MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Sabtu, 29 Maret 2014

ELEARNING SIK : PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN

























JAWABLAH PERTANYAAN DIATAS DIKOLOM KOMENTAR

57 komentar:

  1. 1. - data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan )
    - penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan
    - sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )

    2._ SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat )
    c. pelayanan upaya pengembangan
    _SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3.aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  2. Jawab
    No 1.
    - Data yang di peroleh akan sama entri pertama(di tempat playanan)
    - Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional.
    - Mudah di akses oleh pihak lain yang membutuh kan.
    - Sangat mendukung keterbukaan informasi(transparancy).


    No .2
    SIMPUS
    - Informasi pengelola puskesmas.
    2.Kegiatan kegiatan puskesmas yang meliputi:
    a).Pelayanan dalam gedung(6 upaya wajib)
    b) Pelayanan luar gedung (UKBM = upaya kesehatan bersumber daya masyarakat)
    c) Pelayanan upaya pengembangan
    SIMRS
    1.Informasi pengelolaan rumah sakit.
    2.Kegiatan rumah sakit:
    a). Pelayanan rawat jalan
    b). Pelayanan rawat inap
    c). Pelayanan penunjang(lab,rantgent,apotik,dsb)
    d). Pelayanan tindakan (kamar oprasi)
    e). Pelayanan gawat darurat (emergency)

    No.3
    Aplikasi yang di gunakan adalah Software yang di gunakan mulai dari yang sederhana yaitu:
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office woard,dsb maupun yang menggunakan progam data base.

    BalasHapus
  3. Nama: Meliana HIdayati
    Npm: 13320034

    1. - data yang diperoleh sma entri pertama (ditempat pelayanan).
    - penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tinggkat nasional
    - mudah diakses oleh pihak lain yang dibutuhkan
    - sangat mendukung keterbukaan informasi (transrarancy).

    2. - SIMPUS:
    1. informasi pengolaan puskesmas
    2. kegiatan-kegiatan puskesmas yang meliputi
    a. pelayanan dalam gedung (6 upaya wajib)
    b. pelayanan luar gedung (UKBM= upaya kesehatan bersumber daya
    masyarakat
    c. pelayanan upaya pengembangan
    - SIMRS
    1. Iformasi pengelolaan rumah sakit
    2. kegiatan-kegiatan rumah sakit yang meliputi:
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang (lep, rontgen, apotik,)
    d. pelayanan tindakan (kamar oprasi)
    e. pelayanan gawat darurat (emergency)

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  4. Nama : Evin Setiani
    Npm : 13320017

    1. - data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan )
    - penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan
    - sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )

    2._ SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat )
    c. pelayanan upaya pengembangan
    _SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3.aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. nama : Edwin Hermawan
    NPM : 13320012

    jawaban
    1. - data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan )
    - penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan
    - sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )

    2._ SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat )
    c. pelayanan upaya pengembangan
    _SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3.aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  7. Nama : Ratna Puspita Sari
    NPM : 13320041

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  8. Nama : ANGGA HERLAMBANG
    Npm : 13320006

    1. Dari defenisi ini dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umum, yaitu :
    Setiap sistem terdiri dari unsur¬ unsur
    Unsur¬unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.
    Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
    Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.
    informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian¬kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengabilan keputusan.

    2._ SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat )
    c. pelayanan upaya pengembangan
    _SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )
    Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas yang dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat dan dapat dipercaya sehingga informasi yang disajikan puskesmas dapat dipakai untuk pengambilan keputusan di berbagai tingkat sistem kesehatan dan berbagai jenis manajemen kesehatan baik untuk manajemen pasien, unit dan sistem kesehatan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan Dinas Kesehatan kepada masyarakat. Dengan demikian maka pelayanan kesehatan yang diberikan dapat lebih fokus dan spesifik untuk suatu daerah.


    3.aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  9. Nama : Desy Deria
    npm : 13320009

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  10. Nama : wulandari ramadhan putri
    NPM : 13320050

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  11. Nama : widia afira
    NPM : 13320049

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  12. Nama : Riza dwi mahmudah
    NPM : 13320043

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  13. Nama: kasa kurnia tanjung
    Npm: 13320029

    1. - data yang diperoleh sma entri pertama (ditempat pelayanan).
    - penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tinggkat nasional
    - mudah diakses oleh pihak lain yang dibutuhkan
    - sangat mendukung keterbukaan informasi (transrarancy).

    2. - SIMPUS:
    1. informasi pengolaan puskesmas
    2. kegiatan-kegiatan puskesmas yang meliputi
    a. pelayanan dalam gedung (6 upaya wajib)
    b. pelayanan luar gedung (UKBM= upaya kesehatan bersumber daya
    masyarakat
    c. pelayanan upaya pengembangan
    - SIMRS
    1. Iformasi pengelolaan rumah sakit
    2. kegiatan-kegiatan rumah sakit yang meliputi:
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang (lep, rontgen, apotik,)
    d. pelayanan tindakan (kamar oprasi)
    e. pelayanan gawat darurat (emergency)

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  14. Nama : Endang Rimaswati
    NPM :13320014

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  15. Nama : Herlina Ika Wijayanti
    NPM : 13320024

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  16. Nama : Surida
    NPM : 13320048

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. a)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  17. Nama : agnes sekar wangi
    npm : 13320002

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  18. NAMA :ADIS AVIA
    NPM :13320001

    1.a.data yg di peroleh akansama entripertama(di tempat pelayanan)
    b.penyimpanan data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c.mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    e.sangat mendukung kebutuhan informasi

    2.a.SIMPUS
    1.inforrmasi pengelolahan puskesmas
    2.kegiatan puskesmas yang meliputi
    a.pelayanan dalam gedung
    b.pelayan luar gedung(upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat)
    c.pelayanan upaya pengembangan
    3.hasi hasil kegiatan puskesmas
    4.sarana dan prasarana puskesmas

    b.SIMRS
    1.informasi pengelolahan RS
    2.kegiatan kegiatan rumah sakit yang meliputi
    a.pelayanan rawat jalan
    b.pelayanan rawat inap
    c.pelayanan penunjang(leb,rontgent,apotek,dsb)
    d.pelayanan tindakan(kamar oprasi)
    e..pelayanan gawat darurat(emergency)
    3.hasil kegiatan puskesmas
    4.sarana dan prasarana puskesmas

    3.1.Network
    2.Database
    3.Software
    4.Hardwer

    BalasHapus
  19. Nama : Euis Endah Sulastri
    NPM : 13320016

    Jawaban
    1. komputer adalah alat yang berfungsi menerima dan memproses serta menampilkan data atau informasi sehingga sistem informasi berbasis komputer memiliki keunggulan diantaranya :
    a. Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    b. Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c. Mudah di akses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. Sangat mendukung keterbukaan informasi

    2. Perbedaan fungsi pelayanan puskesmas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan adalah :
    a. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).
    SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    - pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib ) diantaranya adalah
    upaya promosi kesehatan
    upaya kesehatan lingkungan
    upaya kesehatan ibu dan anak serta KB
    upaya perbaikan gizi masyarakat
    upaya pencegahan, pemberantaasan penyakit menular
    upaya pengobatan
    - pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersum berdaya masyarakat )
    - pelayanan upaya pengembangan

    b. fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.
    SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )


    3. aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    a) software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base
    b) Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    c) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    d) Deployment Server : Apache Web Server
    e) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    f) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  20. Nama : Leli Purnama Sari
    NPM : 13320057

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2. Fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan
    yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus
    bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care
    Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif.
    Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke
    bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih
    mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).
    sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang
    medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan
    serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang
    kesehatan.

    3. a)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  21. 1. jelaskan keunggulan sistem informasi berbasis komputer
    jawaban pada umumnya adalah :
    a. data yang diperoleh akan sama etri pertama (ditempat pelayanan)
    b. penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c. mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    sangat mendukungketerbukaan informasi (transparasncy )

    2. tuliskan perbedaan tentang fungsi pelayanan puskemas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan
    jawaban pada umumnya adalah :
    SIMPUS :
    a. informasi pengelola puskesmas
    b. kegiatan kegiatan puskesmas yang meliputi:
    ~ pelayanan dalam gedung (6 upaya wajib)
    ~ pelayanan luar gedung (ukbm=upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat)
    ~ pelayanan upaya pengembangan
    c. hasil hasil kegiatan puskesmas
    d. sarana dan prasarana puskesmas

    SIMRS :
    meliputi :
    a. informasi pengelola rumahsakit
    b. kegiatan kegiatan rumah sakit
    ~ pelayanan rawat jalan
    ~ pelayanan rawat inap
    ~ pelayanan penunjang (lab, rontgent, apotik, dsb)
    ~ pelayanan tindakan (kamar operasi )
    ~ pelayanan gawat darurat (emergency)

    3. tuliskan tentang macam macam aplikasi yang bisa digunakan untuk SIK
    jawaban pada umumnya adalah
    a. network :
    b. database
    c. software
    d. hardware

    BalasHapus
  22. Nama : Novia Andini Nasution
    NPM 13320038
    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  23. Nama : FEIBRI YANI
    Npm : 13320019

    1. Informasi yang didapat lebih akurat serta cepat, akses yang lebih mudah untuk pengguna yang membutuhkannya,sangat mendukung keterbukaan (transparancy), data yang diperoleh akan sama dengan entri pertama (di tempat pelayanan), mengurangi biaya administrasi
    2. puskesmas, digunakan untuk pelayanan dalam gedung,pelayanan luar gedung, pelayanan upaya pengembangan, sedangkan rumah sakit digunakan untuk pelayanan rawat inap, pelayanan rawat jalan, pelayanan penunjang, pelayanan tindakan, dan pelayanan gawat darurat.
    3. Software Riset Klinik
    -OpenClinica, software ini berbasis web berguna untuk manajemen data riset klinik.
    -Caisis, berguna untuk menjembatani antara riset klinik dan prakteknya dengan identifikasi masalah melalui dokumentasi data pasien
    -SOFA, Simulation Open Framework Architecture berguna untuk praktek riset untuk membantu mengembangkan algoritma baru dan dapat digunakan juga untuk alat prototype yang efisien.
    Aplikasi Kedokteran Gigi
    -Open Dental, sebelumnya dikenal dengan free dental adalah aplikasi yang dikembangkan secara open source menggunakan pemrograman C# untuk manajemen ahli gigi.
    -OpenMolar, program manajemen praktek dokter gigi seperti jadwal pertemuan, catatan pasien, billing, rencana perawatan dan lain-lain.

    Software Penanggulangan Bencana dan Penyakit
    -RODS, atau singkatan dari Real-time Outbreak and Disease Surveillance adalah sistem pemantau kesehatan publik yang dikembangkan oleh University of Pittsburg deteksi dini dan penanggulangan wabah / penyakit.
    -TriSano™, aplikasi pemantau kesehatan publik dan pencegahannya terhadap penyakit menular, bahaya lingkungan, serangan bioteroris dan lain-lain.

    Program Pencatat Sejarah Medis atau Rekam Medis
    -Ultimate EMR, program pencatar rekam medis yang kaya fitur dan lengkap untuk lembaga medis seperti puskesmas, apotek dan klinik.
    -ClearHealth, aplikasi penunjang manajemen praktek kedokteran dan EMR yang dilengkapi dengan demography, penjadwalan, catatan lengkap billing, manajeman penyakit dan sebagainya
    -MedClipse, program EMR lainnya yang membantu manajemen agenda, billing, manajemen data administratif dan medis, pemberian resep dokter, referal dan lainnya.
    Program Manajemen Rumah Sakit
    -Hospital OS, Sistem Informasi Rumah Sakit untuk rumah sakit menengah dengan kira-kira 100-200 tempat tidur
    -OpenMEDIS, program medis yang simple namun fleksibel dan cukup memenuhi standar untuk mengumpulkan data dan manajemen informasi yang cukup lengkap
    -Eureka, aplikasi yang berguna untuk manajemen shift kerja (pergantian shift kerja).
    -OpenVista, sistem manajemen rumah sakit yang lengkap dari mulai laboratorium, radiology, Farmasi, Dokumentasi klinik, gizi, CPOE dan lain-lain

    Sistem Informasi Laboratorium
    -YaNuCa, atau Yet another Nutricion Calculator berbasis web untuk kalkulasi gizi perawatan pasien intensif.
    -Bika LIMS, aplikasi ini merupakan aplikasi manajemen lab berbasis web yang lengkap

    BalasHapus
  24. Nama: Hernayuce Pokadona FP
    NPM: 13320025

    jawaban 
    1. - data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan )- penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional- mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan- sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )

    2._ SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat )
    C. pelayanan upaya pengembangan

    _SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inapc. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    D. pelayanan tindakan ( kamar operasi )e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3.aplikasi yg di gunakan untuk pembuatan SIK adalahsoftware yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  25. 1. keunggulan sistem informasi berbasis komputer yaitu :
    a. data yang diperoleh akan sama entri pertama ( ditempat pelayanan )
    b. penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c.mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. sangat mendukung keterbukaan informasi (transparancy)

    2. perbedaan fungsi pelayanan puskesmas meliputi :
    a. informasi pengelola puskesmas
    kegiatan-kegiatan puskesmas yang meliputi :
    -pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib)
    -pelayanan luar gedung ( ukbm = upaya kesehatan bersumber daya masyarakat)
    - pelayanan upaya pengembangan
    3.hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    sedangkan sistem informasi manajemen rumah sakit meliputi :
    1.informasi pengelola rumah sakit
    2. sistem kegiatan-kegiatan rumah sakit yang meliputi :
    - pelayanan rawat jalan
    - pelayanan rawat inap
    -pelayanan penunjang ( lab, rontjent, apotik dsb)
    - pelayanan tindakan (kamar operasi )
    - pelayanan gawat darurat (emergency)
    3. hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    3. macam -macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan sik yaitu :
    software yang digunakan mulai dari yang sederhana seperti : microsoft office, microsoft access, microsoft excel, microsoft word, dsb

    BalasHapus
  26. Nama :Sastria Handayani
    Npm :13320046
    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  27. NAMA : SUNARDI
    NPM : 13320047

    1 a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    >>. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    >> Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    >>. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base


    BalasHapus
  28. NAMA : JEMY SUNDORO
    NPM : 13320027

    1 a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    >>. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    >> Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    >>. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  29. NAMA: RIZKA EKA PUTRI
    NPM:13320044

    1. Sistem informasi berbasis komputer memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu:
    a. Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    b. Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c. Mudah di akses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. Sangat mendukung keterbukaan informasi

    2. Perbedaan fungsi pelayanan puskesmas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan yaitu:
    a. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).
    SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    - pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib ) diantaranya adalah
    upaya promosi kesehatan
    upaya kesehatan lingkungan
    upaya kesehatan ibu dan anak serta KB
    upaya perbaikan gizi masyarakat
    upaya pencegahan, pemberantaasan penyakit menular
    upaya pengobatan
    - pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersum berdaya masyarakat )
    - pelayanan upaya pengembangan

    b. fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.
    SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3. a) software yg digunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base
    b) Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    c) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    d) Deployment Server : Apache Web Server
    e) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    f) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  30. NAMA: ANISTI KURNIA SARI
    NPM: 13320007

    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.a)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  31. NAMA :IMAM MUNANDAR
    NPM : 13320026

    1 a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    >>. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    >> Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    >>. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  32. NAMA : ROUF FADIL MAHMUD
    NPM : 13320045

    1 a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    a. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    b. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    c. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    a. microsoft office access
    b. microsoft office excel
    c. microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  33. NAMA : FERDIAN MAHARDHIKA
    NPM : 13320020

    1. Informasi yang didapat lebih akurat serta cepat, akses yang lebih mudah untuk pengguna yang membutuhkannya,sangat mendukung keterbukaan (transparancy), data yang diperoleh akan sama dengan entri pertama (di tempat pelayanan), mengurangi biaya administrasi.
    2. puskesmas, digunakan untuk pelayanan dalam gedung,pelayanan luar gedung, pelayanan upaya pengembangan, sedangkan rumah sakit digunakan untuk pelayanan rawat inap, pelayanan rawat jalan, pelayanan penunjang, pelayanan tindakan, dan pelayanan gawat darurat.
    3. Software Riset Klinik
    -OpenClinica, software ini berbasis web berguna untuk manajemen data riset klinik.
    -Caisis, berguna untuk menjembatani antara riset klinik dan prakteknya dengan identifikasi masalah melalui dokumentasi data pasien
    -SOFA, Simulation Open Framework Architecture berguna untuk praktek riset untuk membantu mengembangkan algoritma baru dan dapat digunakan juga untuk alat prototype yang efisien.
    Aplikasi Kedokteran Gigi
    -Open Dental, sebelumnya dikenal dengan free dental adalah aplikasi yang dikembangkan secara open source menggunakan pemrograman C# untuk manajemen ahli gigi.
    -OpenMolar, program manajemen praktek dokter gigi seperti jadwal pertemuan, catatan pasien, billing, rencana perawatan dan lain-lain.

    Software Penanggulangan Bencana dan Penyakit
    -RODS, atau singkatan dari Real-time Outbreak and Disease Surveillance adalah sistem pemantau kesehatan publik yang dikembangkan oleh University of Pittsburg deteksi dini dan penanggulangan wabah / penyakit.
    -TriSano™, aplikasi pemantau kesehatan publik dan pencegahannya terhadap penyakit menular, bahaya lingkungan, serangan bioteroris dan lain-lain.

    Program Pencatat Sejarah Medis atau Rekam Medis
    -Ultimate EMR, program pencatar rekam medis yang kaya fitur dan lengkap untuk lembaga medis seperti puskesmas, apotek dan klinik.
    -ClearHealth, aplikasi penunjang manajemen praktek kedokteran dan EMR yang dilengkapi dengan demography, penjadwalan, catatan lengkap billing, manajeman penyakit dan sebagainya
    -MedClipse, program EMR lainnya yang membantu manajemen agenda, billing, manajemen data administratif dan medis, pemberian resep dokter, referal dan lainnya.
    Program Manajemen Rumah Sakit
    -Hospital OS, Sistem Informasi Rumah Sakit untuk rumah sakit menengah dengan kira-kira 100-200 tempat tidur
    -OpenMEDIS, program medis yang simple namun fleksibel dan cukup memenuhi standar untuk mengumpulkan data dan manajemen informasi yang cukup lengkap
    -Eureka, aplikasi yang berguna untuk manajemen shift kerja (pergantian shift kerja).
    -OpenVista, sistem manajemen rumah sakit yang lengkap dari mulai laboratorium, radiology, Farmasi, Dokumentasi klinik, gizi, CPOE dan lain-lain

    Sistem Informasi Laboratorium
    -YaNuCa, atau Yet another Nutricion Calculator berbasis web untuk kalkulasi gizi perawatan pasien intensif.
    -Bika LIMS, aplikasi ini merupakan aplikasi manajemen lab berbasis web yang lengkap.

    BalasHapus
  34. NAMA : NOKI APRIANES
    NPM : 13320036

    1 a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    >>. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    >> Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    >>. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  35. 1. Dengan adanya Sistem Informasi Berbasis Komputer; dapat memberikan informasi-informasi secara tepat dan cepat kepada semua khayalak, dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh data-data yang di perlukannya, data-data yang di dapatkan bisa menjadi referensi, dapat menambah wawasan kepada masyarakat umum, setiap detik informasi dapat di perbaharui dan akurat, serta dapat belajar lebih hemat dengan sistem informasi tanpa harus keluar rumah.
    2. # fungsi pelayanan puskesmas:
    1. informasi pengelolaan puskesmas
    2. kegiata puskesmas yang meliputi:
    > pelayanan dalam gedung (6 upaya wajib)
    > pelayanan luar gedung (UKBM= Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat)
    # fungsi pelayanan rumah sakit
    1. informasi pengelolaan rumah sakit
    2. kegiatan-kegiatan rumah sakit meliputi:
    > pelayanan rawat jalan
    > pelayanan rawat inap
    > pelayanan penunjang (lab, rontgen, apotik, dsb)
    > pelayanan tindakan (kamar opersi)
    > pelayanan gawat darurat
    3. aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    > microsoft office access
    > microsoft office excel
    > microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  36. 1. Jelaskan keunggulan sistem informasi berbasis komputer
    jawaban pada umumnya adalah :
    - data yang diperoleh akan sama etri pertama (ditempat pelayanan)
    - penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    - sangat mendukungketerbukaan informasi (transparasncy )

    2. Tuliskan perbedaan tentang fungsi pelayanan puskemas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan
    jawaban pada umumnya adalah :
    SIMPUS meliputi :
    a. informasi pengelola puskesmas
    b. kegiatan kegiatan puskesmas yang meliputi:
    - pelayanan dalam gedung (6 upaya wajib)
    - pelayanan luar gedung (ukbm=upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat)
    - pelayanan upaya pengembangan
    c. hasil hasil kegiatan puskesmas
    d. sarana dan prasarana puskesmas

    SIMRS meliputi :
    a. informasi pengelola rumahsakit
    b. kegiatan kegiatan rumah sakit
    - pelayanan rawat jalan
    - pelayanan rawat inap
    - pelayanan penunjang (lab, rontgent, apotik, dsb)
    - pelayanan tindakan (kamar operasi )
    - pelayanan gawat darurat (emergency)

    3. Tuliskan tentang macam macam aplikasi yang bisa digunakan untuk SIK
    jawaban pada umumnya adalah:
    -Network
    -Database
    -Software
    -Hardware

    BalasHapus
  37. Nama : yohana indah kurniawati
    npm : 13320053

    1. keunggulan sistem informasi berbasis komputer
    a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2 Perbedaan fungsi pelayanan
    .a.SIMPUS
    1.inforrmasi pengelolahan puskesmas
    2.kegiatan puskesmas yang meliputi
    a.pelayanan dalam gedung
    b.pelayan luar gedung(upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat)
    c.pelayanan upaya pengembangan
    3.hasi hasil kegiatan puskesmas
    4.sarana dan prasarana puskesmas

    b.SIMRS
    1.informasi pengelolahan RS
    2.kegiatan kegiatan rumah sakit yang meliputi
    a.pelayanan rawat jalan
    b.pelayanan rawat inap
    c.pelayanan penunjang(leb,rontgent,apotek,dsb)
    d.pelayanan tindakan(kamar oprasi)
    e..pelayanan gawat darurat(emergency)
    3.hasil kegiatan puskesmas
    4.sarana dan prasarana puskesmas

    3.macam-macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan SIK
    a.Network
    b.Database
    c.Software
    d.Hardware
    e.people
    f.procedur

    BalasHapus
  38. 1. Keunggulan Sintem Informasi Berbasis Komputer
    - Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    - Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - Mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    - Sangat mendukung keterbukaan informasi (transparancy)

    2. SIMPUS
    1. Informasi pengelola puskesmas
    2. Kegiatan - kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. Pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. Pelayanan luar gedung ( UKBM = Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat )
    c. Pelayanan upaya pengembangan
    SIMRS
    1. Informasi pengelola rumah sakit
    2. Kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. Pelayanan rawat jalan
    b. Pelayanan rawat inap
    c. Pelayanan penunjang ( Lab, Rontgent, Apotik, dsb )
    d. Pelayanan tindakan ( Kamar operasi )
    e .Pelayanan gawat darurat ( Emergency )

    3. Software yang dipergunakan bermacam - macam, mulai dari yang sederhana, yaitu Microsoft Office(Access, Excel, Word, dsb), maupun yang menggunakan program Data Base dan juga Script

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Zeswara Mega Faliandra SR
      NPM : 13320055

      Hapus
  39. Nama : Fadhila Ulfa
    NPM : 13320018

    Nama : Fadhila Ulfa
    NPM : 13320018

    1. Keunggulan SIBK :
    - Dapat memberikan informasi-informasi secara tepat dan cepat kepada
    semua khalayak.
    - Dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh data-data yang di
    perlukannya.
    - Data-data yang di dapatkan bisa menjadi referensi.
    - Dapat menambah wawasan kepada masyarakat umum.
    - Setiap detik informasi dapat di perbaharui dan akurat.
    - Dapat belajar lebih hemat dengan sistem informasi tanpa harus keluar
    rumah.

    2. Perbedaan fungsinya :
    - Pelayanan puskesmas : memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan
    kegiatan-kegiatan berikut ini :
    a. Mencatat dan mengumpulkan data baik kegiatan dalam gedung maupun
    luar gedung.
    b. Mengolah data.
    c. Membuat laporan berkala ke Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota.
    d. Memelihara bank data.
    e. Mengupayakan penggunaan data dan informasi untuk manajemen
    pasien dan manajemen unit puskesmas.
    f. Memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat dan
    pihak-pihak berkepentingan lainnya di wilayah kerjanya.

    - pelayanan rumah sakit : memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan
    kegiatan-kegiatan berikut ini :
    a. Memantau indikator kegiatan-kegiatan penting rumah sakit (penerimaan
    pasien, lama rawat, pemakaian tempat tidur, mortalitas, waktu tunggu
    dan lain-lainnya).
    b. Memantau kondisi finansial rumah sakit (cost recovery).
    c. Memantau pelaksanaan sistem rujukan.
    d. Mengolah data.
    e. Mengirim laporan berkala ke Dinas Kesehatan/ Pemerintah setempat.
    f. Memelihara bank data.
    g. Mengupayakan penggunaan data dan informasi untuk manajemen
    pasien dan manajemen unit rumah sakit.
    h. Memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat dan
    pihak-pihak berkepentingan lainnya di wilayah kerjanya.

    3. Aplikasi yang digunakan u/ pembuatan SIK :
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu,
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    *EWORS (Early Warning Outbreak Recognition System)

    BalasHapus
  40. NAMA : MU'AMMAR KHODDAFI
    NPM : 13320005

    1 a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    >>. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    >> Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    >>. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3. Aplikasi yang digunakan software yang digunakan mulai dari yang sederhana;
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word, dsb maupun yang menggunakan program data base

    BalasHapus
  41. 1. Jelaskan keunggulan sistem informasi berbasis komputer
    jawaban pada umumnya adalah :
    - data yang diperoleh akan sama etri pertama (ditempat pelayanan)
    - penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    - sangat mendukungketerbukaan informasi (transparasncy )

    2. Tuliskan perbedaan tentang fungsi pelayanan puskemas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan
    jawaban pada umumnya adalah :
    SIMPUS meliputi :
    a. informasi pengelola puskesmas
    b. kegiatan kegiatan puskesmas yang meliputi:
    - pelayanan dalam gedung (6 upaya wajib)
    - pelayanan luar gedung (ukbm=upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat)
    - pelayanan upaya pengembangan
    c. hasil hasil kegiatan puskesmas
    d. sarana dan prasarana puskesmas

    SIMRS meliputi :
    a. informasi pengelola rumahsakit
    b. kegiatan kegiatan rumah sakit
    - pelayanan rawat jalan
    - pelayanan rawat inap
    - pelayanan penunjang (lab, rontgent, apotik, dsb)
    - pelayanan tindakan (kamar operasi )
    - pelayanan gawat darurat (emergency)

    3. Tuliskan tentang macam macam aplikasi yang bisa digunakan untuk SIK
    jawaban pada umumnya adalah: Network, Database, Software, Hardware

    BalasHapus
  42. Nama : Lilis ariani
    NPM : 13320033

    1. Keunggulan Sintem Informasi Berbasis Komputer
    - Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    - Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - Mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    - Sangat mendukung keterbukaan informasi (transparancy)

    2. SIMPUS
    1. Informasi pengelola puskesmas
    2. Kegiatan - kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. Pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. Pelayanan luar gedung ( UKBM = Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat )
    c. Pelayanan upaya pengembangan
    SIMRS
    1. Informasi pengelola rumah sakit
    2. Kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. Pelayanan rawat jalan
    b. Pelayanan rawat inap
    c. Pelayanan penunjang ( Lab, Rontgent, Apotik, dsb )
    d. Pelayanan tindakan ( Kamar operasi )
    e .Pelayanan gawat darurat ( Emergency )

    3. Software yang dipergunakan bermacam - macam, mulai dari yang sederhana, yaitu Microsoft Office(Access, Excel, Word, dsb), maupun yang menggunakan program Data Base dan juga Scrip

    BalasHapus
  43. Nama : HERLIN
    Npm : 13320023


    1. a) data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan) artinya sesuai dengan yang sebenarnya.
    b) penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional artinya dapat memberikan informasi-informasi secara tepat dan cepat kepada semua khayalak.
    c) mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan artinya Data-data yang di dapatkan bisa menjadi referensi, Dapat belajar lebih hemat dengan sistem informasi tanpa harus keluar rumah, Dapat menambah wawasan kepada masyarakat umum.
    d) sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )artinya setiap detik informasi dapat di perbaharui dan akurat

    2. Perbedaan fungsi pelayanan puskesmas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan adalah :
    a. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).
    SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    - pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib ) diantaranya adalah
    upaya promosi kesehatan
    upaya kesehatan lingkungan
    upaya kesehatan ibu dan anak serta KB
    upaya perbaikan gizi masyarakat
    upaya pencegahan, pemberantaasan penyakit menular
    upaya pengobatan
    - pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersum berdaya masyarakat )
    - pelayanan upaya pengembangan

    b. fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.
    SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )


    3. aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    a) software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base
    b) Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    c) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    d) Deployment Server : Apache Web Server
    e) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    f) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Nama : Erika putri ningtyas
    NPM : 13320015

    Nama : Lilis ariani
    NPM : 13320033

    1. Keunggulan Sintem Informasi Berbasis Komputer
    - Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    - Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - Mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    - Sangat mendukung keterbukaan informasi (transparancy)

    2. SIMPUS
    1. Informasi pengelola puskesmas
    2. Kegiatan - kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. Pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. Pelayanan luar gedung ( UKBM = Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat )
    c. Pelayanan upaya pengembangan
    SIMRS
    1. Informasi pengelola rumah sakit
    2. Kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. Pelayanan rawat jalan
    b. Pelayanan rawat inap
    c. Pelayanan penunjang ( Lab, Rontgent, Apotik, dsb )
    d. Pelayanan tindakan ( Kamar operasi )
    e .Pelayanan gawat darurat ( Emergency )

    3. Software yang dipergunakan bermacam - macam, mulai dari yang sederhana, yaitu Microsoft Office(Access, Excel, Word, dsb), maupun yang menggunakan program Data Base dan juga Scrip

    BalasHapus
  46. nama : rachmad trisno w
    npm :13320040
    1. keunggulan sistem informasi berbasis komputer yaitu :
    a. data yang diperoleh akan sama entri pertama ( ditempat pelayanan )
    b. penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c.mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. sangat mendukung keterbukaan informasi (transparancy)

    2. perbedaan fungsi pelayanan puskesmas meliputi :
    a. informasi pengelola puskesmas
    kegiatan-kegiatan puskesmas yang meliputi :
    -pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib)
    -pelayanan luar gedung ( ukbm = upaya kesehatan bersumber daya masyarakat)
    - pelayanan upaya pengembangan
    3.hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    sedangkan sistem informasi manajemen rumah sakit meliputi :
    1.informasi pengelola rumah sakit
    2. sistem kegiatan-kegiatan rumah sakit yang meliputi :
    - pelayanan rawat jalan
    - pelayanan rawat inap
    -pelayanan penunjang ( lab, rontjent, apotik dsb)
    - pelayanan tindakan (kamar operasi )
    - pelayanan gawat darurat (emergency)
    3. hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    3. macam -macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan sik yaitu :
    software yang digunakan mulai dari yang sederhana seperti : microsoft office, microsoft access, microsoft excel, microsoft word, dsb

    BalasHapus
  47. nama : reni evilia eka putri
    npm : 13320042

    1. keunggulan sistem informasi berbasis komputer yaitu :
    a. data yang diperoleh akan sama entri pertama ( ditempat pelayanan )
    b. penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c.mudah diakses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. sangat mendukung keterbukaan informasi (transparancy)

    2. perbedaan fungsi pelayanan puskesmas meliputi :
    a. informasi pengelola puskesmas
    kegiatan-kegiatan puskesmas yang meliputi :
    -pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib)
    -pelayanan luar gedung ( ukbm = upaya kesehatan bersumber daya masyarakat)
    - pelayanan upaya pengembangan
    3.hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    sedangkan sistem informasi manajemen rumah sakit meliputi :
    1.informasi pengelola rumah sakit
    2. sistem kegiatan-kegiatan rumah sakit yang meliputi :
    - pelayanan rawat jalan
    - pelayanan rawat inap
    -pelayanan penunjang ( lab, rontjent, apotik dsb)
    - pelayanan tindakan (kamar operasi )
    - pelayanan gawat darurat (emergency)
    3. hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    3. macam -macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan sik yaitu :
    software yang digunakan mulai dari yang sederhana seperti : microsoft office, microsoft access, microsoft excel, microsoft word, dsb

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. NAMA : yulita hernanda
    NPM :13320054
    1. Keunggulan SIBK :
    - Dapat memberikan informasi-informasi secara tepat dan cepat kepada
    semua khalayak.
    - Dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh data-data yang di
    perlukannya.
    - Data-data yang di dapatkan bisa menjadi referensi.
    - Dapat menambah wawasan kepada masyarakat umum.
    - Setiap detik informasi dapat di perbaharui dan akurat.
    - Dapat belajar lebih hemat dengan sistem informasi tanpa harus keluar
    rumah.

    2. Perbedaan fungsinya :
    - Pelayanan puskesmas : memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan
    kegiatan-kegiatan berikut ini :
    a. Mencatat dan mengumpulkan data baik kegiatan dalam gedung maupun
    luar gedung.
    b. Mengolah data.
    c. Membuat laporan berkala ke Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota.
    d. Memelihara bank data.
    e. Mengupayakan penggunaan data dan informasi untuk manajemen
    pasien dan manajemen unit puskesmas.
    f. Memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat dan
    pihak-pihak berkepentingan lainnya di wilayah kerjanya.

    - pelayanan rumah sakit : memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan
    kegiatan-kegiatan berikut ini :
    a. Memantau indikator kegiatan-kegiatan penting rumah sakit (penerimaan
    pasien, lama rawat, pemakaian tempat tidur, mortalitas, waktu tunggu
    dan lain-lainnya).
    b. Memantau kondisi finansial rumah sakit (cost recovery).
    c. Memantau pelaksanaan sistem rujukan.
    d. Mengolah data.
    e. Mengirim laporan berkala ke Dinas Kesehatan/ Pemerintah setempat.
    f. Memelihara bank data.
    g. Mengupayakan penggunaan data dan informasi untuk manajemen
    pasien dan manajemen unit rumah sakit.
    h. Memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat dan
    pihak-pihak berkepentingan lainnya di wilayah kerjanya.

    3. Aplikasi yang digunakan u/ pembuatan SIK :
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu,
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    *EWORS (Early Warning Outbreak Recognition System)

    BalasHapus
  50. NAMA :Agus dedi utomo
    NPM :13320004

    1. Sistem informasi berbasis komputer memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu:
    a. Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    b. Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c. Mudah di akses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. Sangat mendukung keterbukaan informasi

    2. Perbedaan fungsi pelayanan puskesmas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan yaitu:
    a. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).
    SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    - pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib ) diantaranya adalah
    upaya promosi kesehatan
    upaya kesehatan lingkungan
    upaya kesehatan ibu dan anak serta KB
    upaya perbaikan gizi masyarakat
    upaya pencegahan, pemberantaasan penyakit menular
    upaya pengobatan
    - pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersum berdaya masyarakat )
    - pelayanan upaya pengembangan

    b. fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.
    SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3. Aplikasi yang digunakan u/ pembuatan SIK :
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu,
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Nama : khoirunnikma
    NPM 13320030
    1. a. Proses pengolahan data yang cepat
    b. Memiliki tingkat akurasi informasi yang tinggi
    c. Efesiensi sumberdaya manusia
    d. Kemudahan akses informasi

    2.fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service). sedangkan, fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.

    3.A)Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    b) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    c) Deployment Server : Apache Web Server
    d) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    e) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  53. Nama : kiki rizki fitriani
    Npm : 13320031

    1. Sistem informasi berbasis komputer memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu:
    a. Data yang diperoleh akan sama entri pertama (ditempat pelayanan)
    b. Penyampaian data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    c. Mudah di akses oleh pihak lain yang membutuhkan
    d. Sangat mendukung keterbukaan informasi

    2. Perbedaan fungsi pelayanan puskesmas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan adalah :
    a. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).

    sedangkan sistem informasi manajemen rumah sakit meliputi :
    1.informasi pengelola rumah sakit
    2. sistem kegiatan-kegiatan rumah sakit yang meliputi :
    - pelayanan rawat jalan
    - pelayanan rawat inap
    -pelayanan penunjang ( lab, rontjent, apotik dsb)
    - pelayanan tindakan (kamar operasi )
    - pelayanan gawat darurat (emergency)
    3. hasil-hasil kegiatan puskesmas
    4. sarana dan prasarana puskesmas

    3. macam -macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan sik yaitu :
    software yang digunakan mulai dari yang sederhana seperti : microsoft office, microsoft access, microsoft excel, microsoft word, dsb

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Nama : nike rahmawati
    Npm : 13320035

    1. a) data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan) artinya sesuai dengan yang sebenarnya.
    b) penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional artinya dapat memberikan informasi-informasi secara tepat dan cepat kepada semua khayalak.
    c) mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan artinya Data-data yang di dapatkan bisa menjadi referensi, Dapat belajar lebih hemat dengan sistem informasi tanpa harus keluar rumah, Dapat menambah wawasan kepada masyarakat umum.
    d) sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )artinya setiap detik informasi dapat di perbaharui dan akurat
    2. Perbedaan fungsi pelayanan puskesmas dan rumah sakit untuk keperluan sistem informasi kesehatan adalah :
    a. fungsi pelayanan puskesmas adalah mengembangkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan misinya. Pelayanan kesehatan tersebut harus bersifat menyeluruh atau yang disebut dengan Comprehensive Health Care Service yang meliputi aspek promotive, preventif, curative, dan rehabilitatif. Prioritas yang harus dikembangkan oleh PUSKESMAS harus diarahkan ke bentuk pelayanan kesehatan dasar (basic health care services) yang lebih mengedepankan upaya promosi dan pencegahan (public health service).
    SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    - pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib ) diantaranya adalah
    upaya promosi kesehatan
    upaya kesehatan lingkungan
    upaya kesehatan ibu dan anak serta KB
    upaya perbaikan gizi masyarakat
    upaya pencegahan, pemberantaasan penyakit menular
    upaya pengobatan
    - pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersum berdaya masyarakat )
    - pelayanan upaya pengembangan

    b. fungsi rumah sakit adalah
    1. Menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, pelayanan keperawatan, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pencegahan serta peningkatan kesehatan.
    2. Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medis dan paramedis.
    3. Sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan.
    SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )
    3. a) software yg digunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base
    b) Server Operating System : Debian atau Ubutu Linux atau INIX FreeBSD
    c) Client Operating System : Window XP/Linux all variant
    d) Deployment Server : Apache Web Server
    e) Programming Language : Java, PHP, Java Srcript, AJAX
    f) Database Engine : PostgreSQL

    BalasHapus
  56. nama: pambudi setia
    npm:13320039

    jawaban
    1. - data yang di peroleh akan sama entri pertama (di tempat pelayanan )
    - penyampain data lebih cepat dan akurat sampai tingkat nasional
    - mudah di akses oleh pihak lain yg membutuhkan
    - sangat mendukung keterbukaan informasi ( transparancy )

    2._ SIMPUS
    1. informasi pengelola puskesmas
    2. kegiatan kegiatan puskesmas yg meliputi :
    a. pelayanan dalam gedung ( 6 upaya wajib )
    b. pelayanan luar gedung ( UKBM = upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat )
    c. pelayanan upaya pengembangan
    _SIMRS
    1. informasi pengelola rumah sakit
    2. kegiatan - kegiatan rumah sakit yg meliputi :
    a. pelayanan rawat jalan
    b. pelayanan rawat inap
    c. pelayanan penunjang ( lab,rontgent,apotik,dsb )
    d. pelayanan tindakan ( kamar operasi )
    e .pelayanan gawat darurat ( emergency )

    3.aplikasi yg di gunakan untuk pembuata SIK adalah
    software yg di gunakan mulai dari yg sederhana yaitu :
    - microsoft office access
    - microsoft office excel
    - microsoft office word,dsb maupun yg menggunakan program data base.

    BalasHapus