MOTTO FKM UNIMAL

MOTTO FKM UNIMAL

Senin, 07 April 2014

ELEARNING KEMITRAAN : PENDEKATAN SISTEM KEMITRAAN









CATATAN :
MATERI KEMITRAAN SUDAH BISA DI DOWNLOAD.
UNTUK DOWNLOAD MATERI SILAHKAN KLIK DISINI

PERTANYAAN :

  1. Jelaskan tahapan kemitraan dengan diagram pilar kemitraan.
  2. Jelaskan pada saat kita akan mengajak Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan untuk kemitraan Posyandu, menggunakan tahapan pada diagram pilar.
  3. Jelaskan pada saat kita akan mengajak Kantor BRI dan pengusaha toko beras untuk kemitraan posyandu dengan menggunakan tahapan diagram pilar
Jawablah dikolom komentar

15 komentar:

  1. melisah
    11410009
    1.tahap pertama adalah kemitraan di ligkungan sektor kesehatan sendiri,setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan lingkungan
    tahap kedua adalah kemitraan lintas sektor di lingkungan pemerintahdengan sektor kesehatan sebagai lending sektor
    tahap tiga adalah membangun kemitraan yang lebih luas yang mencakup unsur dunia,LSM,Ormas,organisasi profesi.

    2.menggunakan diagram pilar yang ke 2
    diadakan pertemuan dengan tahap penjajakan,sosialisasi/advokasi,dibangun kesepakatan ,diperlukan dan penyusunan rencana kegiatan

    3.menggunakan diagram pilar yang ke 3
    tersususnnya rencana kerja yang berisi,program,kegiatan,penanggung jawab,peran masing-masing,lokasi,waktu,biaya,pelaksana kegiatan,monitiring dan evaluasi.

    BalasHapus
  2. jawaban
    1.-tahap pertama adalah kemitraan di ligkungan sektor kesehatan sendiri,setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan lingkungan
    -tahap kedua adalah kemitraan lintas sektor di lingkungan pemerintahdengan sektor kesehatan sebagai lending sektor
    -tahap tiga adalah membangun kemitraan yang lebih luas yang mencakup unsur dunia,LSM,Ormas,organisasi profesi.

    BalasHapus
  3. jawaban
    2.menurut saya menggunakan tahapan ke 2,karena Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan masih lintas sektor pemerintahan

    BalasHapus
  4. 1. Menurut saya begini, program sektor kesehatan di tingkat pemerintah di sampaikan atau dikoordinasikan dengan sektor lain yang ada di tingkat provinsi / kabupaten / kota sampai dengan sektor lain yang ada di tingkat kecamatan. Program tersebut dikoordinasikan juga dengan dunia usaha atau perusahaan di bidang kesehatan untuk mendukung pengadaan barang dan jasanya. Pelaksanaan program hasil koordinasi di sampaikan kepada organisasi profesi sebagai pelaksana / pengguna dan disampaikan kepada organisasi masyarakat / LSM untuk pengadaan dan penggunaannya.

    2. Program sektor kesehatan yang ada di dines kesehatan disampaikan pada dinas pendidikan dan dinas pertanian untuk diketahui dan dikoordinasikan dengan dinas tersebut, program apa yang mempunyai sasaran, tujuan yang sama / bersinggungan dalam rangka bermitra untuk mengadakan pembinaan di posyandu. Misalnya : dinas kesehatan membina kesehatan ibu dan anak, dinas pendidikan memberi pengarahan dalam pembinaan / pendidikan seorang ibu terhadap anak dan dinas pertanian memberikan penyuluhan tentang kegiatan tanam - menanam terhadap keluarga tersebut dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga.

    3. Program dinas kesehatan di sampaikan kepada kantor BRI dan pengusaha toko beras untuk diketahui dan didukung oleh kantor BRI dalam pendanaan dan toko beras dalam pengadaan beras. Program tersebut sama - sama disampaikan dalam pelaksanaan pembinaan masyarakat dalam organisasi posyandu. Misalnya : kelompok posayandu ingin mengadakan usaha pemenuhan barang pokok ( beras ) untuk anggotanya, kebutuhan beras tersebut dipenuhi oleh pengusaha toko beras dengan di bayar oleh sumber dana dari kantor BRI, sementara kelompok posyandu dan anggotanya dalam pembayarannya dilaksanakan dengan mencicil melalui beberapa tahap kepada kantor BRI dengan suku bunga yang ringan.

    BalasHapus
  5. 1. tahapan kemitraan
    - tahap pertama adalah kemitraan lintas program dilingkungan sektor kesehatan sendiri setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan langkah ---> tahap kedua
    - tahap kedua adalah kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor .
    - tahap ketiga adalah membangun yang lehih luas , yang mencakup unsur dunia usaha, LSM , Ormas , organisasi Profesi

    2. dinas pertanian dan dinas pendidikan untuk kemitraan posyandu :
    menggunakan tahap ke dua , karena bermitra lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor.
    target yang ada diposyandu adalah ibu dan anak , sbagai dinas pendidikan dapat bermitra dengan posyandu karena dinas pendidikan dapat memberikan informasi kepada ibu-ibu untuk memberikan asi ekskusif kpda anak,memberikan seputaran informasi tentang pendidikan anak agar ibu-ibu pintar dalam mengurus anak-anaknya, sedangkan dinas pertanian dapat memberikan/mengajarkan seputaran informasi mengenai untuk bercocok tanam ata memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayuran organik utuk keluarga yang sehat. maka dari itu posyandu ada hubungannya bermitra dengan dinas pendidikan dan dinas pertanian.


    3. kantor BRI dan toko beras bermitra dengan posyandu:
    menggunakan pilar yang ketiga karena membangun kemitraan lebih luas yang mencangkup unsur dunia usaha , LSM ,Ormas , Organisasi profesi.
    bermitra dengan kantor BRI agar ibu-ibu yang ada diposyandu mau menabung demi masa depan si kecil . karenan dengan menabung , ibu-ibu dapat lebih berhemat dan tidak boros , sedangkan toko beras memberikan informasi kepada ibu-ibu beras yang kualitas baik . sebelum nya kita lihat dulu pekerjaan masyarakat. biasanya masyarakat desa perkejaannya petani , jadi bermitra dengan toko beras dapat memberikan informasi mengenai pupuk untuk beras yg baik , agar tanaman padi berkualitas , dengan seperti itu masyarakat dapat membeli beras dan tau kualitas beras yang bener-benar baik.

    BalasHapus
  6. jawaban
    3.menurut saya menggunakan tahapan ke 3,karena Kantor BRI dan pengusaha toko beras merupankan dunia usaha , LSM ,Ormas , Organisasi profesi

    BalasHapus
  7. 1. tahapan kemitraan
    tahap pertama adalah kemitraan lintas program dilingkungan sektor kesehatan sendiri setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan langkah
    tahap kedua adalah kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor
    tahap ketiga adalah membangun yang lehih luas , yang mencakup unsur dunia usaha, LSM , Ormas , organisasi Profesi

    2.Melakukan penjajakan yaitu dgn mengadakan pertemuan kpd dinas pertanian dan dinas pendidikan untuk mengajak bermitra, kemudian saling menyamakan tujuan masing2 yg ingin dicapai. Comtohnya posyandu memberikan penyuluhan tentang gizi baik dan makanan yg bergizi dan sehat disamping tu posyandu mempromosikan usaha pertanian yg dpt dilakukan masyarakat untuk bercocok tanam guna meningkatkan ekonomi di pedesaan. dinas pendidikan yaitu mempunyai tujuan untuk mencerdaskan anak usia dini sdkn posyandu peningkatan gizi yg optimal dan kesehatan jd posyandu akan memeberikan pnyuluhn kpd msyrkt ttg penting ny gizi baik guna untuk mencerdaskan anak bangsa

    3.misalnya: posyandu akan membagikan beras kepada anggota pelayanan diposyandu dg membeIi beras tsb kpd toko beras kemudian pembayaran beras akan dicicil melalui pembayaran dibank kantor BRI

    BalasHapus
  8. 1. Tahap pertama adalah kemitraan lintas program di lingkungan sektor kesehatan sendiri, setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan langkah tahap ke 2.
    Tahap kedua adalah kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintahan, dengan sektor kesehatan sebagai leading sektor.
    Tahap ketiga adalah membangun kemitraan yang lebih luas, yang mencakup unsur dunia usaha, LSM, Ormas, Organisasi profesi.

    2. Menggunakan tahap yang ke 2 : kemitraan antara Posyandu dengan lintas sektor dilingkungan pemerintah (Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan. dengan cara adanya tahapan seperti mengadakan Pertemuan Penjajakan, Sosialisasi / advokasi, serta Dibangun kesepakatan antara kedua belah pihak. dengan adanya kegiatan posyandu dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarkatnya, dinas pertanian dan dinas pendidikan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakatnya dengan menjalin kerja sama yang baik.

    3. dengan adanya kerja sama antara kantor BRI dan pengusaha toko beras dalam kegiatan posyandu dapat menambah lapangan kerja bagi masyarakatnya, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan cara mengembangkan sumber daya serta potensi yang dimiliki dari kedua belah pihak.

    BalasHapus
  9. 1.- tahapan pertama adalah kemitraan lintas program dilingkungan sektor kesehatan sendiri,stelah sepakat dan menyatukan persepsi lanjut ketahap ke-2.
    - tapan kedua adalah kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintah,dengan sektor kesehatan sebagai leading sektor.
    - tapan ke tiga adalah menbangun kemitaan yang lebih luas yang mencakup unsur dunia usaha,lsm,ormas,organisasi profesi
    2. mengunakan tahapan kedua
    a. kemitraan dengan dinas pertanian bisa memberikan informasi kepada petani dengan bercocok tanam dengan benar dan alami.
    b. dinas pendidikan bisa memberikan edukasi tentang pentingnya hidup sehat dan memberi pengetahuan tentang kesehatan.
    3. mengunakan tahapan ke tiga
    - kemitraan dengan kantor bBRI,bisa memberikan asuransi kesehatan yang ikut posyandu dan juga bisa memberikan modal usaha (simpan pinjam) untuk orang tua yang ikut sertakan balita nya di posyadu
    - kemitraan dengan toko beras bisa memberikan kualitas beras super bagus untuk makanan balita dan juga bisa memberikan bubur nasi pada saat posyandu

    BalasHapus
  10. 1. - Pertama, melakukan penyatuan persepsi didalam sektor kesehatan, karena didalam sektor kesehatan (misalnya puskesmas) terdiri dari berbagai unit kerja seperti KIA KB, P2M, pengobatan dasar, kesling dll sehingga untuk membuat rencana kemitraan harus disamakan terlebih dahulu persepsi antara masing-masing unit kerja tersebut.
    - Kedua, melakukan penjajakan dan penyamaan persepsi ke lintas sektor dilingkungan pemerintahan, misalnya camat, dll.
    - Ketiga, setelah menyamakan persepsi ke instansi pemerintah maka selanjutnya kita melakukan penjajakan dan penyamaan persepsi ke sektor yang mencakup unsur dunia usaha, LSM/ormas, dan organisasi profesi.

    2. menggunakan tahapan ke dua yaitu melakukan penjajakan di sektor lingkungan pemerintahan (Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan).
    Dalam penjajakan ini agar sektor pemerintahan mau diajak bermitra kita harus mengetahui apa yang menjadi tupoksi dari dinas pertanian dan dinas pendidikan, misalnya dinas pertanian berfungsi sebagai penyuluh dalam bidang gizi mengenai cara menanam sayuran atau buah yang baik agar menghasilkan sayur atau buah yang lebat dan unggul. Sedangkan dinas pendidikan berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan baik disekolah ataupun luar sekolah mengenai pentingnya melakukan imunisasi.
    Selanjutnya kita mengkaji mengenai manfaat/keuntungan yang akan kita tawarkan kepada calon mitra kita. Dalam hal ini keuntungan yang bisa didapat oleh dinas pertanian ialah setelah mendapat ilmu mengenai cara menanam sayuran atau buah dari dinas pertanian tersebut maka masyarakat akan tertarik untuk membeli bibit ataupun pupuk yang berasal dari dinas pertanian. Sedangkan keuntungan yang dapat diperoleh dinas pendidikan ialah dapat memberikan imunisasi (biasanya di SD) dan penyuluhan kesehatan dilingkungan pendidikan (sekolah-sekolah).

    3. menggunakan tahapan ke tiga yaitu penjajakan dan penyamaan persepsi ke lintas sektor lainnya (kantor BRI dan pengusaha beras)
    Agar kantor BRI dan pengusaha beras mau diajak bermitra kita harus mengetahui tupoksi dari masing-masing calon mitra kita, misalnya kantor BRI berfungsi sebagai sarana simpan pinjam. Sedangkan pengusaha beras berfungsi sebagai pemasok makanan pokok.
    Selanjutnya mengenai manfaat/keuntungan yang ditawarkan kepada calon mitra, untuk kantor BRI keuntungan yang dapat diperoleh ialah akan meningkatnya nasabah bank. Sedangkan keuntungan bagi pengusaha beras ialah penjualan beras akan semakin meningkat.

    BalasHapus
  11. 1. menurut saya, program sektor kesehatan di tingkat pemerintah disampaikan oleh sektor lain yang meliputi provinsi, kabupaten, kota sampai sektor lain yang ada ditingkat kecamatan. program tersebut dikoordinasikan dalam dunia usaha, organisasi profesi merupakan pelaksana dan disampaikan kepada LSM/Ormas untuk penggunaannya.
    2. dinas pertanian dan dinas pendidikan untuk kemitraan posyandu menggunakan tahap kedua, karena lintas sektor dilingkungan pemerintah dengan sektor kesehatan sebagai leading sektor.
    target yang ada di posyandu merupakan Ibu dan Anak, dinas pendidikan dapat bermitra dengan posyandu karena dinas pendidikan dapat memberikan informasi kepada para ibu untuk memberikan ASI eksklusif, memberikan informasi tentang pendidikan untuk anak, sedangkan dinas pertanian dapat memberikan informasi mengenai bercocok tanam sendiri dipekarangan rumah sendiri agar hidup lebih sehat.
    3. kantor BRI dan toko beras bermitra dengan posyandu menggunakan pilar yang ketiga, karena pilar ketiga merupakan pilar yang membangun kemitraan lebih luas, yang mencangkup unsur dunia usaha, LSM, Ormas, Organisasi Profesi. BRI bermitra dengan posyandu, para ibu yang ada di posyandu dapat menyimpang uang untuk masa depan anak-anaknya di bank agar lebih aman, toko beras bermitra dengan posyandu, penjual beras dapat memberikan informasi beras yang baik dan berkualitas untuk dikonsumsi. karena kebanyakan masyarakat di desa merupakan petani maka penjual beras dapat memberikan informasi tentang pupuk yang baik untuk digunakan agar tanaman padi mereka berkualitas dan baik untuk dikonsumsi.

    BalasHapus
  12. 1.tahap kemitraan dengan diagram pilar kemitraan:
    a.kemitraan lintas program disektor kesehatan yang sudah setuju dalam persamaan persepsi dan pelaksanaan selanjutnya.
    b.kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintahan dimana sektor kesehatan merupakan sektor pemimpin.
    c.kemitraan dengan dunia luar yg holistik sepeti sektor swasta.

    2.bermitra dengan dinas pertanian dan dinas pendidikan:
    dengan langkah penjajakan dan pembagian tupoksinya masing2,
    *.pada dinas pertanian tupoksinya sebagai tenaga penyuluh mengenai pangan apa saja yang baik untuk kader2 posyandu.
    *.pada dinas pendidikan tupoksinya sebagai penyelenggara pendidikan baik disekolah maupun luar sekolah. setelah diketahui tupoksinya maka kita tawarkan manfaat bagi calon mitra agar mau diajak bermitra.

    3.bermitra dengan bank BRI dan toko beras:
    *.mengajak bermitra dg dunia yg lebih luas pada tahap 3 yakni bank BRI dan toko beras, dimana bank berperan sebagai peminjam modal/dana sedangkan toko beras sebagai pemasok beras bagi ibu2 posyandu dengan begitu terjalin mitra yg bersifat simbolis mutualisme.

    BalasHapus
  13. 1. Tahapan kemitraan dengan diagram pilar kemitraan , yaitu :
    -tahapan pertama adalah kemitraan lintas program yaitu untuk melakukan kemitraan pada tahap ini kita harus menyatuan presepsi antar lintas program disektor kesehatan dahulu baru bisa menyatukan lintas sektoral
    -tahapan kedua dalah kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintah, pada tahap ini kita harus mengetahui instansi lintas sektoral yang akan menjadi mitra berdasarkan tugas fungsinya masing2,kemudian baru kita tentukan peran masing2
    -tahapan ketiga adalah membangun kemitraan yahg lebih luas yang mencangkup unsur dunia usaha, LSM, Ormas, Organisasi Profesi,
    Hal ini penting karena berguna untuk percepatan penyebar luasan informasi tentang tujuan kemitraan, dan kelancaran pelaksanaan kegiatan serta peningkatan peran serta pihak non pemerintah. Dan untuk kalangan dunia usaha juga harus dibedakan antara hubungan sebagai anggota kemitraan atau sebagai hubungan bisnis dalam arti jual beli.

    2. Mengajak dinas pertanian dan pendidikan untuk bermitra dalam kegiatan posyandu menggunakan diagram pilar ke 2 adalah dengan diadakan pertemuan untuk menjelaskan secara jelas tentang tujuan program dan manfaat yang akan di dapat bagi pengusaha bila kemitraan berhasil, selanjutnya baru dibagi peran kemitraan sesuai dengan peluang dan potensi masing2, misalnya CABDIN pertanian berperan sebagai penanggung jawab untuk usaha jasa kelompok tani sebagai distributor bibit, ilmu dan dana agar masyarakat bisa memproduksi hasil pertanian yang baik ,bergizi, dan sehat untuk konsumsi masyarakat setempat misalnya produksi makanan balita dan untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa disampaikan di posyandu
    Peran Dinas Pendidikan menyamakan presepsi sebagai dukungan sumberdaya agar murid2 sekolah bisa tau arti kesehatan dan juga memberi tahu tentang makanan yang bergizi di sekolah

    3. Menjalin kemitraan antara kantor BRI dan Pengusaha beras untuk posyandu menggunakan pilar yang ke 3 karena membangun kemitraan yang lebih luas yg mencakup dunia usaha,slm,ormas,organisasi profesi untuk mempercepat penyebaran informasi tujuan kemitraan dan kelancaran pelaksanaan nya di perlukan mengetahui peran masing2 mitra

    BalasHapus
  14. 1.
    1 tahap pertama yaitu melakukan kemitraan lintas program dilingkungan sektor kesehatan sendiri setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan langkah
    2 selanjutnya tahap kedua yaitu kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor .
    3 tahap ketiga yaitu membangun yang lehih luas , yang mencakup unsur dunia usaha, LSM , Ormas , organisasi Profesi

    2.menurut saya menggunakan tahap ke dua karena bermitra lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor, dan dinas pertanian dapat membantu merubah derajat kesehatan misalnya meningkatkan gizi baiik, dan dengan dinas pendidikan dapat membantu menambah pengetahuan di dalam kesehatan itu sendiri misalnya dengan memberi penyuluhan kepada masyarakat.

    3. menurut saya menggunakan pilar yang ketiga karena mencangkup dunia usaha, dan dari usaha itu bisa menguntungkan satu sama lain, contohnya dengan cara menabung di bank masyarakat mempunyai dana untuk berobat ke posyandu, dan dengan adanya toko beras maka akan membantu kecukupan gizi masyarakat sehingga mereka tidak terlalu sulit untuk mencari kebutuhan hidup mereka

    BalasHapus
  15. 1. tahapan kemitraan dengan pilar kemitraan:
    - tahap pertama adalah kemitraan lintas program dilingkungan sektor kesehatan sendiri setelah sepakat dan menyatukan persepsi dan langkah tahap ke 2
    - tahap kedua adalah kemitraan lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor .
    - tahap ketiga adalah membangun yang lehih luas , yang mencakup unsur dunia usaha, LSM , Ormas , organisasi Profesi

    2. mengunakan diagram pilar ke dua karena bermitra lintas sektor dilingkungan pemerintahan dengan sektor kesehatan sbagai leading sektor, contoh mitra posyandu dengan dinas pendidikan untuk meningkatkan pelaksanaan PAUD di taman posyandu.
    contoh mitra posyandu dengan dinas pertanian: Kebun sayur balitaku dibuat di Posyandu dengan bimbingan Dinas Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan keanekaragaman pangan dalam pemenuhan PMT balita di Posyandu.
    kader posyandu bersama dengan PKK mengelola hasil kebun dan berusaha membuat olahan hasil kebun sehingga bisa dijual dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk menambah dana kas posyandu untuk kegiatan posyandu.

    3.mengunakan pilar ke 3
    bermitra antara posyandu dengan kantor BRI yaitu simpan pinjam modal usaha.
    bermitra antara posyandu dengan toko beras toko beras sebagai penyuplai beras untuk ibu ibu posyandu..

    #maap pak telat masuk, tadi ada urusan sedikit di rumah sakit mohon di maklumi.

    BalasHapus