MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Kamis, 28 November 2013

KEBIJAKAN JAMINAN KESEHATAN







































Setelah anda mempelajari seluruhnya maka jawablah pertanyaan dibawah ini :

  1. Berikan pendapat tentang apa kelemahan dari Jaminan Kesehatan Nasional tersebut
  2. Berikan saran perbaikan terhadap penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional kedepan

18 komentar:

  1. 1 kelemahan dari Jaminan Kesehatan Nasional
    - tidak semua masyarakat tahu tentang JKN, dalam hal ini perlu tindak lanjut sosialisasi megenai JKN hingga lapisan masyarkat bawah
    - Jumlah fasilitas kesehatan belum memadai sehingga program JKN masih diragukan keberhasilannya
    - Kesiapan pegawai BPJS yang belum mencukupi untuk melayani JKN di seluruh Indonesia

    2.perbaikan terhadap penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional kedepan
    - pemerintah harus segera merealisasikan anggaran minimal 10% dari APBN 2014 untuk pembangunan kesehatan di Indonesia. Pembangunan kesehatan diprioritaskan untuk peningkatan mutu fasyankes, SDK, dan pemerataan tenaga kesehatan ke seluruh pelosok negeri.
    - Peningkatan mutu fasyankes dan tenaga kesehatan harus berjalan sinergis dengan program JKN agar yankes adil, merata, efisien, terjangkau, berkeadilan.

    BalasHapus
  2. 1. - Kelemahan utama dan yang selalu terjadi adalah dimasalah pendataan, masalah
    data masyarakat yang berhak sebagai penerima bantuan iuran (PBI) atau tidak,
    sering terjadi salah sasaran seperti prog.jamkesmas
    - Kelemahan lain,prog.BPJS ini sifatnya wajib bagi seluruh masyarakat, tetapi
    belum ada aturan sanksi yang jelas untuk masyarakat yang menolak ikut serta
    menjadi anggota BPJS, misalnya dengan alasan sudah memiliki asuransi
    kesehatan lain.
    -. Dalam prog BPJS pelaksanaan pelayanan medis diharapkan sama terhadap
    semua anggota,kaya atau miskin, penentuan diagnosa dan pengobatan
    menggunakan INA CBGs, tetapi hal itu tentu akan sulit terlaksana karena belum
    semua tempat yankes dan nakes yang terstandarisasi, penyebaran tenaga
    dokter spesialispun belum merata.

    2. Saran :
    - Sosialisasi yang lebih gencar baik kepada masyarakat atauapun kepada nakes,
    karena masih sangat banyak masyarakat dan nakes yang belum tahu dan
    paham tentang prog. JKN/BPJS ini.
    - Siapkan pola atau cara pendataan yang lebih baik, belajar dari pengalaman prog
    jamkesmas yg banyak salah sasaran, mungkin bisa menggunakan tenaga yang
    independent.
    - Segera siapkan juklak dan juknis pelaksanaan JKN / BPJS, mengingat waktu
    yang tinggal 1 bulan lagi.
    - Lakukan pelatihan tenaga medis dan standarisasi tempat-tempat pelayanan
    kesehatan
    - Siapkan aturan perundang-undangan yang dapat mengikat dan mewajibkan
    seluruh lapisan masayarakat untuk mau terlibat dalam prog JKN ini

    BalasHapus
  3. 1.Kelemahan dari JKN yaitu bagaimana pendataan yang belum sempurna , kemudian dari segi sarana dan prasarana kesehatan yang ada,penyebaran tenaga kesehatan yang belum merata dan sosialisasi yang belum merata ketingkat bawah.
    2. saran
    terlebih dahulu pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan kemudian pemenuhan tenaga dokter dan dokter spesialis serta tenaga paramedis lainnya dan merangkul semua lini dalam rangka mensukseskan JKN

    BalasHapus
  4. 1. Kelemahan JKN .
    - Belum adanya pendataan yg tepat dr pemerintah untuk peserta PBI diindonesia
    - Kurangnya sosialisasi dr pihak terkait mengenai penting JKN untuk memotivasi masyarakat ikut serta dalam program BPJS di 1 januari 2014 nanti
    - Belum adanya edukasi kepada masyarakat untuk pembiayaan kesehatan yg akan jd anggota BPJS
    - Belum adanya standarisasi yg jelas untuk pelayanan di PPK tk 1 dan lanjutan, terkait dengam sistem rujukan yg berlaku
    - Belum adanya peraturan yg jelas bagi masyarakat yg menolak untuk menjadi anggota BPJS
    - Belum adanya sosialisasi kpd petugas kesehatan untuk standar pelayanan yg terbaik kpd masyarakat
    - Belum jelasnya UU iuran wajib yg harus dibayarkan oleh masyarakat kepada BPJS terkait dengan kelas yg diinginkan.

    2. Saran
    - Sosialisasi kepada masyarakat ttg pentingnya asuransi kesehatan, karena pembiayaam kesehatan yg semakin meningkat
    - Segera dibuatkan standar rujukan kepada PPK tk 1 dan standar pelayanan medis di PPK lanjutan

    BalasHapus
  5. 1. Kelemahan dari JKN
    a. tidak semua masyarakat tahu tentang JKN, dalam hal ini perlu tindak lanjut sosialisasi megenai JKN hingga lapisan masyarkat bawah.
    b. Kesiapan pegawai BPJS yang belum mencukupi untuk melayani JKN di seluruh Indonesia.
    c. Sifat dari program BPJS ini wajib bagi seluruh masyarakat, tapi
    belum ada aturan sanksi yang jelas untuk masyarakat yang menolak ikut serta
    menjadi anggota BPJS.
    d. Jumlah fasilitas kesehatan belum memadai sehingga program JKN masih diragukan keberhasilannya.
    2. Saran perbaikan terhadap penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional:
    a. Pemerintah harus segera merealisasikan anggaran minimal 10% untuk pembangunan kesehatan di Indonesia.
    b. Pembangunan kesehatan diprioritaskan untuk peningkatan mutu fasyankes, SDK, dan pemerataan tenaga kesehatan ke seluruh pelosok negeri.
    c. Peningkatan mutu fasyankes dan tenaga kesehatan harus berjalan sinergis dengan program JKN agar yankes adil, merata, efisien, terjangkau, berkeadilan.
    d. Pemerintah bisa melibatkan organisasi profesi seperti IDI, PDGI, PERSI, ASKLIN, dan organisasi sosial masyarakat jika JKN ingin sukses.

    BalasHapus
  6. Kelemahan JKN yaitu terjadinya salah data yang seharusnya tidak dapat pbi menjadi dapat, yang seharusnya dapat menjadi tidak dapat, banyak yang salah sasaran. Banyak juga masyarakat yang belum mengetahui apa itu jkn kurangnya sosialisasi.

    Perbaikan JKN, perbaiki pesertaan database agar tidak terjadi salah sasaran, perbanyak sosialisasi tentang jkn terhadap seluruh lapisan masyarakat.


    BalasHapus
  7. 1. Berikan pendapat tentang apa kelemahan dari Jaminan Kesehatan Nasional tersebut
    • Dijaminnya seluruh penduduk Indonesia oleh BPJS dengan jumlah peserta yang sedemikian banyak dipastikan akan banyak masalah yang menimbulkan menurunnya tingkat kepuasan peserta.
    • Semakin memanjakan kesadaran masyarakat Indonesia dibidang kesehatan karena masalah biaya kesehatan ditanggung negara.
    • BPJS akan memakan menyedot anggaran negara begitu besar sehingga akan menggangu pembangunan dibidang lainnya.
    • Penarikan iuran dari badan-badan usaha,pemda memerlukan koordinasi dan jaringan keuangan yang solid.
    • Pendataan peserta dalam jumlah besar memerlukan administrasi yang handal

    2. Berikan saran perbaikan terhadap penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional kedepan
    • Pertama, bahwa negara sudah mewujudkan amanat penderitaan rakyat sebagaimana termaktub dalam citc-cita Negara Proklamasi 17 Agustus 1945
    • Dengan terlaksananya BPJS diharapkan pelaksanaan dilaksanakan secara transparan tentang manfaat dan jaminan kesehatan harus diketahui seluruh peserta
    • Pelaksana menjalankan semua fungsi, mula dari edukasi,informasi,prosedur pelayanan sampai mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang bermutu
    • Pelaksanan BPJS harus dapat mengendalikan biaya dan pengendalian mutu, agar pelayanan kesehatan tepat guna dan bermutu.

    BalasHapus
  8. I. KELEMAHAN DARI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL:
    -Kelemahan utama yang sering terjadi adalah masalah pendataan karena data masyarakat yang layak sebagai penerima bantuan iuran (PBI) atau tidak,
    -Kelemahan lain,program BPJS tidak pada sasaran atau masyarakat
    belum ada aturan sanksi yang jelas untuk masyarakat yang menolak ikut serta
    menjadi anggota BPJS.
    -Jumlah fasilitas pelayanan kesehatan primer di Indonesia dinilai belum cukup untuk program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
    -kurangnya sarana kesehatan primer karena sarana kesehatan primer adalah puskesmas, klinik dokter keluarga, poliklinik swasta dan lain-lain. Sarana kesehatan ini merupakan ujung tombak dalam program JKN.

    II.SARAN:
    a. sosiaolisasi kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengerti apa yang dimaksud program JKN/BPJS tersebut.
    b.pelatihan tenaga medis sesuai dengan standar peleyanan kesehatan
    c.pendataan .

    BalasHapus
  9. 1.Berikan pendapat tentang apa kelemahan dari Jaminan Kesehatan Nasional tersebut ?

    a. Sosialisasi kepada masyarakat belum maksimal disetiap provinsi/kota sehingga masyarakat masih belum memahami JKN/BPJS Kesehatan.
    b. Belum tersebarnya informasi tentang JKN secara luas kepada masyarakat maupun sumber daya pelaksana (provider), khususnya di bidang kesehatan.
    c. Masih kurangnya tenaga medis dan fasilitas kesehatan, terutama di daerah tertinggal.

    2. Berikan saran perbaikan terhadap penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional kedepan ?

    a. Memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemberlakuan kebijakan mengenai JKN/BPJS
    b. Informasi yang disebarkan harus secara luas dan merata dari elemen provider sampai elemen paling bawah, yaitu masyarakat sebagai PBI dan Non PBI
    c. Menyediakan tenaga medis dan fasilitas yang lebih memadai sehingga dapat melayani masayakat lebih baik.

    BalasHapus
  10. 1.kelemahanya
    - Jumlah fasilitas kesehatan belum memadai sehingga program JKN masih sulit
    untuk berjalan secara maksimal
    - kelemahanlainya mengapa mesti adanya sanksi denda yang di berikan jika trjd
    keterlambatan pembayaran iuran bahkan sampai penghentian pelayanan kesh
    - banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang JKN

    2. Saran perbaikannya
    - sosialisasikan program bpjs ini ke seluruh anggota masyarakat
    - sebaiknya sanksi yg ada tidak di berlakukan
    - diadakannya pelatihan untuk tenaga medis
    - pemerataan fasilitas kesehatan

    BalasHapus
  11. 1. Kelemahannya :
    kurangnya infrastruktur di daerah, peralatan dan perlengkapan yang masih belum ada dan terdistribusi di daerah, kurangnya sumber daya manusia yang siap untuk melakukan pelayanan, universal akses yang masih menjadi hambatan terbesar, pengetahuan masyarakat mengenai BPJS,
    2. Saran :
    Dukungan untuk mengatasi tantangan dan kendala harus disikapi dengan kebijakan kesehatan yang hati-hati, cermat dan tepat,

    BalasHapus
  12. arwanti

    1.Kelemahan dari JKN yaitu bagaimana pendataan yang belum sempurna , kemudian dari segi sarana dan prasarana kesehatan yang ada,penyebaran tenaga kesehatan yang belum merata dan sosialisasi yang belum merata ketingkat bawah.
    2. saran
    terlebih dahulu pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan kemudian pemenuhan tenaga dokter dan dokter spesialis serta tenaga paramedis lainnya dan merangkul semua lini dalam rangka mensukseskan JKN

    BalasHapus
  13. 1. Kelemahan JKN .
    - Belum adanya pendataan yg tepat dr pemerintah untuk peserta PBI diindonesia
     - Kurangnya sosialisasi dr pihak terkait mengenai penting JKN untuk memotivasi masyarakat ikut serta dalam program BPJS di 1 januari 2014 nanti
    - Belum adanya edukasi kepada masyarakat untuk pembiayaan kesehatan yg akan jd anggota BPJS 
    - Belum adanya standarisasi yg jelas untuk pelayanan di PPK tk 1 dan lanjutan, terkait dengam sistem rujukan yg berlaku
    - Belum adanya peraturan yg jelas bagi masyarakat yg menolak untuk menjadi anggota BPJS
    - Belum adanya sosialisasi kpd petugas kesehatan untuk standar pelayanan yg terbaik kpd masyarakat
    - Belum jelasnya UU iuran wajib yg harus dibayarkan oleh masyarakat kepada BPJS terkait dengan kelas yg diinginkan.
    2. Saran 
    - Sosialisasi kepada masyarakat ttg pentingnya asuransi kesehatan, karena pembiayaam kesehatan yg semakin meningkat
    - Segera dibuatkan standar rujukan kepada PPK tk 1 dan standar pelayanan medis di PPK lanjutan

    BalasHapus
  14. 1. Pendapat saya ttg kelemahan JKN
    - Sosialisasi ttg JKN blm maksimal terutama bagi masyarakat yang jauh dari hubungan komunikasi.
    - Kepesertaan JKN yang wajib belum ada saksi yang jelas bagi yang tidak ikut JKN
    - Kepesertaan JKN hrs memiliki E-Ktp yang online dgn dukcapil tapi sampai saat ini msh byk masyarakat yg blm memilik E-Ktp.
    - Penunjukan fasilitas kesehatan baik faskes tk I ataupun lanjutan masih kurang mencukupi dengan jml peserta JKN.
    - Fasilitas bank bagi daerah terpencil untuk pembayaran premi bagi non pbi
    2.Saran :
    - Tingkatkan pengetahuan masyarakat ttg JKN dan manfaat JKN
    - Fasilitas Kesehatan hrs memadai
    - Dinas Dukcapil hrs online dan diharapkan masyarakat memiliki E Ktp yang bener2 terdaftar di dukcapil.
    - Kepesertaan PBI hrs sesuai dan tertuju.
    - Tenaga kesehatan hrs dipersiapkan dlm menyongsong BPJS




    BalasHapus
  15. 1.Kelemahan
    - Fasilitas kesehatan belum memadai sehingga program JKN masih diragukan keberhasilannya
    - Bagi Non PBI terbatasnya fasilitas bank untuk membayar premi khususnya di daerah terpencil

    2. Saran
    - Segera tetapkan premi
    - Perbanyak media pembayaran premi
    - Perbanyak PPK Tk.1 dan Tk.Lanjut
    - Tingkatkan kualitas mutu pelayanan

    BalasHapus
  16. 1. Kurangny sosialisasi kpda msyrkat awam atau yg kurang mampu,,kmdian pendataan yg tdak riil atau sesuai dgn data di lapangan sehingga membuat distribusi jkn tdk merata Dan tdk sesuai sasaran

    2.pendataan yg transparan Dan sesuai dgn keadaan lapangan..
    Promosi Dan penyulihan yg bnar2 bsa d mngerti Dan d trima olh msyarkt khususny msyrkt yg kurang mampu sbg penerima iuran

    BalasHapus
  17. 1. Kelemahan JKN
    - biasanya fasilitas terbatas
    - banyak nya masyarakat yang belum tahu tentang prosedur JKN
    - Bagi Non PBI terbatasnya fasilitas bank untuk membayar premi khususnya di
    daerah terpencil
    2. saran nya
    - Pelaksana menjalankan semua fungsi, mula dari edukasi,informasi,prosedur
    pelayanan sampai mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang bermutu
    - Promosi Dan penyulihan yg bnar2 bsa d mngerti Dan d trima olh msyarkt
    khususny msyrkt yg kurang mampu sbg penerima iuran
    - maksimalkan fasilitas untuk JKN

    BalasHapus
  18. Yeni Eka Firdaus NPM 12410079.P
    1. Kelemahan JKN
    - Sangsi hukum. pengumpulan dana BPJS akan bekerjasama dg 3 bank utk menerima pembayaran iuran, namun dpt dibayangkan sulitnya mengumpulkan dana iuran dari peseerta bila tdk ada sangsi hukum bagi yg telat atau tdk membayar iuran tepat waktu.
    - pendataan peserta, terutama untuk PBI, seperti sering terjadi belum adanya standar baku, atau sulitnya menetapkan seseoang yg benar benar berhak menjadi PBI, agar tidak terjadi salah sasaran penerima PBI.
    - kesadaran gotong royong masyarakat yng masih disangsikan, karena sifat JKN adl gotong royong, diharapkan bukan hanya yang menderita sakit terutama sakit kronis saja yg rajin membayar iuran, krn merasa membutuhkan. tapi tua muda ,sehat sakit, dan kaya miskin juga sadar membayar iuran JKN, utk kelangsungan pembiayaan JKN jangka panjang.
    - Sosialisasi SJSN yang masih kurang, belum mencapai pelosok
    - karena sifatnya universal coverage, hingga dipelosok negeri, pemerataan Faskes /nakes sbg tempatdan pemberi pelayanan kesehatan dan bank utk memmbayar iuran belum menjangkau hingga pelosok negeri.




    2. Saran untuk perbaikan JKn
    - Karena JKN hanya ada 2 jenis kepesertaan PBI dan Non PBI, dg iuran biaya yg murah, dpt menyebabkan angka kunjungan ke RS akan tinggi, yg dapat membuat RS menjadi Puskesmas raksasa. oleh karena itu penguatan di pelayanan primer atau dasar haruslah kuatgate keeper Consept adl solusi. bekerjasama dg pihak terkait khususnya kemenkes untuk melengkapi kekurangan tenaga, dan peralatan standar kesehatan ditingkat dasar dpt tercukupi, sehingga rujukan berjenjang dpat tercapai dg baik.
    -dibuatnya sangsi hukum yg jelas oleh pemerintah bagi yg tdk / terlambat membayar premi
    - kerjasama lintas sektoral, BPJS, Kemenkes, Dinas pendudukan dan capil, melibatkan puskesmas( tenaga kesehatan) dan tokoh masyarakat dalam penyedian data yang berhak mendapat PBi maupun valid terhadap data penduduk Non PBI.
    - pemerataan tenaga kesehatan maupun fasilitas kesehatan di seluruh negri. Bekerjasama dg kemenkes

    BalasHapus