MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Rabu, 20 Maret 2013

Elearning Manajemen Puskesmas : SISTIM PENGELOLAAN


Pengelolaan Puskesmas meliputi dari Perencanaan (P1), Pengorganisasian, Pelaksanaan Kegiatan (P2), Pemantauan, Pengawasan dan Penilaian (P3), dan elearning kali ini akan membahas tentang Pengelolaan Puskesmas dalam SYSTEM.


Unsur- unsur dalam Manajemen adalah Man, Money, Methode, Material’s, Machine dan manajemen dibutuhkan untuk mampu menjawab 6 (enam) pertanyaan, yaitu : 5 W dan 1 H.
Man, berarti Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan.
Money, meliputi pendanaan/anggara  yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas.
Methode/metode adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, Perencanaan juga merupakan salah satu methode.
Material adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motorpenggerak) dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
Machine adalah semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motorpenggerak.


Pengelolaan Puskesmas dapat digambarkan seperti gambar disamping ini, dimana P1 meliputi Perencaan Tingkat Puskesmas (PTP), P2 meliputi Kegiatan Puskesmas, Pencatatan, Pengelolaan keuangan, Pengelolaan Tenaga, sedangkan Lokakarya Mini Puskesmas dan Pemantauan sebuah kegiatan yang dimulai dari P2 sampai P3.
P3 meliputi Cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, Laporan Puskesmas, Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) ditambah Lokakarya mini dan Pemantauan.
Dalam pendekatan sistim setiap akhir dari suatu proses manajemen akan merupakan awal dari proses manajemen berikutnya.

Add caption
Pendekatan sistim meliputi Input (Masukan), Proses, dan Output (keluaran) dan sebuah sistim berjalan terus dimana Output merupakan salah satu Input untuk sistim berikutnya. Apabila sistim sudah berjalan dengan baik maka akan menghasilkan suatu Outcome (Hasil)

Selanjutnya adalah kitadiskusikan di forum ini tentang :
1. Apa penjelasan dari skema disebelah kiri ini.
2. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan input yang baik
3. Bagaimana caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan.
4. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target.

JAWABAN ANDA LANGSUNG DIKETIK DIKOLOM KOMENTAR.
MASING-MASING MAHASISWA WAJIB MEMBERI JAWABAN.




16 komentar:

  1. Balasan
    1. Silahkan langsung pelajari elearning diatas dan jawab pertanyaannya

      Hapus
  2. 1.suatu perencenaan kegiatan pelayanan kesehatan dengan meggunakan sistem manajemn agar mendapatkan hasil yang baik sesuai perencenaan.
    2.dgn cara melakukan perencanaan atau pengadaan 5 M yang baik..
    3.dengan adanya perencanaan yang baik mungkin tidak akan terjadi kesalahan.
    4.agar mendapatkan input yang baik sebaik nya menggunakan sistem yang sudah dipaparkan diatas yaitu dengan sistem P1 (PERENCANAAN), P2 (pengorganisassian dan pelaksanaan) dan yang terahir P3 (PEMANTAUAN, PENGAWASAN DAN PENILAIAN)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Skema diatas bukan hanya perencanaan saja
      2. bagaimana caranya pengadaan 5 M yang baik
      3. Perencanaan yang baik tidak menjamin pelaksanaannya baik juga

      Hapus
  3. 1. adalah suatu rancangan perencanaan manajemen kesehatan agar mendapat suatu yang memuaskan yang sesuai dengan perencanaan.
    2. adalah merancang suatu perencanaan dengan penggunaan 5W 1H.
    3. yaitu dengan merancang perencanaan tersebut dengan hati-hati, dan harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
    4. yaitu dengan input yang baik dan proses yang baik, yaitu dengan melihat 5w 1h nya, maka akan mendapatkan output yang maksimal dan sesuai dengan target, dan yang harus di perhatikan adalah kinerja dalam proses menejemen tersebut..

    BalasHapus
  4. 1. Apa penjelasan dari skema disebelah kiri ini.
    Jawab: Puskesmas sebagai salah satu institusi pelayanan umum pasti membutuhkan adanya system pengelolaan puskesmas yang akurat dan dapat diandalkan untuk meningkatkan pelayanan puskesmas bagi para pengguna (pasien) dan lingkungan terkait. Sistem pengelolaan puskesmas merupakan sistem pengelolaan manajemen proses dari pengelolaan puskesmas dengan menggunakan sistem manajemen yaitu, input (5M), proses (5W+1H), dan output dengan tujuan mendapatkan hasil input, hasil proses, dan hasil output yang baik sesuai harapan.
    2. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan input yang baik.
    Jawab: Dengan cara melakukan suatu perencanaan tingkat puskesmas misalnya, menentukan jumlah kuota dari 5M tersebut kemudian menyeleksi kelayakan dari 5M tersebut.
    3. Bagaimana caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan.
    Jawab: Dengan cara meningkatkan pelaksanaan P1 yang meliputi Kegiatan Puskesmas, Pencatatan Pengelolaan keuangan, dan Pengelolaan Tenaga kerja.
    4. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target.
    Jawab; Dengan cara meningkatkan pelaksanaan Lokakarya Mini Puskesmas dan Pemantauan sebuah kegiatan yang dimulai dari P2 sampai P3, sehingga output maksimalpun tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No 3 dan no 4 adalah melaksanakan pemantauan dan pengawasan dengan baik, sehingga setiap ada kesalahan akan terdeteksi dengan cepat

      Hapus
  5. 1. dalam sistim itu ada 5 unsur yang saling berhubungan dan saling berkaitan satu sama lain. semua unsur ini juga harus ada dan unsur ini juga diperlukan untuk menjawab semua pertanyaan (5W +1H) dalam sebuah manajemen.

    2. input yang baik itu berasal dan berawal/tergantung dari 5 unsur manajen.

    3. cara agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan adalah dengan memperhatkan dan teliti terhadap5W +1H dalam perencanaan tersebut.

    4. output yang maksimal dan baik itu tergantung tahap awal perencanaan kegiatan. mulai dari unsur nya, input dan proses perencanaannya harus diperhatikan dan diteliti dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2. bagaimana caranya agar mendapatkan 5 unsur manajemen yang baik
      3. dan 4. Meningkatkan Pemantauan dan pengawasan

      Hapus
  6. 2. dengan cara penyeleksian untuk mencari yang benar - benar sesuai dengan kriteria yang di butuhkan kemudia di lakukan pengawasan dalam seleksi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.misalnya kecurangan dalam menuliskan anggaran yang akan di gunakan
    3. harus adanya pengawasan dan controling dalam proses
    4. jika inputnya baik dan dalam prosesnya pun baik maka outputnya pun akan baik
    untuk mendapatkan output yang maksimal maka di dalam input dan proses harus benar-benar di rencanakan, di awasi dan di kontrol secara maksimal pula sehingga outputnya pun akan menjadi maksimal
    1. input (perencanaan)
    mengelolah Man, berarti Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan.
    Money, meliputi pendanaan/anggara yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas.
    Methode/metode adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, Perencanaan juga merupakan salah satu methode.
    Material adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motorpenggerak) dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
    Machine adalah semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motorpenggerak.
    proses untuk dapat menggerakan 5M dalam unsur manajemen adalah dengan menjawab pertanyaan 5W+1H
    kemudian dilakukan proses evaluasi untuk mencari tahu apakah hasil yang dibuat berhasil atau tidak

    BalasHapus
  7. 1. Apa penjelasan dari skema ?

    a) Input (masukan) yakni bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan yang diperlukan untuk dapat berfungsinya sistem tersebut. dapat berupa:
    • Man, berarti Sumberdaya Manusia, yaitu SDM yang akan terlibat dalam pengelolaan.
    • Money, meliputi pendanaan/anggara yang akan digunakan untuk pengelolaan program Puskesmas.
    • Methode/metode adalah semua acuan dan aturan yang akan digunakan dalam pengelolaan tersebut, Perencanaan juga merupakan salah satu methode.
    • Material adalah semua bahan yang terkait (tidak menggunakan mesin/motorpenggerak) dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya.
    • Machine adalah semua bahan yang terkait dengan pengelolaan puskesmas, meliputi : Gedung, Peralatan medis dan non medis, meubeler, alat tulis kantor, dan lain sebagainya, menggunakan mesin/motorpenggerak.

    b) Proses (process) yakni bagian atau elemen dari sistem yang berfungsi melakukan transformasi/konversi yakni mengubah masukan menjadi keluaran yang telah direncanakan dan bisa memnjawab pertanyaan 5W+1H dalam input (masukan diatas).

    c) Output merupakan hasil dari proses yang dicirikan dengan adanya nilai yang bertambah dari input yang diterima.

    P1 meliputi Perencaan Tingkat Puskesmas (PTP), P2 meliputi Kegiatan Puskesmas, Pencatatan, Pengelolaan keuangan, Pengelolaan Tenaga.
    • Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) adalah input (masukan) awal dalam merencanakan suatu kegiatan yang berupa Man, Money, Methode, Machine, Materials sebaik mungkin, agar di dalam proses melaksanakan kegiatan Puskesmas Lokakarya Mini, Pencatatan, Pelaporan Keuangan, dan Pengelolaan Tenaga bisa berjalan sesuai yang telah direncanakan sehingga nantinya bisa memperoleh ouput yang baik.

    2. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan input yang baik ?
    Cara mendapatkan input (masukan) yang baik adalah dengan perencanaan puskesmas, yaitu dengan cara analisa situasi (keadaan) puskesmas tersebut.

    3. Bagaimana caranya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kegiatan.
    Agar tidak terjasi kesalah dalam proses kegiatan, kita harus sering melakukan evaluasi dalam beberapa minggu (bulan) agar dapat meminimalisasi kesalahan yang akan terjadi kedepannya.

    4. Bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan Output yang maksimal sesuai dengan target.
    Dengan cara mengoptimalkan input dan proses yang telah direncanakan dalam proses kegiatan Puskesmas.

    BalasHapus