2. -manajemen oprasional puskes -manajemen alat dan obat -manajemen keuangan -manajemen ketenagaan
3. -upaya kesehatan wajib 1.upaya promosi kesehatan 2.upaya kesehatan lingkungan 3.upaya kesehatan ibu dan anak termasuk KB 4.upaya perbaikan gizi masyarakat 5.upaya pencegahan dan pembrantasan penyakit menular 6.upaya pengobatan -upaya kesehatan pengembangan 1.puskes rawat inap 2.upaya kesehatan usia lanjut 3.upaya kesehatan jiwa 4.dan sebagainya sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing
4. -drop out pelayanan ANC (K1-K4) -persalinan oleh nakes -penanganan komplikasi obsteri/resiko tinggi -error rate pemeriksaan BTA -error rate pemeriksaan darah malaria -kepatuhan terhadap standar ANC -kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru -tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskes
1. input berupa pengumpulan dan pengolahan data proses berupa konsultasi > pada pembinaan / bimbingan Dinkes Kab/ kota output berupa memberikan laporan perhitungan > bahas verifikasi feedback berupa umpan balik nilai akhir kinerja puskesmas outcome berupa menyajikan hasil perhitungan cakupan dan mutu > grafik laba
2. man kepala dan staf puskes (manajemen operasional puskes) money biaya pertemuan, ATK dsb (manajemen alat dan obat) methode aturan dan kebijakan material data (manajemen keuangan) machine komputer (manajemen ketenagaan) 3. upaya kesehatan wajib a. upaya promkes b.upaya kesling c.upaya KIA termasuk KB d.upaya perbaikan gizi masyarakat e.upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular f.upaya pengobatan upaya kesehatan pengembangan a.puskesmas rawat inap b.puskesmas kesehatan usia lanjut c.puskesmas kesehatan jiwa d.dsb,sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing
4.a. drop out pelayanan ANC (K1-K4) b. persalinan oleh nakes c. penanganan komplikasi obsteri/resiko tinggi d.error rate pemeriksaan BTA e.error rate pemeriksaan darah malaria f.kepatuhan terhadap standar ANC g.kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru h.tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskes
1. unsur yang dinilai pada PKP : - pelaksanaan pelayanan - manajemen puskesmas - mutu pelayanan
2. unsur manajemen yang dinilai : - manajemen operasional puskesmas - manajemen alat dan obat - manajemen keuangan - manajemen ketenagaan
3. unsur pelayanan yang dinilai : Upaya kesehatan wajib : - upaya promosi kesehatan - upaya kesehatan lingkungan - upaya kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB - upaya perbaikan gizi masyarakat - upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular - upaya pengobatan
upaya kesehatan pengembangan : - puskesmas rawat inap - upaya kesehatan usia lanjut - upaya kesehatan jiwa - dsb. sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing.
4. unsur mutu yang dinilai : - drop out pelayanan ANC (K1-K4) - persalinan oleh nakes - penanganan komplikasi obstetri/resiko tinggi - error rate pemeriksaan BTA - error rate pemeriksaan darah malaria - kepatuhan terhadap standar ANC - kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru - tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
1.Unsur apa saja yang dinilai pada PKP ? a.Pelaksanaan Pelayanan b.Manajemen Puskesmas c.Mutu Pelayanan
2.Unsur Manajemen apa saja yang dinilai ? a.Manajemen Operasional Puskesmas b.Manajemen Alat dan Obat c.Manajemen Keuangan d.Mutu Pelayanan
3.Unsur Pelayanan apa saja yang dinilai ? a.Upaya Kesehatan Wajib -Upaya Promosi Kesehatan -Upaya Kesehatan Lingkungan -Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB -Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat -Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular -Upaya Pengobatan
b.Upaya Kesehatan Pengembangan -Puskesmas Rawat Inap -Upaya Kesehatan Usia lanjut -Upaya Kesehatan Jiwa
4.Unsur Mutu apa saja yang dinilai ? -Drop out pelayanan ANC (K1-K4) -Persalinan oleh nakes -Penanganan komplikasi obstetri/ resiko tinggi -Error rate pemeriksaan BTA -Error rate pemeriksaan darah malaria -Kepatuhan terhadap standar ANC -Kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB Paru -Tingkat Kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
1. Unsur yang dinilai pada PKP adalah : - Pelaksanaan pelayanan dalam puskesmas tersebut - Menejemen pelayanan yang ada di puskesmas tersebut - Mutu pelayanan puskesmas tersebut
2. Unsur menejemen yang di nilai adalah : - Menejemen SDM : penerimaan tenaga kerja yag sesuai dengan kebutuhan di puskesmas tersebut.
- Menejemen alat dan obat : pemakaian alat dan pendistribusian obat kepada pasien .
- Menejemen oprasional puskesmas : pelaksanaan program kerja dan pembuatan lapuran rutin.
- Menejemen keuangan : pengeluaran anggaran yang sesuai dengan program yang akan dijalankan.
- Menejemen ketenagaan : pembagian tugas dan wewenang yang sesuai dengan kemampuan masing-masing petugas
3. Unsur pelayanan yang di nilai adalah : - pelayanan dalam gedung. cepat tanggap dalam melakukan pengobatan yang sesuai dengan keluhan pasien. - pelayanan luar gedung .melakukan penyuluhan atau promosi kesehatan dan kegiatan kesehatan berbasis masyarakat yang rutin dilakukan secara berkala .
4. Unsur mutu pelayanan yang di nilai adalah : - Mutu pelayanan dala puskesmas tersebut. mulai dari cepat tanggap dalam melayani pasien, keramahan petugas kesehatan, dan pemberian informasi yang jelas mengenai kesehatan pasien itu sendiri.
-Mutu pelayanan di luar gedung . Keseriusan untuk melaksanakan program kerja dan mampu menyelesaikan nya tepat waktu .
1. Unsure yang dinilai pada PKP, yaitu: a. Unsure manajemen puskesmas b. Unsure pelayanan c. Unsure mutu pelayanan 2. Unsure manajemen yang dinilai, yaitu: a. Manajemen operasional puskesmas b. Manajemen alat dan obat c. Manajemen keuangan d. Manajemen ketenagaan 3. Unsur Pelayanan yang dinilai, yaitu: a. Upaya kesehatan wajib b. Upaya kesehatan pengembangan 4. Unsur Mutu yang dinilai: a. Penilaian input pelayanan berdasarkan standar yang ditetapkan dengan menilai persalinan oleh nakes, penanganan komplikasi obstetric/ risti. b. Penilaian proses pelayanan dengan menilai tingkat kepatuhannya terhadap standar ANC dan tingkat kepatuhan standar pemeriksaan TB paru c. Penilaian output pelayanan berdasarkan upaya kesehatan yang diselenggarakan. Dimana masing-masing program/kegiatan mempunyai indikator mutu tersendiri, sebagai contoh angka drop out pengobatan pada program penanggulangan TBC, angka drop out pelayanan ANC (K1-K4) d. Penilaian outcome pelayanan antara lain melalui pengukuran tingkat kepuasan pasien pengguna jasa pelayanan puskesmas, error rate pemeriksaan darah malaria, dan error rate pemeriksaan BTA.
1. Unsur apa saja yang dinilai pada PKP(penilaian kinerja puskesmas)? a. pencatatan dan pelaporan (adrimistrasi) b. keterlibatan lintas sektoral dan program c. pengelolaan keuangan d. pengelolaan obat e. pemanfaatan dan pemeliharaan sarana
2. Unsur Manajemen apa saja yang dinilai ? a. Manajemen Operasional Puskesmas b. Manajemen Alat dan Obat c. Manajemen Keuangan d. Mutu Pelayanan
3. Unsur Pelayanan apa saja yang dinilai ? I. Upaya Kesehatan Wajib a. Upaya Promosi Kesehatan b. Upaya Kesehatan Lingkungan c. Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB d. Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat e. Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular f. Upaya Pengobatan
II.Upaya Kesehatan Pengembangan a. Puskesmas Rawat Inap b. Upaya Kesehatan Usia lanjut c. Upaya Kesehatan Jiwa
4. Unsur Mutu apa saja yang dinilai ? a. drop out pelayanan ANC (K1-K4) b. persalinan oleh nakes c. penanganan komplikasi obsteri/resiko tinggi d. error rate pemeriksaan BTA e. error rate pemeriksaan darah malaria f. kepatuhan terhadap standar ANC g. kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru h. tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskes
1.Unsur yang dinilai pada PKP a.pelaksanaan pelayanan dalam puskesmas b.manajemen puskesmas c.Mutu pelayanan puskesmas 2.Unsur manajemen yang dinilai a.Man: Merupakan sumberdaya manusia dipuskesmas yang terdiri dari: Kepala puskesmas,Dokter,Dokter Gigi,Ahli kesehatan masyarakat,Bidan,Perawat dll b. Money : Merupakan unsur pembiayaan atau anggaran dipuskesmas c. Methode : Merupakan cara-cara yang dijalankan puskesmas untuk mencapai tujuan organisasi/misi puskesmas d. Machines : Merupakan sarana kesehatan yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi seperti: gedung pkm,pustu,poskesdes e. Material : Merupakan prasarana kesehatan atau bahan-bahan yang digunakan untuk pelayananan kesehatan misal: alat kesehatan,alat laboratorium sederhana,materi-materi penyuluhan. f. Market: merupakan sasaran/pasar yang akan diberikan pelayanan,yaitu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan baik yang sehat maupun yang telah sakit. 3. pelayanan yang dinilai a. upaya kesehatan wajib - Upaya promosi kesehatan - Upaya kesehatan lingkungan - Upaya kesehatan ibu dan anak termasuk KB - Upaya perbaikan gizi - Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular - Upaya pengobatan b. Upaya kesehatan pengembangan - Puskesmas rawat knap - Upaya kesehatan usia lanjut - Upaya kesehatan jiwa - dsb sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing 4. Mutu Pelayanan yang dinilai a. Drop out pelayanan K1 dan k4 persalinan oleh Nakes b. Penanganan komplikasi obstetri/resiko tinggi c. Error rate pemeriksaan BTA d. Error rate pemeriksaan darah malaria e. Kepatuhan terhadap standar ANC f. Kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB Paru g. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
1.Unsur apa saja yang dinilai pada PKP ? a.Pelaksanaan Pelayanan b.Manajemen Puskesmas c.Mutu Pelayanan
2.Unsur Manajemen apa saja yang dinilai ? a.Manajemen Operasional Puskesmas b.Manajemen Alat dan Obat c.Manajemen Keuangan d.Mutu Pelayanan
3.Unsur Pelayanan apa saja yang dinilai ? a.Upaya Kesehatan Wajib -Upaya Promosi Kesehatan -Upaya Kesehatan Lingkungan -Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB -Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat -Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular -Upaya Pengobatan
b.Upaya Kesehatan Pengembangan -Puskesmas Rawat Inap -Upaya Kesehatan Usia lanjut -Upaya Kesehatan Jiwa
4.Unsur Mutu apa saja yang dinilai ? -Drop out pelayanan ANC (K1-K4) -Persalinan oleh nakes -Penanganan komplikasi obstetri/ resiko tinggi -Error rate pemeriksaan BTA -Error rate pemeriksaan darah malaria -Kepatuhan terhadap standar ANC -Kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB Paru -Tingkat Kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
A. Unsue yg dinilai dari PKP 1.pelaksanaan pelayanan 2.manajemen puskesmas 3.mutu pelayanan puskesmas
B.unsur manajemen yg dinilai yaiti: 1. MOP 2. Manajemen alat dan obat 3. Manajemen keuangan 4. Mutu pelayanan
C. Unsur pelayana yang dinilai yaitu: 1. Upayah kesehatan wajib =upaya promkes =upaya kesling =upaya kesehatan ibu dan anak termasuk KB =upaya perbaikan Gizi masyarakat =upaya pencegahan penyakit menular =Upaya pengobatan 2. Usahan kesehatan pengembangan +.puskesmas rawat inap +.upaya kesehatan usia lanjut +.upaya kesehatan jiwa
D. Unsur mutu apa saja yang dinilai: 1. Drop out pelayanan ANC (K1_K4) 2. Persalinan oleh Nakes 3. Penangana komplikasi /resiko tinggi 4. Error rate pemeriksaan BTA 5. Kepatuhan terhadap standar ANC 6. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas.
1. -pelaksanaan pelayanan
BalasHapus-manajemen puskes
-mutu pelanan
2. -manajemen oprasional puskes
-manajemen alat dan obat
-manajemen keuangan
-manajemen ketenagaan
3. -upaya kesehatan wajib
1.upaya promosi kesehatan
2.upaya kesehatan lingkungan
3.upaya kesehatan ibu dan anak termasuk KB
4.upaya perbaikan gizi masyarakat
5.upaya pencegahan dan pembrantasan penyakit menular
6.upaya pengobatan
-upaya kesehatan pengembangan
1.puskes rawat inap
2.upaya kesehatan usia lanjut
3.upaya kesehatan jiwa
4.dan sebagainya sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing
4. -drop out pelayanan ANC (K1-K4)
-persalinan oleh nakes
-penanganan komplikasi obsteri/resiko tinggi
-error rate pemeriksaan BTA
-error rate pemeriksaan darah malaria
-kepatuhan terhadap standar ANC
-kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru
-tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskes
1. input
BalasHapusberupa pengumpulan dan pengolahan data
proses
berupa konsultasi > pada pembinaan / bimbingan Dinkes Kab/ kota
output
berupa memberikan laporan perhitungan > bahas verifikasi
feedback
berupa umpan balik nilai akhir kinerja puskesmas
outcome
berupa menyajikan hasil perhitungan cakupan dan mutu > grafik laba
2. man
kepala dan staf puskes (manajemen operasional puskes)
money
biaya pertemuan, ATK dsb (manajemen alat dan obat)
methode aturan dan kebijakan
material
data (manajemen keuangan)
machine
komputer (manajemen ketenagaan)
3. upaya kesehatan wajib
a. upaya promkes
b.upaya kesling
c.upaya KIA termasuk KB
d.upaya perbaikan gizi masyarakat
e.upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
f.upaya pengobatan
upaya kesehatan pengembangan
a.puskesmas rawat inap
b.puskesmas kesehatan usia lanjut
c.puskesmas kesehatan jiwa
d.dsb,sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing
4.a. drop out pelayanan ANC (K1-K4)
b. persalinan oleh nakes
c. penanganan komplikasi obsteri/resiko tinggi
d.error rate pemeriksaan BTA
e.error rate pemeriksaan darah malaria
f.kepatuhan terhadap standar ANC
g.kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru
h.tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskes
1. unsur yang dinilai pada PKP :
BalasHapus- pelaksanaan pelayanan
- manajemen puskesmas
- mutu pelayanan
2. unsur manajemen yang dinilai :
- manajemen operasional puskesmas
- manajemen alat dan obat
- manajemen keuangan
- manajemen ketenagaan
3. unsur pelayanan yang dinilai :
Upaya kesehatan wajib :
- upaya promosi kesehatan
- upaya kesehatan lingkungan
- upaya kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB
- upaya perbaikan gizi masyarakat
- upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
- upaya pengobatan
upaya kesehatan pengembangan :
- puskesmas rawat inap
- upaya kesehatan usia lanjut
- upaya kesehatan jiwa
- dsb. sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing.
4. unsur mutu yang dinilai :
- drop out pelayanan ANC (K1-K4)
- persalinan oleh nakes
- penanganan komplikasi obstetri/resiko tinggi
- error rate pemeriksaan BTA
- error rate pemeriksaan darah malaria
- kepatuhan terhadap standar ANC
- kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru
- tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
1.Unsur apa saja yang dinilai pada PKP ?
BalasHapusa.Pelaksanaan Pelayanan
b.Manajemen Puskesmas
c.Mutu Pelayanan
2.Unsur Manajemen apa saja yang dinilai ?
a.Manajemen Operasional Puskesmas
b.Manajemen Alat dan Obat
c.Manajemen Keuangan
d.Mutu Pelayanan
3.Unsur Pelayanan apa saja yang dinilai ?
a.Upaya Kesehatan Wajib
-Upaya Promosi Kesehatan
-Upaya Kesehatan Lingkungan
-Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB
-Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat
-Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
-Upaya Pengobatan
b.Upaya Kesehatan Pengembangan
-Puskesmas Rawat Inap
-Upaya Kesehatan Usia lanjut
-Upaya Kesehatan Jiwa
4.Unsur Mutu apa saja yang dinilai ?
-Drop out pelayanan ANC (K1-K4)
-Persalinan oleh nakes
-Penanganan komplikasi obstetri/ resiko tinggi
-Error rate pemeriksaan BTA
-Error rate pemeriksaan darah malaria
-Kepatuhan terhadap standar ANC
-Kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB Paru
-Tingkat Kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
1. Unsur yang dinilai pada PKP adalah :
BalasHapus- Pelaksanaan pelayanan dalam puskesmas tersebut
- Menejemen pelayanan yang ada di puskesmas tersebut
- Mutu pelayanan puskesmas tersebut
2. Unsur menejemen yang di nilai adalah :
- Menejemen SDM : penerimaan tenaga kerja yag sesuai dengan kebutuhan di puskesmas tersebut.
- Menejemen alat dan obat : pemakaian alat dan pendistribusian obat kepada pasien .
- Menejemen oprasional puskesmas : pelaksanaan program kerja dan pembuatan lapuran rutin.
- Menejemen keuangan : pengeluaran anggaran yang sesuai dengan program yang akan dijalankan.
- Menejemen ketenagaan : pembagian tugas dan wewenang yang sesuai dengan kemampuan masing-masing petugas
3. Unsur pelayanan yang di nilai adalah :
- pelayanan dalam gedung. cepat tanggap dalam melakukan pengobatan yang sesuai dengan keluhan pasien.
- pelayanan luar gedung .melakukan penyuluhan atau promosi kesehatan dan kegiatan kesehatan berbasis masyarakat yang rutin dilakukan secara berkala .
4. Unsur mutu pelayanan yang di nilai adalah :
- Mutu pelayanan dala puskesmas tersebut. mulai dari cepat tanggap dalam melayani pasien, keramahan petugas kesehatan, dan pemberian informasi yang jelas mengenai kesehatan pasien itu sendiri.
-Mutu pelayanan di luar gedung . Keseriusan untuk melaksanakan program kerja dan mampu menyelesaikan nya tepat waktu .
1. Unsure yang dinilai pada PKP, yaitu:
BalasHapusa. Unsure manajemen puskesmas
b. Unsure pelayanan
c. Unsure mutu pelayanan
2. Unsure manajemen yang dinilai, yaitu:
a. Manajemen operasional puskesmas
b. Manajemen alat dan obat
c. Manajemen keuangan
d. Manajemen ketenagaan
3. Unsur Pelayanan yang dinilai, yaitu:
a. Upaya kesehatan wajib
b. Upaya kesehatan pengembangan
4. Unsur Mutu yang dinilai:
a. Penilaian input pelayanan berdasarkan standar yang ditetapkan dengan menilai persalinan oleh nakes, penanganan komplikasi obstetric/ risti.
b. Penilaian proses pelayanan dengan menilai tingkat kepatuhannya terhadap standar ANC dan tingkat kepatuhan standar pemeriksaan TB paru
c. Penilaian output pelayanan berdasarkan upaya kesehatan yang diselenggarakan. Dimana masing-masing program/kegiatan mempunyai indikator mutu tersendiri, sebagai contoh angka drop out pengobatan pada program penanggulangan TBC, angka drop out pelayanan ANC (K1-K4)
d. Penilaian outcome pelayanan antara lain melalui pengukuran tingkat kepuasan pasien pengguna jasa pelayanan puskesmas, error rate pemeriksaan darah malaria, dan error rate pemeriksaan BTA.
1. Unsur apa saja yang dinilai pada PKP(penilaian kinerja puskesmas)?
BalasHapusa. pencatatan dan pelaporan (adrimistrasi)
b. keterlibatan lintas sektoral dan program
c. pengelolaan keuangan
d. pengelolaan obat
e. pemanfaatan dan pemeliharaan sarana
2. Unsur Manajemen apa saja yang dinilai ?
a. Manajemen Operasional Puskesmas
b. Manajemen Alat dan Obat
c. Manajemen Keuangan
d. Mutu Pelayanan
3. Unsur Pelayanan apa saja yang dinilai ?
I. Upaya Kesehatan Wajib
a. Upaya Promosi Kesehatan
b. Upaya Kesehatan Lingkungan
c. Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB
d. Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat
e. Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
f. Upaya Pengobatan
II.Upaya Kesehatan Pengembangan
a. Puskesmas Rawat Inap
b. Upaya Kesehatan Usia lanjut
c. Upaya Kesehatan Jiwa
4. Unsur Mutu apa saja yang dinilai ?
a. drop out pelayanan ANC (K1-K4)
b. persalinan oleh nakes
c. penanganan komplikasi obsteri/resiko tinggi
d. error rate pemeriksaan BTA
e. error rate pemeriksaan darah malaria
f. kepatuhan terhadap standar ANC
g. kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB paru
h. tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskes
alhamdulillah @bolang (3-6-13)
1.Unsur yang dinilai pada PKP
BalasHapusa.pelaksanaan pelayanan dalam puskesmas
b.manajemen puskesmas
c.Mutu pelayanan puskesmas
2.Unsur manajemen yang dinilai
a.Man: Merupakan sumberdaya manusia dipuskesmas yang terdiri dari: Kepala puskesmas,Dokter,Dokter Gigi,Ahli kesehatan masyarakat,Bidan,Perawat dll
b. Money : Merupakan unsur pembiayaan atau anggaran dipuskesmas
c. Methode : Merupakan cara-cara yang dijalankan puskesmas untuk mencapai tujuan organisasi/misi puskesmas
d. Machines : Merupakan sarana kesehatan yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi seperti: gedung pkm,pustu,poskesdes
e. Material : Merupakan prasarana kesehatan atau bahan-bahan yang digunakan untuk pelayananan kesehatan misal: alat kesehatan,alat laboratorium sederhana,materi-materi penyuluhan.
f. Market: merupakan sasaran/pasar yang akan diberikan pelayanan,yaitu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan baik yang sehat maupun yang telah sakit.
3. pelayanan yang dinilai
a. upaya kesehatan wajib
- Upaya promosi kesehatan
- Upaya kesehatan lingkungan
- Upaya kesehatan ibu dan anak termasuk KB
- Upaya perbaikan gizi
- Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
- Upaya pengobatan
b. Upaya kesehatan pengembangan
- Puskesmas rawat knap
- Upaya kesehatan usia lanjut
- Upaya kesehatan jiwa
- dsb sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing
4. Mutu Pelayanan yang dinilai
a. Drop out pelayanan K1 dan k4 persalinan oleh Nakes
b. Penanganan komplikasi obstetri/resiko tinggi
c. Error rate pemeriksaan BTA
d. Error rate pemeriksaan darah malaria
e. Kepatuhan terhadap standar ANC
f. Kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB Paru
g. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
1.Unsur apa saja yang dinilai pada PKP ?
BalasHapusa.Pelaksanaan Pelayanan
b.Manajemen Puskesmas
c.Mutu Pelayanan
2.Unsur Manajemen apa saja yang dinilai ?
a.Manajemen Operasional Puskesmas
b.Manajemen Alat dan Obat
c.Manajemen Keuangan
d.Mutu Pelayanan
3.Unsur Pelayanan apa saja yang dinilai ?
a.Upaya Kesehatan Wajib
-Upaya Promosi Kesehatan
-Upaya Kesehatan Lingkungan
-Upaya Kesehatan Ibu dan Anak termasuk KB
-Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat
-Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
-Upaya Pengobatan
b.Upaya Kesehatan Pengembangan
-Puskesmas Rawat Inap
-Upaya Kesehatan Usia lanjut
-Upaya Kesehatan Jiwa
4.Unsur Mutu apa saja yang dinilai ?
-Drop out pelayanan ANC (K1-K4)
-Persalinan oleh nakes
-Penanganan komplikasi obstetri/ resiko tinggi
-Error rate pemeriksaan BTA
-Error rate pemeriksaan darah malaria
-Kepatuhan terhadap standar ANC
-Kepatuhan terhadap standar pemeriksaan TB Paru
-Tingkat Kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas
A. Unsue yg dinilai dari PKP
BalasHapus1.pelaksanaan pelayanan
2.manajemen puskesmas
3.mutu pelayanan puskesmas
B.unsur manajemen yg dinilai yaiti:
1. MOP
2. Manajemen alat dan obat
3. Manajemen keuangan
4. Mutu pelayanan
C. Unsur pelayana yang dinilai yaitu:
1. Upayah kesehatan wajib
=upaya promkes
=upaya kesling
=upaya kesehatan ibu dan anak termasuk KB
=upaya perbaikan Gizi masyarakat
=upaya pencegahan penyakit menular
=Upaya pengobatan
2. Usahan kesehatan pengembangan
+.puskesmas rawat inap
+.upaya kesehatan usia lanjut
+.upaya kesehatan jiwa
D. Unsur mutu apa saja yang dinilai:
1. Drop out pelayanan ANC (K1_K4)
2. Persalinan oleh Nakes
3. Penangana komplikasi /resiko tinggi
4. Error rate pemeriksaan BTA
5. Kepatuhan terhadap standar ANC
6. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan puskesmas.