibu hamil membawa gunting guna menjaga diri nya dan bayinya dri mahluk halus, adat istiadat atau kebiasaan ini selama tidak mengganggu kesehatan ibu dan bayinya maka diperbolehkan oleh tenaga kesehatan, namun apabila membahayakan bagi ibu dan bayi maka tenaga kesehatan perlu memberikan konseling terhadap masyarakat untuk mengubah atau menghapus kebiasaan tersebut

    BalasHapus
  19. meliana /kelas b /fasca sarjana
    Komentar juga ya pak farich :
    1.Isu kesehatan yang berkaitan dng masalah EKONOMI
    Kesehatan adalah unsur vital dan merupakan elemen konstitutif dalam proses kehidupan seseorang.Tampa kesehatan,tdk mungkin bisa berlangsung aktifitas seperti biasa.
    Dalam kehidupan berbangsa Pembangunan kesehatan sesungguhnya bernilai sangat investatif.
    Nilai investasinya terletak pada tersedianya sumber daya manusia yg siap pakai,dan tetap terhindar dr serangan berbagai penyakit,namun msh banyak orang yg menyepelekan hal ini,
    Di indonesia tdk bs dipungkiri trend pembangunan kesehatan bergulir mengikuti pola rezim penguasa,Pada jaman ketika pengurus negeri ini hanya memandang sebelah mata pd pembangunan kesehatan,kualitas hidup dn derajat kesehatan rakyat kita sngat memprhtinkan.
    Belum terbitnya kesadran betapa tercapainya derajat kesehatan yg optimal sbgai syarat mutlak terwujudnya tatanan mas bangsa yg berkeadaban,serta pihak lain msih melekatnya anggapan bahwa pembngunan bidang kesehatan semata terkait dng penanganan sejumlah penyakit tertentu dan penyediaan obat-obatan. Saat ini, pelayanan kesehatan belum dinikmati secara merata oleh penduduk Indonesia. Ini terjadi karena terdapat beberapa perbedan seperti jarak geografis, latar belakang pendidikan, keyakinan, status sosial ekonomi, dan kurang cakupan jaminin kesehatan. Para pakar beranggapan bahwa evaluasi ekonomi untuk efisiensi pembiayaan kesehatan dapat lebih mengoptimalkan hasil pengobatan dengan pendanaan yang terbatas.
    2. Isu yang berkaitan dengan masalah keamanan bg kesehatan :
    Kesehatan sbg hak asasi manusia hrs diwujudkan dlm bentuk pemberian berbagai upaya kesehatan kepada seluruh masyarakat melalui penyelenggaraan pembangunan kesehatan yg berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat.Tenaga keperawatan salah satu komponen utama pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran penting krna terkait lansung dng mutu pelynan kes sesuai dng kompetensi dn penddkn yg dimilikinya.Dalam melakukan perawatan,tenaga kesehatan dituntut untuk sllu menjga kesehtn dan keslamatan diri sendiri,pasien maupun yg lainnya.dalam hal ini terutama bg petugas yg bertugas didaerah2 terpencil yg jauh dr fasilitas yg memadai seperti listrik,jalan dan alat komunikasi dll,amat sangat besar beresiko terjadinya penularan penyakit,sehingga para petugas ini jauh sekali dari keamanan Kesehatan.
    3. Isu yang berkaitan dengan masalah kewilayahan bg kesehatan :
    Masalah kewilayahan jg menjadi paktor utama bg Pembangunan Kesehatan di suatu Daerah,Wilayah yg akeses jalan ,transportasi dan komunikasi yg terjangkau tentunya amat sangat berbeda bg wilayah yg akses,jalan,transportasi dan komunikasi yg amat sulit terjangkau.karan jalan yg sulit dan komunikasi yg susah mrupakan slah satu alasan bg pemerintah Kab / Propinsi untuk enggan menuju daerah tersebut,sehingga pembinaan di suatu wilayah amatlah sedikit.
    4. Isu yang berkaitan dengan masalah Diskriminasi bg kesehatan :
    Yaitu perbedaan pelayanan yg diberikan oleh petugas kepada orang yang kaya dan orang yang miskin,atau terhadap orang yg sudah dikenal atau orang yg belum dikenal,,atau pelayanan terhadap pejabat dan pelayanan terhadap masyarakat biasa amat jauh berbeda.
    Dan ini manjadi problema bagi masyarakat kecil.
    5. Isu yang berkaitan dengan masalah tradisi / budaya bg kesehatan
    Ini yang masih banyak terjadi dikalangan masyarakat saat ini karna baik masyarakt yg sudah modern msih saja percaya hal2 yg bersifat mistik,,,bahkan orang2 pintar sekalipun contohnya eyang subur berapa banyak korban orang2 pintar masih saja percaya hal2 yg diluar akal sehat,sehingga ini jg merpakan problem ,apalagi orang2 yang pengetahuannya amat rendah sangat gampang sekali terpengaruh oleh hal2 yg bersifat tradisi atau budaya tampa mereka perhitungkan akibat baik dan buruknya.

    BalasHapus
  20. Indar sulistiyanti/Kelas B/Pasca Sarjana/Semester I
    maaf pak terlambat comentnya...
    Isu-Isu Kesehatan
    1.Berkaitan dengan Ekonomi :
    -Meningkatnya pengangguran dan kemiskinan dan ketidakmerataan pendapatan masyarakat.hal ini tentu saja berpengaruh terhadap daya beli masyarakat termasuk dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,mansyarakat tidak mampu akan mencari alternatip pelyanan kesehatan yang lebih terjangkau meskipun tidak terjamin keamanannya.
    2.Berkaitan dengan Keamanan :
    -Lemahnya penegakan Hukum dan keadilan serta penghargaan terhadap Hak-hak Azasi manusia
    -meningkatnya gangguan keamanan dan ketentraman masyarakat
    -meningkatnya Potensi Disintegrasi Bangsa dan ancaman terhadap kedaulatan NKRI
    Hukum terkadang belum berpihak kepada masyarakt miskin sehingga msyarakat cenderung untuk bertindak sendiri melampiaskan ketidakpuasan terhdap penegak hukum,main hakim sendiri dan anarki.
    3.Berkaitan dengan Kewilyahan :
    -Meningkatnya kesenjangan pertumbuhan ekonomi antar Wilayah dan antar kawasan perdesaan dan perkotaan
    -Meningkatnya kesenjangan pelayanan prasarana kesehatan antar dan intra Jawa dan luar Jawa
    -Ketidak teraturan perkembangan kawasan permukiman
    -menurunnya kwalitas Lingkungan kawasan permukinan
    4.Berkaitan dengan Diskriminasi :
    -Diskriminasi Gender,masih ada aturan aturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang berpihak pada jenis kelamin tertentu
    -Diskriminasi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terhdap masyarakat tidak mampu.
    5.Berkaitan dengan Tradisi/Budaya
    -Budaya dimsyarakat yang merugikan kesehatan
    -Budaya/Tradisi Patriarki dimana pengambil keputusan dalam keluarga adalah ayah

    BalasHapus
  21. Komen dikit ya pak dari lisdawati npm : 12420103
    Isu kesehatan berdasarkan ekonomi
    Peranan Ekonomi kesehatan dalam perencanaan kesehatan Perencanaan kesehatan pada dasarnya berhubungan erat dengan pilihan yaitu : memilih satu cara atau memilih beberapa cara di antara beberapa pilihan untuk mencapai tujuan di masa yang akan datang. Pilihan pihak ekonomi kesehatan juga berkaitan dengan pemilihan, sehingga antara perencanaan dan ekonomi kesehatan terdapat persamaan dan keterkaitan. Seperti diketahui pertimbangan ekonomi memegang peran penting hampir di semua aspek kehidupan manusia.
    Sebalinya derajat kesehatan suatu penduduk akan berpengaruh pulaterhadap perkembangan dan pembangunan ekonomi. Oleh sebab ituprogram-program kesehatan hendaknya dipandang sebagai suatubagian dari strategi yang menyuluruh untuk meningkatkankesejahteraan sosial dan ekonomi dari suatu penduduk.Strategi tersebut membutuhkan pilihan program-program yang dapatmeningkatkan derajat kesehatan secara efisien.Misal : pengembangan jaringan pelayanan kesehatan, pembangunaninfra struktur lain seperti air bersih dan perbaikan lingkungan, atauberbagai kegiatan untuk meningkatkan gizi masyarakat.Ilmu ekonomi kesehatan dapat membantu mengevaluasi danmenentukan pilihan yang tepat. Dengan adanya jamkesmas,jamkesda dan jampersal diharapkan derajat kesehatan masyarakat akan meningkat sesuai dengan visi bangsa Indonesia sehat di tahun 2015.
    Isu kesehatan diskriminasi komponen Kesejahteraan Ibu dan Anak Peristiwa kehamilan, persalinan dan masa nifas merupakan kurun kehidupan wanita yang paling tinggi resikonya karena dapat membawa kematian, dan makna kematian seorang ibu bukan hanya satu anggota keluarga tetapi hilangnya kehidupan sebuah keluarga. Peran ibu sebagai wakil pimpinan rumah tangga sulit digantikan. Untuk mengurangi terjadinya kematian ibu karena kehamilan dan persalinan, harus dilakukaun pemantauan sejak dini agar dapat mengambil tindakan yangcepat dan tepat sebelum berlanjut pada keadaan kebidanan darurat. Upaya intervensi dapat berupa pelayanan ante natal, pelayanan persalinan/partus dan pelayanan postnatal atau masa nifas. Namun kadang – kadang seorang ibu atau wanita terlambat mendapatkan pertolongan yang seharusnya dikarenakan pengambil keputusan tetap pada kepala rumah tangga.
    Komponen Keluarga Berencana Keluarga berencana bukan hanya sebagai upaya/strategi kependudukan dalam menekan pertumbuhan penduduk agar sesuai dengan daya dukung lingkungan tetapi juga merupakan strategi bidang kesehatan dalam upaya peningkatan kesehatan ibu melalui pengaturan jarak dan jumlah kelahiran. Pelayanan yang berkualitas juga perlu ditingkatkan dengan lebih memperhatikan pandangan klien atau pengguna pelayanan,namun kadang – kadang siibu tidak pernah bias untuk menetukan sendiri apa yang lebih cocok untuk dirinya karena pengambil keputusan tetap ditangan kepala keluarga/suami.
    Budaya/tradisi Temuan menarik menyangkut pemahaman remaja adalah masih banyaknya mitos-mitos seputar menstruasi yang direproduksi dan diajarkan pada remaja, antara lain: tidak boleh memakan nanas dan ketimun, meminum air es, tidak boleh memakan makanan yang pedas, tidak boleh tidur siang karena darah menstruasi akan naik menuju mata, dan lainnya. Kecenderungannya orang tua atau saudara perempuan ketika mengajari atau menasehati responden dan informan penelitian ini mereproduksi mitos-mitos budaya seputar menstruasi yang tidak berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Ada juga suatu tradisi dimana kebanyakan ibu hamil akan melakukan nujuh bulanan.dimana kita sebagai makhluknya patut bersyukur atas semua rahmat dan bderjah yang telah diberikan kepada kita.

    BalasHapus
  22. komentar ya pak :)

    salah satu isu kesehatan di bidang ekonomi yaitu penyalahgunaan jaminan kesehatan, baik dari pasien maupun tenaga kesehatan contohnya :

    1. pada pasien: untuk program jamkesmas jelas itu untuk masyarakat yg tidak mampu tetapi pada kenyataannya banyak masyarakat mampu juga menggunakannya.

    2. pada tenga kesehatan: untuk program jampersal, bahwa setiap pelayanannya gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun, tetapi di kenyataannya banyak bidan yg menarik bayaran dari pasien walaupun sdh dapat penggantian dari pemda.

    BalasHapus
  23. Setiap orang mempunyai hak yang sama untuk jaminan kesehatan. Namun sampai sekarang perempuan belum mendapatkan tanggapan serius mengenai hak-hak kesehatannya dari berbagai pihak. Perempuan kerap tidak diperhitungkan untuk mendapatkan jaminan kesehatan, padahal perempuan lah yang banyak mengalami problem serius di bidang kesehatan, seperti hamil dan melahirkan.

    kebijakan Publik yang dikeluarkan pemerintah harus langsung dirasakan oleh masyarakat. kebijakan-kebijakan itu dikeluarkan karena adanya permasalahan permasalahan yang melanda dimasyarakat, yang apabila tidak dikeluarkannya suatu kebijakan oleh pemerintah, permasalahan tersebut sulit untuk selesai atau bahkan mungkin tidak akan selesai.

    BalasHapus
  24. HENI ANGGRAINI, KELAS B

    contoh dari sektor : Ekonomi, Keamanan, Kewilayahan, Diskriminasi, Tradisi/Budaya

    >> Isu yang berkaitan dengan Ekonomi
    Pengutamaan dan Sumber Daya Pembiayaan Upaya Kesehatan
    Upaya kesehatan masih kurang mengutamakan pendekatan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit dan kurang didukung oleh sumber daya pembiayaan yang memadai. Disadari bahwa keterbatasan dan pemerintah dan masyarakat merupakan ancaman yang besar bagi kelangsungan program pemerintah serta ancaman terhadap pencapaian derajat kesehatan yang normal.
    Dengan demikian maka diperlukan upaya yang lebih masif untuk meningkatkan sumber daya pembiayaan dari sektor lain yang diutamakan untuk kegiatan pemerataan dan peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit. Sumber daya pembiayaan untuk upaya penyembuhan dan pemulihan perlu digali lebih banyak dari sumber-sumber yang ada di masyarakat dan diarahkan agar lebih nasional dan lebih berhasil dan berdaya guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengeluaran langsung masyarakat digunakan secara kurang efektif dan efisien sebagai akibat dari adanya informasi yang tidak sama antara pemberi pelayanan dan penerima pelayanan (pasien atau keluarganya). Keadaan ini mendorong perlunya langkah strategis dalam menciptakan sistem pembiayaan yang bersifat baru-upaya yang sering dikenal dengan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM).
    Saat ini, pelayanan kesehatan belum dinikmati secara merata oleh penduduk Indonesia. Ini terjadi karena terdapat beberapa perbedan seperti jarak geografis, latar belakang pendidikan, keyakinan, status sosial ekonomi, dan kurang cakupan jaminin kesehatan. Para pakar beranggapan bahwa evaluasi ekonomi untuk efisiensi pembiayaan kesehatan dapat lebih mengoptimalkan hasil pengobatan dengan pendanaan yang terbatas.


    >>Isu yang berkaitan dengan masalah keamanan bg kesehatan :
    Dalam melakukan pelayanan,tenaga kesehatan dituntut untuk sllu menjga kesehtn dan keslamatan diri sendiri,pasien maupun yg lainnya.dalam hal ini terutama bg petugas yg bertugas didaerah2 terpencil yg jauh dr fasilitas yg memadai seperti listrik,jalan dan alat komunikasi dll,amat sangat besar beresiko terjadinya penularan penyakit,sehingga para petugas ini jauh sekali dari keamanan Kesehatan

    Isu yang berkaitan dengan Kewilyahan :
    Ketidak teraturan perkembangan kawasan permukiman, menurunnya kwalitas Lingkungan kawasan permukinan, Meningkatnya kesenjangan pertumbuhan ekonomi antar Wilayah dan antar kawasan perdesaan dan perkotaan dan Meningkatnya kesenjangan pelayanan prasarana kesehatan antar dan intra Jawa dan luar Jawa

    >> Isu yang berkaitan dengan Diskriminasi
    masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi sering tidak dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan sedangkan yang memiliki masyarakat tingkat ekonomi atas seringkali dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan terkait, hal ini perlu diperhatikan guna peningkatan kualitas kesehatan yang menjadi acuan program Indonesia sehat 2015.pemerintah perlu memberikan kebijakan atau pemerhatian secara langsung kepada pihak RS atau tenaga kesehatan guna permasalahan yang sering terjadi diatas.


    >> Isu yang berkaitan dengan Tradisi/budaya
    Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja suatu negara sangat erat berkaitan dengan gaya hidup, budaya, agama, tingkat sosioekonomi, ketidak tahuan (ignorance) bahkan sering dipicu oleh benturan nilai-nilai budaya dengan kemajuan di bidang teknologi dan sosioekonomi.
    Pada bagian ini bisa didapatkan informasi mengenai masalah kesehatan reproduksi remaja yang langsung , seperti mengenai kehamilan pada usia remaja, hubungan seksual pada usia remaja, kehamilan tak diinginkan, maupun yang tidak langsung berkaitan seperti masalah narkoba dan menggunakan zat adiktif lainnya.

    BalasHapus
  25. Maaf pak komennya ketinggalan....
    Sari prawardani,
    Kelas a, paska sarjana

    1.contoh isu isu kesehatan terhadap budaya/ tradisi
    Beberapa adat istiadat pada ibu bersalin di masyarakat diantaranya :
    Upacara Mendhem Ari-ari
    Ari-ari atau plasenta disebut juga dengan aruman atau embing-embing atau mbingmbing. Bagi orang Jawa, ada kepercayaan bahwa ari-ari merupakan saudara bayi tersebut oleh karena itu ari-ari dirawat dan dijaga sebaik mungkin, misalnya di tempat penanaman ari-ari tersebut diletakkan lampu sebagai penerangan. Artinya, lampu tersebut merupakan simbol pepadhang bagi bayi. Pemagaran di sekitar tempat penanaman ari-ari dan menutup bagian atas pagar juga dilakukan agar tidak kehujanan dan binatang tidak masuk
    2.contoh isu isu kesehatan terhadap deskriminasi
    kebijakan diskriminatif adalah Peraturan Menteri Kesehatan tentang Sunat Perempuan.ini merupakan tradisi dan bukan praktik agama.utk itu disarankan agar negara membantu masyarakat memahami “Langkah ini akan sebangun dengan tanggung jawab negara untuk menghapuskan praktik tradisi yang membahayakan dan mendiskriminasi perempuan dihapuskan,Sikap tegas negara menjalankan tanggung jawabnya pada hak asasi manusia dan memastikan tegaknya prinsip non-diskriminasi sebagaimana diamanatkan Konstitusi menjadi kunci untuk menjawab tantangan tersebut.
    3 . Contoh isu – isu kesehatan terhadap ekonomi
    Dalam analisis dan argumentasinya, Ascobat Gani menyampaikan tentang besarnya kerugian ekonomi (yang disebabkan oleh rendahnya kualitas kesehatan masyarakat) yang meliputi (a) besarnya biaya kesehatan yang dikeluarkan masyarakat, perusahaan dan pemerintah, (b) hilangnya waktu produktif karena sakit atau mati, (c) hilangnya kesempatan untuk menarik investor ke suatu wilayah yang endemik dengan penyakit menular, dan (d) terancamnya mutu sumber daya manusia dalam jangka panjang.Hilangnya waktu produktif.Kalau kerugian ini dikaitkan dengan PAD dan APBD, Terjadilah kerugian yang sedemikian besar ini sebenarnya dapat ditekan karena umumnya masalah-masalah kesehatan di Indonesia biasanya dapat dicegah. Sebagian besar dari masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat masih sekitar infeksi, sehingga dapat dicegah melalui perbaikan sanitasi lingkungan, perubahan perilaku dan imunisasi.Melihat besarnya kerugian yang timbul, maka setiap upaya kesehatan yang efektif untuk menurunkan kerugian tersebut sebenarnya merupakan investasi, artinya anggaran kesehatan itu tidak dipandang sebagai pengeluaran konsumtif.
    4. Contoh isu – isu kesehatan terhadap keamanan
    pada dasarnya, merupakan pengembangan konsep keamanan yang selama ini dipahami dalam hubungan internasional. Dalam konteks ini, makna keamanan (manusia) terdiri dari tujuh dimensi yang saling terkait: keamanan ekonomi (terbebas dari kemiskinan), keamanan pangan (ada akses untuk pangan), keamanan kesehatan (tersedianya akses terhadap pelayanan kesehatan dan perlindungan dari penyakit menular), keamanan lingkungan (perlindungan dari bahaya kerusakan lingkungan), keamanan individu (keselamatan fisik dari kekerasan domestik, kriminalitas, bahkan dari kecelakaan lalu lintas), keamanan komunitas.(terjaminnya nilai-nilai budaya), dan keamanan politik (terjaminnya hak asasi manusia).Rendahnya keamanan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia, misalnya, berakibat rendahnya keamanan pangan dan kesehatan masyarakat seperti terjadi belakangan ini. Dengan demikian, keamanan manusia dapat dipahami sebagai kemampuan untuk mengatasi berbagai ancaman seperti penyakit, kelaparan, pengangguran, kriminalitas, konflik sosial, represi politik, dan degradasi lingkungan hidup.DARI uraian itu dapat disimpulkan, konsep, isu, maupun agenda keamanan patut dijawab secara multidimensional. Pemahaman menyeluruh terhadap konsep keamanan manusia dan alternatif penyelesaian berbagai masalah keamanan tidak cukup hanya dengan menggunakan pendekatan militer, tetapi perlu mengintegrasikan berbagai pendekatan lain dan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik lokal, nasional, maupun internasional..

    BalasHapus
  26. yusuf mustofa kelas A....numpang komen pak...

    contoh isu isu kesehatan terhadap budaya,ekonomi,keamanan, diskriminasi

    1. isu kesehatan terhadap budaya
    Temuan menarik menyangkut pemahaman remaja adalah masih banyaknya mitos-mitos seputar menstruasi yang direproduksi dan diajarkan pada remaja, antara lain: tidak boleh memakan nanas dan ketimun, meminum air es, tidak boleh memakan makanan yang pedas, tidak boleh tidur siang karena darah menstruasi akan naik menuju mata, dan lainnya. Kecenderungannya orang tua atau saudara perempuan ketika mengajari atau menasehati responden dan informan penelitian ini mereproduksi mitos-mitos budaya seputar menstruasi yang tidak berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Misalnya paparan sejumlah remaja/informan berikut ini:

    “Ngga boleh minum air kelapa...” (Cinta, 19 tahun, lajang, Tasikmalaya)

    “Ngga boleh gunting kuku dan rambut, ngga boleh mandi lewat dari jam empat sore” (Rita, 16 tahun, lajang, Tasikmalaya)

    Untuk kasus Tasikmalaya yang merupakan kota santri, nasehat seputar mestruasi yang diberikan Ibu untuk anak perempuannya cenderung berkait dengan pemahaman keagamaan. Hal ini ditunjukkan melalui informan berikut:

    “Nggak boleh sholat, ngga boleh ngaji, ngga boleh pegang Quran, ngga boleh masuk masjid, karena nanti
    darahnya berceceran gimana (Yayah, 24 tahun, janda, Tasikmalaya)
    2. isu kesehatan terhadap diskriminalitas
    Komnas Perempuan juga berbeda pandangan dengan Pemerintah RI terkait rekomendasi tentang perlindungan bagi pembela HAM. Fakta lapangan menunjukkan bahwa pembela HAM rentan terhadap intimidasi, kekerasan, bahkan kriminalisasi. Untuk itu, Komnas Perempuan mendorong Pemerintah RI untuk meneguhkan komitmen, dukungan dan perlindungan pada pembela HAM melalui produk legislasi dan penegakan hukum yang lebih baik, dengan memperhatikan kerentanan khusus perempuan pembela HAM dan terutama mereka yang bekerja dalam isu-isu yang kerap menuai stigma dan penolakan atas nama agama, adat, dan moralitas
    3. CONTOH ISU – ISU KESEHATAN TERHADAP EKONOMI
    Contoh isu kesehatan terhadap ekonomi adalah produk penyedap rasa yaitu Ajinomoto yang dilarang dikarenakan mengandung minyak babi ,pada saat itu masyarakat merasa ketakutan menggunakan produk penyedap rasa tersebut, produk ini akan bisa dikonsumsi mayarakat sampai pihak POM mengumumkan bahwa pruduk tersebut sudah diperiksa dan dinyatakan HALAL 100 %
    4. isu kesehatan terhadap kRendahnya keamanan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia, misalnya, berakibat rendahnya keamanan pangan dan kesehatan masyarakat seperti terjadi belakangan ini. Dengan demikian, keamanan manusia dapat dipahami sebagai kemampuan untuk mengatasi berbagai ancaman seperti penyakit, kelaparan, pengangguran, kriminalitas, konflik sosial, represi politik, dan degradasi lingkungan hidup.
    DARI uraian itu dapat disimpulkan, konsep, isu, maupun agenda keamanan patut dijawab secara multidimensional. Pemahaman menyeluruh terhadap konsep keamanan manusia dan alternatif penyelesaian berbagai masalah keamanan tidak cukup hanya dengan menggunakan pendekatan militer, tetapi perlu mengintegrasikan berbagai pendekatan lain dan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik lokal, nasional, maupun internasional.
    eamanan


    BalasHapus
  27. sri rahayu /klas B


    1. isu kesehatan yg berhubungan dengan adat istiadat
    Dalam masyarakat banyak sekali tradisi tradisi yang bersangkutan tentang kesehatan terutama untuk wanita/ibu-ibu antra lain, pada saat menstruasi sering kali dilarang untuk melakukan hal hal seperti memotong kuku, potong rambut, klo kramas rambut yg rontok harus dikumpulkan dll. Saat hamil umur 4 dan 7 bulan diadakan upacara dengan maksud untuk selalu dilancarkan masa kehamilanya. saat melahirkan ari-ari harus dikubur karna dianggap sebagai pelindung bayi. Tali pusat yang sudah lepas dr pusat bayi harus dimakan oleh ibunya supaya nanti klo besar tidak berani kepada orang tua.

    2.Isu kesehatan tentang ekonomi, wilayah dan diskriminasi

    Pelayanan kesehatan sekarang banyak terdengarkurang memuaskan sebagai contah, beberapa RS di kota besar menolak pasien dengan alasan tidak adanya fasilitas yang memadai untuk melakukan tindakan padahal setelah ditelusuri pihak kluarga pasien tidak bisa membayar biaya awal untuk pengobatan. RS dijadikan lahan untuk shotting film/sinestron yang dampaknya ada pasien yang meninggal karena terganggu dengan pelayanan yang ada. kasus terbaru yang ada di RS salah satu jari pasien bayi diamputasi tidak tanpa sepengetahuan dr pihak kluarga.

    BalasHapus
  28. maaf ya pak, koment nya terlambat....

    Ekonomi :

    Ekonomi sering menjadi penyebab utama terhadap kesehatan seseorang, rendahnya daya beli masyarakat yang rendah sehingga tdak dapat memnuhi gizi keluarga. Misalnya anak atau ibu hamil yang miskin atau dengan ekonomi yang tergolong rendah kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi yang disebabkan pendidikan dan daya beli yang rendah, sehingga kondisi kesehatan tidak optimal dan mudah terserang penyakit, masyarakat yang tergolong ekonomi rendah terkadang terlambat dalam mengenali masalah kesehatannya sehingga terlambat pula mendapatkan penanganan medis yang berakibat terjadinya kematian.

    Fasilitas atau kebijakan yang diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah sudah cukup memadai sehingga kematian,angka kesakitan dapat terkordinir dengan baik yaitu dengan pelayanan jamkesmas,jamkesta,jampersal dll.

    Kewilayahan :

    Kebanyakan Tenaga kesehatan yang ditempatkan diwilayah yang terpencil maupun letak geografisnya dipegunungan cenderung tidak optiamal dan hanya bertahan berapa bulan. Padahal justru penduduk dngan kondisi geografis atau wilayah yang seperti itu jauh dari fasilitas kesehatan. Sehingga penduduk yang berada di pegunungan misalnya selain letak geografisnya didukung dengan petugas kesehatannya yang tidak selalu berada di tempt, seringkali malas untuk memeriksakan kondisi kesehatannya, menimbang balita,bayi atau anaknya atau memeriksakan kehamilannya. Kebiasaan tersebut dapat menambah angka kematian atau kesakitan di Indonesia.

    Keamanan :

    Saat ini, masyarakat semakin menyadari hak-haknya sebagai konsumen kesehatan. Sehingga seringkali mereka secara kritis mempertanyakan tentang penyakit, pemeriksaan, pengobatan, serta tindakan yang akan diambil berkenaan dengan penyakitnya., bahkan tidak jarang mereka mencari pendapat kedua (second opinion), Hal tersebut merupakan hak yang selayaknya dihormati oleh pemberi pelayanan kesehatan. Memang harus diakui bahwa hak-hak konsumen kesehatan masih cenderung sering dikalahkan oleh kekuasaan pemberi pelayanan kesehatan. Dalam hal ini, yang memprihatinkan, kekalahan tersebut bisa berupa kerugian moral dan material yang cukup besar.

    Diskriminasi :

    Diskriminasi dalam berbagai bentuk telah merambah ke berbagai bidang kehidupan bangsa dan dianggap sebagai hal yang biasa dan wajar serta tidak menganggap bahwa hal tersebut merupakan suatu bentuk diskriminasi. Salah satunya adalah Isu kesehatan, dalam hal ini yang sering terjadi adalah diskriminasi antara penduduk miskin atau ekonomi rendah dengan ekonomi kelas atas. Misalnya masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi rendah sering tidak dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan, sedangkan masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi atas seringkali dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan terkait.

    Tradisi/Budaya :

    1) ibu hamil dilarang tidur siang karena takut bayinya besar dan akan sulit melahirkan,
    2) Ibu menyusui dilarang makan makanan yang manis, misalnya: ikan, telur,
    3) Ibu habis melahirkan dilarang tidur siang,
    4) Bayi berusia 1 minggu sudah boleh diberikan nasi atau pisang agar mekoniumnya cepat keluar,
    5) Ibu post partum harus tidur dengan posisi duduk atau setengah duduk karena takut darah kotor naik ke mata,
    6)Ibu yang mengalami kesulitan dalam melahirkan, rambutnya harus diuraikan dan persalinan yang dilakukan di lantai, diharapkan ibu dapat dengan mudah melahirkan.
    7) Bayi baru lahir yang sedang tidur harus ditemani dengan benda-benda tajam.

    Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap petugas kesehatan, dibeberapa wilayah masih rendah. Mereka masih percaya kepada dukun karena kharismatik dukun tersebut yang sedemikian tinggi, sehingga ia lebih senang berobat dan meminta tolong kepada ibu dukun. Sedangkan Petugas kesehatan pemerintah dianggap sebagai orang baru yang tidak mengenal masyarakat di wilayahnya dan tidak mempunyia kharismatik.


    Terima Kasih pak...

    BalasHapus
  29. saya siti fatimah /smtr 1 / kelas B

    BalasHapus
  30. 1.Berkaitan dengan Ekonomi :
    -Meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan dan ketidakmerataan pendapatan masyarakat.hal ini tentu saja berpengaruh terhadap daya beli masyarakat termasuk dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,masyarakat tidak mampu akan mencari alternatip pelyanan kesehatan yang lebih terjangkau meskipun tidak terjamin keamanannya. Ekonomi sering menjadi penyebab utama terhadap kesehatan seseorang, rendahnya daya beli masyarakat yang rendah sehingga tdak dapat memenuhi gizi keluarga. Misalnya anak atau ibu hamil yang miskin atau dengan ekonomi yang tergolong rendah kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi yang disebabkan pendidikan dan daya beli yang rendah.
    2 Berkaitan dengan Keamanan :.
    masyarakat semakin menyadari hak-haknya sebagai konsumen kesehatan. Sehingga seringkali mereka secara kritis mempertanyakan tentang penyakit, pemeriksaan, pengobatan, serta tindakan yang akan diambil berkenaan dengan penyakitnya., bahkan tidak jarang mereka mencari pendapat kedua , Hal tersebut merupakan hak yang selayaknya dihormati oleh pemberi pelayanan kesehatan
    Lemahnya penegakan Hukum dan keadilan serta penghargaan terhadap Hak-hak Azasi manusia
    meningkatnya gangguan keamanan dan ketentraman masyarakat .

    3.Berkaitan dengan Kewilyahan :
    Masalah kewilayahan jg menjadi paktor utama bg Pembangunan Kesehatan di suatu Daerah,Wilayah yg akeses jalan ,transportasi dan komunikasi yg terjangkau tentunya amat sangat berbeda bg wilayah yg akses,jalan,transportasi dan komunikasi yg amat sulit terjangkau.Karena jalan yg sulit dan komunikasi yg susah mrupakan slah satu alasan bg pemerintah Kab / Propinsi untuk enggan menuju daerah tersebut,sehingga pembinaan di suatu wilayah amatlah sedikit, serta meningkatnya kesenjangan pelayanan prasarana kesehatan antar dan intra Jawa dan luar Jawa dan ketidak teraturan perkembangan kawasan permukiman

    4.Berkaitan dengan Diskriminasi :
    Masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi sering tidak dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan sedangkan yang memiliki masyarakat tingkat ekonomi atas seringkali dilayani secara maksimal oleh pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan terkait, hal ini perlu diperhatikan guna peningkatan kualitas kesehatan yang menjadi acuan program Indonesia sehat 2015.pemerintah perlu memberikan kebijakan atau pemerhatian secara langsung kepada pihak RS atau tenaga kesehatan guna permasalahan yang sering terjadi diatas.
    5 Berkaitan dengan Tradisi/Budaya
    Yang masih banyak terjadi dikalangan masyarakat saat ini baik masyarakt yg sudah modern msih saja percaya hal2 yg bersifat mistik bahkan orang2 pintar sekalipun sehingga ini jg merpakan problem ,apalagi orang2 yang pengetahuannya amat rendah sangat gampang sekali terpengaruh oleh hal2 yg bersifat tradisi atau budaya tampa mereka perhitungkan akibat baik dan buruknya..

    BalasHapus
  31. Sri Suryani/semester 1/kelas B

    maaf pak terlambat...
    Ekonomi
    Sakit secara langsung maupun tidak mempengaruhi sumber daya rumah tangga, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan, hilangnya waktu sekolah dan bekerja, serta kerugian akibat hilangnya aset berharga untuk pengobatan dan perawatan. Pada tingkat masyarakat, penyakit mempengaruhi pembangunan ekonomi Indonesia melalui beberapa cara, antara lain pertama, investasi pada tenaga kerja. Tingginya angka kesakitan pada tenaga kerja menyebabkan keuntungan perusahaan berkurang karena karyawan tidak menyelesaikan pekerjannya. Kedua, investasi pada dunia usaha dan pariwisata. Penyakit bisa membuat lari para investor sehingga menurunkan potensi pendapatan daerah tersebut. Ketiga, investasi pada hidup yang lebih lama dan lebih sehat. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit infeksi pada masa kanak-kanak serta suksesnya promosi keluarga berencana akan menyebabkan transisi demografi – meningkatnya jumlah penduduk yang hidup lebih lama dan lebih produktif. Ini semua tentunya diperlukan upaya dan usaha keras tidak hanya dari pemerintah semata, namun semua lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.
    Keamanan
    Kemampuan nasional bidang kesehatan pada dasarnya merupakan keuletan dan ketangguhan bangsa dan negara di bidang kesehatan untuk menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang ditujukan pada pertahanan dan keamanan. Terorisme sendiri merupakan kejahatan yang kreatif karena pelakunya selalu mencari cara baru dalam bertindak. Jika selama ini digunakan bahan peledak berupa bom, pada masa mendatang mungkin digunakan bahan biologis berbentuk bioterorisme dan ancaman ini tidak bisa diremehkan. Ancaman bioterorisme merupakan ancaman global karena penyebarannya tidak mengenal batas wilayah sehingga tiap negara harus siap menghadapinya.
    Kewilayahan
    Penyebaran penduduk Indonesia yang tidak merata terkonsentrasi di wilayah perkotaaan dan pulau Jawa yang memiliki pertumbuhan ekonomi meningkat, mengakibatkan jumlah penduduk di wilayah luar Jawa terutama pedalaman, daerah perbatasan dan pulau terluar memiliki penduduk sangat jarang. Timbulnya kerawanan di wilayah perbatasan dan tingkat kesejahteraan khususnya pelayanan kesehatan menimbulkan terjadinya kekecewaan terhadap pemerintah pusat yang tidak memperhatikan daerah karena adanya pembanding dengan negara tetangga. Buruknya kondisi lingkungan tempat tinggal, kurangnya mutu pelayanan kesehatan masyarakat di daerah periferi akibat akibat keterbatasan dana atau fasilitas kerja, perilaku seksual yang menyimpang dan makin banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba.
    Diskriminasi
    Terjadi saat adanya manajemen pelayanan kesehatan yang tidak pro terhadap masyarakat tidak mampu. Dimana materi/uang yang diutamakan daripada pelayanan medis yang diberikan. Masih banyak kasus yang terjadi hampir setiap hari diberitakan di media massa, masalah tersebut justru terjadi di kota-kota besar. Fenomena tersebut merupakan fenomena gunung es.
    Tradisi/budaya
    Permasalahan yang sebenarnya cukup besar pengaruhnya yaitu pada kehamilan, persalinan dan nifas tepatnya pada masalah gizi yaitu adanya pantangan makanan. Hal ini disebabkan karena adanya kepercayaan-kepercayaan dan pantangan-pantangan terhadap beberapa makanan. Sementara, kegiatan mereka sehari-hari tidak berkurang ditambah lagi dengan pantangan-pantangan terhadap beberapa makanan yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh ibu tentunya akan berdampak negatif terhadap kesehatan ibu dan janin. Tidak heran kalau anemia dan kurang gizi pada wanita hamil cukup tinggi terutama di daerah pedesaan. Dikatakan pula bahwa penyebab utama dari tingginya angka anemia pada wanita hamil disebabkan karena kurangnya zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan darah.

    BalasHapus
  32. resty angraini/kelas A

    CONTOH ISU KESEHATAN TENTANG EKONOMI
    1. Pelayanan kesehatan sekarang banyak terdengar kurang memuaskan sebagai contah, beberapa RS di kota besar menolak pasien dengan alasan tidak adanya fasilitas yang memadai untuk melakukan tindakan padahal setelah ditelusuri pihak kluarga pasien tidak bisa membayar biaya awal untuk pengobatan. RS dijadikan lahan untuk shotting film/sinestron yang dampaknya ada pasien yang meninggal karena terganggu dengan pelayanan yang ada. kasus terbaru yang ada di RS salah satu jari pasien bayi diamputasi tidak tanpa sepengetahuan dr pihak kluarga. Meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan dan ketidakmerataan pendapatan masyarakat.hal ini tentu saja berpengaruh terhadap daya beli masyarakat termasuk dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,masyarakat tidak mampu akan mencari alternatip pelyanan kesehatan yang lebih terjangkau meskipun tidak terjamin keamanannya. Ekonomi sering menjadi penyebab utama terhadap kesehatan seseorang, rendahnya daya beli masyarakat yang rendah sehingga tdak dapat memenuhi gizi keluarga. Misalnya anak atau ibu hamil yang miskin atau dengan ekonomi yang tergolong rendah kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi yang disebabkan pendidikan dan daya beli yang rendah.
    2. Menurunnya akses terhadap fasilitas pelayanan
    Mengingat prioritas pendapatan keluarga untuk membeli makanan, maka
    penyediaan biaya untuk pelayanan kesehatan mengalami penurunan
    3. Menurunnya perhatian terhadap lingkungan
    Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi status
    kesehatan.Dengan adanya krisis menyebabkan perhatian masyarakat terpusat pada kegiatan untuk mempertahankan hidup, sehingga perhatian terhadap lingkungan menurun.Akibatnya sanitasi rumah,lingkungan pemukiman, penyediaan air bersih mengalami penurunan yang tajam.
    4. Menurunnya partisipasi masy dlm berbagai kegiatan yg mendukung kes
    Mengurangnya perhatian masyarakat tidak terbatas hanya pada ling ,
    tapi juga terhadap berbagai kegiatan yang mendukung kesehatan, misalnya:Posyandu, Pos KB, Pos Obat dan lain-lain.
    5. Mengabaikan perilaku sehat
    Keadaan krisis ekonomi dapat menimbulkan kondisi pengabaian perilaku
    hidup sehat, misalnya : meningkatnya merokok, kebebasan seksual, makan tidak
    teratur dan lain-lain.
    6. Munculnya masalah kesehatan lain
    Krisis ekonomi dapat menimbulkan secara tak langsung masalah kesehatan
    lain, misalnya: meningkatnya stress, cidera akibat tindak kekerasan, penyakit hubungan seksual .

    BalasHapus
  33. Kartika Sari/ Kelas B
    Isu Kesehatan berhubungan dengan adat istiadat
    Ibu hamil dan suaminya dilarang membunuh binatang. Bila dilakukan, menimbulkan cacat pada janin sesuai dgn perbuatannya. Ibu hamil dilarang melilitkan handuk di leher agar anak yang dikandungnya tak terlilit tali pusat.

    isu kesehatan berhubungan dengan ekonomi
    Sebagian besar dari masalah kesehatan yg dihadapi masyarakat masih sekitar infeksi, sehingga dapat dicegah melalui perbaikan sanitasi lingkungan, perubahan perilaku dan imunisasi.Melihat besarnya kerugian yang timbul, maka setiap upaya kesehatan yang efektif untuk menurunkan kerugian tersebut sebenarnya merupakan investasi, artinya anggaran kesehatan itu tidak dipandang sebagai pengeluaran konsumtif.

    Isu Kesehatan berhubungan dengan diskriminatif
    Masih sering terjadi bahwa pelayanan kepada masyarakat menjadi kurang dengan alasan bahwa hal itu disebabkan legitimasi dari pernyataan dalam peraturan perundang-undangan belum mengatur ketentuan yang harus dilakukan.juga dapat terjadi, antara lain, pada kehidupan masyarakat miskin atau kurang mampu. Akses untuk mendapatkan pelayanan khususnya kesehatan, masih sering menimbulkan diskriminasi, terutama golongan masyarakat miskin, dan menimbulkan ketidakadilan.antara lain, disebabkan rendahnya kepedulian sosial penyelenggara rumah sakit. Di samping itu, dikarenakan tidak adanya perangkat peraturan perundang-undangan yang mempunyai aturan kekuatan hukum dan sanksi yang tegas bagi rumah sakit yang menolak memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien miskin, menyebabkan penolakan dan penahanan rumah sakit terhadap pasien miskin masih sering terjadi.

    Isu Kesehatan berhubungan dengan kewilayahan
    Upaya pengurangan kesenjangan antarwilayah secara lebih terarah dan sistematik dengan skenario yang disepakati semua pihak.
    • Terjalin kerjasama lintas sektor dan lintas wilayah dalam pengembangan wilayah.
    • Sinergi semua pihak dalam upaya percepatan pengembangan wilayah.
    • Bertemunya prioritas nasional dan kepentingan daerah.
    Untuk mengidentifikasi ketimpangan dalam pelayanan kesehatan antara wilayah satu dan yang lain.

    Isu Kesehatan berkaitan dgn keamanan
    Ancaman kesehatan global saat ini adalah berupa virus influenza H5N1 yang menyebabkan penyakit dan kematian pada populasi burung yang telah juga menyebabkan penyakit parah dan kematian pada manusia.Untuk itu ada kebutuhan untuk melakukan pendekatan baru dalam menangani ancaman yang ditimbulkan oleh virus H5N1 ini, dan juga kebutuhan untuk membangun kerangka kerja yang efektif sebagai persiapan opsional secara global jika terjadi pandemi.

    BalasHapus
  34. Dian Agustina/kelas B
    1. CONTOH ISU KESEHATAN TENTANG EKONOMI
    Pelayanan kesehatan sekarang banyak terdengar kurang memuaskan sebagai contah, beberapa RS di kota besar menolak pasien dengan alasan tidak adanya fasilitas yang memadai untuk melakukan tindakan padahal setelah ditelusuri pihak kluarga pasien tidak bisa membayar biaya awal untuk pengobatan. RS dijadikan lahan untuk shotting film/sinestron yang dampaknya ada pasien yang meninggal karena terganggu dengan pelayanan yang ada. kasus terbaru yang ada di RS salah satu jari pasien bayi diamputasi tidak tanpa sepengetahuan dr pihak kluarga. Meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan dan ketidakmerataan pendapatan masyarakat.hal ini tentu saja berpengaruh terhadap daya beli masyarakat termasuk dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,masyarakat tidak mampu akan mencari alternatip pelyanan kesehatan yang lebih terjangkau meskipun tidak terjamin keamanannya. Ekonomi sering menjadi penyebab utama terhadap kesehatan seseorang, rendahnya daya beli masyarakat yang rendah sehingga tdak dapat memenuhi gizi keluarga. Misalnya anak atau ibu hamil yang miskin atau dengan ekonomi yang tergolong rendah kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi yang disebabkan pendidikan dan daya beli yang rendah.

    2.Contoh isu kesehatan yg berhubungan dengan adat istiadat
    Dalam masyarakat banyak sekali tradisi tradisi yang bersangkutan tentang kesehatan terutama untuk wanita/ibu-ibu antra lain, pada saat menstruasi sering kali dilarang untuk melakukan hal hal seperti memotong kuku, potong rambut, klo kramas rambut yg rontok harus dikumpulkan dll. Saat hamil umur 4 dan 7 bulan diadakan upacara dengan maksud untuk selalu dilancarkan masa kehamilanya. saat melahirkan ari-ari harus dikubur karna dianggap sebagai pelindung bayi. Tali pusat yang sudah lepas dr pusat bayi harus dimakan oleh ibunya supaya nanti klo besar tidak berani kepada orang tua.

    3. Contoh isu – isu kesehatan terhadap keamanan
    pada dasarnya, merupakan pengembangan konsep keamanan yang selama ini dipahami dalam hubungan internasional. Dalam konteks ini, makna keamanan (manusia) terdiri dari tujuh dimensi yang saling terkait: keamanan ekonomi (terbebas dari kemiskinan), keamanan pangan (ada akses untuk pangan), keamanan kesehatan (tersedianya akses terhadap pelayanan kesehatan dan perlindungan dari penyakit menular), keamanan lingkungan (perlindungan dari bahaya kerusakan lingkungan), keamanan individu (keselamatan fisik dari kekerasan domestik, kriminalitas, bahkan dari kecelakaan lalu lintas), keamanan komunitas.(terjaminnya nilai-nilai budaya), dan keamanan politik (terjaminnya hak asasi manusia).Rendahnya keamanan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia, misalnya, berakibat rendahnya keamanan pangan dan kesehatan masyarakat seperti terjadi belakangan ini. Dengan demikian, keamanan manusia dapat dipahami sebagai kemampuan untuk mengatasi berbagai ancaman seperti penyakit, kelaparan, pengangguran, kriminalitas, konflik sosial, represi politik, dan degradasi lingkungan hidup.DARI uraian itu dapat disimpulkan, konsep, isu, maupun agenda keamanan patut dijawab secara multidimensional.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. 1. Isu Kesehatan tentang Ekonomi
    Isu tentang biaya pengobatan khususnya keluarga miskin yang tidak bisa membayar biaya untuk pengobatan dalam pelayanan kesehatan di beberapa RS di kota besar. Sampai akhirnya RS menolak pasien dengan alasan tidak adanya fasilitas yang memadai untuk melakukan tindakan.
    2. Isu Kesehatan tentang Keamanan
    Isu keamanan dari ancaman virus influenza H5N1 yang menyebabkan penyakit dan kematian pada populasi burung meresahkan masyarakat. Perlu adanya kebijakan dalam menangani ancaman yang ditimbulkan oleh virus H5N1 ini.
    3. Isu Kesehatan tentang Diskriminasi
    Isu masyarakat tentang pelayanan peserta JAMKESMAS/JAMKESDA/JAMPERSAL merasa dikesampingkan (ditelantarkan) sehingga mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu berusaha untuk berobat menggunakan biaya sendiri walaupun mereka harus meminjam.
    4. Isu Kesehatan tentang Kewilayahan
    Permasalahan dalam pelayanan kesehatan di suatu wilayah atau daerah yang terpencil, akses jalan yang sulit, transportasi dan komunikasi yang tidak terjangkau sangat menyulitkan pelayanan kesehatan. Hal ini perlu adanya strategi kebijakan yang tepat untuk mengatasinya.
    5. Isu Kesehatan tentang Tradisi/Budaya
    Isu tentang dukun beranak dalam tindakan persalinan merupakan beberapa alasan dari tradisi atau budaya daerah. Selain dekat dan biaya murah, mereka tidak memahami perlindungan dari keselamatan ibu hamil.

    BalasHapus