MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Selasa, 19 Maret 2013

ELEARNING KEMITRAAN -1

Pada elearning kali ini kita melanjutkan topik dari perkuliahan yang lalu, yaitu 3 (tiga) Prinsip kemitraan, 7 (tujuh) Landasan dan 6 (enam) Langkah.

Kuliah yang lalu kita sudah membahas 3 prinsip dan 7 landasan, dan kali ini akan dibahas 6 Langkah.

Langkah 1 adalah PENJAJAKAN.
Langkah ini untuk menjajaki para calon mitra yang akan diajak kerjasama untuk suatu Tujuan Kemitraan Kesehatan.
Beberapa hal yang harus dilakukan adalah :
1.      Mencari tahu organisasi apa saja yang akan kita ajak.
2.      Mengetahui apa yang menjadi Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari masing- masing organisasi tersebut, misal untuk kemitraan Posyandu :
a.      Camat mempunyai Tupoksi sebagai koordinator dan penanggung jawab pembangunan di Kecamatan (cocok kita ajak bermitra),
b.      UPT Dinas Pendidikan tupoksinya sebagai penyelenggara pendidikan baik di sekolah maupun luar sekolah (cocok kita ajak bermitra),
c.       Dan lain sebagainya.
3.      Setelah tahu tupoksinya dari masing-masing calon mitra maka kita kaji manfaat apa yang akan kita tawarkan  BAGI CALON MITRA, agar yang bersangkutan mau diajak bermitra.
Langkah ke-1 ini adalah untuk memenuhi Landasan 1 (Stucture) dan 2 (Capacity).

Langkah 2 adalah PENYAMAAN PERSEPSI.
Disini kita mengundang para calon mitra untuk menawarkan kemitraan, dengan menjelaskan secara rinci tentang :
1.      Tujuan yang akan dicapai
2.      Manfaat kemitraan (keuntungan bagi masyarakat dan masing- masing mitra)
3.      Resiko yang mungkin akan dihadapi bersama.
Pada langkah ini dituntut kemampuan kita untuk berkomunikasi, lobi, dan menarik perhatian calon mitra.

Langkah 3 adalah PENGATURAN PERAN.
Pengaturan peran hanya di konsep kesehatan saja, secara tertulis (formal) adalah tertulis Peran/Tugas masing- masing anggota mitra.
Ada 7 Peran untuk anggota mitra, yaitu :
1.      Inisiator : memprakarsai kemitraan dalam rangka sosialisasi dan operasionalisasi Indonesia Sehat
2.      Motor/dinamisator : sebagai penggerak kemitraan, melalui pertemuan, kegiatan bersama dsb
3.      Fasilitator : memfasilitasi, memberi kemudahan sehingga kegiatan kemitraan dapat berjalan lancar
4.      Anggota aktif :  berperan sebagai anggota kemitraan aktif
5.      Peserta kreatif : Sebagai peserta kegiatan kemitraan yang kreatif
6.      Pemasok sumber daya : memberi masukan tehnis (Program kesehatan)
7.      Dukungan sumber daya :  memberi dukungan sumber daya sesuai keadaan, masalah, dan potensi yang ada

Ketujuh peran tersebut akan dijelaskan tersendiri pada kuliah berikutnya.


Langkah 4 adalah KOMUNIKASI INTENSIF
Hal ini dilakukan untuk menjaga kesepakatan yang telah dicapai, dan untuk mengetahui apa ada masalah yang dihadapi oleh masing- masing anggota mitra, sehingga bisa pecahkan bersama.

Langkah 5 adalah MELAKSANAKAN KEGIATAN.

Setelah Kesepakatan Kemitraan sudah disetujui oleh anggota Mitra, maka kita menyusun rencana kerja kemitraan dan pelaksanaan kegiatan bersama dengan  anggota Mitra. Prinsip dari pelaksanaan kemitraan adalah seluruh anggota Mitra yang telah diberi peran harus ikut serta dalam pelaksanaan.

Langkah 6 adalah PEMANTAUAN DAN PENILAIAN.

Pemantauan dan penilaian sudah harus masuk dalam rencana kerja kemitraan, sehingga dalam pelaksanaannya sudah ada kesepakatan tentang : Indikator penilaian

Setelah anda mempelajari 6 langkah tersebut diatas, maka selanjutnya kita mencoba menaplikasikan dalam contoh kegiatan berikutnya, 
silahkan klik disini untuk melihat contoh kegiatan kemitraan




96 komentar:

  1. Setelah membaca teori diatas maka berikan komentar untuk mengetahui tingkat pehaman anda.

    BalasHapus
  2. Komunikasi yang efektif perlu dilakukan dalam membangun kemitraan. Dalam membangun kemitraan perlu diketahui hal-hal yang perlu dilakukan seperti: bersiskusi untuk menyatukan persepsi, memahami sumber daya yang ada, dan lainnya agar terbentuknya kemitraan yang efektif.

    BalasHapus
  3. Selamat malam pak farich, saya restika putri setelah membaca teori 6 Langkah diatas saya mnjadi sedikit banyak tahu bagaimna step-step untuk bermitra, jika kita ingin bermitra harus melakukan langkah2 penjajakan agar kita dapat mengetahui tujuan dari calon mitra kita, agar mendapatkan persepsi yang sama dengan calon mitra kita untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari,kita harus mengetahui peran/tugas guna membuat keefektifan sebuah organisasi.dan agar tidak terjadi adanya "miss comunication" hrus tetap slalu menjaga komunikasi yg intensif gunanya juga agar kita dan calon mitra tetap satu tujuan kokoh tidak ada yang diubah,dan setelah kita dan calon mitra satu persepsi dan satu tujuan yang sama mulailah dilaksanakan bersama-sama sesuai dengan peran/tugas yang telah disepakati bersama.setelah smuanya terlaksana harus adanya evaluasi goal dengan adanya pemantauan dan penilaian yang sesuai dengan SOP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya pak, didalam suatu kemitraan pasti ada masalah/kendala karena itu kita dalam bermitra harus memiliki kepercayaan terhadap calon mitra kita, bagaimana jika kita tidak percaya dengan calon mitra tetapi kita memang harus bermitra dengan mereka.bagaimana sikap yang kita harus lakukan.

      Hapus
    2. Itu yang harus dihindari, jangan sampai kita yang memulai tidak percaya. karena saling mempercayai itu SYARAT KEMITRAAN, jadi kalau sudah tidak rasa percaya maka pasti tidak bisa berjalan baik kemitraannya

      Hapus
  4. ass pak,saya nirmala setelah membaca langkah2 kemitraan ,saya menjadi tahu langkah2 yang benar dalam bermitra agar tidak salah untuk mencapai suatu tujuan,langkah2 yang terdiri dari penjajakan,persamaan persepsi,pengaturan peran,komunikasi intensif,melaksanakan kegiatan,pemantauan dan penilaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak,,pada langkah 6 ada indikator penilaian,,penilaian seperti apa pak agar kemitraan bisa mencapai tujuan dan sesuai dengan langkah2 tersebut ??

      Hapus
    2. Indikator dibuat atas kesepakatan bersama untuk mengukr keberhasilan kemitraan

      Hapus
  5. Ass,.. wr wb,..
    Selamat Malaam bpk,..
    Setelah saya membaca materi diatas ternyata masih banyak hal2 penting yang saya lewatkan,..
    ternyata bermitra itu tidak gampang, apalagi saya bekerja di puskesmas, dan kebetulan memegang program,.. mdah2an materi diatas bs membantu saya dalam menjalankan kegiatan yang melibatkan bebeerapa institusi,.. tetapi saya masih blm bisa meyakinkan untuk sekolah2 yang bernotabene Swasta,.. mudah2an saya bisa menjadi calon mitra yang baik,..dengan dukungan dari lintas sektoral yang memadai,..

    BalasHapus
  6. selamat mlam pak farich

    Setelah saya membaca teori-teori kemitraan saya sudah sedik memahami dan tahu langkah-langkah dalam bermitra.tentunya menuju mitra yang lebih efektip dan ini sangt bermanfaat terimakasih bapak atas iformasinya


    Regards'
    SUSANTI (12410075)
    FKM UNIMAL
    Susantisanti89@gmail.com

    BalasHapus
  7. Heriyani 12410049.P ass,wr wb pak setelah membaca materi di atas ternyata memang dalam melakukan. Kemitraan banyak hal yg harus kita lakukan diantaranya prinsip2 dan landasan yg harus kita terapkan dalam melakukan kemitraan untuk tercapainy suatu tujuan bersama

    BalasHapus
  8. Ass pak farid..
    terima kasih atas perkuliahan Kemitraan pd malam hari ini..
    Materi malam ini cukup membantu kami utk mengetahui bagaimana cara utk bermitra.. mungkin kata "kemitraan" tidak hanya dpt di artikan utk bermitra usaha saja, kemitraan jg dpt dilaksanakan pada dunia pekerjaan kita, dimana dalam dunia kerja kita juga banyak bermitra dg org banyak..
    Menyambung dg perkuliahan Manajemen Puskesmas,pd mata kuliah Kemitraan ini jg sangat terkait dimana kita dalam dunia bekerjaa melakukan Kemitraan dgn lintas program ataupun lintas sektoral.. Sebagai salah satu contohnya adlh kita yg bekerja di dunia kesehatan, Dinas Kesehatan akan bermitra dg unit pelaksana teknis nya yaitu Puskesmas, dan puskesmas akan bermitra dg Bidan desa dan aparat kampung di sekitar.. Untuk melaksanakan kegiatan2 yg ada tentu rantaian kemitraan ini harus terjaga dan terlaksana dg baik..dan langkah2 Kemitraan ini sangat baik utk dilaksanakan dan diterapkan pd masing2 substani kerja kita (red. Kesehatan)..
    dimana utk menyukseskan Program kita, maka kita perlu mengetahui syp rekan mitra kita, tujuan apa yg akan kita capai pd Program ini..serta saat pelaksanaan Kemitraan telah dilaksanakan, perlu dilakukan Evaluasi kegiatan kemitraan tsb.

    BalasHapus
  9. assalammualaikum wr wb..
    malam Pak Farich!

    dari apa yang saya baca mengenai 6 langkah kemitraan, saya dapat memahami bahwa ternyata di dalam konsep kemitraan sangat dibutuhkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman antara lintas sektor. karena apa yang saya alami di lapangan sering terjadi miss komunikasi karena tidak adanya standar operasional prosedur sehingga saling mengandalkan satu sama lain. hal ini terjadi ketika ada lomba UKS antar sekolah. terimakasih atas pengetahuan tentang ilmu kemitraan yang bapak sampaikan.

    BalasHapus
  10. Malam Pak Saya RONALD...

    Setelah membaca materi bapak tentang kemitraan diatas..
    saya masih kurang faham mengenai beberapa hal dalam membentuk suatu kemitraan lintas sektor oleh puskesmas.
    di lapangan sering ditemui faktor-faktor yang mempengaruhi kerjsasama lintas sektor yang meliputi anggaran, peraturan, komunikasi, komitmen, peran, dantanggung jawab.
    contohnya untuk UKS, masalah anggaran sering menjadi kendala puskesmas dalam membentuk kerjasama.
    Pengendalian melalui manajemen lingkungan memerlukan kejelasan yang efektif antara sektor klinis, kesehatan lingkungan, perencanaan pemukiman, institusi akademis,dan masyarakat setempat.

    bagaimana cara kita menyikapi dan mnyeasatinya agar hal tersebut dapat di atasi??

    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemitraan bukan berarti seluruh biaya ditanggung kesehatan, justru dengan mengetahui tupoksi dan kapasitas anggota mitra maka kebutuhan biaya bisa diatasi bersama, dengan catatan penyatuan persepsi sudah tercapai.

      Hapus
    2. baik pak, sekarang saya mengerti..
      terimakasih atas jawabannya..mudah2n hal tersebut dapat diterapkan bersama oleh kedua belah pihak, baik puskesmas maupun pihak sekolah dalam menjalankan program UKS.

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum
    Materi kemitraan ini sangat membantu saya dalam bekerja di dinas kesehatan provinsi yang harus membangun kemitraan dengan segala pihak agar tujuan kesehatan tercapai. menurut saya kunci utama terletak di penyamaan persepsi karena di tahap itu sangat menentukan apakah kemitraan dapat terlaksana atau tidak. advokasi yang baik, menarik, terarah, terukur dan jelas dapat menarik perhatian mitra yang ingin kita ajak bermitra. selanjutnya jika kemitraan berhasil terjalin maka setahap demi setahap tujuan bersama yang ingin kita capai akan terlaksana.

    BalasHapus
  12. Ass..
    Terimakasih atas materi yang telah disampaikan, stelah saya membaca page materi perkuliahan yang bapak sampaikan, saya menjadi tahu apa penting nya kemitraan dan bagaimana cara untuk bermitra yang baik. Dalam kehidupan sehari-hari tentu kemitraan tdk terlewatkan dan kita akan selalu bermitra dengan orang-orang disekitar kita. Maka penting untuk itu kita mengetahui manfaat-manfaat dalam bermitra. apalagi kita sebagai calon-calon seorang surveilens.
    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya Pak,d dalam kemitraan it kan tidak selalu berjalan dengan lancar,bagaimana supaya dalam kita melakukan kemitraan,masing-masing pihak tidak merasa berat sebelah dalam menjalankan kemitraan tsb..??
      Mhn penjelasanny.

      Hapus
    2. Memang betul tidak setiap kemitraan bisa berjalan dengan mudah, kita harus selalu mengkaji dilangkah mana yang belum berhasil maka langkah itu yang diperbaiki, misal kendalanya di langkah penyamaan persepsi, maka kita masuk kembali ke langkah itu untuk terus berusaha menyamakan persepsi.

      Hapus
    3. terimakasih atas penjelasannya Pak,jadi persepsi adalah hal yang paling pnting dalam suatu kemitraan.

      Hapus
    4. saya sangat setuju pak,menyamakan 2 atau lebih persepsi dalam membangun kemitraan tentu sangat sulit,namun itulah tantangan dr sebuah kemitraan,dibutuhkan lobi-lobi dan negosiasi untuk mencari jln keluarnya sehingga tidak ada pihak yg merasa dirugikan dan kemitraan bsa berjalan dengan lancar

      Hapus
  13. ass Pak Farid Setelah membaca materi kuliah kemitraan ini, saya menyadari ternyata dalam mencapai suatu tujuan khususnya program kesehatan perlu adanya dukungan dari berbagai pihak.Tujuan tidak akan tercapai apabila kegiatannya kita kerjakan sendiri.
    Dalam materi ini saya banyak mendapat pengetahuan bagaimana mencari mitra yang tepat serta cara - cara agar pihak yang akan kita ajak bermitra mau dan merasa punya kepentingan dalam kegiatan yang akan kita lakukan, serta pada akhirnya juga dapat mengevaluasi peran mitra yang kita ajak bekerja sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menyambung dengan komentar kak Ricko,.. bermitra memang akan sangat bermanfaat bagi kita maupun bagi sektor lain yang terkait,..

      akan tetapi untuk menumbuhkan rasa kemitraan yg efektip dan memiliki rasa yang tinggi itu susah,..

      seperti POSYANDU, mereka (masyarakat) hanya mengetahui kalau POSYANDU itu milik Puskesmas,.. instansi lain sprti pertanian, peternakan dll tidak memiliki,..

      Hapus
    2. Persepsi itu yang mulai sekarang harus kita rubah, dengan lebih giat menjelaskan dan mengajak instansi atau pihak lain untuk terlibat dalam posyandu, serta tidak menempatkan diri kita di peran yang merasa paling penting dalam kegiatan posyandu tsb

      Hapus
  14. Penjelasannya yang sangat rinci dan bear-benar dapat di jadikan untuk acuan menajalin kemitraan dengan baik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan , karena dalam setiap langkah sudah di jelaskan dengan baik . Tidak ada hal yang di takutkan lagi untuk menjalin kemitraan dengan siapapun, karena sudah mempunyai dasar yang kuat.jadi PD ...

    membutuhkan waktu berapa lama atau efektif waktu yang dibutuhkan untuk melakukan langkah-langkah tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa lama waktunya tergantung kepada kemampuan kita untuk melakukan langkah-langkah tersebut, tetapi makin sering kita menerapkan langkah-langkah kemitraan tsb, maka makin lancar dan makin cepat waktunya

      Hapus
    2. bagaimana dengan program yang sudah kita buat pada POA,.. tetapi kita bermasalah dengan adanya KLB bagaimana dengan penyelesaian program yang lain, karena mau tidak mau kita akan berbenturan jam pak???

      Hapus
    3. Ada beberapa strategi yaitu :
      1. Setiap pembuatan POA harus memperhatikan faktor KLB (Force Major), terutama waktu melakukan analisa prioritasnya
      2. KLB kita rancang terpisah, sebagai program tersendiri (cadangan)
      3. Pada saat terjadi diluar perkiraan kita, maka segera lakukan RESCHEDULE, atau perencanaan ulang

      Hapus
    4. iya pak,.. akan tetapi pada saat adanya KLB pasti adanya tekanan dari sektor lain,.. apabila kita terlambat bertindak, kita akn bermasalah dg
      PERS???

      Hapus
    5. Langkah kemitraan adalah memudahkan kita untuk membentengi tekanan-tekanan dari luar, kalau kita sudah punya tim kemitraan penanggulangan KLB maka biasanya yang bertugas pers release adalah Kecamatan bukan kita. Jadi Sedia payung sebelum hujan dengan bentuk kemitraan penanggulanagn KLB

      Hapus
    6. iya pak,.. akan tetapi, di puskes saya mungkin di beberapa tempat Kesehatan selalu jd bahan tuk POLITIK,.. jd program2 yang menurut puskesmas itu penting terkadang berbenturan dengan program2 dr POLITIK,..bagaimana menanggulangi atau mensiasati program2 seperti MDGs,KLB, dll

      Hapus
  15. saya sependapat dg Dwiastuti widyaningrum,.. untuk menjalin suatu kemitraan yang baik, dibutuhkan berapa lama?? soalnya saya di puskes harus bermitra (bekerja sama) dengan sekolah2 (UPT Pendidikan), yayasan2 seperti Pondok pesantren???

    BalasHapus
  16. Ass. pak, selamat malam ...
    Setelah membaca materi dari bapak, ternyata untuk membangun suatu kemitraan itu membutuhkan langkah2 tertentU to pak... tak sesederhana yang saya bayangkan selama ini.

    BalasHapus
  17. saya setuju dg apa yg bapak sampaikan..
    tujuan bermitra adlh utk membantu kita dalam melaksanakan kegiatan atau program..bukan hanya dalam pembiayaannya saja namun dalam pelaksanaan teknis nya juga..
    dimaana seperti dalam kegiatan di Dinas Kesehatan, belum tentu org dinas kesehatan tau akan keadaan lapangan (red. Desa)..saya salah satu nya blm terlalu banyak mengetahui akan keadaan lapangan tmpt saya bekerja, oleh sebab itu bantuan atau bermitra dg pihak puskesmas dan bidan desa setempat perlu terjalin, dan harus tetap mengingat tujuan yg akan di capai bersama dlm kegiatan atau program tsb..

    BalasHapus
  18. Sebuah langkah sistematis yang dapat diaplikasakan di dunia kerja,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sepakat dengan andri, hal tersebut diatas harus kita jadikan acuan dan pegangan kita dalam menjalankan kegiatan-kegiatan di institusi.

      Hapus
    2. saya setuju bung dengan anda....(^_^)/

      Hapus
    3. menurut saya tidak hanya d institusi, tp di kehidupan bermasyarakat juga..

      Hapus
    4. menurut bung joni bagaimana tentang materi ini? tolong bantu saya jelaskan dan terangkan...

      Hapus
    5. menurut saya langkh2 diats bukn hanya bisa diaplikasikan didunia kerja saja, tetapi melainkn diseluruh aspek kehidupan.:)

      Hapus
  19. Pak saya ingin bertanya, Bagaimana jika dalam pelaksanaan Kemitraan, terjadi suatu perselisihan atau ketidak samaan tujuan kembali ??
    sedangkan kegiatan tsb sdh dalam pelaksanaannya..?
    apakah kita hrs menghentikannya di tengah perjalanan kegiatan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berhenti, tetapi kita kembali kepada langkah-langkah sebelumnya, misal kembali ke persamaan persepsi lagi untuk meyakinkan anggota mitra tersebut

      Hapus
    2. mgkn bs melaksanakan Perencanaan Ulang seperti yg bpk sampaikan di pertanyaan Wisnu??
      apakah jika kita melaksanakan Perencanaan Ulang, tdk akan mengganggu pelaksanaan kegiatan yg sdh setengah berjalan itu td pak?

      Hapus
    3. Menurut saya target waktu dan target pencapaian hasil kegiatannya juga perlu ditinjau ulang agar sesuai dengan perencanaan yang baru

      Hapus
  20. asalam...

    setelah ssaya membaca materi kemitraan, saya memahami bahwa agar mencapai tujuan dan kerja sama yang baik dalam bermitra diperlukan langkah-langkah yang meliputi prinsip dan landasan kemitraan, sebagai strategi agar calon mitra mau diajak bermitra.

    wassalam

    BalasHapus
  21. Ass,.. wr wb,..
    Selamat Malaam bpk,..
    Setelah saya membaca teori-teori kemitraan yang bapak berikan untuk menghasilkan kemitraan yg efisien dan efektif maka kita harus memenuhi langka-langka nya seperti:
    1. penjajakan
    2. penyaman persepsi
    3. pengaturan peran
    4. komunikasi intensif
    5. melaksanakan kegiatan
    6. pemantauan dan penilaian
    maka akan terciptalah suatu kemitraan yang efektif.

    BalasHapus
  22. mengomentari pertanyaan mbak Indah oktavioni, berarti ada masalah dengan komunikasi intensifnya, nah ada trik atau strategi tidak pak agar komunikasi intensif ini berjalan baik sehingga tidak mengganggu kegiatan yang sedang berjalan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi intensif adalah meningkatkan komunikasi antara kita dengan anggota mitra, yang dilakukan dengan frekuensi yang sering. Syarat dari komunikasi intensif ini jangan sampai ada kesan menggurui, atau membedakan seolah satu pihak lebih tinggi dari yang lainnya.

      Hapus
  23. selamat malam pak, setelah membaca 6 langkah kemitraan saya menjadi banyak tahu bahwa dalam kemitraan tahap awal adalah penjajakan kepada calon mitra supaya mengetahui tufoksi dari yang kita ajak bermitra. komunikasi yang intensif ternyata penting dilakukan supaya jika ada masalah cepat terselesaikan. ternyata bermitra tidak hanya di dunia bisnis saja pada program kesehatan juga harus bermitra..

    BalasHapus
  24. assalamualaikum pak...
    makasih pak materi kuliah elearning kemitraannya...
    tp pak ini saya baru bisa buka...
    Kendalanya kami dikrui signalnya agak lelet pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...maaf pak joni, untuk permasalahan signal yang anda alami, mohon sebelum elearning dimulai pak joni segera menghubungi saya, saya punya signal portable untuk bapak bawa pulang dengan cuma-cuma..
      trims...

      Hapus
  25. Evan Sunarya, 12410042.P
    Saya tertarik dengan langkah ke 2 dari kemitraan yaitu PENYAMAAN PERSEPSI.
    Tanpa mengurangi nilai dari dua langkah lainnya menurut saya langkah ke 2 ini merupakan langkah terpenting, sebab setiap individu atau provider pasti memiliki kepentingan masing-masing sehingga berpotensi menimbulkan konflik saat kepentingan tersebut berbenturan. Dalam langkah ini setiap kepentingan-kepentingan tersebut disamakan dan jika tidak dapat disamakan minimal dapat dicarikan jalan tengahnya sehingga tidak merugikan pihak manapun.
    Selain itu pada saat tersebut juga kita dapat saling tukar fikiran tentang masalah yang kemungkinan akan timbul saat program tersebut dijalankan dan solusi apa yang sebaiknya disiapkan jika masalah tersebut benar-benar terjadi atau bahkan tindakan pencegahan yang dapat diusahakan sbelumnya.

    BalasHapus
  26. bapak, bagaimana dengan POA yang sudah terprogram dengan prioritas MDGs??? didalamnya kita menggunakan dana yang sudah terencana,..

    nah, didalam hal bermitra, apabila ada hal2 yang terjadi Seperti KLB dan dana tersebut tidak memadai atau melebihi dari dana yg ada bagaimana dg program MDGS nya???

    BalasHapus
  27. Malam Pak Farid....
    Terima kasih atas materi Kemitraan pd malam ini, dengan membaca materi tentang Langkah-langkah Kemitraan saya jadi mengerti langkah bermitra yang baik dan benar. Ada hal-hal yang perlu di perhatikan dalam bermitra dari penjajakan, penyamaan perserpi sampai dengan pemantauan dan penilaian.

    BalasHapus
  28. Assalamualaium, wr.wb pak farid....
    terima kasih atas perkualiahan kemitraan malam ini.
    setelah saya membaca materi diatas saya jadi mengerti dan paham bahwa kemitraan mempunyai 6 langkah.
    langkah - langkah tersebut sangat bermanfaat agar kemitraan yang kita jalin atau program yang kita laksanakan akan tercapai dengan sukses dan apa yang menjadi tujuan bersama akan tercapai.

    BalasHapus
  29. assalamualaikum pak farich,
    setelah saya baca sangat efektif apabila langkah nya diikuti keseluruhan.
    tetapi apakah langkah tersebut bisa berubah dalam dunia kerja sebenarnya atau berkurang satu point masihkah efektif??

    BalasHapus
  30. menurut saya kemitraan sangat penting dalam mencapai tujuan yg telah kita rencanakan sebelumnya.kemitraan membutuhkan berbagai tahapan seperti yg bapak jelaskan.dengan kemitraan hal yg td ny sulit bisa qt capai.

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Selamat malam pak Farich, saya Mahfudin Romadhon.

    Saya ingin bertanya pak,
    1. Bagaimana caranya agar kemitraan selalu terjaga dengan baik?

    2.Bagaimana jika mitra kita keluar dari kesepakatan yang telah disepakati pada awal kemitraan. Apakah harus langsung memutus kemitraan atau dengan mediasi terlebih dahulu?

    Mohon penjelasannya,.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pertanyaan sdr Mahfudin yang saya tangkap adalah hal yang paling mendasar dalam suatu kemitraan,seperti yang telah dijelaskan tadi,mungkin kita harus kembali lagi ke persamaan persepsi. Dan kita tidak perlu langsung memutuskan kemitraan. Cb kita diskusikan kembali..

      Hapus
    2. Menurut saya agar terjaga baik dalam suatu kemitraan itu jangan sampai ada yang merasa paling berperan, semua harus duduk dalam posisi yang sama, dan apabila ada mita yang melenceng dari kesepakatan harus dibicarakan bersama

      Hapus
    3. kemitraan harus diawali dengan sebuah komitmen antar pihak sehingga jika ada sebuah masalah akan dicarikan sebuah jalan keluar yg saling menguntungkan sehingga tidak ada yg dirugikan.jika melanggar sebuah kesepakatan maka diklarifikasi terlebih dahulu,namun jika tidak ktmu jalan keluar maka kembalikan seperti komitmen awal

      Hapus
    4. menurut saya harus adanya komunikasi yang baik dan hubungan yang baik, jgn ada yang merasa berkuasa atau merasa dirinya yang paling berperan.

      Hapus
    5. ternyata komunikasi sangat penting bagi kelangsungan suatu komitmen. trimakasih semuanya atas masukannya,..

      Hapus
  32. Assalamualaikum wr.wb pak farid...
    Terima kasih atas perkualiahan kemitraan yang bapak berikan pada malam ini.
    Setelah saya membaca materi diatas, saya jadi tahu dan mengerti akan 6 langkah kemitraan.
    dengan melakukan 6 langkah tersebut maka diharapkan program yang kita laksanakan dapat berjalan dengan sukses dan apa yang menjadi tujuan bersama akan tercapai.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  33. asalamualaikum pk farich,,luar biasa setelah saya membaca dan memahami materi diatas..ternyata banyak hal yg harus ditempuh dan saya bisa mengetahui trik-trik bagaimana membangun kemitraan yang baik,efektif dan efisien,,insyaalh dengan membaca langkah-langkah dan landasan-landasan diatas bisa membantu saya dan menambah wawasan saya untuk mengaplikasikan nya dikemudian hari....baik dilingkungan kerja saya/ dinas kesehatam maupun di masyarakat

    trim's salam hormat saya..........

    March 19, 2013 at 7:02 AM

    BalasHapus
  34. Aslmlkm Pak Farich. Saya Neni Astuti setelah membaca materi diatas menjadi lebih tahu dan mengerti dalam membangun sebuah kemitraan yang baik. Saya tertarik dengan langkah-langkah yang diberikan yang ternyata ada hal yang belum saya lakukan dalam membangun sebuah kemitraan yang mengakibatkan terbangun kemitraan yang kurang baik. Terima kasih pak

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum, Wr. Wb ..
    Heni Yuliana Sari, 12410048.P

    Terima kasih pak atas materi Elearning pd malam hari ini.
    setelah membaca materi tentang kemitraan ini saya jadi mengerti langkah-langkah yang baik dan benar untuk melakukan Kemitraan dengan pihak lain.

    Menurut saya, untuk melakukan kemitraan yang baik perlu adanya komunikasi yang intensif kepada mitra tersebut, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Apabila terjadi kerjasama yang baik dari mitra, maka akan mempermudah kita untuk mencapai tujuan bersama.
    Sekian pak, sekali lagi terimakasih yaa pak :)))

    BalasHapus
  36. Malam Pak Farich, Saya Alwin Iman Bekerja di Puskesmas. Setelah membaca teori kemitraan diatas serta contoh yang diberikan bahwa kemitraan itu sangat penting kita lakukan, lebih lagi dengan lintas sektoral agar tujuan yang akan dicapai dapat terwujud, sehingga program-program yang ada melalui kemitraan akan tercapai. kedepan Kemitraan ini akan saya kembangkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

    BalasHapus
  37. Ass. malam pak farich
    terimakasih saya ucapkan atas perkuliahan malam ini, jujur baru kali ini saya mengikuti perkuliahan secara e learning, jadi ilmu yang saya dapat malam ini bukan hanya materi tentang kemitraan tetapi juga ilmu tentang perkuliaha secara e learning, terima kasih banyak atas ilmu yang telah bapak ajarkan.
    Kemudian mengenai materi yang telah bapak sampaikan diatas saya mengerti dan memahami bahwa sangat perlunya langkah-langkah dalam yang terstruktural jika kita akan melaksanakan suatu kegiatan, termasuk kegiatan kemitraan, sehinggga kita akan lebih mudah dalam menentukan tingkat keberhasilan kegiatan yang kita akan laksanakan,terima kasih

    BalasHapus
  38. Malam pak Farich...
    Pak, apakah 6 langkah kemitraan itu smua nya harus dilaksanakan?
    Bagaimana jika ada langkahnya yang tidak dilaksanakan?




















    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya 6 langkah harus dilaksanakan dengan baik

      Hapus

  39. dengan bermitra kita bs jadi seperti ini:

    YOUR PUBLIC HEALTH CHANGE AGENT

    BalasHapus
  40. ass,pk
    Setelah membaca materi kuliah kemitraan ini,saya tahu apa itu kemitraan dan langkahnya. ternyata dalam mencapai suatu tujuan khususnya program kesehatan perlu adanya dukungan dari berbagai pihak tidak bisa bekerja sendiri melaikan bersama

    BalasHapus
  41. ass pak farich
    dengan membaca materi bapak sy dpt mengerti bgmna cara bermitra yg baik,
    saya menjadi tahu langkah2 yang benar dalam bermitra agar tidak salah untuk mencapai suatu tujuan,langkah2 yang terdiri dari penjajakan,persamaan persepsi,pengaturan peran,komunikasi intensif,melaksanakan kegiatan,pemantauan dan penilaian.

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum Wr.Wb
    Selamat malam Pak Farich
    Setelah saya membaca 6 langkah kemitraan,materi ini sangat bermanfaat untuk kita agar kita mengetahui bagaimana cara menjalin suatu kemitraan yang baik dengan orang lain yang ada disekitar kita dan juga dapat diterapkan di instansi dimana tempat kita bekerja. Dalam kehidupan sehari-hari contohnya dalam sebuah puskesmas, koordinator KIA harus menjalin kemitraan yang baik dengan pemegang program gizi, imunisasi,dam uks agar tidak terjadi "miss communication" atau kesenjangan data antara program yang satu dengan yang lain. Untuk menjalin kemitraan yang baik tersebut, kita dapat menerapkan 6 langkah kemitraaan dengan melakukan komunikasi yang intensif untuk mencapai suatu tujuan yang sama, dan persamaan persepsi pun akan didapat.

    Terima kasih pak atas materi yang telah diberikan, sangat bermanfaat bagi saya untuk diterapkan di instansi tempat saya bekerja.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  43. Ass.wr.wb
    selamet malam pak farich, saya aninda wahyuni.
    setelah saya membaca materi yang telah bapak berikan tentang kemitraan. Membuat saya lebih mengerti dan mengetahui cara bermitra yang baik dan efektif. Dengan 6 langkah kemitraan mungkin suatu saat saya akan bermitra dengan banyak orang atau instansi manapun dngan baik untuk mencapai tujuan bersama. Karena dari awal kita melakukan penjajakan dan menetapkan tujuan pokok, kemudian melakukan penyamaan persepsi dan penentuan peran serta melakukan komunikasi sehingga terjalin kegiatan yang diakhiri dengan pemantauan dan penilain.
    Terimakasih atas materi yang bapak berikan, ini sangat bermaanfaat bagi saya.
    wss.wr.wb

    BalasHapus
  44. Ass, Saya Eko Yulianto ; membaca teori diatas sepertinya 6 angkah tersebut harus dilalui dengan baik ya pak agar langkah berkutnya tidak menjadi kendala. komunikasi intensif jg sangat penting agar semua mitra yang terlibat dalam kegiatan tersebut merasa punya andil dan peran penting pada kegiatan tersebut. Kalau sekarang masih terasa tim kesehatan yang mendominasi keseluruhan kegiatan, dan mitra hanya sebagai penonton saja. Tapi kalo ada lomba desa dan menang malah orang kesehatannya di tinggalin. Semoga materi ini menjadi bahan untuk kami memperbaiki kinerja kami membangun kemitraan kesehatan di daerah. Mksih pak

    BalasHapus
  45. Ass.wr.wb.setelah saya membaca materi dan mengikuti mata kuliah yang bpk samapaikan ttg kemitraan,memberikan inspirasi kpd saya bgmn langkah-langkah serta kiat-kiat yang dapat kita ambil untuk menggerakan kembali kemitraan yang mungkin sering terlupakan,dan ini sring terjadi dilapangan terutama terjadi di intitusi pemerintahan.semoga apa yang bpk sampaikan dapat mejadi modal untuk membangun kembali apa itu KEMITRAAN.Trims ya pak....

    BalasHapus
  46. semoga ilmu kemitraan ini bisa kami terapkan di wilayah lahan kerja kami

    BalasHapus
  47. selamat malam, Pak.
    dari materi yang saya baca diatas, saya lebih mengerti bahwa untuk membangun sebuah kemitraan yang baik diperlukan komunikasi yang baik, dan juga hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan bagi semua pihak.
    terimakaskh, Pak.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum wr. wb
    Saya evrinelita. Materi kuliah malam ini sangat membantu kita dalam menjalin sebuah kemitraan. Terutama dalam sebuah instansi, yang selama ini mungkin msih banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana caranya melakukan kemitraan dengan baik. Contohnya saja bila akan diadakannya sebuah "lomba desa" di wilayah tertentu banyak sekali akan menemukan kendala kendala. Baik antar instansi maupun masyarakat sekitar. Dengan langkah langkah nkemitraan ini saya jadi sedikit punya gambaran untuk penerapan kemitraan di lomba desa berikutnya,agar meminimalisir kendala kendala yang akan timbul. Namun tidak hanya dalam sebuah lomba desa saja, kemitraan perlu di bentuk sedini mungkin dalam pekrjaan sehari hari baik dalam kehidupan rumah tangga maupun dalam bekerja. Untuk bermitrapun kita harus mengerti langkah langkah yang baik, diharapkan bisa terjalin sebuah hubungan yang baik pula. Trimakasih pak atas materinya,,,sangat membantu
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum Pak, numpang ikutan ya pak.
    Enam langkah tersebut sangat ideal pak. Tetapi dalam kondisi riil banyak kemitraan yang bersifat "paksaan", terutama di kalangan pemerintahan. Kemitraan tidak dibangun dari bawah sebagai pihak yang menjalankan kemitraan tersebut. Kita hanya menjalankan kemitraan tersebut sebagai bagian dari Policy para Stakeholders. Akibatnya kemitraan tersebut hanya bersifat "basa-basi" dan seringnya tanpa evaluasi dan pengawasan. Lebih lanjut kemitraan tersebut berjalan stagnan, kadangkala berujung rancu.
    Bukannya pesimistis pak, tapi cuma ingin "curhat" aja.
    Tetapi mudah-mudahan kedepan, anak didik Bapak dapat membentuk suatu kemitraan yang sebenarnya seperti yang Bapak sampaikan. Terimakasih pak atas penyegarannya.
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  50. Saya ria putri pak, setelah saya membaca teori yang bapak berikan saya menjadi tahu bagaimana cara bermitra, dan langkah-langkah kemitraan diatas dapat membantu saya untuk mengaplikasikannya terhadap pekerjaan saya,maupun kehidupan sehari-hari saya pak.didalam bermitra kita harus mengetahui peran/tugas masing2 agar tidak trjadi miss comunication dan untuk mengetahui apa ada maslah yang dihadapi oleh masing2 anggota mitra sehingga bsa dipecahkan bersama.

    BalasHapus
  51. Setelah membaca perihal Kemitraan 6 langkah tersebut diatas,untuk mencapai keberhasilan yang ditetapkan menurut indikator penilaian yang disepakati,apakah aplikasinya bisa hanya dilakukan sesaat ketika ada program atau bisa dilakukan terus menerus sampai kapan pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sesaat ketika ada program dan jg bisa terus menerus

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  52. Saya mereview kembali terhadap materi yg bapak berikan. Kemitraan dlm setiap kegiatan sgt diperlukan, dg menjlnkn 6 lgkh teori yg bapak berikan, diharapkan kemitraan dpt berjalan sesuai yg diharapkan

    BalasHapus